Moka Logo
11 Cara Memulai Bisnis Fashion Dari Rumah

Tips Bisnis

11 Cara Memulai Bisnis Fashion Dari Rumah

3 min
SaminaSamina

Cara memulai bisnis fashion perlu Anda ketahui jika ingin menjadi pengusaha fashion sukses. Jika tertarik dalam dunia fashion, memiliki clothing brand sendiri bisa jadi merupakan salah satu cita-cita yang ingin Anda gapai. Untungnya, sekarang memulai bisnis bukanlah sesuatu yang tidak mungkin. Seperti yang dikatakan oleh salah satu brand apparel paling terkenal di dunia, “Just Do It!”.

Namun, jika Anda masih belum seratus persen yakin akan keputusan untuk memulai label sendiri, maka perbanyaklah riset. Salah satunya dengan membaca ulasan cara memulai bisnis fashion berikut ini:

Baca juga: 11 Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing


Inilah Cara Memulai Bisnis Fashion Sendiri

 

1. Riset Produk & Target Pasar 

Agar rangkaian produk Anda stand out dari yang lainnya, lakukan riset produk dan mengetahui target pasarnya terlebih dulu. Hal ini tentunya sangat penting dalam proses awal pembuatan clothing brand Anda.

Pada tahap awal tersebut, pastikan Anda melakukannya seteliti dan sedalam mungkin agar ketika memulai bisnis fashion sendiri, sudah tahu gambaran besarnya.

2. Siapkan Modal 

Cara memulai bisnis fashion berikutnya adalah pastikan memiliki anggaran yang memadai. Modal yang dimaksud tidak sepenuhnya harus dari kocek Anda, melainkan bisa kerja bareng orang lain.

Kalau modelnya kurang, Anda juga bisa mencari investor. Apa pun caranya, pastikan semua dilakukan dengan rapih dan tidak mengandung unsur illegal, ya!

3. Buatlah Rencana Bisnis

business-plan 

Walau memang terdengar membosankan, hal ini dapat membantu Anda kedepannya. Terlebih saat Anda perlu kembali memahami misi dan visi serta hal-hal inti lainnya.

Dengan membuat rencana bisnis, Anda juga memaparkan hasil analisis pasar, deskripsi label Anda, harga, kualitas, cara promosi, dan hal-hal internal lainnya. Semua itu tentu memudahkan dalam menganalisa persoalan.

Baca juga: Ini Cara Menghitung Modal Akhir dalam Bisnis, Sudah Tahu Belum?

4. Amati Kompetitor 

Cara memulai bisnis fashion selanjutnya, fokuslah pada kompetitor. Ya, bukan cuma produk sendiri yang harus diperhatikan.

Anda harus mengetahui produk-produk apa saja yang sudah beredar di masyarakat. Tujuannya agar Anda bisa menciptakan sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya. Dengan melakukan hal ini, Anda juga dapat menghindari hal-hal negatif yang tidak sengaja mungkin terjadi, seperti plagiat.

5. Rangkai Desain Unik 

meningkatkan penjualan bisnis fashion - baju - 7 Tantangan Bisnis Fashion Pria dan Wanita dan Cara Mengatasinya

Pastinya Anda juga sudah menyadari bahwa sekarang banyak sekali online shop yang menjual aneka pakaian. Namun, jangan terintimidasi!

Walau mereka juga memiliki ide yang unik sama seperti Anda, terus ingat bahwa pasti ada perbedaannya. Jadi, tetaplah berani untuk merangkai desain unik yang nantinya dapat dinikmati oleh banyak individu. Itulah salah satu cara memulai bisnis fashion.

6. Ciptakan Logo 

Banyak sekali logo-logo dari brand besar yang ikonik. Dari mulai garis tiga Adidas hingga logo apel milik Apple.

Semua brand besar memiliki logo yang benar-benar identik dengan mereka. Maka itu, untuk membuat label Anda mencolok, buatlah logo yang dapat menggambarkan bisnis Anda dengan baik.

7. Temukan Distributor Bahan yang Cocok

berjualan baju - ritel fashion - 12 Peluang Usaha yang Menjanjikan Berdasarkan Zodiak 2020 - Tren Bisnis Ritel Pasca COVID-19 - retailer adalah

Untuk memastikan produk-produk Anda berkualitas, carilah distributor bahan yang benar-benar sesuai dengan visi misi dan tentunya bujet Anda.

Walau mungkin susah, jangan patah hati terlebih dahulu karena hal ini merupakan stepping stone agar clothing brand Anda dapat sukses di kemudian hari.

8. Buat Produk

Setelah Anda menemukan distributor yang cocok dengan Anda, cara memulai bisnis fashion berikutnya adalah buat produk! Mungkin inilah proses fun jika Anda benar-benar hobi dalam merancang baju karena inilah waktunya untuk membuat desain Anda lebih hidup.

Baca juga: Mudah! Ini 4 Cara Menghitung Modal Awal dalam Bisnis

9. Waktunya Mengambil Gambar 

tips foto produk baju

Apabila semua step di atas sudah dilaksanakan, cara memulai bisnis fashion selanjutnya adalah melakukan pemotretan produk-produk Anda! Apabila Anda akan menjualnya di toko online, ingatlah bahwa keestetikan merupakan poin penting dalam menarik perhatian calon konsumen.

Pastikan juga Anda memotret detail-detail produk Anda dengan baik. Apalagi jika outfit Anda memiliki hal unik yang dapat menjadi unique selling point.

10. Pilih Toko Online 

Kini dengan bantuan teknologi, mayoritas bisnis membuka toko online di sejumlah platform yang tersedia seperti Tokopedia. Karena hal tersebut, Anda juga dapat menggunakannya untuk memasarkan produk fahion.

Salah satu kelebihan punya toko onilne, Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang banyak.

11. Pamerkan Produk Anda

5 Tips Foto Produk Baju Agar Di klik Banyak Orang (4)

Cara memulai bisnis fashion yang terakhir, pajang produk Anda di berbagai platform. Paling mudah di platform online terlebih dulu. Misalnya Facebook, Instagram, dan lain-lain. Anda juga boleh kerja bareng dengan para influencer, supaya produk Anda semakin terkenal.

Pamerkan produk ini juga bisa dilakukan secara offline. Hal ini bertujuan agar offline dan online bisa berjalan beriringan. Agar lebih menarik, kamu juga bisa melakukan promosi awal seperti “50% off untuk 50 customer pertama!” atau hal-hal menarik lainnya yang dapat menarik para konsumen.

Baca juga: Bikin Website Toko Online GoStore dan Nikmati Prom

o Gratis Ongkir!

Itu dia sejumlah cara memulai bisnis online dalam bidang fashion yang dapat Anda ikuti agar awal pembuatan clothing brand Anda diawali dengan baik. Walau pasti tidak mudah, Moka POS memiliki rangkaian tips-tips bisnis lainnya untuk memastikan kesuksesan Anda.

Social Media Share :
Samina

Samina

Penulis di Blog Moka.