Moka Logo
9 Cara Memulai Usaha dari Nol Hingga Sukses

Tips Bisnis

9 Cara Memulai Usaha dari Nol Hingga Sukses

3 min
SaminaSamina

9 Cara Memulai Usaha dari Nol Hingga Sukses – Memulai sesuatu yang baru memang terkadang cukup menakutkan apabila Anda melakukannya tanpa sebuah persiapan yang matang, apalagi saat ingin menjalankan suatu bisnis. Walaupun memang wajar merasakan sedikit ketakutan, Anda harus tetap siap agar bisnis Anda dapat dilaksanakan dari awal dengan baik. 

Supaya Anda bisa merasa lebih siap untuk menjalani bisnis Anda, simak artikel ini hingga selesai untuk mengetahui beberapa cara memulai usaha dari nol hingga sukses.

9 Cara Memulai Usaha dari Nol Hingga Sukses

pebisnis fashion - Cara Memulai Usaha dari Nol Hingga Sukses

1. Tentukan Produk

Saat Anda ingin membuat bisnis, tentu Anda harus menentukan produk apa yang ingin Anda jual kepada konsumen. Apa pun bentuk produknya, pastikan Anda benar-benar menyukainya. Mengapa? Ketika Anda menyukai sesuatu yang Anda jalankan, prosesnya pun akan semakin mudah karena perasaan senang tersebut. Anda juga tidak akan kesulitan dalam meyakinkan para konsumen untuk membeli produk Anda. 

2. Susun Rencana, Visi, dan Misi

Ini dia cara memulai usaha dari nol hingga sukses selanjutnya. Setelah menentukan apa yang akan dijual, buatlah rencana serta visi dan misi agar keberlangsungan bisnis Anda mempunyai gambaran jelas ingin memiliki goal apa di masa depan. 

Dengan membuat tiga hal tersebut, Anda juga akan lebih mudah membentuk target pasar, rencana pemasaran, dan hal-hal lainnya yang akan membantu bisnis Anda menuju kesuksesan. 

3. Siapkan Modal

Tentu pendanaan adalah hal yang sangat penting dalam awal-awal pembuatan bisnis Anda. Dari mulai hal kecil seperti business cards hingga bahan-bahan untuk membuat produk Anda, tentu semua hal itu membutuhkan dana. Jadi, pastikan terlebih dahulu Anda memiliki modal yang cukup. Awali langkah tersebut dengan membuat daftar kebutuhan dan hitung secara rinci apa saja yang Anda butuhkan dan berapa pula biayanya. 

4. Catat, Catat, dan Catat

Dalam fase awal bisnis, wajar untuk Anda melupakan satu atau dua hal. Membuat kesalahan itu tidak masalah. Bahkan dengan melakukannya, Anda akan menjadi lebih siap untuk menanganinya di kemudian hari. Namun, walau begitu, akan fatal sekali jika Anda tidak belajar dari kesalahan Anda. 

Nah, agar Anda terus mengingat kesalahan-kesalahan yang dilakukan pada awal bisnis Anda dan apa solusinya, rajinlah mencatat agar Anda dapat membaca dan mempelajarinya kembali. 

5. Jangan Takut Gagal

Menerapkan cara memulai usaha dari nol hingga sukses sebenarnya tidak sulit, lho! Meski ada risiko bisnis dalam perjalanannya, tapi jangan sampai Anda takut gagal!

Apabila Anda tidak mencoba, Anda juga tidak memiliki peluang untuk sukses. Anda juga tidak tahu apakah bisnis Anda bisa berjalan dengan baik atau tidak. Jadi, bulatkan tekad Anda dan jangan pernah menyerah saat sesuatu tidak berjalan sesuai dengan rencana. Percayalah bahwa it’s all part of the process

Baca juga: Kisah 10 Pengusaha Sukses yang Memulai Bisnis Mereka dari Nol

6. Fokus pada Satu Bisnis 

Jangan berpikir bahwa apabila Anda memiliki lebih dari satu usaha, peluang Anda untuk sukses menjadi semakin banyak karena hal tersebut akan membuat fokus Anda terpecah sehingga kerugian dapat dengan mudah terjadi. 

Apabila Anda memang berpikiran untuk membuat bisnis lain, pastikan bisnis Anda sudah benar-benar stabil dari segi modal, SDM, dan lain-lainnya. Jika sudah hampir seratus persen stabil, barulah pikirkan bisnis lain. 

7. Terus Belajar

Apabila Anda memutuskan untuk menjadi pebisnis, Anda harus siap untuk selalu belajar setiap saat. Untungnya, berkat teknologi, dalam kondisi apa pun, Anda dapat belajar dari berbagai sumber seperti dari media sosial, website, berbincang dengan sesama pemilik bisnis, mengikuti pelatihan secara online dan offline, ikut komunitas wirausaha, dan masih banyak lagi cara lainnya untuk Anda menimba ilmu dalam dunia perbisnisan. Mana yang sudah Anda coba?

8. Disiplin Waktu 

Anda juga tentu harus mengatur waktu secara baik saat memulai bisnis dari nol – walaupun bisnis Anda masih kecil. Melakukan itu tentu akan berguna apabila bisnis Anda sudah menjadi besar dan membutuhkan lebih banyak waktu. Jika Anda bisa mengatur waktu dengan disiplin, Anda pun bisa mengatur work life balance Anda dengan baik. 

9. Kelola Keuangan dengan Baik

Walau modal Anda saat awal-awal mungkin masih terbatas, Anda tetap harus mengelola keuangan dengan baik. Perhatikan dengan baik keuangan Anda agar siap menangani situasi apa pun yang berkaitan dengan dana. 

Baca juga: Pentingnya Memisahkan Uang Pribadi dengan Uang Usaha

Nah, itu dia beberapa cara memulai usaha dari nol hingga sukses. Selain dengan cara-cara tersebut, Anda juga dapat mengandalkan aplikasi kasir Moka dalam menjalankan bisnis Anda! Apa itu aplikasi kasir Moka?

Aplikasi kasir Moka merupakan solusi berbasis cloud untuk segala tipe bisnis, baik yang berjualan secara online maupun offline. Dengan Moka, Anda bisa mencatat laporan transaksi secara real-time, mencatat masuk-keluar aliran barang, mengelola karyawan, juga memperoleh analisis penjualan yang berfungsi untuk pembuatan strategi bisnis ke depannya.

Tertarik? Yuk, coba aplikasi Moka secara GRATIS untuk 14 hari sekarang juga dengan klik banner di bawah ini!

Social Media Share :
Samina

Samina

Penulis di Blog Moka.