Business Insight

10 Cara Menambah Followers Instagram Bisnis Anda

By Samina Sharanani on June, 25 2021
Samina Sharanani

A word crafter

10 Cara Menambah Followers Instagram Bisnis Anda - Jika Anda ingin berbisnis dari Instagram, tentu jumlah followers merupakan sesuatu yang tak boleh luput dari perhatian. Walaupun jumlah followers bukanlah segalanya, rumusnya adalah semakin banyak followers yang dimiliki, semakin banyak pula yang melihat konten Anda.

Dari bisnis online hingga influencer, jumlah angka followers di akun Instagram Anda dapat menentukan tingkat kesuksesan yang diinginkan. Walaupun tampak seperti sesuatu yang sederhana, ternyata tidak semudah itu. 

Mungkin Anda sekarang sudah mengetahui bahwa hanya membagikan foto, video, atau Instagram story dengan rutin tidak menjamin peningkatan followers Instagram yang cepat.

Anda harus mengulik imajinasi dan kreativitas untuk membuat konten berbeda dari akun Instagram lainnya sehingga Instagram Anda menonjol di mata publik yang juga dapat memicu engagement dari konten Anda karena tanpa adanya konversi, followers banyak tidak akan menjamin tingkat kesuksesan yang diimpikan. 

Baca juga: Penting! Ini 6 Cara Mempertahankan Loyalitas Karyawan Anda

Jadi, bagaimana sih cara menambah followers Instagram bisnis Anda? Simak 10 tips berikut ini, ya!

10 Cara Menambah Followers Instagram Bisnis

1. Buat Konten dengan Topik Orisinil dan Menarik 

memfoto makanan dan minuman - endorsement - food blogger - Panduan Digital Marketing dan Social Media Ads - instagram ads, facebook ads - 10 Cara Menambah Followers Instagram Bisnis Anda

Ini dia cara menambah followers Instagram bisnis yang pertama. Membuat topik yang orisinil bukanlah sesuatu yang paling mudah dalam era di mana semuanya sudah pernah dilakukan. Maka itu, konten yang baru dan menarik adalah hal yang dapat menarik kedua followers dan engagement di Instagram. 

Tidak ada rumus yang paling mudah untuk menghasilkan konten menarik dan baru karena hal tersebut harus datang dari kreativitas Anda sendiri.

Namun, mungkin salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk ini adalah dengan lupakan konten akun lain dan upload apa yang menurut Anda menarik.

Di era digital yang semua serba bisa, hampir semua orang melakukan hal yang sama sehingga ketika seseorang bisa membuat konten yang lebih orisinil dan menarik, besar kemungkinan publik akan jauh lebih tertarik dengan konten Anda dibandingkan konten-konten lain pada umumnya. 

Baca juga: 10 Cara Menghasilkan Uang dari Internet


2. Buat Konten yang Memicu Engagement 

menggunakan instagram sebagai platform marketing - Cara Menambah Followers Instagram Bisnis

Selain konten yang menarik, buatlah konten yang memicu followers Anda untuk berinteraksi langsung dengan Anda. Instagram memiliki beberapa fitur, termasuk di Instagram Story, untuk melakukan hal ini selain dengan fitur comment di bawah post Anda seperti Instagram polls, questions, dan quiz.

Semua fitur tersebut dapat digunakan untuk membuat followers Instagram bisnis mempunyai sebuah hubungan dengan Anda. 

Selain itu, buatlah konten yang memicu followers Anda untuk menggunakan fitur save dan share dari konten yang Anda post. Semakin banyak konten Anda yang disimpan dan dibagikan oleh followers Anda, semakin bertambah nilai engagement dari Instagram Anda. 

Baca juga: 7 Website dan Aplikasi Gratis untuk Membuat Desain Infografis


3. Perhatikan Engagement Rate Per Post (ERPP) 

Pentingnya Tampilan Konten Media Sosial Bisnis Retail Anda (2) (1)

Ternyata matematika juga dapat digunakan untuk membantu Anda menambah followers di Instagram, lho. Mungkin Anda sudah bosan dengan kata-kata "algoritma" di aplikasi media sosial apa pun. Instagram, Twitter, bahkan TikTok semua memiliki cara kerja masing-masing untuk memperlihatkan konten yang cocok dengan penggunanya. 

Cobalah hitung ERPP di post Anda dan bandingkan dengan yang lain untuk menentukan apa konten yang paling menarik perhatian publik.

Rumus ERPP:

Engagement / Reach per post x 100

Ukur hasil ERPP sebagai alat pengukuran yang dapat digunakan sebagai penentuan strategi untuk menambah followers Instagram bisnis Anda. 

Baca juga: 9 Strategi Meningkatkan Penjualan Bisnis Online di TikTok


4. Iklan untuk Eksposur Bisnis Online

tren media sosial 2020 - Cara Menambah Followers Instagram Bisnis

Walaupun iklan tidak dapat menentukan peningkatan followers Instagram bisnis yang signifikan untuk Instagram Anda, tapi dapat digunakan untuk meningkatkan eksposur terkait akun Anda.

Meskipun follower Instagram bisnis Anda berjumlah sangat banyak, hal tersebut tidak akan ada artinya apabila followers Anda tidak tertarik dengan produk dari bisnis Anda. 

Nah, untuk membantu hal itu, penggunaan iklan dapat menaikan eksposur bisnis Anda yang pada akhirnya juga dapat menaikkan angka followers Anda.  

Baca juga: 10 Podcast untuk Belajar Bisnis dari Nol 


5. Komitmen dan Konsistensi 

tren media sosial 2020 (- Cara Menambah Followers Instagram Bisnis

Konten yang menarik tak akan menjadi salah satu cara menambah followers Instagram bisnis yang tepat dan efektif, apabila Anda tidak konsisten. Logikanya, bagaimana followers Anda akan tetap tertarik dengan akun Anda apabila Anda hanya meng-upload konten satu kali dalam seminggu? 

Jika Anda konsisten memiliki jadwal upload konten, followers juga akan memiliki rasa "akrab" dengan akun Anda yang akan menambahkan engagement yang pada akhirnya akan membantu untuk menambah followers Instagram bisnis. 


6. Buat Konten yang Relevan

promosi bisnis di media sosial - Cara Efektif Membuat dan Memantau Konten Media Sosial Bisnis - Cara Menambah Followers Instagram Bisnis

Perlu diingat bahwa konten yang Anda post untuk menarik perhatian orang untuk menekan tombol Follow di akun Instagram bisnis Anda harus relevan. Buatlah konten yang dibutuhkan oleh target audience Anda sehingga dapat menarik followers yang tepat.

Contohnya, apabila Anda ingin membuat bisnis online F&B, buatlah konten resep makanan agar tetap relevan dengan produk Anda dan juga bermanfaat untuk followers Anda. 

Baca juga: 7 Tren Bisnis Kuliner di Era New Normal, Wajib Dipelajari!


7. Lakukan Kolaborasi

Cara Efektif Membuat dan Memantau Konten Media Sosial Bisnis - Cara Menghilangkan Stres Akibat Pandemi COVID-19

Berikut ini adalah cara menambah followers Instagram bisnis selanjutnya. Selain membuat relasi,  melakukan kolaborasi dengan akun Instagram lainnya, semakin banyak orang yang akan mengetahui tentang keberadaan akun Anda. Saat hal itu terjadi, semakin banyak yang akan tertarik pada konten Instagram Anda juga. 

Kolaborasi dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti menggunakan fitur live di Instagram atau meng-upload video atau foto bersama.


8. Lakukan Giveaway

update media sosial saat jalan-jalan atau traveling

Dalam pengembangan bisnis online ataupun akun pribadi, giveaway dapat dilakukan untuk menarik followers di akun Instagram Anda. Hal ini juga bisa disatukan dengan kolaborasi dengan akun lain sehingga dapat mencapai audience yang lebih banyak.  

Misalnya, apabila Anda memiliki bisnis online baju vintage, buatkah giveaway untuk akun yang dapat mengundang followers paling banyak untuk Instagram Anda. Dengan cara tersebut, baik followers dan maupun Anda dapat memiliki keuntungan yang dapat bersifat berkelanjutan.

Baca juga: Mau Perkuat Eksistensi Bisnis di Media Sosial dengan Konten Microblog? Ini Caranya ...


9. Insight

Cara Efektif Membuat dan Memantau Konten Media Sosial Bisnis (3)

Untuk memetakan strategi yang akan digunakan dalam pengembangan akun Instagram Anda, perhatikan fitur insight untuk memahami apa yang perlu dilakukan dan bagaimana cara meningkatkannya juga. 

Walaupun memang terlihat membosankan, data dapat membantu Anda untuk mengembangkan followers Instagram bisnis Anda. 


10. Personal Branding  

logo dan brand bisnis - desain logo toko online

Setelah melakukan semua poin-poin cara menambah followers Instagram bisnis di atas, hal lain yang paling penting adalah personal branding.

Mempunyai personal branding adalah sesuatu yang penting karena selain mempunyai nilai yang orisinil, hal tersebut juga dapat membuat Anda memiliki gaya konten tersendiri yang membedakan diri Anda dari pembuat konten lainnya. 

Dengan memiliki personal branding, engagement pada Instagram Anda juga akan konsisten karena followers yang dimiliki juga mempunyai minat yang sama dengan Anda. 

Baca juga: 15 Rekomendasi Akun TikTok tentang Bisnis dan Keuangan

Nah, itulah 10 cara menambah followers Instagram bisnis Anda. Apakah Anda tertarik untuk menggunakannya?

Ketika urusan followers Instagram sudah beres, jangan lupa untuk perhatikan soal operasional usaha Anda juga, ya. Nah, untuk mendukung kesuksesan bisnis Anda, andalkan aplikasi kasir Moka untuk mencatat transaksi secara otomatis hingga merekap penjualan secara real-time.

Moka juga menawarkan berbagai solusi lain, seperti akses permodalan usaha, manajemen stok bahan baku, manajemen pelanggan, hingga manajemen karyawan.

Semua fitur canggih ini dapat Anda nikmati GRATIS selama 14 hari! Apa pun jenis usaha yang ingin dijalani, online atau offline, Moka dapat selalu membantu Anda. Mau coba gratis Moka POS selama 14 hari? 

New call-to-action

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia