Business Insight

7 Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Para Pemilik Usaha

By Jordhi Farhansyah on June, 9 2021
Jordhi Farhansyah

Musisi yang juga suka nulis.

7 Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Para Pemilik Usaha - Sebagai pemilik usaha, sudah pasti Anda dijejali dengan kesibukan yang tiada henti. Mulai dari bangun di pagi hari hingga tidur Anda tidak akan bisa menghindar dari pekerjaan yang harus diselesaikan. Banyak hal yang harus Anda lakukan hingga waktu 24 jam mungkin tidak cukup.

Sudah bukan hal aneh lagi ketika kita melihat orang lain mendedikasikan seluruh hidupnya untuk membangun usaha yang dirintis.

Banyak dari pemilik usaha yang melakukan kegiatan sehari-harinya tanpa ada perencanaan dan persiapan apa pun, tidak memikirkan waktu untuk dirinya dan keluarga. Hal itu tentu saja akan apabila dilakukan terus menerus akan menurunkan tingkat produktivitas yang akan berdampak kepada performa Anda dan perusahaan. 

Oleh karena itu untuk Anda para pebisnis atau Anda yang ingin menjadi pebisnis penting untuk membuat perencanaan yang sesuai dengan output yang ingin dihasilkan. Untuk membantu Anda, berikut ini 7 cara meningkatkan produktivitas kerja para pemilik usaha.

7 Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Para Pemilik Usaha

1. Mulai hari dengan pola pikir positif

pebisnis senang - Cara Menghilangkan Stres Akibat Pandemi COVID-19-1

Hari Anda mungkin akan lebih berat apabila Anda memulai hari dengan rasa lelah atau mood yang jelek. Pagi hari adalah awal dari hari Anda, maka dari itu penting untuk Anda memulai hari dengan pikiran yang positif. Pikiran yang positif akan membantu Anda untuk tetap fokus sepanjang hari. 

Cara agar Anda memulai hari dengan pikiran yang positif bisa dengan berbagai cara, antara lain:

  • Mendengarkan musik favorit, memulai hari dengan mendengarkan musik favorit dapat membuat mood Anda menjadi bagus dan siap untuk memulai hari.
  • Meminum secangkir teh atau kopi. Minum teh atau kopi akan membuat rileks dan dorongan dari kafein dari minuman ini dapat membantu Anda jadi lebih segar.
  • Berolahraga. Sudah banyak penelitian yang menyatakan bahwa olahraga pagi hari dapat menunjang produksi endorfin yang membuat Anda bahagia sepanjang hari. Hati yang bahagia akan membuat Anda tentu lebih produktif.

Hal itu apakah dapat membantu? Tentu saja. Anda akan lebih merasa lebih tenang dan bahagia sehingga membuat pikiran Anda menjadi jernih dan siap untuk memulai hari yang penuh dengan tantangan. 

Baik untuk melakukannya secara rutin agar dapat pola hidup Anda menjadi lebih teratur. Memulai hari dengan semangat serta memiliki positive mindset tentu akan membuat Anda lebih bersemangat dan fokus sepanjang hari.


2. Buatlah to-do list sebelum memulai pekerjaan

Smash-Your-To-Do-List-2

Cara meningkatkan produktivitas kerja yang satu ini akan meringankan beban Anda untuk mengingat apa saja pekerjaan yang harus dikerjakan dalam satu hari. To-do list juga bisa membantu Anda memperkirakan berapa waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan satu tugas.

Dengan membuat to-do list, prioritas pekerjaan dalam satu hari akan jadi lebih jelas. Anda pun sudah bisa mempersiapkannya dari malam hari. 

Tanpa ada to-do list Anda tentu saja akan sedikit kebingungan atau bahkan lupa dengan apa yang harus dilakukan hari itu karena padatnya pekerjaan. Agar lebih fokus dalam melakukan to-do list, buatlah beberapa daftar pekerjaan dan susunlah berdasarkan prioritas.

Di akhir hari, Anda bisa me-review-nya kembali, apakah daftar pekerjaan yang Anda tulis sudah berjalan efisien dan maksimal? Apakah terlalu banyak? Apakah ada pekerjaan yang perlu dipindah ke esok hari? Apakah ada pekerjaan yang sangat memakan waktu sehingga perlu didelegasikan ke orang lain?


3. Jaga fokus dengan hindari multitasking

 

Dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan, agar mendapatkan hasil yang maksimal dibutuhkan kerja keras dan fokus yang tinggi.

Banyak dari pemilik usaha yang mungkin merasa sanggup untuk multitasking atau mengerjakan banyak pekerjaan sekaligus dalam satu waktu. Akan tetapi, tak jarang juga pada akhirnya pekerjaan menjadi berantakan atau hasilnya tidak sesuai ekspektasi. 

Lantas, bagaimana cara meningkatkan produktivitas kerja? Ya, fokus mengerjakan satu hal di satu waktu akan membuat Anda semakin cepat menyelesaikan pekerjaan dan Anda dapat beralih mengerjakan pekerjaan lainnya. Ada beberapa cara agar tetap fokus dalam melakukan pekerjaan, yaitu:

  • Ketahui kapan "jam pintar" Anda, di mana Anda bisa merasa profuktif dan fokus sepenuhnya.
  • Minum air putih. Minum air putih terbukti dapat meningkatkan fokus karena 90 persen dari otak kita mengandung air. Apabila tubuh kekurangan air, maka otak akan bereaksi dan mempengaruhi suasana hati yang dapat mengganggu fokus Anda.   
  • Istirahat sejenak. Ketika Anda sudah sangat lelah tidak ada salahnya untuk istirahat sejenak untuk menghilangkan kepenatan. Agar tidak terlalu lama, 10-30 menit saja sudah cukup untuk istirahat dan siap untuk diajak bekerja kembali.

Itu adalah berapa cara agar tetap fokus dalam bekerja. Tentu apabila Anda dapat fokus, produktivitas Anda akan meningkat dan pekerjaan akan dapat selesai dengan cepat dengan hasil yang optimal.

Baca juga: 10 Tips Meningkatkan Produktivitas Saat Work From Home


4. Jauhkan diri dari distraksi selama bekerja

makan siang sambil main HP

Distraksi adalah hal yang bisa menghambat Anda dalam menyelesaikan pekerjaan. Ada banyak hal yang bisa Anda terdistraksi ketika bekerja. Untuk menghindari distraksi itu Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini:

  • Rapikan meja kerja Anda, mempunyai meja kerja yang rapi akan membuat Anda tidak mudah terdistraksi oleh benda-benda yang bertebaran di meja kerja Anda.   
  • Jauhkan handphone, salah satu distraksi terberat yang akan selalu menggoda Anda untuk membukanya. Entah untuk bermain game atau mungkin membuka media sosial.
  • Gunakan headphone atau earphone agar tidak terganggu dengan suara sekitar. Untuk beberapa orang, suara-suara sekitar adalah gangguan yang membuat mereka kehilangan fokus bekerja. Mungkin Anda bisa memutar suara ambiance atau musik instrumental karena melodinya yang menenangkan dan tidak mengalihkan perhatian.

Ketika Anda bisa menghindari distraksi tentu saja Anda akan lebih cepat mengerjakan pekerjaan Anda. Anda harus mengetahui apa saja yang menjadi distraksi ketika bekerja dan Anda harus kuat untuk tidak mudah terdistraksi oleh hal-hal itu. 

Bagaimana, pernah menerapkan cara meningkatkan produktivitas kerja yang satu ini?


5. Delegasikan tugas Anda pada rekan kerja

karyawan di kantor

Ini dia cara meningkatkan produktivitas kerja selanjutnya. Sebagai pemilik usaha, Anda tidak harus mengerjakan semuanya sendiri. Ada saatnya Anda mendelegasikan pekerjaan kepada rekan kerja atau apabila usaha Anda sudah memiliki karyawan bisa mendelegasikan kepada karyawan Anda.

Tentu saja dengan pengawasan dari Anda dan Anda sudah tahu bahwa orang yang Anda percayakan adalah orang yang tepat untuk mengerjakan tugas itu. 

Dengan mendelegasikan pekerjaan, Anda dapat mengerjakan pekerjaan lainnya. Tentu saja membutuhkan waktu agar pekerjaan yang Anda delegasikan sesuai dengan standar Anda, tapi ketika semuanya sudah berjalan sesuai dengan standar, Anda akan merasa terkejut betapa produktifnya ketika semuanya sudah berjalan dengan baik.


6. Buatlah deadline untuk Anda menyelesaikan pekerjaan

jadwal penuh deadline

Sebagian orang akan cenderung santai jika sudah mengetahui waktu deadline yang masih lama. Hasilnya, pekerjaan tidak tersentuh hingga mendekati waktu batas akhir.

Sebagian lainnya justru merasa tertekan dengan adanya deadline yang terlalu singkat. Untuk itu, pola pikir yang harus dimiliki adalah dengan menganggap deadline sebagai sesuatu yang ditakuti, melainkan sesuatu yang harus dihadapi.

Deadline akan membuat Anda lebih terorganisir karena membantu Anda mengetahui prioritas pekerjaan yang mana akan diselesaikan terlebih dahulu. Buatlah deadline yang sesuai dengan kemampuan kerja Anda. Untuk awal akan terasa berat karena semuanya akan serba terdesak namun ketika Anda sudah terbiasa Anda akan lebih mudah dalam mengatur alur pekerjaan. 

Untuk target yang besar, buatlah deadline yang cukup panjang agar semuanya matang dan tidak ada yang terlewat. Lalu, untuk target yang lebih kecil buatlah deadline yang singkat. Mungkin terlihat tidak begitu penting, tapi mengatur deadline akan sangat efektif untuk Anda ke depannya.


7. Jaga kesehatan dan pola hidup

istirahat dari bekerja dan minum air putih

Terdengar seperti hal yang sepele dan sering dilupakan. Namun menjaga kesehatan dan pola hidup adalah dasar bagi Anda agar tetap dapat produktif.

Tanpa menjaga kesehatan dan pola hidup kedepannya Anda akan mengalami banyak masalah kesehatan yang akan sangat mengganggu pekerjaan Anda. Anda akan mudah kehilangan fokus dan cepat lelah sehingga pekerjaan Anda akan lebih lama terselesaikan.

Bagaimana cara untuk menjaga kesehatan dan pola hidup yang mudah? Berikut ini hal-hal yang bisa Anda lakukan.

  • Tidur yang cukup, tidur adalah hal yang sering disepelekan oleh orang-orang. Padahal apabila Anda kurang tidur, itu akan mengurangi tingkat konsentrasi. Anda akan mudah lupa dan tentu saja Anda akan kelelahan sepanjang hari. Tidur tujuh hingga sembilan jam sehari akan sangat menunjang kinerja Anda, sehingga dapat meningkatkan produktivitas.
  • Minum banyak air putih guna meningkatkan kemampuan otak untuk dapat fokus di waktu yang lama.
  • Makan makanan yang sehat, makanan yang sehat akan membantu tubuh Anda jauh dari penyakit-penyakit yang bisa mempengaruhi produktivitas Anda.   

Itulah 7 cara meningkatkan produktivitas kerja para pemilik usaha. Semoga dapat menginspirasi Anda untuk meningkatkan produktivitas kerja Anda. Agar produktivitas Anda tetap terjaga, Anda juga butuh dukungan teknologi yang tepat untuk bisnis.

Contohnya seperti aplikasi kasir Moka POS siap mendukung bisnis Anda lewat beragam fitur, mulai dari manajemen inventori stok bahan baku, loyalty program, mencatat laporan penjualan, menganalisis penjualan dari waktu ke waktu, hingga permodalan. Jadi, Anda bisa lebih mudah dalam memulai dan mengelola bisnis Anda.

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana Moka POS bisa membantu bisnis Anda? Klik banner di bawah ini!

Aplikasi Kasir Moka POS untuk Coffee Shop

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia