Moka Logo
Wajib Tahu, Ini 6 Cara Membuat Frozen Food Tahan Lama

Tips Bisnis

Wajib Tahu, Ini 6 Cara Membuat Frozen Food Tahan Lama

3 min
YovitaYovita

Bila tertarik membuka bisnis makanan, Anda bisa mempertimbangkan untuk menjual makanan beku. Membuka bisnis frozen food bisa dibilang cukup menjanjikan. Bisnis jenis ini cocok dilakoni para anak muda karena mudah dan tidak memakan banyak tenaga.

Makanan beku atau frozen food adalah salah satu jenis makanan yang cukup mudah untuk dijual karena cenderung lebih awet dan tahan lama. Selain itu, pangsa pasar frozen food sangat luas karena digemari oleh berbagai kalangan.

Tak hanya itu, pilihan frozen food juga semakin beragam. Ada risoles, nugget, kebab, pastel, bakso, dan beragam jenis makanan lezat lainnya. Meski terkenal praktis dan awet, penyimpanan frozen food juga harus dilakukan dengan benar agar makin tahan lama. Bagaimana cara membuat frozen food tahan lama? Berikut tipsnya.

Baca juga: 8 Tips Meningkatkan Usaha Kuliner yang Dilakukan Wirausaha


Cara Membuat Frozen Food Tahan Lama

cara membuat frozen food tahan lama (2)

Salah satu alasan mengapa makanan dibekukan adalah untuk menjaganya agar tidak basi. Maka dari itu, frozen food tinggi peminat. Namun, jika Anda salah menyimpannya, frozen food juga bisa basi dengan cepat. Maka dari itu, penting untuk melakukan beberapa hal ini agar frozen food semakin tahan lama.

1. Gunakan kemasan tertutup 

Tips pertama adalah dengan menyimpannya dalam wadah bersih yang tertutup dan kedap udara di freezer. Kalau memungkinkan, vacuum kemasannya agar tidak ada interaksi makanan dengan udara. Menyimpan makanan dengan cara ini bisa mempertahankan tekstur, rasa, dan warna makanan meski disimpan di freezer dalam waktu yang lama.

2. Kelompokkan sesuai jenisnya 

Ada berbagai macam pilihan frozen food yang bisa Anda jual. Mulai dari sosis, nugget, daging, hingga sayur-sayuran beku. Setiap makanan ini memiliki karakteristik yang berbeda, mengakibatkan jangka waktu penyimpanannya berbeda pula. Karena itu, simpan frozen food Anda sesuai dengan jenisnya ke wadah yang berbeda-beda.

Mencampur beragam frozen food bisa membuat makanan tersebut cepat rusak karena masing-masing makanan memiliki ketahanan yang berbeda. Selain itu, menyimpannya dalam satu wadah juga akan membuat aroma makanan tercampur dan tidak lagi sedap.

3. Sebaiknya kemas dalam ukuran kecil 

Ketika menjual produk frozen food, ada baiknya Anda mengemasnya dalam ukuran kecil atau disesuaikan dengan kebutuhan. Jika mengemas frozen food dalam ukuran besar, pembeli sering kali menempatkan frozen food ke dalam wadah yang lebih kecil sebelum disimpan. Hal ini bisa menyebabkan kontaminasi yang pada akhirnya menyebabkan makanan lebih cepat rusak.

Apabila dikemas dalam kemasan yang lebih kecil, pembeli tidak perlu melakukan hal tersebut. Makanan bisa langsung dimasak dan dikonsumsi tanpa perlu dibuka tutup dan disimpan berulang kali.

4. Simpan frozen food dalam freezer 

Cara membuat frozen food tahan lama yang selanjutnya adalah dengan selalu menyimpannya di dalam freezer. Pastikan suhu freezer Anda stabil agar makanan tidak mencair. Selain itu, hindari menyimpan frozen food di dalam chiller karena suhu yang digunakan hanya diperuntukkan untuk mendinginkan makanan, bukan membekukan.

Baca juga: Pesan Makan Online Semakin Diminati Konsumen, Apa Penyebabnya?

5. Hindari menyimpan terlalu banyak produk di dalam freezer

Ketika berjualan frozen food, sering kali penjual memasukkan barang sebanyak mungkin ke dalam freezer. Padahal, hal ini bisa membuat makanan beku lebih cepat rusak. Freezer yang terlalu penuh menyebabkan sirkulasi udara tidak mengalir dengan baik.

Jika Anda berjualan frozen food dalam jumlah yang banyak, pastikan Anda menggunakan freezer dengan ukuran yang lebih besar agar sirkulasi udaranya tetap terjaga dan makanan beku pun lebih tahan lama.

6. Beri label tanggal 

Memberi label tanggal pada makanan beku yang disimpan juga termasuk cara membuat frozen food tahan lama. Pastikan Anda melabeli wadah frozen food dengan tanggal untuk memudahkan Anda mengecek produk mana yang harus dijual lebih dulu dan mana yang bisa disimpan lebih lama.

Setelah melabeli setiap produk, perhatikan pula jangka waktu penyimpanan makanan. Tergantung jenis dan kondisinya, makanan bisa bertahan dalam waktu yang berbeda-beda. Misalnya, makanan beku seperti nugget bisa bertahan selama 1-3 bulan pada suhu -17oC, sementara hamburger dan daging giling bisa bertahan lebih lama dengan suhu yang sama, yakni sekitar 3-4 bulan. Sementara pada suhu yang lebih rendah, yakni 4oC, nugget bisa bertahan selama 3-4 hari, sedangkan hamburger dan daging giling hanya sekitar 1-2 hari.

Baca juga: 9 Cara Jualan Online Laris untuk Pemula


Nah, itu dia cara membuat frozen food tahan lama yang bisa Anda terapkan. Bagi Anda yang memang berniat untuk menjadi agen frozen food, pakai aplikasi kasir online Moka POS akan sangat memudahkan Anda. Baik berjualan offline atau online, aplikasi kasir Moka POS bisa membantu Anda memanajemen pesanan dan berbagai jenis pembayaran.

Aplikasi kasir (1)

 

Social Media Share :
Yovita

Yovita

Penulis di Blog Moka.