Moka Logo
Cara Membuat Surat Keterangan Usaha secara Online

Tips Bisnis

Cara Membuat Surat Keterangan Usaha secara Online

3 min
JordhiJordhi

Cara Membuat Surat Keterangan Usaha secara Online – Ketika memulai usaha, ada satu surat yang perlu Anda miliki, yakni Surat Keterangan Usaha. Surat Keterangan Usaha adalah surat penting yang dikeluarkan pemerintah berwenang di daerah lokasi usaha berdiri. Adapun setiap usaha, baik skala besar maupun kecil, pasti membutuhkan Surat Keterangan Usaha.

Mengapa demikian? Lalu, apa manfaat memiliki Surat Keterangan Usaha dan bagaimana cara membuat Surat Keterangan Usaha secara online? Simak pemaparannya berikut ini!

Baca juga: 7 Tips Membuka Bisnis Waralaba Minimarket Modal Kecil untuk Pemula

Manfaat Surat Keterangan Usaha

1. Mempermudah proses pengajuan pinjaman modal

Untuk meminjam modal menjalankan usaha, pihak kreditur pastilah membutuhkan bukti yang menunjukkan usaha Anda adalah usaha yang legal dan dapat dipertanggungjawabkan.

Karenanya, Surat Keterangan Usaha ini dapat menjadi pegangan Anda. Dokumen ini dapat menyatakan legalitas usaha Anda, sehingga mempermudah proses pengajuan pinjaman modal ke siapa pun, terutama bank. Tanpa adanya Surat Keterangan Usaha, akan sulit bagi Anda untuk mengajukan, bahkan mendapatkan kredit dari bank.

2. Menjadi salah satu syarat pembuatan NPWP

Pada dasarnya, setiap badan usaha diwajibkan untuk mendaftar sebagai wajib pajak (WP) apabila perusahaan tersebut sudah memenuhi persyaratan yang ditentukan. Di sini, Surat Keterangan Usaha akan menjadi salah satu syarat yang perlu Anda siapkan.

Baca juga: Cara Daftar Bantuan UMKM, Pemilik Usaha Wajib Tahu!


Cara Membuat Surat Keterangan Usaha secara Online

cara membuat surat keterangan usaha secara online

Seiring perkembangan zaman, muncul pula banyak inovasi yang bertujuan mempermudah hidup masyarakat luas. Dalam lingkup pemerintahan, salah satu inovasi yang ditawarkan adalah kemudahan dalam pembuatan Surat Keterangan Usaha.

Ya, saat ini, para pelaku usaha dapat membuat Surat Keterangan Usaha secara online, sehingga prosedurnya pun lebih mudah. Berikut cara membuat Surat Keterangan Usaha secara online yang perlu Anda ketahui.

  1. Buka website https://oss.go.id. Setelah itu, akan muncul menu yang bertuliskan “Ajukan Perizinan Usaha Mikro & Kecil” dan “Ajukan Perizinan Usaha Menengah & Besar”. Anda bisa pilih sesuai dengan klasifikasi bisnis Anda.
  2. Setelah itu, Anda dapat memilih jenis pelaku usaha dan masukan kode captcha.
  3. Daftar akun apabila Anda belum memiliki akun. Pastikan Anda mengisi seluruh kolom isian dengan benar dan lengkap.
  4. Apabila Anda sudah mengisi seluruh kolom, cek kotak masuk email yang sudah Anda daftarkan. Pada email tersebut, terdapat link aktivasi akun Anda.
  5. Klik link aktivasi, setelah itu Anda akan mendapatkan username serta password untuk pendaftaran Surat Keterangan Usaha.
  6. Apabila Anda sudah berhasil melakukan registrasi, Anda sudah bisa login dengan menggunakan username dan password serta kode captcha yang sudah diberikan.
  7. Ketika Anda sudah berhasil masuk ke akun OSS Anda, pilih kualifikasi pada bagian kolom perizinan berusaha. Lanjutkan dengan mengisi seluruh data yang diminta dengan benar. Setelah itu, Anda tinggal menunggu munculnya halaman baru yang berisikan form yang harus Anda isi.
  8. Pada tahap terakhir, akan muncul tampilan data dari pemohon. Isi dengan sebenar-benarnya, lalu klik pilihan yang berada di bagian bawah halaman. Lalu, akan muncul data akhir dari pendaftaran yang dapat Anda print. Data itu adalah Surat Keterangan Usaha milik Anda.

Cara membuat Surat Keterangan Usaha secara online sangat mudah diikuti, bukan? Dengan kemudahan ini, harapannya tentu semakin banyak pula pengusaha-pengusaha baru yang bisa semakin menggerakkan roda ekonomi negara.

Baca juga: 6 Hal Mengenai Bekraf yang Harus Diketahui Pelaku Usaha


Perlu diketahui, tak hanya menawarkan kemudahan dari segi perizinan, perkembangan teknologi kini pun menawarkan kemudahan untuk memulai bisnis. Seperti platform GoStore yang akan sangat memudahkan Anda untuk memulai jualan online.

Memulai usaha online bersama GoStore sejatinya memberi Anda berbagai manfaatkan untuk mengembangkan bisnis. Salah satu keunggulan GoStore adalah transaksi yang lebih aman dan terjamin kerahasiaannya.

Selain itu, GoStore juga sudah terhubung dengan layanan Instagram Shop, Facebook Shop, dan Google Shopping. Dengan demikian, Anda bisa semakin mudah untuk mengenalkan produk Anda ke seluruh pengguna layanan Instagram, Facebook, dan Google.

Jadi, ayo mulai toko online Anda dengan GoStore! Pelajari lebih lanjut mengenai seluruh fitur dan layanan GoStore dengan klik tautan ini.

Social Media Share :
Jordhi

Jordhi

Penulis di Blog Moka