Moka Logo
Butuh Pemasukan Tambahan? Usaha Bengkel Las Solusinya!

Tips Bisnis

Butuh Pemasukan Tambahan? Usaha Bengkel Las Solusinya!

4 min
HanggaHangga

Usaha bengkel las merupakan salah satu alternatif usaha yang dapat Anda jadikan pilihan. Meskipun belum begitu populer di kalangan masyarakat, faktanya usaha pengelasan memiliki prospek yang bagus. Keuntungan yang ditawarkan pun sangat menggiurkan.

Asyiknya, bisnis ini tergolong usaha rumahan yang artinya minim modal dan tidak membutuhkan sewa tempat. Dengan catatan rumah Anda memadai, seperti memiliki halaman luas atau garasi yang tidak terpakai.

 

Peluang Usaha Bengkel Las

Usaha pengelasan sangat cocok bagi Anda yang ingin mencari pemasukan tambahan. Bahkan, tak jarang pendapatan dari bengkel las justru lebih besar dari pekerja kantoran. Mengapa demikian? Karena peluang usaha yang begitu luas. Semakin luas pangsa pasar, semakin besar pula potensi keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Inilah mengapa usaha pengelasan cukup diminati.

 

Alat yang Harus Disiapkan

Selain modal, setidaknya Anda harus memiliki keahlian mengelas. Dengan keahlian ini, Anda tidak perlu merekrut banyak tenaga kerja. Artinya, Anda dapat menghemat biaya pengeluaran. Ingat, di awal usaha Anda harus memaksimalkan potensi dan sumber daya yang ada. Penambahan tenaga kerja sebaiknya dilakukan setelah bisnis Anda berkembang dan stabil.

Untuk memulai usaha pengelasan, Anda memerlukan alat operasional. Adapun sejumlah alat yang wajib Anda siapkan, di antaranya sebagai berikut.

  • Mesin Bor

Secara umum terdapat dua jenis mesin bor yang biasa digunakan di bengkel las, yakni bor listrik biasa dan bor listrik khusus beton. Jika Anda ingin membuka usaha bengkel las, Anda wajib memiliki keduanya. Pasalnya, tidak semua tekstur bahan sama, ada sejumlah material yang sangat kuat sehingga memerlukan mesin bor khusus. Di pasaran, mesin bor ini dibanderol sekitar tiga hingga lima ratus ribu.

  • Mesin Gerinda

Mesin gerinda berfungsi untuk memotong dan menghaluskan permukaan besi setelah proses pengelasan. Kisaran harga mesin gerinda sekitar dua ratus ribu, tergantung merek.

  • Genset

Meskipun bukan alat utama dalam proses pengelasan, genset diperlukan sebagai antisipasi ketika listrik padam. Bayangkan, apa yang terjadi ketika Anda tengah menyelesaikan pekerjaan, tetapi tiba-tiba listrik mati? Agar pekerjaan Anda tidak terbengkalai, Anda harus menyediakan genset. Alat ini pun dapat Anda gunakan ketika membutuhkan daya tambahan. Harga genset di pasaran berkisar antara sembilan ratus ribu hingga dua jutaan.

  • Mesin Kompresor

Mesin kompresor dibutuhkan untuk menyempurnakan proses akhir suatu produk. Tujuannya, agar produk tampak lebih menarik. Mesin ini biasa digunakan bersamaan dengan spray gun. Proses pengecatan menggunakan mesin ini lebih cepat dibandingkan dengan cara konvensional, yakni menggunakan kuas. Hasilnya pun lebih rapi dan merata. Harga mesin kompresor bervariasi, antara satu hingga tiga jutaan.

  • Mesin Potong Besi

Sesuai dengan namanya, alat ini berfungsi untuk memotong besi. Besi merupakan logam yang umum digunakan dalam proses pembuatan produk pengelasan. Dengan alat ini, Anda akan mudah memotong besi sesuai kebutuhan. Hasilnya pun rapi dan seragam. Rata-rata harga jual mesin ini di pasaran berkisar antara tujuh ratus ribu hingga dua jutaan.

  • Mesin Trafo Las

Mesin trafo las berfungsi sebagai sumber aliran energi. Tanpa mesin trafo las, Anda tidak dapat mengoperasikan alat las. Di dunia pengelasan, mesin trafo las pun disebut dengan nama mesin inventer. Harga mesin ini bervariasi antara enam ratus ribu hingga empat jutaan. Semakin besar daya listrik, semakin mahal pula harganya. Pilih yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda.

Selain alat di atas, ada beberapa alat lain yang diperlukan, seperti palu, meteran, kabel, dan mobil pick up. Alat ini akan menyempurnakan proses pengelasan dan memudahkan pengiriman produk.

 

Keunggulan Bisnis Bengkel Las

Pesatnya pembangunan secara tidak langsung turut mendorong terbukanya peluang usaha pengelasan. Jika dulu bisnis ini sepi peminat, kini justru diburu banyak orang. Jasa las dibutuhkan untuk menyempurnakan konstruksi sebuah bangunan, seperti taman, perumahan, pabrik, hingga perusahaan.

Lantas, apa sebenarnya keunggulan usaha bengkel las? Berikut uraiannya!

  • Pangsa Pasar Luas

Usaha pengelasan, khususnya pembuatan teralis, kanopi, pagar, dan konstruksi lainnya memang sangat potensial. Umumnya, produk las ini digunakan untuk mempercantik dan mengamankan bangunan dari tindak kejahatan. Selain perorangan, jasa bengkel las juga dibutuhkan oleh perusahaan konstruksi.

  • Modal Minim

Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha pengelasan tidak begitu besar. Dengan uang sepuluh jutaan saja, Anda sudah dapat membuka jasa bengkel las kecil-kecilan di rumah.

  • Keuntungan Besar

Potensi keuntungan dari usaha pengelasan sangat besar, mengingat produk las banyak dibutuhkan. Dalam satu bulan, Anda bisa mengantongi keuntungan bersih hingga jutaan rupiah. Bahkan, tidak menutup kemungkinan omzet bulanan Anda mencapai puluhan juta.

 

Tips Sukses Bisnis Bengkel Las

Bagi Anda yang tertarik menjalankan bisnis bengkel las, ada sejumlah tips sukses yang dapat Anda coba. Adapun tips tersebut, antara lain sebagai berikut.

  • Produk

Kunci kesuksesan sebuah usaha terletak pada produk yang Anda tawarkan. Jika Anda tidak ingin kalah saing, pastikan untuk menciptakan barang yang berkualitas. Ingat, di pasaran banyak jasa serupa. Produk berkualitas pun efektif untuk mendongkrak angka penjualan dan meningkatkan brand awareness.

  • Harga Jual

Sebagian besar konsumen pasti akan membandingkan harga jual antara jasa pengelasan yang satu dengan lainnya. Gunakan cara ini untuk mengetahui rentang harga pesaing Anda. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menentukan harga jual. Jika Anda memutuskan untuk menjual dengan harga sama, pastikan produk yang Anda jual memiliki keunggulan yang tidak dimiliki bengkel las lainnya.

Sementara jika Anda ingin mempercepat perkembangan usaha, patok harga lebih murah dari tempat lain, misalnya selisih lima ribu atau sepuluh ribu. Percaya atau tidak, selisih harga sangat ampuh untuk menarik lebih banyak konsumen. Namun, pastikan untuk tetap mempertahankan kualitas produk.

  • Pelayanan

Jika Anda ingin usaha pengelasan semakin berkembang pesat, pastikan untuk selalu memberikan pelayanan terbaik pada pelanggan. Selalu sapa pelanggan, beri mereka senyum, dan bantu mereka ketika dibutuhkan. Ingat, kepuasan konsumen adalah kunci kesuksesan sebuah bisnis.

  • Fasilitas

Disadari atau tidak, untuk bersaing dengan bisnis serupa diperlukan lebih dari sekadar produk berkualitas. Anda harus berani memberikan fasilitas berupa garansi. Misalnya garansi 60 hari untuk pagar, 30 hari untuk kanopi, atau 2 minggu untuk teralis dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Garansi akan meningkatkan kepercayaan konsumen dan membuat nama Anda semakin dikenal luas.

  • Pemasaran

Satu lagi tips sukses bisnis bengkel las, yakni pemasaran. Promosikan usaha Anda melalui berbagai cara, baik secara offline maupun online. Gunakan media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram untuk mempromosikan bisnis Anda. Promosi sangat efektif untuk memperluas pangsa pasar. Semakin luas jangkauan usaha Anda, semakin besar pula potensi keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Demikianlah informasi mengenai usaha bengkel las yang dapat Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan. Yuk, tunggu apa lagi? Segera mulai usaha Anda!

Social Media Share :
Hangga

Hangga

Penulis di Blog Moka