Moka Logo
9 Cara Jualan Online Laris untuk Pemula

Tips Bisnis

9 Cara Jualan Online Laris untuk Pemula

3 min
YovitaYovita

Menjalankan usaha online shop memang tampak mudah. Dengan modal gadget di rumah saja, seseorang sudah bisa menghasilkan uang dari berjualan. Namun, pada kenyataannya, jualan online tidak semudah yang terlihat. Saat ini, semakin banyak orang beralih ke usaha online seperti itu sehingga tingkat persaingannya pun semakin ketat. Karenanya, Anda harus punya cara jualan online laris dan mampu mengungguli kompetitor-kompetitor yang ada. Bagaimana caranya? Simak tipsnya berikut ini!


9 Cara Jualan Online Laris

Keamanan Domain Website, Bikin Jualan Online lebih Tepercaya - cara jualan online laris

1. Tentukan produk yang ingin dijual

Cara jualan online laris yang pertama adalah dengan menentukan terlebih dahulu produk apa yang ingin dijual. Menentukan produk yang akan dijual adalah kunci awal membangun bisnis online. Anda harus tahu produk seperti apa yang potensial, banyak dicari, menarik, populer, atau sedang diminati. Intinya, Anda harus paham nilai jual produk tersebut.

Jangan lupa pertimbangkan target pasar, kelebihan produk, atau inovasi yang Anda tawarkan. Buatlah ide usaha yang belum ada di pasaran atau sajikan produk yang sudah ada dengan cara yang out of the box. Misalnya bisa dari cara packing produk yang menarik dan berbeda dari kompetitor.

Baca juga: 10 Ide Jualan Online yang Laris di Tahun 2022


2. Gunakan nama toko dan logo yang menarik

Setelah mengetahui produk yang akan dijual, selanjutnya adalah membuat nama toko dan logo yang menarik. Nama toko dan logo yang menarik akan membantu branding toko online Anda. Membuat nama dan logo yang mampu merefleksikan barang dagangan Anda adalah salah satu cara jualan online laris manis. 

Nama toko yang baik adalah yang singkat, sederhana, menarik, dan berbeda dari kompetitor. Nama yang simpel tentu juga akan lebih mudah diingat oleh pelanggan. 

Hal ini berlaku juga pada logo. Logo yang sederhana namun bisa mencerminkan bisnis adalah logo yang terbaik. Cantumkan logo toko di bagian packing produk Anda agar pelanggan selalu ingat dengan bisnis Anda. Mencetak stiker logo dan memberikannya pada pelanggan juga akan jadi nilai plus. 


3. Manfaatkan marketplace adalah cara jualan online laris

Memanfaatkan marketplace adalah kunci dan cara jualan online laris manis. Melalui marketplace, Anda jadi bisa menjangkau pasar dengan lebih luas tanpa perlu mengeluarkan biaya yang besar. Apalagi, masyarakat saat ini lebih suka berbelanja lewat marketplace karena lebih praktis dan harganya relatif lebih murah. Pilihlah marketplace yang Anda inginkan, daftarkan toko Anda, lalu mulai kelola produk Anda dengan baik. Lama-kelamaan, pembeli pun akan berdatangan.

Baca juga: Marketplace adalah Tempat Jualan Laris Manis, Ini Tips Suksesnya


4. Siapkan foto dan penjelasan produk yang baik

Ketika mendaftarkan toko online di marketplace, pastikan Anda mempersiapkan foto dan deskripsi produk dengan baik. Hal ini tentu penting agar para pelanggan bisa berbelanja dengan nyaman. Ketika berbelanja online, pembeli tidak bisa melihat secara langsung barang yang akan dibeli. Maka dari itu, Anda harus mencantumkan foto produk yang bagus, sesuai dengan aslinya, dan dari berbagai angle.

Selain foto, deskripsi produk juga penting. Jelaskan informasi mengenai produk tersebut agar pembeli bisa mempertimbangkan untuk membelinya atau tidak. Menuliskan deskripsi yang detail juga akan mencegah retur barang dari pembeli. Tuliskan nama produk, ukuran, warna, jumlah stok, garansi, kondisi barang, dan sebagainya dengan lengkap.

Baca juga: Tips untuk Pemula, ini 13 Cara Foto Baju untuk Jualan Biar Laris


5. Pasarkan lewat media sosial

Salah satu cara jualan online laris adalah melalui digital marketing. Beriklan lewat media sosial punya impact yang luar biasa untuk jualan Anda. Kemampuan media sosial untuk berjualan bisa menjangkau pembeli yang sangat luas. Bahkan, Anda bisa mengatur iklan Anda sesuai dengan karakteristik pelanggan yang Anda inginkan.

Misalnya jika Anda menjual blazer untuk wanita muda, Anda bisa mengatur iklan untuk ditargetkan pada wanita usia 23-35 tahun, domisili di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya, serta bekerja kantoran. Dengan begitu, iklan Anda pun hanya akan ditampilkan pada target yang benar-benar potensial.


6. Berikan pelayanan yang baik 

Cara Membuat NIB Online - 2 - cara jualan online laris

Terakhir, berikan pelayanan yang terbaik. Sesuai dengan pepatah, “treat the customer as if you are that customer”, perlakukan pelanggan Anda seperti jika Anda ingin diperlakukan sebagai pembeli. Memberikan pelayanan yang baik akan membuat citra toko online Anda semakin baik.

Selain itu, cara jualan online laris juga berawal dari kemudahan pelanggan untuk mengakses toko Anda, salah satunya dengan menggunakan aplikasi POS berkualitas baik seperti Moka POS yang dapat membantu Anda mengelola orderan, mengatur stok barang, hingga mencatat transaksi secara otomatis!


7. Pasang harga bersaing

Dalam menentukan barang dagangan, Anda juga perlu mempertimbangkan supplier yang dimiliki. Carilah supplier tangan pertama yang bisa memberikan harga termurah. Dengan begitu, Anda bisa menjualnya lebih murah daripada di toko kompetitor Anda. Pastikan dagangan Anda punya keunggulan dari segi harga yang mampu bersaing.


8. Cantumkan testimoni pelanggan

Kunci dan cara jualan online laris manis adalah review pelanggan. Jika pelanggan puas berbelanja di toko Anda, mereka akan memberikan review yang bagus. Toko dengan review yang bagus tentu akan menggugah ketertarikan calon pelanggan lain untuk berbelanja di toko Anda. Alhasil, toko online Anda pun jadi makin laris!


9. Pelajari data dari penjualan sebelumnya

Sebagai pebisnis yang profesional, Anda harus punya catatan bisnis terkait data penjualan sebelumnya. Pelajari data yang mencakup laporan produk mana yang paling laris, kapan produk ramai, kapan penjualan menurun, dan sebagainya. Dengan begitu, Anda bisa menganalisis usaha dan rencana penjualan ke depannya.


Itulah sembilan cara jualan online laris yang bisa Anda terapkan untuk usaha online Anda. Merintis usaha memang butuh proses yang tidak sebentar. Anda harus menjalaninya perlahan-lahan, tapi pasti dan konsisten. Dengan menerapkan sembilan cara di atas, dijamin bisnis Anda mampu berkembang pesat. Cuan pun mengalir deras!

Aplikasi kasir-1

Social Media Share :
Yovita

Yovita

Penulis di Blog Moka.