Business Insight

Cara Mempromosikan Produk agar Laris Manis, Cocok untuk Pemula!

By Jordhi Farhansyah on April, 21 2022
Jordhi Farhansyah

Musisi yang juga suka nulis.

Mau tau cara mempromosikan produk agar laris manis? Berjualan memang bukan perkara mudah. Mulai dari riset, memilih produk yang akan dijual, memilih vendor, dan terakhir yang mungkin jadi tantangan terbesar adalah cara mempromosikan produk.

Mempromosikan produk bukanlah perkara mudah baik ketika Anda menjual produk yang belum pernah ada di pasaran maupun mengikuti pasar yang sudah ada.

Untuk itu Anda setidaknya perlu mengantongi beberapa strategi terutama bagaimana cara Anda mempromosikan produk yang akan dijual.

Untuk itu, artikel ini akan berbagi tentang tips dan cara mempromosikan produk Anda agar bisa laris manis di pasaran.


7 Cara Mempromosikan Produk agar Laris Manis

cara mempromoiskan produk agar laris manis4

1. Pertama, kenalkan produk ke pelanggan potensial

Cara mempromosikan produk agar laris manis paling ampuh adalah dengan membiarkan pelanggan mencoba sendiri produk Anda.Caranya Anda bisa mengundang influencer atau bahkan pelanggan potensial secara khusus untuk menghadiri acara launching produk.

Dengan begitu, konsumen bisa melihat atau mencoba sendiri produk yang hendak Anda jual. Jangan lupa juga, Anda bisa meminta mereka untuk memberikan feedback dan review mereka.

Selain menciptakan engagement pada konsumen, cara ini juga efektif untuk memberikan value produk Anda kepada konsumen. Value produk yang baik di mata konsumen juga akan menciptakan brand awareness pada produk Anda.

2. Gunakan strategi promosi perkenalan

Ketika mengenalkan produk baru, buatlah penawaran khusus untuk produk baru tersebut sebagai bagian dari strategi promosi pada masa perkenalan atau launching produk. Itulah salah satu cara mempromosikan produk agar laris manis

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan yaitu menerapkan diskon baik untuk produk tunggal maupun paket produk, memberikan produk complimentary di samping produk utama, voucher, poin loyalty hingga yang paling umum buy 1 get 1.

Pastikan ketika Anda menggunakan strategi ini, tekankan kepada konsumen bahwa promosi tersebut sifatnya terbatas baik jumlah maupun waktu. Hal ini karena siapa pun pelanggannya pasti memiliki daya beli terbatas baik waktu maupun uang. 

Dengan menekankan sifat keterbatasan promo itu, besar kemungkinan konsumen akan merasa kehilangan kesempatan apabila tidak membeli produk tersebut atau Fear of Missing Out (FOMO).

3. Adakan giveaway dan kompetisi

Cara mempromosikan produk agar laris manis paling ampuh lainnya adalah mengadakan giveaway. Dengan giveaway, Anda bisa mendapatkan banyak engagement mulai dari awareness, followers, dan interaksi lainnya melalui media sosial.

Cara giveaway yang paling umum dilakukan adalah biasanya dengan memberikan komentar, like, dan follow di salah satu platform media sosial.

Anda bisa menentukan sendiri kriteria pemenang giveaway. Misal, komentar terunik, jumlah komen paling banyak, atau bahkan melalui undian.

Secara praktis meski bisa meningkatkan engagement, giveaway kurang bisa membangun persepsi produk atau value kepada konsumen. Untuk itu Anda juga bisa mengadakan kompetisi.

Pastikan giveaway dan kompetisi disampaikan ke berbagai platform penjualan dan tidak hanya di media sosial saja.

Pastikan juga, Anda membuat ketentuan giveaway dan kompetisi yang spesifik salah satunya dengan memasukkan salah satu produk yang ingin Anda promosikan. 

4. Ikuti berbagai event

cara mempromoiskan produk agar laris manis2

Jika Anda punya budget lebih, mengikuti sebuah event bisa jadi cara mempromosikan produk agar laris manis, terutama apabila bisnis Anda punya produk baru yang ingin dijual.

Anda bisa membuka booth kecil di pusat perbelanjaan atau event-event berskala kecil hingga menengah yang biasanya diadakan di sekolah, kampus, atau convention center.

Melalui event, Anda bisa berinteraksi langsung dengan konsumen sehingga mereka bisa juga merasakan produk Anda secara langsung.

5. Bagikan testimoni konsumen juga bagian dari cara mempromosikan produk

Salah satu cara mempromosikan produk agar laris manis lainnya adalah membuat konsumen Anda mempromosikan produk Anda secara tidak langsung. Caranya, dengan membagikan testimoni yang mereka berikan di akun media sosial.

Tidak sedikit konsumen senang ketika mereka telah membeli suatu hal dan membagikannya ke media sosial mereka. Entah melalui video, story, atau post. Anda bisa meminta izin untuk membagikan kembali unggahan mereka ke platform bisnis Anda.

Menurut sebuah penelitian, 84% konsumen mempercayai review konsumen seperti mereka mempercayai word of mouth atau rekomendasi teman. Untuk itu, cara yang satu ini bisa digunakan untuk mempromosikan produk Anda.

6. Manfaatkan ads

cara mempromoiskan produk agar laris manis 1

Baik ads konvensional seperti baliho atau online ads seperti Facebook ads dan TikTok ads keduanya sama-sama membuat produk Anda mudah dijangkau oleh konsumen yang diinginkan.

Melalui ads, Anda bisa membuat toko atau produk Anda mudah dilihat oleh banyak orang.

Terlebih jika Anda menggunakan social media ads yang saat ini bekerja dalam algoritma tertentu, Anda bisa menempatkan produk Anda kepada calon konsumen yang Anda inginkan.

7. Gunakan lebih dari satu kanal penjualan

Pastikan ketika berjualan, jangan hanya memanfaatkan satu kanal penjualan. Misal, semula strategi jualan online hanya melalui Whatsapp, maka buatlah toko di Instagram, Facebook, TikTok, marketplace, bahkan website juga.

Memiliki lebih dari satu kanal penjualan membuat toko Anda bisa lebih mudah dipercaya dan dijangkau oleh konsumen.

Pastikan juga setiap platform tersebut terintegrasi satu sama lain untuk mempermudah konsumen ketika hendak membeli produk Anda. Salah satunya dengan memanfaatkan website toko online.

Salah satunya GoStore, pembuat website toko online yang mampu mengintegrasikan Facebook Shop, Instagram Shop, dan Google Shopping secara penuh tanpa harus gonta-ganti aplikasi.

Dengan integrasi penuh antar platform penjualan ini, Anda bisa lebih mudah memantau penjualan dari berbagai platform tersebut.

Melalui website toko online yang terintegrasi tersebut, konsumen juga lebih mudah melakukan transaksi melalui toko Anda. Sehingga bukan tidak mungkin pelanggan bisa lebih puas ketika berbelanja di toko Anda.


Itulah dia cara mempromosikan produk agar laris manis dan jangan lupa cari tahu fitur-fitur GoStore untuk memaksimalkan toko online Anda dengan cara coba gratis sekarang juga.

New call-to-action

 

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia