Moka Logo
Info Lengkap Cara Membuat Instagram Shopping Sampai Aktif

Tips Bisnis

Info Lengkap Cara Membuat Instagram Shopping Sampai Aktif

3 min
SaminaSamina

Ingin jualan dengan mudah di media sosial? Ketahui cara membuat Instagram Shopping. Platform media sosial semakin memanjakan para pelaku bisnis online. Tak terkecuali Instagram dengan fitur Instagram Shopping-nya.

Kini, audience bisa dengan mudahnya berbelanja melalui Instagram Shopping yang sudah terhubung dengan website atau e-commerce. Mereka juga bisa melihat harga dari produk yang Anda jual. Namun, bagaimana cara membuat Instagram Shopping ini?

Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan Instagram Shopping untuk strategi jualan online Anda, simak penjelasan cara membuat Instagram Shopping berikut ini!

Baca juga: 10 Cara Menambah Followers Instagram Bisnis Anda

Apa itu Instagram Shopping?

Cara membuat instagram shopping 1

Instagram Shopping adalah salah satu fitur dari Instagram yang memberikan kemudahan untuk para pelaku bisnis menjual barangnya dengan cara memberikan detail seperti tag harga dan nama produk pada barang yang Anda posting di Instagram. Tidak hanya itu, Instagram Shopping memberikan pengalaman berbelanja e-commerce melalui media sosial.

Tampilan yang ada pada Instagram Shopping memudahkan konsumen mendapatkan detail dari produk atau barang yang Anda jual tanpa mereka harus bertanya. Ketika konsumen tap label produk yang ada di dalam postingan menggunakan Instagram Shopping, konsumen akan diarahkan ke halaman dengan beberapa deskripsi produk seperti nama produk, harga produk, serta link yang mengarahkan konsumen ke situs website untuk berbelanja.

Fitur ini benar-benar memudahkan kedua belah pihak, baik Anda sebagai pelaku bisnis dan user Instagram sebagai konsumen.

Sudah siap untuk mengetahui cara membuat Instagram Shopping?

Baca juga: Instagram Reels untuk Bisnis: Cara Menggunakan & Tips Konten Menarik

Sebelum Mengetahui Cara Membuat Instagram Shopping, Ketahui Syaratnya 

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sehingga Anda bisa menggunakan dan mengaktifkan fitur Instagram Shopping ini. Berikut adalah beberapa syarat yang harus Anda penuhi untuk bisa menggunakan fitur Instagram Shopping!

  1. Pastikan akun Instagram Anda adalah akun bisnis
  2. Produk yang Anda tawarkan harus berupa produk fisik. Untuk sekarang, akun bisnis yang menjual atau menawarkan produk jasa belum bisa menggunakan fitur Instagram Shopping
  3. Instagram Anda wajib terhubung dengan Facebook Pages bisnis Anda
  4. Akun bisnis harus memenuhi standar kebijakan perdagangan yang sudah ditetapkan oleh Facebook dan Instagram. Kebijakan tersebut juga bisa Anda baca di sini
  5. Harus terhubung dengan katalog produk di Facebook. Anda bisa membuat katalog baru atau bisa juga dengan menghubungkan katalog yang sudah ada.
  6. Anda harus memiliki website yang digunakan untuk berjualan.

Bagi Anda yang ingin membuat katalog baru, Anda bisa menggunakan Catalogue Manager kemudian pilih “e-commerce”. Upload gambar-gambar produk Anda dan jangan lupa mencantumkan detail produk seperti nama, harga, serta link website yang ingin dihubungkan untuk berjualan.

Lalu langkah terakhir, Anda bisa menghubungkan dengan akun Instagram Anda.

Bagaimana Cara Membuat Instagram Shopping dan Mengaktifkannya?

Cara membuat instagram shopping 3

Cara membuat Instagram Shopping berikutnya adalah dengan mengaktifkannya. Ketika akun Anda sudah disetujui oleh pihak Facebook untuk menggunakan Instagram Shopping, kini saatnya mengaktifkan fitur ini ke profil Instagram bisnis Anda. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk mengaktifkan Instagram Shopping!

  1. Buka profil Instagram bisnis Anda 
  2. Pilih menu “Setting” atau “Pengaturan” yang ada pada akun Instagram bisnis Anda 
  3. Klik “Business”.
  4. Kemudian klik  “Sign Up for Shopping”. 
  5. Terakhir pilih “Accept Term”

Akun Instagram akan ditinjau oleh Instagram dan Facebook yang biasanya akan memakan waktu beberapa hari. Namun, untuk beberapa kasus, Instagram membutuhkan waktu yang lebih lama lagi. Anda harus menunggu proses ini sampai Instagram memberikan notifikasi pemberitahuan bahwa akun Anda sudah terverifikasi.  

Langkah selanjutnya setelah fitur Instagram Shopping Anda aktif adalah menandai produk yang ingin Anda jual. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke akun Instagram bisnis Anda.
  2. Pilih menu “Setting” atau “Pengaturan”
  3. Setelah akun Anda sudah terverifikasi oleh Instagram, Anda akan melihat menu “Shopping”. Pilih menu “Shopping” tersebut
  4. Kemudian pilih “Catalog”.
  5. Upload foto barang-barang Anda lalu pilih “Tag Product”. Anda bisa menandai 5 produk sekaligus untuk setiap konten yang Anda posting.
  6. Untuk memberi tag pada konten lama Anda, klik “edit” pada konten yang ingin Anda ubah kemudian pilih “Tag Product”

Baca juga: 8 Strategi Penjualan Produk di Facebook

Instagram Shopping pun siap digunakan dan Anda maupun konsumen bisa dengan mudah melakukan transaksi jual beli di Instagram. Pengalaman berbelanja di media sosial pun akan terasa lebih mudah.

Setelah mengetahui cara membuat Instagram Shopping, jangan lupa juga untuk menggunakan Moka POS sebagai aplikasi kasir andalan Anda. Moka POS adalah aplikasi kasir online yang dapat Anda andalkan untuk kelancaran bisnis dan usaha Anda. 

Moka POS juga memiliki fitur-fitur menarik lainnya yang memudahkan Anda untuk mengatur transaksi pada bisnis Anda. Yuk, andalkan aplikasi kasir Moka POS dan gunakan fitur-fitur canggihnya GRATIS selama 14 hari!

 

Social Media Share :
Samina

Samina

Penulis di Blog Moka.