Business Insight

Ini Cara Cek Bantuan UMKM 2021, Wajib Catat!

By Samina Sharanani on November, 13 2021
Samina Sharanani

A word crafter

Ini Cara Cek Bantuan UMKM 2021, Wajib Catat! - Apakah Anda pemilik UMKM? Anda perlu mengetahui cara cek bantuan UMKM 2021. Pemerintah menyalurkan bantuan untuk pelaku UMKM di masa pandemi ini. Anda pun bisa mendapatkannya. 

Bentuk bantuannya adalah uang tunai senilai Rp 1,2 juta, seperti yang tertuai pada Peraturan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia No. 2 tahun 2021 agar para pelaku UMKM dapat tetap menjalani bisnisnya. 

Jika Anda merasa sudah melewati batas waktu untuk mendapatkan bantuan tersebut, tidak perlu panik karena Bantuan Presiden (Banpres) kembali dibuka hingga Desember 2021. Ingin mendapatkannya? Berikut ini cara cek bantuan UMKM 2021 dari program  Banpres. 

Baca juga: Mudah! Ini Cara Membuat Surat Izin Usaha Online

Ini Cara Cek Bantuan UMKM 2021

Sebelum mengetahui  cara cek bantuan UMKM 2021, Anda perlu mengetahui  ketentuan untuk menerima Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) 2021 berikut ini: 

  • Belum pernah menerima dana BPUM.
  • Telah menerima dana BPUM tahun anggaran sebelumnya.
  • Tidak sedang menerima Kredit Usaha Rakyat (KUR).
  • Merupakan warga negara Indonesia (WNI).
  • Memiliki KTP elektronik.
  • Memiliki usaha mikro yang dapat dibuktikan dengan surat usulan calon penerima.
  • BPUM dari pengusul BPUM berserta lampirannya.
  • Bukan anggota dari ASN, TNI, Polri, pegawai BUMN atau BUMD.. 

Jika Anda memenuhi ketentuan tersebut, baca terus artikel ini hingga akhir untuk mengetahui bagaimana cara mendaftar BPUM UMKM 2021: 

1. Pertama-tama, pastikan terlebih dahulu Anda memiliki sejumlah dokumen ini dan kumpulkan dalam satu berkas: 
  • Nomor induk kependudukan (NIK).
  • Nomor kartu keluarga.
  • Alamat tempat tinggal.
  • Bidang usaha.
  • Nomor telepon. 

Apabila sudah lengkap, Anda bisa mendaftarkan diri sendiri atau mengajukan diri ke pengusul yang sudah ditentukan, yaitu koperasi dan usaha mikro, kecil, dan menengah tingkat kabupaten atau kota. 

2. Cara cek bantuan UMKM 2021 bisa Anda lakukan dengan cara melihat datanya di laman eform.bri.co.id/bpum. Setelah mengisi nomor KTP Anda, ikuti proses verifikasinya, lalu klik ‘pros inquiry’ , setelah itu akan keluar informasi apakah Anda berhak mendapatkan bantuan atau tidak. 

Setelah melakukan semua hal tersebut, Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) akan mencairkan dana tersebut langsung ke rekening Anda atau melalui penyalur BPUM. 


Bantuan UMKM Digunakan untuk Apa?

bisnis retail - menjahit baju -  Cara Memulai Usaha dari Nol Hingga Sukses

Uang tunai yang Anda dapatkan dari bantuan UMKM ini, bisa Anda gunakan untuk segala kebutuhan usaha Anda. Ketentuannya adalah sebagai berikut: 

1. Memulai Usaha

Memulai usaha bukanlah hal yang gampang. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan seperti modal. Nah, dengan bantuan BPUM UMKM, Anda berhasil memiliki dana tambahan.

Dengan dana yang sekarang Anda miliki dapat digunakan untuk menambahkan modal yang sudah atau belum Anda miliki sebelumnya. Baik untuk membeli peralatan, sewa tempat, atau kebutuhan lainnya. Dana tersebut bebas Anda gunakan untuk mendukung kesuksesan bisnis Anda.

Dana BPUM UMKM tersebut bisa Anda manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda seperti berbelanja untuk bahan-bahan kue, membeli alat tulis untuk keperluan administrasi, atau hal-hal lainnya yang berkaitan dengan bisnis Anda.

2. Promosi dan Pemasaran Produk 

Supaya sukses, bisnis Anda tentu harus dikenal oleh banyak orang. Agar hal tersebut dapat terwujud, tentu Anda harus pandai melakukan promosi dan pemasaran produk-produk Anda. Karena membutuhkan dana yang tidak sedikit, Anda dapat gunakan dana yang sudah didapatkan dari BPUM UMKM. 

Dari mulai teknik yang sederhana seperti menyetak flyer hingga yang lebih modern seperti membayar influencer. Gunakan dana Anda dengan bijak dan strategis untuk melakukan promosi produk sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Agar tidak boros, ada baiknya Anda lakukan riset terlebih dahulu agar strategi promosi dan pemasaran produk Anda dilakukan secara efektif dan dapat terlihat menarik bagi target pasar Anda. Setelah itu, barulah buat strategi yang cocok untuk bisnis Anda. 

Semoga UMKM Anda dapat terbantu setelah membaca artikel ini, ya! Nah, agar lebih hemat, coba pertimbangkan jualan secara online.

Selain dapat hemat dalam segi biaya tempat, Anda juga bisa menekan biaya untuk SDM karena tidak memerlukan karyawan yang sangat banyak. Tidak hanya itu, Anda juga tidak harus memikirkan mengeluarkan dana untuk biaya listrik, air, dan hal-hal lainnya yang dikeluarkan saat memiliki toko offline

Jika masih khawatir untuk memulai bisnis Anda, yuk, gunakan GoStore – platform yang membantu Anda untuk membuat dan menjalankan bisnis jualan online apa saja, di mana saja. Dengan bantuan GoStore, toko online Anda akan terintegrasi dengan layanan Facebook Shop, Instagram Shop, serta Google Shopping – semua dari satu platform saja!

Dengan menggunakan GoStore, Anda juga bisa memiliki lebih banyak waktu untuk mengurus hal-hal lain terkait bisnis Anda yang tidak teknikal. Pastinya, Anda juga akan dapat mengerjakan pekerjaan Anda dengan lebih efektif. 

Tidak hanya itu, Melakukan transaksi menggunakan GoStore juga sangat aman. Jika semua hal tersebut tidak berhasil menarik perhatian Anda, cari informasi lebih lanjut tentang segala keunggulan GoStore di sini.

New call-to-action

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia