How-To

12 Cara Menjadi Barista Kedai Kopi untuk Pemula

By Jordhi Farhansyah on December, 1 2021
Jordhi Farhansyah

Musisi yang juga suka nulis.

12 Cara Menjadi Barista Kedai Kopi, Sulitkah? - Menjadi barista saat ini telah menjadi keinginan banyak orang. Ada yang karena ingin mendalami seluk beluk tentang kopi, ada juga yang menjadi barista lantaran mau belajar membuka kedai kopinya sendiri. Apakah Anda salah satunya?

 

Bagi Anda yang belum tahu, barista adalah seseorang yang menyiapkan dan menyajikan kopi dengan menggunakan mesin espresso. Lebih dari itu, barista juga memiliki beragam tanggung jawab dalam sebuah kedai kopi. Mulai dari menyambut pelanggan, hingga menjaga kebersihan peralatan yang digunakan.

 

Apakah Anda siap dengan tantangan tersebut? Jika iya, maka berikut ini cara menjadi barista kedai kopi yang bisa kamu pelajari.

 

Baca juga: 8 Tips Memulai Usaha Warung Kopi dan Mencari Modal Bisnis


Inilah Cara Menjadi Barista yang Baik

1. Belajar tentang kopi

cara menjadi barista 005

 

Cara menjadi barista di kedai kopi dimulai dengan belajar tentang kopi. Gali ilmu sebanyak mungkin tentang kopi, sebelum mulai lamar posisi barista di kedai kopi pilihan Anda.

 

Carilah sumber informasi di internet dan media sosial, karena saat ini sudah banyak yang saling berbagi ilmu tentang kopi di internet. Bukan cuma soal cara penyajian, tapi juga terkait rasa, tekstur, dan keunikan dari masing-masing biji kopi haruslah Anda ketahui.

 

2. Aktif berdiskusi tentang kopi di komunitas, salah satu cara menjadi barista yang baik

 

Dari hasil pencarian di internet, Anda akan mudah menemukan komunitas pencinta kopi di dunia maya. Anda bisa bergabung pada komunitas itu untuk mengetahui lebih dalam tentang kopi dan bisnis kedai kopi.

 

Sebisa mungkin, jangan cuma ikut komunitas online. Anda juga perlu bertemu tatap muka, supaya bisa melakukan transfer ilmu tentang kopi dengan para anggota komunitas dengan lebih mudah. Utamanya dalam mencium aroma kopi, merasakan secara langsung, dan lain-lain.

 

3. Memahami ciri khas dari masing-masing jenis kopi

cara menjadi barista 006 

Setiap kopi memiliki keunikannya tersendiri. Jenis dan dari mana biji kopi tersebut berasal menciptakan cita rasa yang menarik untuk digali lebih dalam.

 

Untuk itu, sebelum menjadi barista di kedai kopi Anda sendiri, pahami terlebih dahulu ciri khas dari masing-masing jenis kopi. Terlebih Indonesia adalah surganya kopi, di mana masing-masing daerah memiliki biji kopi unik. 

 

Ambil contoh kopi sidikalang.dari Sumatera Utara. Kopi ini memiliki cita rasa yang mirip cokelat dan sedikit manis. Namun yang membedakan dengan kopi robusta lain adalah aroma dari Sidikalang, tidaklah terlalu tajam.

 

4. Berlatih berbagai teknik membuat kopi

 

Teknik membuat kopi ada cukup banyak. Ada cold brew, french press, aeropress, chemex, drip, dan moka. Masing-masing teknik ini memiliki keunggulan dan tantangannya masing-masing.

 

Cara menjadi barista dan pemilik kedai kopi yang baik, Anda tentu harus paham semua teknik tersebut. Lalu cari tahu teknik membuat kopi seperti apa yang paling pas untuk bisnis Anda atau yang akan jadi ciri khas Anda.

 

5. Lamar posisi barista di kedai kopi terbaik menurut Anda

cara menjadi barista 003

 

Tidak ada yang bisa mengalahkan pengalaman langsung. Setelah berlatih dan berlatih, maka buktikan hasil latihan Anda dengan bekerja pada sebuah kedai kopi terlebih dahulu.

 

Ini adalah kesempatan emas untuk mempelajari seluk beluk tentang pembuatan kopi hingga manajemen dan operasional kedai kopi. Dari pengalaman, Anda akan tahu sendiri cara menjadi barista andal.

 

6. Cara menjadi barista yang baik, carilah mentor terbaik

 

Selama bekerja di kedai kopi dan bergabung pada komunitas, sebaiknya Anda sekalian mencari barista senior yang mau menjadi mentor Anda. Itulah salah satu cara menjadi barista yang baik.

 

Darinya Anda akan belajar banyak sehingga kemampuan membuat kopi Anda akan semakin tajam. Pengalamannya dalam industri kopi juga sangat berharga untuk Anda yang berniat mendirikan kedai kopi sendiri.

 

Baca juga: Menjalani Bisnis Kedai Kopi Itu Sulit? Intip 5 Cara Mengembangkannya!

 

7. Belajar tentang segala peralatan yang ada di kedai kopi

kopi kenangan 3  

Cara menjadi barista terbaik, kamu harus mengetahui dan paham tentang cara pakai peralatan di kedai kopi. Bukan cuma mesin espresso, tapi juga penggiling kopi, silverware, glassware, hingga mesin kasir.

 

Mempelajari cara menggunakan alat yang ada, tentu akan memudahkan dalam memilih perlengkapan di kedai kopi Anda nanti. Apalagi jika Anda tahu kelebihan dan kekurangan tiap merek, pasti akan sangat memudahkan.

 

8. Diskusi dengan sesama barista merupakan salah satu cara menjadi barista yang baik

 

Setelah Anda memiliki pengalaman menjadi barista, Anda bisa saling berdiskusi dengan sesama barista. Temanya bisa tentang teknik pembuatan kopi, kualitas biji kopi, mana biji kopi yang sedang naik daun, dan bagaimana tren kedai kopi ke depannya.

 

Diskusi tentu bisa membuka ide-ide baru tentang apa yang harusnya Anda sajikan ke pelanggan. Inilah salah satu cara menjadi barista yang baik.

 

9. Mengikuti kelas pembuatan kopi

cara menjadi barista 002 

Tak ada salahnya untuk terus upgrade skill Anda sebagai barista. Bahkan, Anda bisa mendapatkan sertifikat yang semakin membuktikan bahwa Anda sudah memiliki cukup skill untuk membuat segelas kopi yang lezat.

 

Jika ingin menjadi barista terbaik, kamu harus tidak pernah puas akan ilmu. Apalagi ilmu tentang kopi berkembang cepat, menyajikan sesuatu yang berbeda setiap harinya.

 

10. Mengikuti lomba barista

 

Jika teori sudah di luar kepala dan skill membuat kopi sudah cukup tinggi, saatnya untuk membuktikan itu semua. Dengan mengikuti lomba barista, Anda bisa benar-benar mengukur setinggi apa skill Anda. Ini merupakan salah satu cara menjadi barista terbaik dan diakui.

 

Selain itu, Anda juga bisa sekaligus melakukan talent scouting untuk mencari barista potensial untuk Anda ajak bekerja sama membangun bisnis kopi sendiri. Bisa dikatakan sambil menyelam, minum air.

 

11. Berlatih menciptakan menu signature Anda sendiri

cara menjadi barista 007 

Saat ini semua kedai kopi memiliki menu yang serupa. Untuk itu, agar kedai kopi Anda nanti bisa memiliki ciri khas, kembangkan sendiri menu signature Anda sendiri. Dengan demikian, signature menu kedai kopi Anda bukan hanya kopi susu gula aren yang juga dimiliki oleh semua kedai kopi di Indonesia.

 

Baca juga: 4 Tips Sukses Bisnis Kopi Susu Kekinian Ala Kopi Kulo

 

12. Cara menjadi barista yang baik, harus bisa menggunakan teknologi terkini

 

Seorang barista di kedai kopi juga akan ditugaskan untuk mengerjakan tugas-tugas lainnya. Tidak terkecuali menerima dan memproses pesanan pelanggan.

 

Untuk itu, jika Anda akan menjadi owner sekaligus barista sebuah kedai kopi, sebaiknya Anda paham soal aplikasi kasir dengan teknologi terkini, dan aplikasi kasir terbaik untuk bisnis kedai kopi adalah Moka POS.

 

Moka POS memiliki fitur Inventory Management yang akan membantu pemilik bisnis kopi untuk memantau ketersediaan bahan baku, hingga ke setiap gram biji kopi yang akan digunakan untuk membuat pesanan pelanggan. Moka POS juga memiliki fitur-fitur lain yang akan membantu kelancaran bisnis kedai kopi sekaligus menjaga loyalitas pelanggan.

 

Jadi, pastikan Anda menggunakan Moka POS untuk bisnis kedai kopi Anda!

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia