Business Insight

10 Cara Menghasilkan Uang dari Internet

By Samina Sharanani on June, 23 2021
Samina Sharanani

A word crafter

10 Cara Menghasilkan Uang dari Internet - Di zaman sekarang, kita berada di kondisi yang sangat berbeda dengan waktu-waktu sebelumnya. Hal ini dikarenakan sekarang segalanya makin canggih. Ada perbedaan mendasar antara saat ini dan beberapa dekade lalu, yaitu tersedianya jaringan internet.

Dengan adanya internet, semua orang kini bahkan bisa meraup banyak keuntungan dari jalur online. Di satu sisi, internet memberikan banyak informasi. Di sisi lain, internet juga bisa memberikan pundi-pundi uang yang bisa mengisi kekosongan kantong Anda.

Ada banyak cara mendapatkan uang dari internet bagi yang ingin memperoleh penghasilan sampingan atau ingin berganti pekerjaan. Hanya saja, Anda harus berhati-hati. Layaknya pekerjaan pada umumnya, cara menambah penghasilan dari internet juga tak luput dari tipu daya. Perbanyak info soal penipuan dan aktivitas ilegal lainnya.

Meski begitu, cara mendapatkan uang dari internet tidaklah terlalu sulit. Banyak orang yang telah menghasilkan ratusan juta rupiah dari aktivitas online mereka. Anda juga dapat meraih kesuksesan yang sama. Asal, Anda mengetahui cara menghasilkan uang dari internet yang tepat.

Baca juga: 25 Ide Bisnis Online dan Offline Buat Tambah Cuan 2021


10 Cara Menghasilkan Uang dari Internet

menjalankan bisnis bersama pasangan - 10 Cara Jitu Menghasilkan Uang dari Internet

Ada banyak cara menghasilkan uang dari internet. Berikut ini kami akan paparkan 10 rekomendasi yang bisa Anda jalankan demi meraih untung berlipat-lipat dari internet.

1. Membuka toko online

Membuka toko online bisa menjadi cara menghasilkan uang dari internet, terutama jika Anda memiliki produk barang yang berkualitas. Toko online merupakan sebuah website yang memajang produk Anda untuk dijual. 

Toko online juga disertai fitur yang memudahkan transaksi pembelian. Tiap pembayaran bisa dilakukan secara otomatis lewat payment gateway. Selain itu, Anda bisa membuka toko online Anda selama 24 jam.

Toko online juga menawarkan jangkauan pasar yang lebih luas. Berbeda halnya ketika Anda menjual produk secara offline dengan pasar terbatas. Selain itu, biaya pengelolaan toko online jauh lebih murah. 

Jika Anda ingin membuat website toko online pribadi yang dapat Anda hubungkan dengan Google, Facebook, dan Instagram, yuk coba gunakan GoStore! Ini merupakan platform terbaru dari Gojek yang bisa Anda manfaatkan sebagai kanal pemasaran demi memaksimalkan pendapatan penjualan. Klik di sini untuk info lebih lanjut!

2. Menjual produk secara dropship

Dropship memang salah satu cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal. Secara singkat, prinsip kerja dropship itu seperti reseller. Anda berjualan produk pihak lain. Bedanya, reseller harus menyimpan barang sebelum dijual kembali, sementara dropship tidak. Itu karena pengiriman barang dilakukan oleh pihak supplier

Meskipun margin keuntungannya tidak sebesar berjualan produk sendiri, hasil bisnis dropship cukup menjanjikan. Di Indonesia, dengan banyaknya marketplace membuat dropship berkembang dan bisa mendatangkan penghasilan hingga jutaan rupiah.

Baca juga: 5 Cara Menjadi Dropshipper yang Sukses

Untuk menjajal bisnis dropship, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan. Pertama, Anda bisa menentukan produk yang akan dijual (elektronik, kosmetik, dll). Kedua, Anda harus mencari supplier dengan reputasi baik. Kemudian Anda harus menentukan sarana berjualan (marketplace, website pribadi, media sosial). Lalu yang terakhir adalah membangun brand Anda sendiri dan mempromosikannya.

3. Menjual kerajinan tangan online

Ini dia cara menghasilkan uang dari internet yang selanjutnya. Sadarkah Anda, kualitas kerajinan tangan Indonesia telah diakui dunia. Jika Anda memiliki keahlian menciptakan produk berkualitas, jangan ragu bersaing di pasar global secara online. Sebab, menjual kerajinan tangan merupakan cara mendapatkan uang yang menjanjikan.

Untuk mampu bersaing, pastikan produk Anda unik dan berkualitas. Selanjutnya, Anda bisa mulai menjual produk Anda. Baik melalui website toko online Anda, bergabung ke marketplace atau menggunakan media sosial.

Jika menggunakan media sosial, Anda bisa membuat konten yang menarik atau bisa menyiapkan budget untuk beriklan. 

Baca juga: 9 Strategi Pemasaran Bisnis Online untuk Dongkrak Penjualan

4. Jual helm dan asesoris motor secara online

Dengan menjamurnya pengendara motor di Indonesia, Anda bisa memanfaatkan peluang ini sebaik mungkin. Menjual asesoris-asesoris motor, terutama helm, tentu akan membuat Anda memperoleh banyak keuntungan.

Sebagai contoh, Anda bisa mengikuti jejak langkah Juragan Helm yang sukses mempertahankan eksistensinya selama pandemi dan malah memperlebar target pasarnya jauh lebih luas lagi. 

Media sosial Juragan Helm pun sangat aktif berinteraksi dengan customer sebagai salah satu usaha untuk tetap bisa menjangkau para pelanggan setianya. Misalnya, ketika ada customer yang ingin bertanya lewat Instagram tentang ketersediaan barang, Juragan Helm selalu merespon.

5. Jual frozen food secara online

Minat konsumen terhadap frozen food kian meninggi dari waktu ke waktu, terutama sebagai stok makanan selama masa pandemi ini. Dengan demikian, bisnis frozen food saat ini juga menjadi tren usaha sebagai respon dari banyaknya permintaan itu.

Bisnis frozen food menjadi peluang yang menguntungkan karena sifatnya yang praktis. Bisnis frozen food bisa dijalankan dengan skala rumahan. Dengan begitu, Anda bisa memulai bisnis ini kapan saja.

6. Menjadi social media manager

Kemampuan mengelola akun media sosial bisa menjadi cara menghasilkan uang dari internet. Untuk menjadi seorang social media manager yang baik, Anda perlu mengasah terus kemampuan komunikasi publik Anda, terutama dalam bentuk tulisan.

Kemudian Anda juga perlu pelajari teknologi terbaru dan tools social media management. Lalu Anda wajib ikuti tren social media terutama dari brand ternama. Yang terakhir, Anda harus mampu mengelola waktu kerja dengan baik. 

Baca juga: 5 Cara Melihat dan Memanfaatkan Peluang Bisnis Online Modal Kecil

7. Jual busana Muslim

Kebutuhan pasar akan pakaian muslim semakin meningkat, terutama menjelang Hari Raya umat muslim seperti Ramadan dan Lebaran.

Belum lagi mengingat kalau Indonesia menjadi negara dengan penduduk beragama Muslim terbanyak di dunia. Tidak heran kalau jualan online busana Muslim, baik untuk pria maupun wanita, menjadi prospek bisnis online yang sangat menguntungkan.

8. Jual produk kecantikan

Berjualan online produk kecantikan terbukti manjur. Semakin banyak orang yang lebih memilih untuk membeli barang-barang seperti makeup dan skincare secara online ketimbang harus mengunjungi toko fisiknya. Alasannya adalah produk kecantikan yang ditawarkan oleh toko online lebih bervariasi daripada toko offline, termasuk produk-produk kecantikan dari luar negeri.

Satu trik yang dapat Anda lakukan adalah ketahui tren produk kecantikan terbaru dengan melihat video review dari beauty influencer, kemudian segera jualan online produk kecantikan tersebut.

9.  Jual peralatan olahraga

Dengan mewabahnya pandemi COVID-19, semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya olahraga sehingga kebutuhan akan peralatan olahraga semakin meningkat.

Survei juga membuktikan kalau pembelian peralatan olahraga semakin meningkat saat momen menjelang pesta olahraga dunia seperti World Cup atau Olimpiade.

Hmm ... tertarik untuk melakukan cara menghasilkan uang dari internet yang satu ini?

10. Jual barang unik dan lucu

Dalam kategori ini, termasuk barang seperti dekorasi rumah, koleksi, atau barang-barang yang biasanya dijadikan hadiah ulang tahun. Daya tariknya terletak pada desain yang unik atau lucu, membuat siapapun yang melihatnya jadi tertarik untuk membelinya. 

Dari sini, Anda harus pintar-pintar dalam highlight desain uniknya daripada fungsinya jika Anda memutuskan untuk jualan online produk ini. Beberapa contoh yang bisa Anda coba adalah lampu tidur, mug lucu, bingkai foto, dan funko pop.

Baca juga: 5 Cara Menarik Pelanggan Bisnis Online Paling Ampuh

Nah, itulah dia 10 cara menghasilkan uang dari internet yang bisa Anda coba. Bagaimana, apa jenis usaha yang ingin Anda coba?

Apabila Anda berminat untuk menjual berbagai produk ritel, jangan lupa untuk gunakan GoStore sebagai platform jualan Anda, yuk! GoStore bisa Anda hubungkan dengan sistem pembayaran nontunai yang memudahkan Anda untuk menerima pembayaran dengan mudah dari pelanggan.

GoStore  juga memungkinkan Anda mengirim pesanan secara instan kepada pelanggan sehingga produk yang dibeli akan lebih cepat sampai! Menarik, bukan?

Kunjungi halaman ini untuk tahu lebih banyak soal bagaimana GoStore bisa membantu Anda menghasilkan uang dari internet atau klik banner berikut ini!

New call-to-action

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia