Business Insight Focus

Cara dan Tips Ampuh Memulai Bisnis Laundry Sepatu bagi Pemula

By Hangga Nuarta on March, 11 2019
Hangga Nuarta

Meski semakin banyak orang yang ingin melakoni bisnis, nyatanya masih banyak pula yang merasa terhambat lantaran ide dan konsep yang kurang matang. Padahal, usaha komersial tidak selalu membutuhkan modal yang sangat besar dan rencana bisnis yang sangat kompleks. Bisnis laundry sepatu misalnya, merupakan salah satu konsep usaha yang memiliki prospek cerah dengan perencanaan yang tidak terlalu rumit.

 

Melihat Peluang Bisnis Laundry Sepatu

peluang bisnis laundry sepatu

Photo by Nick Faltermeier on Unsplash

Selama beberapa tahun terakhir, bisnis laundry sepatu semakin populer. Walau demikian, jumlah pemain bisnis ini masih terbilang cukup sedikit. Kondisi inilah yang menjadikan peluang Anda untuk berkompetisi dan memenangkan pasar masih cukup tinggi.

Namun, masih sedikitnya pelaku usaha laundry sepatu yang terbilang sedikit di Indonesia menjadi satu-satu alasan mengapa aktivitas bisnis ini memiliki prospek yang menarik. Beberapa faktor lain yang tak kalah penting menjadi landasan dan bahan pertimbangan yang tepat bagi Anda untuk mulai bermain di jenis usaha ini seperti berikut.

 

Peminat Sepatu Mahal yang Semakin Banyak

Tidak hanya usia dewasa, kini generasi milenial juga memiliki pengetahuan mengenai berbagai merek kelas atas yang dibanderol dengan harga mahal. Untuk sepatu khususnya, berbagai brand seperti Nike, Adidas, Vans, Asics, Andrew, dan Aldo sudah cukup banyak menjadi produk incaran kawula muda. Padahal, barang-barang tersebut yang orisinil dihargai dengan cukup mahal. Paling tidak, rerata nominal yang harus dikeluarkan untuk memperoleh sepasang sepatu tersebut sudah mencapai jutaan rupiah.

Dengan harga semahal itu, mereka pun tentu akan lebih berhati-hati dalam merawat. Karena masing-masing sepatu mempunyai karakter tersendiri, membersihkannya pun juga tidak bisa sembarangan. Agar meminimalisasi risiko kerusakan atau berkurangnya penampilan, para pemilik sepatu ini pun biasanya akan lebih memilih untuk menggunakan jasa laundry sepatu yang lebih paham dan profesional.

 

Masih Didominasi di Kota-Kota Besar

Persebaran konsumen sepatu mahal pun sudah mulai luas merebak ke berbagai daerah walau jumlahnya belum sebanyak di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali, dan sebagainya. Namun, jumlah pelaku bisnis laundry sepatu di daerah-daerah selain kota-kota besar masih terhitung sangat sedikit. Umumnya, dalam sebuah kota atau kabupaten yang tengah berkembang, jumlah usaha laundry sepatu rerata masih kurang dari lima.

Peluang ini yang sangat mungkin Anda manfaatkan. Di kota-kota kawasan bisnis maupun kawasan dengan tingkat perekonomian cukup tinggi selain ibukota, kesempatan untuk memperoleh keberhasilan berbisnis laundry sepatu masih sangat tinggi. Selagi tidak banyak pesaing, kesempatan untuk berkembang pun jadi lebih mudah, apalagi bila Anda menjadi pemain pertama alias pionir.

 

Tidak Harus Dimulai dengan Modal Besar

Yang paling menarik, bisnis laundry sepatu sebetulnya tidak memerlukan modal usaha yang terlalu besar. Berbekal uang sekitar 3 hingga 5 juta rupiah saja, Anda sudah bisa membuat usaha jasa laundry sepatu kecil-kecilan.

Kendati demikian, perlu diingat bahwa uang bukan menjadi satu-satunya modal yang dibutuhkan. Pasar target Anda adalah orang-orang yang pasti memiliki ekspektasi cukup tinggi terhadap hasil yang Anda lakukan. Untuk itu, penting bagi Anda untuk betul-betul memahami cara kerja laundry sepatu sebagai modal utama untuk keberlangsungan bisnis yang lebih lama.

Baca juga: 15 Ide Bisnis untuk Mahasiswa dengan Potensi Penghasilan Tinggi

 

Tips Memulai Bisnis Laundry Sepatu

tips bisnis laundry sepatu

Photo by Bruno Nascimento on Unsplash

Memulai bisnis laundry sepatu tidaklah susah, tetapi bukan berarti tidak memerlukan persiapan yang matang. Anda tentu tidak ingin bukan, sejumlah modal yang dikeluarkan tidak memberikan hasil yang diharapkan?

Untuk itu, jangan sia-siakan kesempatan bagus ini. Paling tidak, beberapa hal berikut bisa jadi pertimbangan Anda untuk memulai usaha jasa laundry sepatu.

 

Memiliki Bekal Pengetahuan Merawat Sepatu

Biasanya, pemilik usaha laundry sepatu didasari oleh profil sebagai seorang kolektor sepatu. Dengan begitu, wawasan mengenai bagaimana cara merawat sepatu pun lebih dipahami dengan baik. Tentu, sebagai seseorang yang mengerti bagaimana cara melakukan maintenance terhadap barang kesukaannya, jasa yang diberikan dalam bisnis yang ditawarkan pun tidak akan sembarangan.

Hal ini juga sangat mungkin dipelajari. Bila Anda belum terlalu berpengalaman, jangan ragu untuk mencari informasi bahkan mengikuti kursus shoe cleaning yang akan sangat bermanfaat. Bila ingin mengangkat karyawan pun, pastikan bahwa dia mempunyai pengetahuan yang baik terhadap sepatu, mulai dari jenis dan karakternya hingga perlakuan yang tepat untuk setiap jenis sepatu yang ditangani.

 

Memilih Bahan dan Alat yang Sesuai

Pembersih yang digunakan tentu bukan deterjen sembarangan. Lagi-lagi, pemilihan ini sangat didasari oleh setiap jenis sepatu yang akan dikerjakan. Salah sedikit saja, risiko kerusakan atau kecacatan sepatu tidak akan terhindarkan.

Pun demikian dengan alat-alat pembersih dan mesin pengering yang dibutuhkan. Perlu diketahui, tidak semua jenis sepatu bisa dibersihkan menggunakan mesin otomatis. Beberapa sepatu membutuhkan perawatan secara manual untuk tetap menjaga kondisi terbaiknya. Bahkan tidak sedikit pula proses laundry untuk sebuah sepatu memakan waktu hingga hitungan pekan.

 

Menggunakan Strategi Pemasaran yang Tepat dan Efektif

Dalam sebuah bisnis, pemasaran merupakan elemen yang berperan sangat penting untuk mencapai target komersial yang diharapkan. Hal ini berlaku untuk segala jenis usaha baik yang berskala besar maupun kecil.

Secara umum, karakter target konsumen bisnis ini merupakan orang-orang yang cukup up to date dengan informasi. Berdasarkan kondisi ini, Anda juga bisa lebih spesifik menentukan strategi pemasaran yang lebih efektif. Selain menggunakan media sosial, Anda juga bisa menyebar brosur ke wilayah yang berpotensi, seperti kawasan kampus, area indekos pekerja usia dewasa muda, dan sebagainya. Bila memungkinkan, Anda bisa pula memanfaatkan layanan SMS broadcast dengan filter sesuai segmen yang diinginkan.

 

Menghadirkan Nilai Lebih dalam Pelayanan

Jika Anda bukan pemain utama dalam bisnis laundry sepatu di wilayah yang direncanakan, maka penting untuk menambahkan value lebih dari pelayanan yang diberikan. Tentu untuk mewujudkannya, Anda harus lebih dulu melakukan analisis.

Nilai lebih yang ditawarkan tidak harus berupa harga yang lebih murah dibandingkan kompetitor. Sebisa mungkin, jangan sampai hanya karena mengejar harga murah Anda lantas mengurangi kualitas yang seharusnya. Sebagai kompensasi, Anda bisa memberikan layanan antar-jemput sepatu, potongan harga bagi pelanggan baru dan loyal, dan lain-lain.

Baca juga: Ingin Memulai Usaha dari Nol Hingga Sukses? Ini 10 Tipsnya

 

Tantangan Bisnis Laundry Sepatu

tantangan bisnis laundry sepatu

Photo by Banter Snaps on Unsplash

Bagaimanapun, bisnis laundry sepatu bukannya tidak memiliki tantangan tersendiri. Sebagaimana jenis kegiatan usaha yang lain, Anda juga akan menemukan beberapa hal yang perlu diantisipasi sedari awal.

Tantangan yang paling umum tentu saja dari kompetitor yang ada. Untuk mempertahankan loyalitas konsumen, Anda harus mampu menjaga kualitas pelayanan dan terus melakukan inovasi. Hal ini bersifat dinamis dan selalu membutuhkan analisis secara kontinyu. Selain itu, tantangan lain yang sering muncul juga berasal dari konsumen sendiri. Salah satunya adalah ekspektasi bahwa setiap sepatu yang dibersihkan akan selalu kembali seperti baru. Padahal, tiap jenis sepatu mempunyai karakter masing-masing dan sangat mungkin mengalami perubahan warna karena faktor usia dan penggunaan.

Bisnis laundry sepatu merupakan salah satu ide bisnis dengan prospek cerah yang bisa Anda pilih dengan modal biaya yang tidak terlalu besar. Tertarik mencoba?

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia