Moka Logo
9 Cara Memulai Bisnis Online dari Nol untuk Pemula yang Mudah

Tips Bisnis

9 Cara Memulai Bisnis Online dari Nol untuk Pemula yang Mudah

3 min
JordhiJordhi

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol untuk Pemula yang Mudah – Bagi Anda yang ingin memiliki bisnis online, Anda sedang berada di artikel yang tepat. Kini, ada banyak kesempatan untuk Anda memulai menjalankan bisnis online. Mulailah dari hal yang Anda sukai dan kuasai, kemudian ikuti cara memulai bisnis online yang akan diulas pada artikel berikut ini. Mari disimak!

Cara Memulai Bisnis Online untuk Pemula

Cara memulai bisnis online 1

Sebelum membuka toko online, pada dasarnya ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar bisnis Anda lancar dan berkembang di kemudian hari. Adapun langkah-langkah yang perlu Anda lakukan adalah sebagai berikut:

1. Riset kebutuhan pasar

Dengan mengetahui apa kebutuhan yang sedang dicari dan dibutuhkan pasar, maka bisnis Anda akan lebih cepat mendapatkan keuntungan. Bagaimanapun, bisnis Anda haruslah bisa menyediakan kebutuhan pasar dan menawarkan solusi kepada pasar yang sedang mencari-cari produk itu.

2. Tentukan produk yang akan dijual

Dengan menentukan dengan baik produk apa yang akan Anda jual, Anda akan jauh lebih mudah menentukan cara promosi dan cara berjualan yang cocok dengan produk yang Anda jual.

3. Kenali mekanisme bisnis online

Setelah melakukan riset dan sudah menentukan kira-kira produk apa yang akan Anda jual, selanjutnya Anda perlu mempelajari proses teknis untuk memulai usaha online. Anda perlu membaca banyak artikel soal bisnis online, mulai mencoba membuat toko online di e-commerce, bahkan di media sosial.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Memulai Bisnis Makanan Online untuk Pemula

Cara memulai bisnis online yang terbaik adalah mengetahui seluk-beluk bisnis online itu sendiri, agar Anda dapat menghasilkan angka penjualan dan keuntungan yang optimal.

4. Persiapkan mental Anda

Berbisnis online memang terkesan simpel dan mudah untuk dilakukan, namun persaingan dari bisnis online ini sangatlah besar. Penting untuk mempersiapkan mental Anda agar tidak putus asa dan berhenti di tengah jalan.

5. Buatlah brand yang menarik dan mudah diingat

Sebelum Anda benar-benar memutuskan merilis dan menjual produk Anda, penting untuk memikirkan dan memilih nama toko Anda. Pilihlah nama yang menarik dan mudah diingat, supaya orang-orang pun dapat lebih lama mengingat produk Anda. Apabila brand Anda unik dan mudah diingat oleh orang banyak, maka Anda pun tidak akan terlalu sulit ketika melakukan promosi.

Baca juga: 100+ Contoh Nama Toko Online untuk Bisnis Anda


Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Cara memulai bisnis online 3

Bagi Anda yang sudah yakin ingin memulai berjualan dan ingin memulai bisnis online dari nol, Anda bisa menyimak dan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Pahami produk yang ingin dijual

Menentukan produk saja tidaklah cukup, karena Anda harus betul-betul memahami produk yang ingin Anda jual. Ketika Anda sudah mengetahui tentang produk yang Anda akan jual, maka Anda bisa menentukan bahkan memberikan nilai lebih pada produk Anda yang tidak dimiliki oleh pesaing Anda.

2. Riset tentang pasar

Melakukan riset mengenai pasar adalah faktor utama yang akan membantu penjualan produk Anda. Riset pasar bisa dilakukan untuk mencari apakah produk yang Anda jual sudah banyak di pasaran, lalu apa yang membedakan produk Anda dengan produk lainnya. Anda juga bisa melakukan riset mengenai kompetitor produk Anda. Dari kompetitor itu, Anda bisa untuk mengetahui apa saja yang bisa Anda kembangkan dari cara berjualan mereka.

3. Cari supplier terpercaya

Mempunyai supplier yang terpercaya adalah sesuatu yang berharga mahal. Banyak dari pebisnis pemula yang gagal dalam berbisnis karena mendapatkan supplier yang tidak bisa dipercaya. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk benar-benar melakukan riset terlebih dahulu dan memilih supplier terbaik serta terpercaya.

4. Buatlah brand yang menarik

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, membuat brand yang menarik itu akan membantu produk Anda dapat mudah untuk diingat oleh orang banyak.

5. Buatlah media sosial

Mempunyai media sosial akan membantu brand Anda untuk dikenal dan menggaet pelanggan. Pada media sosial itu, Anda bisa memasukkan detail dari produk Anda, keunggulannya, bahkan testimoni dari para pelanggan. Hal ini diperlukan agar dapat menarik lebih banyak perhatian. Media sosial juga berguna untuk mempererat hubungan antara Anda dan para pelanggan.

Baca juga: 9 Strategi Meningkatkan Penjualan Bisnis Online di TikTok


Rekomendasi Ide Bisnis Online 

Cara memulai bisnis online 4

Bagi Anda para pemula yang baru ingin terjun ke dunia bisnis online, berikut beberapa ide bisnis online yang dapat Anda jadikan inspirasi. Selamat mencoba!

1. Dropship

Dengan sistem dropship, Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk memulai bisnis. Anda hanya perlu mencari penjual yang terpercaya dan Anda hanya perlu untuk memasarkannya. Ketika Anda mendapatkan order, Anda hanya perlu meneruskan pesanan itu ke penjual dan penjuallah yang akan mengirimkan barangnya.

2. Reseller

Menjadi reseller juga dapat mendatangkan keuntungan yang menjanjikan untuk Anda. Namun, Anda harus menyiapkan modal untuk membeli barang untuk Anda jual kembali. Selain itu, Anda juga harus tetap melakukan langkah-langkah di atas untuk mendapatkan produk terbaik yang cocok untuk Anda jual kembali.

3. Jasa titip

Bisnis ini juga dapat mendatangkan keuntungan yang besar bagi Anda. Caranya, Anda hanya perlu memberikan informasi produk dari toko tertentu. Lalu, tawarkan jasa titip beli produk tersebut. Keuntungan akan didapat dari fee tambahan yang Anda kenakan untuk setiap produk dalam transaksi.

Baca juga: Bikin Website Toko Online GoStore dan Nikmati Promo Gratis Ongkir!


Itulah cara memulai bisnis online yang cocok untuk pemula dan untuk Anda yang sama sekali belum pernah berbisnis online sebelumnya. Bila semakin hari bisnis Anda semakin berkembang, siapa tahu, Anda juga dapat mendirikan toko offline untuk meningkatkan penjualan dan menjangkau lebih banyak pelanggan.

Untuk membantu Anda mengembangkan bisnis, Anda juga perlu untuk melirik aplikasi kasir yang tepat. Aplikasi point of sale seperti Moka POS tentulah dapat menjadi pilihan jitu yang mampu membantu bisnis Anda ke depannya. Pelajari lebih lanjut mengenai Moka POS dengan klik link ini.

Social Media Share :
Jordhi

Jordhi

Penulis di Blog Moka