Moka Logo
Cara Membuat TikTok Shop agar Jualan Viral dan Laris

Tips Bisnis

Cara Membuat TikTok Shop agar Jualan Viral dan Laris

3 min
YovitaYovita

Sudahkah Anda mengetahui cara membuat TikTok Shop? TikTok merupakan salah satu media sosial yang populer akhir-akhir ini. Media sosial yang menampilkan konten audio visual tersebut dinilai menarik karena menampilkan beragam tema, mulai dari hiburan, resep makanan, hingga pengetahuan. Bahkan media sosial ini juga bisa digunakan untuk berjualan melalui fitur TikTok Shop. Lalu, bagaimana cara membuatnya untuk jualan online?


Sekilas tentang TikTok Shop

TikTok Shop adalah sebuah fitur jual-beli yang disediakan oleh media sosial TikTok. Lewat fitur ini, brand, penjual, dan bahkan kreator konten dapat menampilkan sekaligus menjual produk mereka. Seluruh transaksi jual-beli pun dilakukan di TikTok, sehingga Anda tidak perlu keluar aplikasi. Menariknya lagi, toko online satu ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa fitur pendukung sehingga berjualan dan berinteraksi dengan konsumen pun jadi lebih mudah.

Baca Juga: 9 Strategi Meningkatkan Penjualan Bisnis Online di TikTok


Keunggulan Jualan Pakai Tiktok Shop

cara membuat tiktok shop 3

Kenapa harus memilih berjualan di TikTok? Ada beberapa alasan yang bisa Anda pertimbangkan, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Berfungsi sebagai media sosial sekaligus platform belanja

Sebelum meluncurkan fitur jual-beli ini, TikTok sudah lebih dikenal sebagai sebuah media sosial populer. Nah, dengan adanya TikTok Shop, Anda bisa tetap menggunakan TikTok sebagai media sosial sekaligus untuk melakukan transaksi jual-beli.

2. Punya banyak pengguna aktif

Data resmi dari TikTok menyebutkan bahwa pada tahun 2022 ini mereka memiliki sekitar 1 miliar pengguna aktif yang tersebar di 150 negara di seluruh dunia. Itu artinya, setiap konten yang diunggah di TikTok punya peluang untuk ditonton banyak orang dari berbagai negara.

3. Memperluas jangkauan pelanggan

Dengan banyaknya pengguna aktif TikTok, maka peluang Anda untuk memperluas jangkauan bisnis pun lebih besar. Sebab, konten jualan produk yang Anda unggah kemungkinan besar dapat dilihat oleh banyak orang.

4. Bisa kasih promo menarik ke pelanggan

Seperti yang telah disebutkan, TikTok Shop telah dilengkapi dengan beberapa fitur pendukung bisnis online. Salah satunya adalah fitur promosi untuk pembeli. Lewat fitur ini, Anda bisa memberikan berbagai promo seperti gratis ongkos kirim atau diskon untuk menarik konsumen.

5. Transaksi jual-beli yang aman

Terakhir, TikTok Shop juga merupakan sebuah platform jual-beli aman. Setiap transaksinya dilakukan melalui pengawasan dari pihak TikTok sehingga lebih aman. TikTok juga memiliki sistem khusus yang mampu menyaring kemungkinan terjadinya tindak kejahatan.


Cara Membuat TikTok Shop

cara membuat tiktok shop 2

Sebelumnya, pastikan Anda sudah memiliki akun TikTok. Jika belum, bisa membuatnya terlebih dulu dengan klik Sign Up di halaman awal aplikasi TikTok. Setelah itu, Anda bisa mengikuti cara membuatnya berikut ini:

  1. Kunjungi halaman TikTok Shop di https://seller-id.tiktok.com/ dan pilih Login. Selanjutnya, klik Authorize untuk menghubungkan akun TikTok Anda dengan TikTok Shop.
  2. Lakukan verifikasi email terlebih dahulu.
  3. Sistem akan menampilkan form pendaftaran. Isilah form tersebut dengan informasi yang benar. Selanjutnya, TikTok Shop akan melakukan verifikasi.
  4. Setelah TikTok Shop menerima pendaftaran Anda, maka fitur sudah bisa langsung digunakan untuk melakukan transaksi jual-beli.


Tips agar Jualan Laris di Tiktok Shop

Nah, itu dia cara membuat TikTok Shop. Lalu, apa yang harus dilakukan agar jualan laris diserbu konsumen? Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut:

1. Optimalkan dulu katalog produk

Sebelum mulai menawarkan produk Anda, pastikan katalog produk sudah lengkap. Cek lagi apakah katalog mencantumkan gambar dan informasi produk dengan tepat. Sebab, jika tidak, konsumen tentu akan merasa bingung. Usahakan katalog dibuat semenarik mungkin agar calon pembeli pun tergerak untuk melakukan pembelian.

2. Kerja sama dengan influencer

Jika memungkinkan dan Anda memang memiliki bujet lebih, bisa mempertimbangkan opsi untuk kolaborasi dengan influencer. Para influencer, terutama yang telah memiliki banyak followers, memiliki kemampuan untuk menarik perhatian audiens. Namun, pastikan influencer yang Anda pilih memang memiliki persona yang sesuai dengan brand.

Baca Juga: 5 Manfaat Micro Influencer Instagram untuk Kembangkan Bisnis Anda

3. Cantumkan CTA ke katalog produk atau website

Terakhir, jangan lupa untuk selalu mencantumkan CTA atau call to action pada konten toko Anda. CTA bisa diarahkan ke katalog lengkap produk Anda atau bisa juga ke website bisnis. Namun, bagaimana kalau belum punya website bisnis?

Anda bisa buat website toko online terlebih dulu menggunakan GoStore yang juga bisa jadi alternatif. GoStore merupakan platform untuk membuat website toko online yang dirancang agar mudah digunakan. Dengan GoStore, Anda bisa membuat situs jualan dalam hitungan menit saja dan sudah dilengkapi dengan berbagai pilihan metode pembayaran & pengiriman!

Baca Juga: 7 Ide Konten agar Bisnis Viral di TikTok


Semoga tutorial mengenai cara membuat TikTok Shop ini bisa membantu Anda. Agar bisnis online Anda makin lancar dan mudah dipantau, jangan lupa juga untuk menggunakan platform GoStore. Dengan GoStore, Anda tak hanya bisa membuat website jualan, tapi juga memantau operasional bisnis, mulai dari laporan penjualan hingga stok barang. Tunggu apa lagi? Yuk, buat website toko online Anda sekarang juga bersama GoStore!

social commerce

 

Social Media Share :
Yovita

Yovita

Penulis di Blog Moka.