Moka Logo
7 Tips dan Cara Jualan Online Bagi Pemula agar Cepat Laku

Tips Bisnis

7 Tips dan Cara Jualan Online Bagi Pemula agar Cepat Laku

4 min
SaminaSamina

7 Tips dan Cara Jualan Online Bagi Pemula agar Cepat LakuSemenjak pandemi, aktivitas banyak orang sedikit terhambat. Namun, sepertinya kita harus berterima kasih kepada era digital ini. Meski aktivitas biasa terhambar, pembelanjaan online atau online shopping tetap bisa dilakukan.

Dari mulai melakukan grocery shopping untuk kebutuhan sehari-hari hingga jajan barang-barang untuk kesenangan setelah mendapatkan gaji, semua dapat Anda lakukan kapan saja dan di mana saja melalui perangkat elektronik Anda.

Oleh sebab itu, tidaklah heran apabila semakin banyak bisnis online yang bermunculan. Dengan modal yang lebih sedikit dan jaminan keuntungan yang lebih besar, jualan online jadi tampak menggiurkan

Eittsss … tapi jangan langsung terlena dengan kata “untung” tersebut, ya. Yuk, cari tahu cara berjualan online agar cepat laku dan diburu pembeli!

Baca juga: Cara Membuat Surat Keterangan Usaha secara Online 

7 Cara Berjualan Online untuk Pemula agar Cepat Laku

cara jualan online 3 - cara berjualan online agar cepat laku

1. Cari tahu kebutuhan pasar, bukan sekadar ikut tren

Sebelum berjualan online, sangatlah penting untuk tahu apa kabutuhan pasar atau target market bisnis Anda. Sebagai contoh, Anda menjual pakaian wanita yang ditujukan untuk pembeli berusia 25-34 tahun yang pengahasilannya kurang lebih Rp5 juta.

Lalu, ternyata ada tren pakaian terbaru yang muncul di internet. Anda pun mengeluarkan membuat produk yang sedang tren itu dan menjualnya dengan harga jauh lebih mahal dari harga rata-rata produk yang selama ini Anda jual.

Kemungkinan, tidak banyak yang membeli produk berbahan premium tersebut karena belum tentu cocok dengan target pasar Anda, belum tentu dibutuhkan, belum tentu juga harganya cocok karena lebih mahal dari biasanya.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus memperhatikan kembali konsistensi produk bisnis Anda dan lakukanlah riset agar bisa semakin tahu apa yang dibutuhkan pelanggan Anda.

2. Pastikan produk Anda memiliki nilai unik

Ini dia cara berjualan online agar cepat laku yang kedua. Setelah tahu apa yang dibutuhkan oleh pelanggan, mungkin produk yang dijual sudah ada pendahulu atau kompetitornya. Lantas, tentu Anda perlu punya nilai unik yang ingin dijual kepada pelanggan, bukan? Berikut ini beberapa contohnya:

  • Apabila pelanggan membeli produk skincare senilai Rp500.000, Anda akan menggratiskan sheet mask.
  • Jual sepatu online gratis semir.
  • Jual aksesoris ponsel gratis tempered glass.
  • Kopi yang Anda sajikan berasal dari para petani lokal yang Anda berdayakan agar bisa sama-sama mendapatkan penghasilan.
  • Menu makanan Anda berbahan dasar tumbuh-tumbuhan yang ditanam dan dirawat langsung, maka dipastikan segar dan berkualitas baik.
  • Beli makanan senilai minimum Rp200 ribu, gratis 1 menu spesial untuk driver yang mengantar.

3. Buatlah toko online 

Setelah  yakin akan keunikan produk, buatlah toko online Anda. Tentukan platform apa saja yang ingin Anda gunakan, lalu gunakan semua fitur mereka untuk mendongkrak bisnis agar sukses. Anda bisa membuat website khusus, website toko online dengan GoStore, atau mungkin sesederhana berjualan online di media sosial.

Baca Juga: 9 Cara Memulai Bisnis Online dari Nol untuk Pemula yang Mudah

Di dalam platform online tersebut, pastikan Anda memasukan daftar produk beserta fotonya, deskripsi, harga, juga ulasan pelanggan.

4. Buat deskripsi produk yang menarik 

Walau terdengar mudah, hal ini tidaklah gampang. Memilih kata-kata untuk membuat produk Anda terjual harus dipertimbangkan berkali-kali. Beberapa kata yang dapat Anda gunakan untuk membuat bisnis Anda sukses adalah eksklusif, khusus, diskon, gratis, dan masih banyak lagi.

Jika Anda memiliki modal lebih, mempunyai copywriter untuk bisnis Anda bisa saja merupakan investasi yang akan membuat Anda untung dalam waktu singkat. Bagaimana, tertarik untuk mencoba cara berjualan online agar cepat laku untuk pemula yang satu ini?

5. Aktif di media sosial 

Jika target market Anda individu berumur 18-34 tahun, Anda harus menggunakan media sosial sebagai amunisi bisnis karena faktanya, sebanyak 95% pengguna sosial media adalah orang-orang di rentang usia tersebut. 

Meningkatkan engagement dengan konsumen Anda dapat membangun hubungan yang lebih kuat agar mereka tetap menjadi pelanggan setia. Untuk membuat konten yang cocok untuk target market, pastikan Anda sudah melakukan riset audiens terlebih dahulu, membuat tujuan yang ingin dicapai, menentukan proses riset pemasaran dan metrik yang sesuai, serta melakukan riset kompetitor.

Dengan mengetahui hal tersebut, Anda dapat membuat konten yang menarik, menentukan waktu untuk mengunggah konten yang tepat, memanfaatkan fitur iklan, dan juga mengevaluasi strategi marketing media sosial Anda. 

6. Buatlah promo

Pelanggan mana, sih, yang tidak menyukai promo? Promo bisa membantu bisnis Anda untuk menjadi pusat perhatian konsumen, meningkatkan transaksi dan omzet, hingga mempererat hubungan dan loyalitas dengan pelanggan.

Faktanya, 91% individu mulai mengunjungi usaha baru setelah mengetahui ada promo yang ditawarkan oleh mereka. Mungkin, Anda juga pernah menjadi salah satu individu tersebut?

Baca juga: Soft Selling adalah Cara Jitu Promosi, Ini Contohnya 

7. Pahami Data

Cara berjualan online agar cepat laku yang satu ini cukup penting bagi bisnis. Bila bicara soal data, walau terdengar membosankan, menjalankan bisnis tanpa memikirkan data bisa menyebabkan hasil yang tidak memuaskan.

Dengan banyaknya saingan dalam bisnis online, Anda harus mempelajari semua data terkait dengan bisnis Anda, kompetitor, dan juga ekonomi secara umum. Pada dasarnya, membaca data dapat membantu Anda untuk menentukan strategi ke depannya.

Dari mana bisa memperoleh data tersebut? Selain dari Google Analytics untuk memantau performa website, Anda juga bisa melihat laporan penjualan Anda. Cari tahu mana produk yang paling laku/kurang laku, kapan jam teramai toko Anda, apa pembayaran yang paling sering digunakan, dan sebagainya.

Nah, agar jualan online Anda semakin cepat laku, ayo gunakan GoStore! Bisa digunakan di mana saja, kapan saja, GoStore merupakan website toko online pertama di Indonesia yang sudah terintegrasi dengan Instagram Shop, Facebook Shop, serta Google Shopping.

Dengan GoStore, Anda bisa menjangkau pelanggan dengan lebih luas sehingga bisnis Anda bisa ditemukan dengan mudah oleh calon pelanggan!

Mau tahu info selengkapnya? Klik di sini dan pastikan Anda buka toko online dengan menggunakan GoStore, ya!

Social Media Share :
Samina

Samina

Penulis di Blog Moka.