Moka Logo
8 Cara Jualan Online di Facebook Marketplace

Tips Bisnis

8 Cara Jualan Online di Facebook Marketplace

5 min
JordhiJordhi

8 Cara Jualan Online di Facebook Marketplace – Media sosial telah menjadi salah satu unsur yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Tak sedikit yang memulai dan menutup harinya dengan membuka media sosial. Hal ini menunjukkan betapa dalamnya pengaruh media sosial terhadap aktivitas harian manusia modern.

Sebagai salah satu yang mempopulerkan media sosial, Facebook telah berevolusi melebihi sekadar aplikasi berjejaring saja. Para pengguna Facebook tak hanya menggunakan platform ini untuk terhubung dengan sesamanya, tetapi juga untuk berjualan.

Inilah yang mendorong Facebook meluncurkan Facebook Marketplace yang mampu mempertemukan penjual dan pembeli dalam sebuah platform yang lebih mudah digunakan. Namun, sudahkah Anda memanfaatkan Facebook Marketplace untuk memasarkan produk Anda?

Didukung dengan perilaku masyarakat yang lebih memilih berbelanja via online, Facebook Marketplace merupakan salah satu tempat yang tepat untuk Anda pilih sebagai tempat untuk jualan online produk Anda.

Namun, untuk bisa mendapatkan penjualan yang baik tentu saja Anda harus mengelola akun Anda dengan baik. Untuk itu, berikut ini 8 cara jualan online di Facebook Marketplace!

8 Cara Jualan Online di Facebook Marketplace

8 Strategi Penjualan Produk di Facebook (3)

1. Gunakan nama yang menarik

Ini dia cara jualan online di Facebook Marketplace yang pertama. Menggunakan nama brand yang menarik adalah satu kunci untuk menggapai kesuksesan.

Para konsumen tentu saja tidak akan tertarik untuk membeli produk apabila nama brand Anda tidak menarik atau cenderung asal-asalan. Pikirkan matang-matang dalam membuat nama brand karena nama itu akan Anda bawa selamanya.

Untuk tambahan gunakan nama yang SEO-friendly, agar ketika konsumen mengetik sebuah keyword di Google, pencarian Google akan merekomendasikan nama brand Anda kepada konsumen. Tentu saja itu akan meningkatkan traffic ke halaman Facebook Marketplace Anda, yang bisa dikonversi ke angka penjualan.

Baca juga: Tips Optimasi SEO Website, SEO Facebook, dan SEO Instagram


2. Berikan informasi yang lengkap

Tak bisa dimungkiri, kemudahan dalam menggunakan Facebook Marketplace membuat platform ini juga diisi oleh banyak penjual lainnya, sehingga persaingan ketat tak bisa dielakkan lagi.

Oleh karena itu, cara jualan online yang sangat disarankan ialah ciptakan beberapa keunggulan, seperti memberikan informasi produk yang lengkap dan menarik.

Konsumen lebih mudah tertarik dengan produk yang memiliki informasi yang jelas dan lengkap. Membangun kepercayaan terhadap konsumen tentu saja akan sangat penting untuk meningkatkan penjualan produk Anda. Berikut ini beberapa informasi yang harus Anda tambahkan dalam Facebook Marketplace Anda. 

  • Kontak yang jelas dan dapat dihubungi
  • Alamat lengkap dan jelas
  • Penjelasan tentang toko dan produk yang Anda tawarkan
  • Syarat dan ketentuan
  • Cara memesan
  • Metode transaksi

3. Gunakan foto yang menarik

Sekarang posisikan diri Anda sebagai pembeli, apakah Anda mau membeli produk yang fotonya saja kurang merepresentasikan kualitas? Tentu tidak, bukan? Itulah mengapa Anda harus memastikan setiap produk Anda ditampilkan dengan foto yang menarik.

Ingat, foto adalah yang pertama kali calon konsumen lihat. Pengguna media sosial saat ini cenderung lebih mudah bosan dan scroll halaman hanya dalam waktu beberapa detik saja. Apabila foto Anda menarik pastinya itu akan menjadi hook untuk menggaet calon pelanggan Anda.

Untuk mendapatkan foto produk yang menarik di Facebook Marketplace, Anda bisa menyewa jasa fotografer produk profesional, atau apabila budget Anda belum mencukupi untuk itu Anda bisa mengambil foto sendiri.

Ingat, jangan asal foto. Pelajari dahulu cara jualan online yang satu ini dan pastikan foto yang dihasilkan memang layak dipublikasikan. Nah, untuk memperdalam skill fotografi Anda, Anda bisa mempelajarinya melalui YouTube atau bahkan TikTok. 

Baca juga: 8 Strategi Penjualan Produk di Facebook


4. Berikan harga yang masuk akal

Harga adalah salah satu hal yang menjadi alasan konsumen mau membeli sebuah produk, jadi berikan harga yang masuk akal untuk produk Anda.

Apabila Anda menerapkan cara jualan online yang kurang tepat, misalnya memasang harga yang tak masuk akal di Facebook Marketplace, hati-hati konsumen akan malas untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk yang Anda tawarkan.

Banyak konsumen yang melakukan komparasi harga dengan produk yang serupa, apabila produk Anda diberikan harga yang masuk akal tentu saja membuat calon konsumen mau untuk mempertimbangkan untuk membeli produk Anda.

Tentukan harga yang terbaik untuk produk yang Anda tawarkan, jangan terlalu mahal dan jangan juga terlalu murah. Terlalu mahal harga yang Anda tawarkan tentu saja akan membuat konsumen akan malas untuk membeli produk Anda, dan apabila Anda memberikan harga yang terlalu murah konsumen akan curiga dengan produk Anda.


5. Gunakan hashtags

Menggunakan hastags atau tagar dalam setiap informasi produk di Facebook Marketplace Anda, akan dapat membantu produk Anda lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan. Hashtags atau tagar akan membantu mengelompokan jenis produk agar lebih mudah untuk dilihat oleh pelanggan.

Sebagai contoh apabila produk yang Anda jual termasuk barang vintage, Anda bisa memberikan tulisan #vintage jadi ketika ada orang yang mengetik tagar itu produk Anda ikut muncul di halaman pencarian itu.

Memudahkan konsumen untuk menemukan produk Anda, sudah pasti akan menaikan jumlah penjualan produk Anda. Jangan malas untuk membuat hastags atau tagar sedetail mungkin namun jangan juga Anda asal-asalan memasukan hashtags produk Anda.

Ketika Anda menjual mobil, tetapi Anda juga menulis hashtags tentang makanan itu akan membuat Facebook Marketplace Anda akan terlihat tidak dikelola dengan baik.

Pernahkah Anda mencoba cara jualan online di Facebook Marketplace yang satu ini?


6. Respon cepat

Facebook Marketplace juga sudah terhubung dengan Facebook Messenger sehingga calon pembeli bisa langsung menanyakan informasi tentang produk Anda via chat. Jika sudah demikian, tugas Anda selanjutnya adalah memastikan setiap pertanyaan dari calon pembeli dapat terjawab dengan cepat.

Penting bagi Anda penjual untuk cepat dalam membalas pertanyaan dari konsumen. Kecepatan dalam membalas akan memberikan rasa percaya terhadap toko Anda. Cara jualan online yang satu ini pun dapat membuat konsumen emrasa lebih senang, terutama ketika semua informasi yang dibutuhkan dapat Anda jawab dengan cepat. 


7. Layani konsumen dengan baik di Facebook Marketplace

Dalam dunia bisnis, baik offline maupun online, pelayanan yang baik adalah kunci untuk kesuksesan. Oleh karena itu, Anda wajib memperlakukan semua pelanggan dengan baik. Jawab pertanyaan pelanggan dengan baik dan apabila ada keluhan dari pelanggan Anda juga harus tetap menahan emosi dan menjawabnya dengan baik.

Untuk itu, Anda harus standby untuk menjawab pertanyaan dari calon pembeli baik melalui chat maupun komentar di post yang Anda unggah. 

Pelayanan yang baik dan ramah akan membuat pelanggan Anda akan terus kembali membeli produk di Facebook Marketplace Anda. Bahkan, mereka juga tak akan segan untuk merekomendasikan toko Anda kepada rekan-rekannya karena pelayanan di toko Anda sangat baik.

Berkat cara jualan online yang tepat, produk yang berkualitas, serta ditambah pelayanan yang optimal, tentu akan menjadikan toko Anda semakin laris dan dikenal banyak orang.

Baca juga: Panduan Digital Marketing dan Social Media Ads untuk Bisnis F&B


8. Promosikan toko Anda

Ini dia cara jualan online di Facebook Marketplace yang terakhir. Ya, membuat toko di Facebook Marketplace memang sangat mudah, hampir semua orang yang memiliki akun Facebook bisa membuat akun Facebook Marketplace.

Oleh karena itu pesaing Anda akan sangat banyak dan ketat. Lalu bagaimana cara agar toko Anda dapat menonjol dibandingkan dengan toko lain? Caranya Anda bisa menggunakan Facebook Ads. Dengan menggunakan Facebook Ads Anda dapat mempromosikan toko Anda lebih luas lagi. 

Facebook Ads akan membuat toko Anda dapat dilihat banyak orang. Namun, untuk beriklan menggunakan Facebook Ads tentu saja memerlukan biaya. Namun, Anda bisa mengatur biaya iklan yang sesuai dengan kebutuhan dan budget promosi Anda.

Sebelum beriklan Anda juga harus menentukan target pasar dan siapkan konten yang menarik agar orang mau melihat toko atau produk Anda. Dengan target yang tepat dan konten yang menarik, itu akan membuat iklan dari produk Anda akan tepat sasaran dan menarik pelanggan.

Itu dia 8 cara jualan online di Facebook Marketplace yang bisa Anda praktikkan guna meningkatkan penghasilan bisnis Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Social Media Share :
Jordhi

Jordhi

Penulis di Blog Moka