Business Insight

Perhatikan 8 Cara Foto Produk Baju ini Agar Jualan Fashion Makin Laris

By Samina Sharanani on February, 26 2022
Samina Sharanani

A word crafter

Anda pebisnis fashion? Kuasai cara foto produk baju dengan baik. Produk fashion merupakan produk yang tidak lekang oleh waktu. Sama halnya dengan kebutuhan pangan, kebutuhan sandang juga menjadi salah satu poin primer bagi masyarakat. 

Banyaknya persaingan membuat Anda harus memutar otak untuk menarik perhatian calon pembeli. Apalagi jika berkecimpung di dunia fashion, penampilan adalah hal yang utama. Begitu juga dengan penampilan dari produk Anda. 

Salah satu hal yang bisa menjadi strategi Anda dalam menjual produk baju adalah dengan menampilkan foto produk yang menarik. Tidak hanya foto makanan yang bisa menggugah selera saja, tapi foto produk baju juga harus bisa menggugah keinginan seseorang untuk membelinya. 

Lalu, bagaimana cara foto produk baju yang bisa menarik calon pembeli supaya Anda bisa bersaing dengan kompetitor-kompetitor Anda? Berikut ini adalah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan. Simak, ya! 

Baca juga: 5 Tips Foto Produk Baju agaf Diklik Banyak Orang 

8 Cara Foto Produk yang Baik 

cara foto baju untuk jualan-1

1. Cara foto produk baju yang utama adalah perhatikan kerapiannya

Sebelum melakukan sesi foto terhadap produk baju Anda, perhatikan kerapian dari baju tersebut. Setrika terlebih dahulu produk baju Anda yang ingin Anda potret. Perhatikan kerapian dari setiap detail baju. Hal ini juga memudahkan Anda nantinya dalam proses editing karena Anda tidak perlu mengedit bagian-bagian yang kurang rapi. 

Selain itu, yang paling penting adalah produk Anda semakin terlihat menarik. Calon pembeli pun pastinya akan mempertimbangkan untuk membeli produk baju Anda. 

2. Pilih beberapa angle atau sudut pandang

Cara foto produk baju yang cukup penting adalah memperhatikan angle. Pilihlah beberapa angle atau sudut pandang yang membuat produk baju Anda terlihat menarik. Hal ini bisa mempengaruhi nilai jual dari produk baju Anda tersebut. Hal ini juga memudahkan calon pembeli untuk melihat setiap detail dari baju yang Anda jual. 

Mereka pun bisa dengan mudah membayangkan seperti apa bentuk dari baju tersebut. Alhasil, calon pembeli pun bisa mempertimbangkan untuk membelinya karena detail yang cukup lengkap tersebut sesuai dengan keinginan mereka. 

3. Menggunakan model 

cara foto baju untuk jualan3-1

Jika Anda memiliki modal yang cukup, Anda bisa menyewa model untuk memperagakan baju Anda saat pemotretan. Ketika Anda menggunakan model, baju akan terlihat lebih menarik di foto. Pilih model yang sesuai dengan produk baju yang Anda jual. Lebih bagus lagi, jika Anda juga menyesuaikannya dengan persona brand dari produk baju yang Anda jual. Produk baju Anda akan semakin menarik untuk difoto.

4. Menggunakan manekin bisa menjadi cara foto produk baju

Jika tidak ingin menggunakan model, Anda bisa memilih manekin sebagai alternatifnya. Dengan bantuan manekin, calon pembeli juga bisa membayangkan baju tersebut jika mereka pakai. 

Penggunaan manekin juga bisa menambah nilai plus dari produk Anda karena akan terlihat profesional. Selain itu, menggunakan manekin juga lebih menghemat biaya Anda. 

Baca juga: Cara Mudah Mengganti Background Foto Produk 

5. Pilih kamera dengan kualitas terbaik 

Kamera juga bisa menjadi salah satu kunci kualitas dari foto yang Anda hasilkan. Untuk mendapatkan resolusi yang tinggi, pilih kamera dengan kualitas terbaik. Pilihlah kamera dengan ISO dan autofocus yang baik supaya hasil foto terlihat bagus dan tajam. Jika foto yang dihasilkan berkualitas bagus, hal itu bisa sangat mempengaruhi minat dari calon pembeli Anda.

6. Atur pencahayaan 

Cara foto produk baju berikutnya adalah dengan mengatur pencahayaan. Cahaya menjadi salah satu faktor yang sangat penting dalam sesi foto. 

Cahaya alami adalah salah satu yang terbaik dalam sesi pemotretan. Namun, jika Anda tidak bisa mendapatkan cahaya alami, tak perlu khawatir. Anda bisa memanfaatkan light seperti ring lighting untuk pemotretan di dalam ruangan. Memang butuh skill untuk mengatur pencahayaan ini supaya bisa menghasilkan foto yang menarik. 

7. Perhatikan background atau latar belakang foto

cara foto baju untuk jualan 5-1

Background atau latar belakang foto juga salah satu hal yang perlu Anda perhatikan dalam sesi pemotretan. Jika Anda ingin produk baju Anda terlihat lebih stand out, gunakan latar belakang berwarna netral atau polos. 

Salah satu rekomendasi warna netral yang bisa Anda gunakan adalah putih atau abu-abu. Dengan begitu, foto Anda akan semakin terlihat menarik.

8. Lakukan proses editing

Cara foto produk baju yang tak kalah penting adalah editing. Proses editing adalah cara foto  terakhir yang Anda lakukan agar menghasilkan foto produk baju yang menarik. Proses ini bertujuan untuk menyempurnakan hasil jepretan Anda. 

Proses ini juga berguna untuk memeriksa kembali apakah semuanya sudah sesuai dengan detail yang Anda inginkan. Namun, perlu diingat jangan melakukan editing yang berlebihan. Anda juga harus tetap menjaga keorisinilan dari produk baju Anda seperti warna dan bentuknya. 

Baca juga: 10 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Foto Produk Anda 

Nah, itu tadi adalah beberapa cara foto produk baju supaya makin laris. Selain cara-cara foto produk baju di atas, Anda juga harus memperhatikan faktor lain yang mendukung kelancaran bisnis fashion Anda terutama dalam hal mengatur keuangan. 

Anda bisa mengandalkan Moka POS. Moka POS adalah aplikasi kasir online yang dapat Anda andalkan untuk kelancaran bisnis dan usaha Anda. Moka POS juga memiliki fitur-fitur menarik lainnya yang memudahkan Anda untuk mengatur transaksi pada bisnis Anda. Yuk, andalkan aplikasi kasir Moka POS dan gunakan fitur-fitur canggihnya GRATIS selama 14 hari!

aplikasi kasir resto untuk opersional usaha anda

 

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia