Inspiration COVID-19

13 Cara Menghilangkan Stres Akibat Pandemi COVID-19

By Samina Sharanani on May, 30 2020
Samina Sharanani

A word crafter

13 Cara Menghilangkan Stres Akibat Pandemi COVID-19 - Keadaan yang tidak pasti dan suasana kerja yang terus-terusan di rumah saja sudah pasti membawa pikiran banyak orang jadi stres, tak terkecuali para pebisnis.

Di tengah pandemi global COVID-19, masyarakat dikerumuni masalah dan ketidakpastian yang akhirnya membuat takut dan khawatir. Jika hal ini berlanjut, bisa-bisa Anda semakin stres, susah tidur, dan sulit berkonsentrasi untuk kegiatan sehari-hari.

Untuk mengatasi ketidaknyamanan tersebut, yuk simak tips hindari stres saat pandemi COVID-19 berikut ini!

13 Cara Menghilangkan Stres Akibat Pandemi COVID-19

1. Tetap berkomunikasi

pebisnis video call - Cara Menghilangkan Stres Akibat Pandemi COVID-19

Saat terpisah dari teman dan keluarga, sangat wajar jika Anda merasa cemas dan kesepian. Jika Anda bertanya bagaimana cara menghilangkan stres akibat pandemi COVID-19, luangkanlah waktu untuk selalu berkomunikasi dengan mereka.

Baca juga: Yuk, Jalani Gaya Hidup Pebisnis Sehat dengan Wellness Tracker!

Gunakan fitur chat, telepon, video call, dan media-media lainnya untuk ngobrol seru bersama teman dan keluarga. Usahakan untuk memperbanyak diskusi soal hal-hal positif dan menghibur, jangan bahas soal pandemi COVID-19 terus, ya.


2. Batasi informasi COVID-19

Cara Efektif Membuat dan Memantau Konten Media Sosial Bisnis - Cara Menghilangkan Stres Akibat Pandemi COVID-19

Semakin mudah kita mengakses informasi, semakin mudah pula kita menyebarkannya. Mulai dari group chat, website berita, hingga televisi. Banyaknya informasi yang datang membuat kita sulit memilah dan mengakibatkan stres.

Baca juga: 5 Pelajaran Berharga soal COVID-19 yang Bantu Pebisnis Hadapi Krisis

Salah satu cara menghilangkan stres akibat pandemi COVID-19 ialah dengan membatasi informasi yang Anda terima dengan tidak terus menerus membaca berita dari berbagai sumber. Pilih portal berita atau halaman resmi pemerintah yang konten informasinya sudah pasti benar. Jangan terlalu banyak baca berita juga, kurangilah secara perlahan.


3. Jangan ragu ungkapkan rasa stres Anda

pebisnis, karyawan bekerja - 5 Kesalahan dalam Merekrut Karyawan yang Sebaiknya Dihindari - 3 Jenis Skill yang Wajib Dikuasai Pengusaha Jika Ingin Sukses

Sebelum Anda merasa kewalahan dengan stres yang Anda rasakan, coba perlahan tenangkan diri dan terima keadaan Anda. Jangan pendam perasaan stres Anda sendirian. Kemudian, jangan ragu untuk ceritakan rasa stres Anda kepada teman ataupun keluarga yang Anda percaya.

Jika rasa stres sudah mulai mengganggu keseharian Anda, jangan ragu minta pertolongan atau coba cari informasi untuk konsultasi online dengan ahli kesehatan jiwa. Dengan mencurahkan isi hati dengan orang terpercaya, rasa stres Anda kemungkinan akan perlahan berkurang.


4. Makan sehat dan istirahat teratur

tidur - istirahat yang cukup - Cara Menghilangkan Stres Akibat Pandemi COVID-19

Selain olahraga, gaya hidup sehat juga melibatkan pola makan Anda. Meski kegiatan Anda padat dan tidak mengenal waktu saat menjalani WFH, jangan lupa untuk makan sehat dan tepat waktu.

Baca juga: 10 Karakter Pengusaha Sukses Saat COVID-19, Sudah Memilikinya?

Selalu luangkan waktu untuk melemaskan badan dan keluar dari meja kerja Anda. Minum air putih hangat yang banyak dan lakukan gerakan-gerakan ringan untuk melenturkan badan. Atur waktu sebaik mungkin untuk merawat diri dan prioritaskan waktu tidur cukup. Dengan membiasakan kegiatan sehat ini, Anda akan jadi lebih fokus dan terhindar dari stres akibat COVID-19.


5. Ikuti saran WHO

olahraga - workout - wellness tracker 3

Sebagaimana yang dihimbau World Health Organization (WHO), selama masa karantina usahakan untuk jalani gaya hidup sehat. Rajinlah berjemur setiap pagi. Jangan lakukan kegiatan di luar rumah selain untuk memenuhi kebutuhan pokok dan pangan.

Dengan mematuhi saran WHO, Anda akan merasa lebih aman dengan diri sendiri dan tidak perlu kepikiran akan terjangkit dan menularkan orang-orang tersayang Anda.

Baca juga: Tanda Bahwa Tubuh Anda Memerlukan Istirahat


6. Jaga pikiran tetap positif

pebisnis senang - Cara Menghilangkan Stres Akibat Pandemi COVID-19

Salah satu cara menghilangkan stres akibat pandemi COVID-19 ialah dengan menenangkan pikiran Anda dan tetap cari kegiatan positif untuk mengisi hari-hari Anda. Kurangi baca berita yang membuat stres dan perbanyak pikirkan hal-hal baik apa yang bisa Anda ambil dan pelajari dari akibat pandemi COVID-19 ini.

Mendistraksi diri Anda dari hal-hal yang tidak menyenangkan menjadi kunci utama untuk terhindar dari stres di tengah pandemi. 


7. Tenangkan pikiran dengan ibadah

ramadan 6 - berdoa - salat - 25 Ucapan Menyambut Ramadan 2020 yang Kaya Makna

Ibadah merupakan salah satu kebutuhan rohani manusia. Di saat banyak informasi negatif dan banyaknya pihak yang tidak dapat dipercaya, Anda bisa mencari ketenangan dengan beribadah. Luangkanlah waktu tambahan untuk tetap terhubung secara rohani dengan Tuhan Yang Maha Esa.

Dengan fokus ibadah dan memperbanyak berdoa, pikiran Anda akan jadi lebih tenang dan merasa lebih percaya diri untuk menghadapi kesulitan-kesulitan di masa pandemi COVID-19 ini.

Baca juga: 10 Tips Meningkatkan Produktivitas Saat Work From Home


8. Jadwalkan waktu untuk diri sendiri

5 Buku Inspiratif Pebisnis untuk Isi Libur Lebaran, Sudah Baca (1)

Untuk lebih meningkatkan fokus terhadap hal-hal baik, Anda bisa mulai dengan memprioritaskan waktu untuk diri sendiri. Kosongkan waktu (sekitar 30 menit) untuk diri sendiri, tinggalkan pekerjaan sejenak. Jauhkan diri dari berita atau informasi yang membuat stres, dan manfaatkan waktu tersebut untuk melakukan hal-hal yang membuat Anda senang.

Baca juga: Wahai Para Pebisnis, Catat 5 Tren Bisnis Pasca COVID-19 Ini

Jika Anda suka baca buku, ambillah buku kesukaan Anda. Suka nonton film? Buka laptop Anda untuk menonton sejenak. Maksimalkan waktu itu benar-benar untuk diri Anda sendiri. Hal ini akan membantu pikiran Anda jadi lebih fokus dan terhindar dari stres akibat COVID-19.


9. Cari kegiatan bersama orang-orang rumah

memberikan rating bagus untuk bisnis - testimonial

Ini dia cara menghilangkan stres akibat pandemi COVID-19 selanjutnya, Pada dasarnya, manusia adalah makhluk sosial dan perlu interaksi dengan sesamanya. Jika Anda sedang WFH bersama keluarga atau teman indekos, coba jadwalkan kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan bersama-sama.

Hal-hal ringan seperti membersihkan rumah bersama, masak bersama, bermain game bersama, olahraga, berkebun, dan lain sebagainya. Dengan begini, kebutuhan Anda untuk bersosialisasi akan terpenuhi dan terhindar dari stres akibat COVID-19.

Baca juga: 5 Kebiasaan di Pagi Hari yang Buat Anda Produktif


10. Jadi kreatif

tren media sosial 2020 (3)

Jika Anda WFH sendirian, jangan sedih. Anda juga bisa hindari stres akibat COVID-19 dengan cari banyak kegiatan baru yang bisa dicoba sendiri. Seperti yang kini banyak beredar di internet, banyak orang-orang yang selama karantina jadi lebih kreatif dan mencoba banyak hal yang sebelumnya belum pernah dilakukan. Inilah kesempatan Anda untuk melakukan hal yang sama.

Jika Anda penasaran dengan kegiatan melukis, Anda bisa pesan alat-alat yang dibutuhkan secara online dan mengikuti tutorial-tutorial gratis di internet. Jika Anda penasaran dengan filter-filter video atau berbagai challenge seru di internet, jangan ragu untuk belajar dan ikuti challenge-nya. Selain terhindar stres, Anda juga menambah banyak ilmu selama karantina.


11. Atur penggunaan media sosial

tren media sosial 2020 (5)

Semenjak WFH, tidak dipungkiri penggunaan media sosial jadi lebih tinggi, baik itu sekedar selingan di waktu istirahat, ingin melihat kabar teman dan saudara, maupun melihat berita terbaru. Banyak informasi bertebaran lewat media sosial dan cukup sulit memilihnya karena informasi selalu berubah.

Supaya terhindar dari stres, coba kurangi penggunaan media sosial secara perlahan. Jika sulit, gunakan fitur mute jika ada akun atau konten yang tidak Anda senangi. Di Instagram, Anda bisa mute post dan story akun mana pun, sedangkan di Twitter Anda bisa masukkan keywords yang berkaitan dengan pemicu stres ke dalam list muted words. Timeline bersih, Anda pun bisa bermedia sosial dengan tenang dan aman.

Baca juga: 8 Aplikasi yang Bikin Kerja dari Rumah Lebih Efektif


12. Fokus aktivitas menyehatkan

olahraga - workout - wellness tracker 4

Selain ikuti saran WHO guna menghindari potensi tertular COVID-19, Anda juga bisa mendalami gaya hidup sehat Anda dengan giat olahraga. Banyak macam-macam olahraga ringan yang bisa Anda lakukan di dalam rumah.

Anda bisa coba searching di internet dan cobalah beberapa rutinitasnya dan cari tahu mana yang cocok untuk tubuh dan gaya hidup Anda. Kegiatan olahraga yang bisa Anda lakukan di rumah diantaranya adalah Yoga, Pilates, Zumba, Cardio, dan lain sebagainya.


13. Memanfaatkan informasi untuk persiapan diri

pebisnis fashion

Peredaran informasi tentang COVID-19 berjalan sangat pesat dan masif. Beberapa informasi memang benar, namun tidak sedikit juga yang kurang tepat. Sebelum mempercayai informasi, cobalah cerna dan teliti hal-hal di dalamnya. Bandingkan dengan informasi lain dan pilih portal berita terpercaya atau website kesehatan resmi terpercaya seperti Kemenkes RI dan WHO.

Manfaatkan informasi yang Anda dapat sebagai pengetahuan untuk antisipasi dan melakukan langkah-langkah terbaik untuk menjaga diri dari COVID-19. Karena pada dasarnya informasi ada agar Anda bisa bersiap diri, bukan untuk dijadikan sumber kepanikan dan stres.

Baca juga: Cara Membuat Jadwal Kerja Shift Karyawan Supaya Efektif

Perubahan pesat yang dialami akibat pandemi COVID-19 membuat banyak orang stres dan kehilangan semangat. Hal itu merupakan respon yang sangat wajar, mengingat semua perubahan drastis ini terjadi dalam kurun waktu yang cukup singkat.

Selama Anda sudah melakukan usaha terbaik untuk melindungi diri dan orang-orang sekitar Anda, percayalah usaha Anda tidak akan sia-sia. Apapun tantangan bisnis yang sedang Anda hadapi saat ini, Moka siap membantu dan menemani masa-masa sulit Anda.

Moka akan membantu Anda untuk membuat laporan penjualan secara otomatis, membantu mengelola daftar inventaris atau bahan baku yang dimiliki, membantu mengelola karyawan, hingga membuat loyalty program agar para pelanggan tetap setia pada bisnis Anda.

Ingin mencoba aplikasi kasir Moka POS gratis biar semangat Anda bangkit kembali?

Moka POS, Aplikasi Kasir Andalan Pebisnis di Seluruh Indonesia

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia