Moka Logo
7 Cara Memulai Usaha Salon Rumahan, Jangan Salah Langkah!

Tips Bisnis

7 Cara Memulai Usaha Salon Rumahan, Jangan Salah Langkah!

5 min
RaniRani

7 Cara Memulai Usaha Salon Rumahan –  Industri kecantikan di Indonesia sejak setahun belakangan mengalami perkembangan yang cukup pesat.

Tidak hanya di hotel berbintang, pusat perbelanjaan atau komplek ruko, tetapi juga telah menyebar hingga pasar tradisional dan rumah-rumah. Hal tersebut terjadi karena kebutuhan dan tren yang turut mempengaruhi pola konsumsi masyarakat.

Dilansir dari tribun-timur.com, tahun 2019 ini usaha salon kecantikan diperkirakan memiliki prospek yang cerah di tengah ketatnya persaingan. Para pelaku bisnis kemudian dituntut untuk agar semakin kreatif dan inovatif dalam menciptakan berbagai tren terbaru.

Terlebih lagi saat ini, pebisnis salon kecantikan juga harus bisa menyesuaikan bisnisnya dengan perkembangan zaman dan transformasi digital.

Namun menurut Ratna Sri, pemilik Salon Fames, agar dapat bertahan di dunia hairdresser dan makeup hal yang terpenting untuk dilakukan adalah tekun dan tidak pernah berhenti belajar. Selain itu, memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan merupakan kunci utama dari kesuksesan usaha.

Memiliki usaha salon kecantikan yang sukses dan besar memang membutuhkan modal yang tidak sedikit. Keterbatasan modal seringkali menjadi hambatan bagi pengusaha untuk membuka dan mengembangkan bisnisnya.

Kendatipun seperti itu, Anda tetap bisa memulai usaha ini dengan modal kecil. Untuk melakukannya, Anda dapat mengawali dengan membuka usaha salon kecantikan Anda sendiri di rumah.

Baca Juga: Rincian Lengkap Modal dan Persiapan sebelum Buka Salon Rumahan

Salah satu pengusaha sukses yang berhasil meraup untung puluhan juta dari usaha salon rumahan adalah Rihanna, pemilik salon kecantikan Rihanna Beauty Salon di Bengkong, Batam.

Dilansir dari tribunbatam.id, perempuan yang sering dipanggil Anna ini memulai usaha salon rumahannya berawal dari iseng. Selain karena hobi perawatan, Ia juga memiliki rasa penasaran apakah bisa mendapatkan omzet puluhan juta dari usaha rumahan.

Bermodal tekad dan usaha untuk terus mengembangkan diri dengan belajar teknik-teknik salon dan pemasaran, akhirnya Anna pun berhasil membuka dan menjalankan usaha salon rumahannya sendiri.

Nah, sekarang, bagaimana dengan Anda? Penasaran bagaimana caranya bisa sukses seperti Anna? Ingin tahu rahasia membuka usaha salon kecantikan di rumah Anda?

Simak terus artikelnya, ya!

Untuk memulai usaha salon rumahan sebenarnya tidaklah sulit, namun tetap saja terdapat beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum membuka usaha salon rumahan, terutama dengan modal minim. Bagi Anda yang ingin melakukannya, penting bagi Anda untuk mengetahui 7 tips berikut untuk membuka usaha salon rumahan.

Yuk simak ketujuh tipsnya!

7 Cara Memulai Usaha Salon Rumahan

1. Tentukan jenis layanan dan keahlian

cara memulai salon rumahan

Usaha salon kecantikan memiliki cakupan yang luas, oleh karena itu Anda perlu menentukan terlebih dahulu layanan apa saja yang nantinya bisa Anda berikan. Agar dapat memberikan layanan terbaik pastikan hanya keahlian yang benar-benar telah Anda kuasai saja yang nantinya akan ditawarkan kepada pelanggan.

Untuk memulainya, Anda tidak perlu menyediakan layanan perawatan kecantikan yang rumit seperti rias pengantin, atau perawatan wajah.

Jika Anda memang hanya memiliki kemampuan di bidang potong rambut dan creambath, itu sudah bisa menjadi modal awal Anda untuk membuka usaha.

Seiring berjalanya waktu, Anda bisa mulai menambah layanan lain seperti rebonding, semir rambut, cuci muka, masker muka hingga layanan rumit lainya, dengan Anda mengambil kursus atau mempekerjakan karyawan dengan keahlian tersebut.

Baca Juga: 5 Langkah Sukses Membangun Bisnis Salon Kecantikan


2. Pilih lokasi usaha salon rumahan yang mainstream

bisnis salon kecantikan - Ini 4 Franchise Klinik Kecantikan yang Patut Anda Lirik

Karena ingin membuka usaha salon rumahan, Anda tidak perlu lagi mencari dan menyewa sebuah tempat. Anda dapat menyulap teras rumah, garasi atau ruang tamu Anda menjadi ruang praktik usaha salon Anda.

Namun sebelumnya Anda harus pastikan terlebih dahulu jika di sekitar rumah Anda belum ada yang membuka usaha salon, sehingga Anda tidak memiliki pesaing di daerah tersebut. Alternatifnya, Anda bisa mencari saudara atau teman akrab yang mau menyewakan atau bekerja sama bagi hasil dan menyediakan ruang kosong di rumahnya yang lebih strategis.


3. Perkirakan modal dengan rinci

dana - modal - uang - pendanaan - 7 Tips Agar Usaha Rumahan Makin Sukses Pasca COVID-19 - cara mengelola keuangan

Untuk memulai usaha salon rumahan dengan modal minim, Anda perlu untuk menghitung modal awal serta persentase dana untuk keperluan peralatan di kemudian hari. Jika tidak ingin terlilit hutang, andalkan modal yang ada saat ini. Tidak perlu meminjam, cerdiklah memanfaatkan sekeliling Anda.

Jika terpaksa harus membeli, belilah peralatan dari toko yang sedang cuci gudang atau diskon. Semua cara dapat dilakukan asalkan Anda dapat menekan modal awal usaha.

Selain itu, aturlah juga keuangan Anda dan buat secara terperinci. Hindari menghabiskan modal di luar kemampuan dan melakukan pinjaman dalam jumlah terlalu besar.

Gunakan modal yang ada sehemat mungkin, mengingat statusnya Anda baru memulai. Jika dari awal sudah berlebihan dalam membelanjakan kebutuhan, kemungkinan besar pendapatan yang Anda peroleh akan terlanjur habis untuk pembayaran utang.

Padahal, tujuan Anda memulai usaha salon rumahan ini adalah memenuhi kebutuhan pribadi, biaya operasional, bahkan biaya tak terduga.

Untuk memulai usaha salon bermodal kecil, perlu bagi Anda untuk memiliki motivasi yang tinggi. Buatlah semua rencana keuangan dengan matang, karena mungkin saja terjadi pembengkakan dalam hal biaya tak terduga yang biasa disebabkan oleh kehabisan barang atau kebutuhan salon yang belum terinventarisir.


4. Buat komitmen untuk diri Anda sendiri

salon kecantikan - memilih aplikasi salon terbaik - perawatan (1)

Meski usaha awal Anda hanyalah sebatas potong rambut, berkomitmenlah untuk memulai usaha dengan serius. Terkadang, upaya menuju sukses membutuhkan waktu dan kesabaran ekstra.

Komitmen kuat untuk bertahan dan memberikan layanan semaksimal mungkin merupakan salah satu kunci keberhasilan sebuah usaha.

Keramahan, hasil layanan yang memuaskan dan konsisten melayani akan menjadi nilai lebih yang dianggap sebagai usaha yang serius dan profesional. Artinya ketika kita berkomitmen untuk membuka salon, usahakan selalu buka pada jam yang sama setiap harinya, meskipun usaha salon rumahan Anda masih sepi pengunjung.

Baca Juga: 9Go Car Wash & Coffee, Manjakan Pelanggan saat Menunggu Mobil Dicuci


5. Berikan pelayanan premium setiap saat

salon kecantikan - memilih aplikasi salon terbaik - perawatan (3)

Kecepatan dan keramahan adalah salah satu pelayanan yang akan membuat pelanggan Anda puas. Anda dapat menggunakan keduanya sebagai modal usaha Anda. Kebanyakan orang akan datang kembali ke salon Anda jika Anda memberikan pelayanan yang ramah.

Namun selain keramahan, pastikan juga bahwa hasil yang diberikan tetap baik, walaupun Anda hanya menggunakan alat yang sederhana.

Jika salon yang Anda bangun mengalami perkembangan sehingga Anda membutuhkan karyawan baru. Maka buatlah pelatihan singkat kepada karyawan tersebut agar mereka tahu komitmen dan pelayanan yang harus diberikan kepada para pelanggan seperti apa. Pastikan karyawan Anda siap untuk menghadapi hal apapun yang mungkin terjadi di salon.


6. Ikuti tren usaha salon rumahan kekinian. Jangan sampai kudet!

salon kecantikan - memilih aplikasi salon terbaik - perawatan (4)

Salon merupakan sarana untuk tampil lebih cantik, lebih rapi dan, bisa dibilang, lebih kekinian. Karena itu, Anda perlu memperhatikan tren potongan rambut yang sedang happening.

Model rambut anak-anak, remaja, dewasa, harus dipahami betul demi kebutuhan pasar. Setelah yakin dan mantap akan kemampuan Anda, jangan tunda tunda lagi. Segerakan menyiapkan segala keperluan yang Anda butuhkan.

Baca Juga: Ikuti Tren Ini, Patriot Barbershop Mudah Mendulang Sukses


7. Buat program promosi yang menarik

perawatan kuku di salon kecantikan

Setelah keenam tadi Anda lakukan, perkenalkan usaha salon rumahan Anda kepada para tetangga terdekat dan lingkup masyarakat yang lebih luas. Ini tentu saja dilakukan agar semakin banyak orang yang datang ke usaha salon rumahan Anda. Dengan memanfaatkan teknologi dan media sosial yang ada, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya promosi.

Jenis usaha apapun yang ingin Anda mulai, lakukanlah dengan serius dan profesional, terutama usaha yang bergerak di bidang jasa seperti salon kecantikan. Jangan menyerah untuk terus melakukan inovasi dalam hal layanan yang dapat Anda tawarkan. Pelajari juga tren dan persaingan yang ada.

Para pesaing lama dan baru akan terus bermunculan, maka dari belajar untuk menjadi lebih baik dan terus memberikan pelayanan jasa yang serupa dan selevel.

Baca juga: 5 Langkah Praktis Memulai Usaha Salon Kecantikan

Utamakan pelayanan terbaik demi kenyamanan pelanggan. Dengan begitu usaha Anda dapat menjadi besar dan sukses. Jangan takut untuk memulai meskipun awalnya hanya berupa salon potong rambut dan cuci rambut saja.

Satu hal penting yang perlu Anda ingat, sebelum memulai usaha salon rumahan, yuk pilih aplikasi salon terbaik untuk usaha Anda. Apakah itu? Apa lagi kalau bukan, aplikasi kasir Moka?

Dengan aplikasi salon ini, Anda dapat mencatat keuangan, mengelola inventaris, serta melakukan analisis penjualan yang komprehensif. Tertarik mencoba Moka? Yuk, dapatkan free trial 14 hari untuk membuktikan langsung bagaimana Moka dapat membantu usaha salon rumahan Anda berkembang!

Jadi, sudah siap? Semangat mencoba dan semoga sukses!

Social Media Share :
Rani

Rani

Percaya "kata" dan "tulis" adalah dua hal kecil yang dapat mengubah dunia.