Business Insight

5 Cara Membeli Baju Bekas dari Luar Negeri

By Samina Sharanani on October, 30 2021
Samina Sharanani

A word crafter

5 Cara Membeli Baju Bekas dari Luar Negeri - Pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Tak heran jika demand barang ini selalu tinggi sehingga para pelaku bisnis yang bergerak di industri fashion harus putar otak, bagaimana cara menjual nilai unik bisnis mereka.

Dalam industri fashion, ada peluang bisnis yang mungkin bisa dilirik, yakni berjualan baju bekas dari berbagai thrift store. Thrift shopping di kalangan masyarakt sudah semakin menjamur. Berminat untuk menjadikannya bisnis Anda?

Ya, walau banyak pakaian bekas dengan kualitas bagus yang dapat ditemukan di Indonesia, bisnis Anda tentu semakin terlihat menarik apabila mempunyai sesuatu yang tidak dimiliki oleh bisnis lain seperti barang atau baju bekas dari luar negeri.

Bagaimana caranya? Yuk, kita bahas bersama-sama!

5 Cara Membeli Baju Bekas dari Luar Negeri

meningkatkan penjualan bisnis fashion - baju - Cara Membeli Baju Bekas dari Luar Negeri

1. Ketahui Brand Terlebih Dahulu 

Banyak brand dari luar negeri yang tidak ada di Indonesia. Mengetahui hal tersebut, tentu mencari barang bekas dari brand-brand tersebut di dalam negeri bukanlah hal yang mudah.

Ketahuilah terlebih dahulu brand apa yang jarang ditemukan atau bahkan tidak ada sama sekali di Indonesia. Poin terpenting lainnya adalah produk tersebut juga harus diminati oleh masyarakat agar Anda dapat mengetahui nilai barang tersebut dan pastinya dapat laku terjual.

Baca juga: Pengertian Branding, Strategi dan Contohnya 

2. Pelajari Tren dan Model Pakaian 

Setiap negara memiliki budaya masing-masing. Anda juga harus mempertimbangkan model pakaian apa yang dapat diterima dengan mudah oleh masyarakat Indonesia sehingga produk Anda diminati oleh banyak orang dan habis tak tersisa.

Anda juga bisa mempelajari tren yang sedang berlangsung, terutama di media sosial. Dengan demikian, Anda bisa menentukan dengan tepat apa baju bekas dari luar negeri yang ingin dibeli.

3. Cari Supplier Tepercaya

Apabila sudah mempelajari dua poin di atas, sudah saatnya Anda mencari supplier yang dapat menyediakan produk untuk Anda jual. Dari mulai kerabat hingga akun thrift shop yang tinggal di luar negeri, Anda dapat menggunakan semua koneksi tersebut.

Tidak hanya itu, berkat teknologi yang semakin canggih, Anda juga dapat mencari supplier di beberapa platform jualan online yang sudah ada, lho!

4. Cari Tahu Bagaimana Sistem Pengirimannya

Selanjutnya, cara membeli baju bekas dari luar negeri yang perlu diperhatikan ialah terkait pengirimannya. Entah seberapa sedikit atau banyak produk yang Anda beli, coba riset mengenai pengirimannya ke Indonesia.

Cari tahu juga berapa harganya agar Anda bisa menyiapkan anggaran khususnya. Kemudian, pastikan Anda tahu berapa lama barang akan sampai ke tangan Anda dan bagaimana prosedur yang harus dilakukan, terutama jika produk yang dibeli belum sampai dalam jangka waktu yang telah diberitahukan.

5. Siapkan Tempat untuk Menyimpan Baju Bekas

Baju bekas dari luar negeri sedang dikirim ke tempat Anda? Pastikan Anda sudah menyiapkan tempat khusus untuk menyimpan baju bekas tersebut sebelum Anda mengecek kondisi barang atau mencucinya untuk kemudian dijual kepada pelanggan.


4 Tips agar Jualan Baju Bekas Anda Cepat Laku

meningkatkan penjualan bisnis fashion - baju (4)

1. Pastikan Kondisi Barang Bagus

Karena barang bekas, kekurangan dari produk bukanlah hal yang jarang dapat ditemukan. Dari mulai noda makanan hingga robek sedikit, pasti akan banyak produk yang memiliki kondisi kurang bagus tersebut.

Namun, jangan khawatir. Semua kerusakan tersebut dapat Anda tutupi apabila Anda bisa memperbaikinya sebelum dijual.

Salah satu contohnya adalah apabila barang hadir dalam kondisi memiliki aroma yang kurang sedap, Anda dapat mencuci dan menyetrikanya terlebih dahulu. Barang pun bisa diterima oleh pelanggan dalam keadaan bersih dan harum.

Apalagi dalam situasi pandemi, Anda juga harus memastikan bahwa produk Anda benar-benar sudah bersih agar konsumen  juga merasa aman jika ingin membeli. 

2. Foto Barang 

Seperti produk di bisnis lainnya, tentu Anda harus memperlihatkan apa yang ingin Anda jual. Sebelum menjualnya secara online, pastikan Anda sudah memfoto produknya terlebih dulu. Jika belum ada budget, tak perlu sewa studio atau fotografer. Anda bisa memfotonya sendiri dengan kamera ponsel mengeditnya agar terlihat lebih menarik.

Yang perlu diperhatikan adalah sisi esetika foto Anda yang juga harus menunjukkan semua detail produk tersebut. Apabila ada bagian yang tidak bisa diperbaiki atau ada cacat, Anda juga harus memperlihatkannya dalam foto tersebut. 

Baca juga: 8 Rahasia Menarik Pelanggan Baru dan Mempertahankan Pelanggan Lama

3. Deskripsi Produk 

Selain foto, Anda juga dapat menulis deskripsi barang agar konsumen semakin yakin untuk membeli produk Anda. Dari ukuran baju, brand, hingga model pakaian saat sudah dipakai, cantumkanlah detail sebanyak mungkin. 

4. Buat Toko Online

Agar jualan online Anda semakin cepat laku, GoStore siap untuk membantu! GoStore adalah layanan yang bisa Anda akses dari Moka, yang bisa digunakan untuk membuat website toko online. Dengan  GoStore, Anda dapat menjangkau lebih banyak pelanggan karena GoStore sudah terintegrasi dengan Facebook Shop, Instagram Shop, dan Google Shopping. 

Tentu fitur GoStore tidak hanya itu. Pelajari selengkapnya dengan klik halaman ini supaya bisnis jualan baju bekas Anda bisa cepat mendapatkan hasil! Semoga sukses, ya!

New call-to-action

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia