Focus

25 Bisnis Rumahan Modal Kecil dengan Keuntungan Berlipat

By Jordhi Farhansyah on September, 9 2019
Jordhi Farhansyah

Musisi yang juga suka nulis.

25 Bisnis Rumahan Modal Kecil dengan Keuntungan Berlipat - Sejatinya, bisnis rumahan bisa Anda mulai dengan modal kecil sekalipun.

Hanya dengan uang tabungan selama ini, Anda pun sudah bisa memulai bisnis. Semua ini bisa asalkan Anda punya rencana yang jelas dan tekad untuk memulainya.

Sebagai inspirasi, dengarkan saja podcast dari Gary Vee. Pebisnis dan investor terkemuka asal Amerika Serikat ini berulang kali menekankan kalau menjadi pebisnis tidak wajib dimulai dengan modal besar.

Nah, untuk merubah paradigma Anda tentang bisnis sekaligus memberikan inspirasi positif, berikut ini 25 bisnis rumahan modal kecil dengan keuntungan berlipat.

25 Bisnis Rumahan Modal Kecil dengan Keuntungan Berlipat

1. Snack kemasan

jajanan - makanan ringan - Bisnis Rumahan Modal Kecil

Jangan berpikir kalau snack kemasan ini harus Anda produksi sendiri. Anda masih bisa lho, membeli snack kemasan besar yang Anda kemas ulang dalam kemasan lebih kecil lagi.

Bahkan, Anda masih bisa menjualnya dengan label sendiri lho. Kuncinya adalah tahu di mana produsen snack grosir yang cukup lezat. Bisa juga dengan menciptakan bumbu tabur sendiri yang sesuai dengan selera masyarakat.


2. Dropshipper

bisnis rumahan - karyawan

Kata siapa menjadi online seller harus bermodal besar? Dengan menjadi dropshipper, Anda tidak perlu membeli barang kulakan terlebih dahulu, lho.

Cukup dengan memasarkan produk dari penjual lain yang dikemas dengan lebih apik, Anda sudah bisa mendapatkan margin dari setiap penjualan.

Boleh dibilang, dropshipper merupakan salah satu jenis bisnis yang cukup jadi tren di kalangan pebisnis yang ingin belajar menjadi online seller.

Baca juga: 7 Strategi Jitu Memulai Bisnis dengan Modal Kecil

Selain karena tidak butuh modal besar, jika barang yang Anda jual cukup banyak dicari dan laku, keuntungan yang Anda dapatkan bisa sangat besar.

Misalnya saja, dengan menjual aksesoris handphone, mulai dari case-nya, power bank, hingga kabel USB.

Sebaiknya, Anda buat toko online yang lebih menarik, lengkap dengan gambar dan deskripsi yang meyakinkan.


3. Rental motor

rental motor - bisnis rumahan

Ini dia ide bisnis rumahan modal kecil selanjutnya. Bagi Anda yang tinggal di kawasan pariwisata atau kota pendidikan, rental motor bisa jadi opsi pilihan Anda. Sebab, kebutuhan akan persewaan motor terbilang tinggi di kawasan ini.

Bagi mahasiswa, terkadang menyewa motor selama masa studi jauh lebih murah daripada membeli. Serunya lagi, motor yang Anda sewakan tidak harus milik sendiri lho. Bisa juga milik orang lain dengan perjanjian titip-sewa.


4. Rental laptop

laptop - menulis - penghasilan pasif - bisnis rumahan

Tidak semua orang punya kemampuan membeli laptop canggih untuk mendukung aktivitasnya. Terlebih lagi para mahasiswa desain dan teknik yang butuh laptop berspesifikasi tinggi. Kebutuhan ini adalah peluang yang bisa Anda manfaatkan.


5. Layanan pembayaran

Moka Pay 1

Layanan pembayaran memang bisa dilakukan dengan aplikasi-aplikasi digital. Namun belum semua orang mengerti cara menggunakannya sehingga mereka masih percaya dengan pembayaran secara offline. Terlebih lagi mereka yang sudah berumur.


6. Agen kurir

bisnis rumahan modal kecil - karyawan

Dengan meledaknya industri retail online, kebutuhan akan kurir menjadi semakin tinggi. Untuk itu, menjadi agen kurir adalah langkah tepat untuk menangkap tren ini. Apalagi, ini merupakan bisnis rumahan modal kecil yang bisa dicoba, lho!

Modalnya pun terbilang cukup rendah dan bisa dijalankan di rumah sendiri. Dengan demikian, Anda masih bisa melakukan aktivitas rumahan sambil melayani pelanggan.


7. Aksesoris handphone

akesoris handphone

Saat ini, siapa sih yang tidak menggunakan handphone dalam kesehariannya? Dengan jutaan pengguna, wajar kiranya apabila permintaan akan aksesoris handphone juga ikut terkatrol naik.

Tidak perlu khawatir karena Anda masih bisa dapatkan barang-barang kulakan dengan harga murah dari Tiongkok. Anda bisa mulai dengan mencari informasi seputar komunitas importir dari Tiongkok di internet.


8. Web developer

codding - web programmer - bisnis rumahan

Ingin menjalani bisnis rumahan modal kecil? Punya kemampuan coding dan desain yang mumpuni? Kenapa tidak serius menggarap proyek web developer saja? Apalagi di era saat ini, segalanya sudah serba digital dan online.

Ketika orang mencari apa yang mereka inginkan, pasti mencarinya di internet. Dengan demikian, permintaan akan website akan semakin tinggi.

Selain itu, semakin kompleks permintaan dari klien Anda, harganya pun juga akan semakin mahal!


9. Link buying

menulis - laptop

Pernahkah Anda mendengar link buying? Bisnis ini akan semakin dibutuhkan di era digital marketing. Dengan banyaknya orang butuh website-nya berada di halaman pertama Google, usaha link buying akan semakin dicari. Menariknya, skill ini bisa dipelajari secara otodidak, lho.


10. Freelance writer

Attractive woman working in office on laptop - freelance writer - Bisnis Rumahan Modal Kecil

Di era digital marketing saat ini, konten menjadi raja. Setiap website membutuhkan konten supaya bisa semakin terlihat oleh para pengguna internet. Di sini lah pentingnya freelance writer. Selain itu, freelance writer juga dipakai oleh berbagai brand besar yang membutuhkan konten.


11. Service komputer

reparasi komputer - servis komputer - bisnis rumahan modal kecil

Percayakah Anda kalau sebagian teknisi komputer memulai bisnisnya secara otodidak? Menurut Anda, apakah ada bidang studi yang khusus mempelajari ilmu service komputer? Tentu saja tidak.

Skill ini bisa dikuasai oleh siapa pun yang mau belajar. Bila Anda salah satunya, mulai semua dengan rajin belajar via YouTube saja. Kemudian, praktikkan ilmu Anda di laptop-laptop atau komputer bekas.


12. Katering bekal

makanan sehat - katering bekal - Bisnis Rumahan Modal Kecil

Saat ini banyak orang yang tidak lagi sempat mempersiapkan bekal. Padahal, membawa bekal yang kaya nutrisi itu sangat penting untuk dukung aktivitas sehari-hari, baik untuk para siswa hingga pekerja.

Oleh karena itu, Anda bisa mulai katering kecil-kecilan khusus untuk bekal. Asalkan bahan-bahannya fresh, menunya variatif, dan dipersiapkan dengan higienis, Anda sudah bisa memulai bisnis katering bekal.

Siapa tahu, dengan bisnis katering ini, Anda bisa membuka restoran sendiri.


13. Desain grafis

desain grafis

Desain grafis merupakan ide bisnis rumahan modal kecil yang bisa Anda jalani selanjutnya. Desainer grafis semakin dibutuhkan seiring dengan banyaknya brand yang berlomba-lomba menarik minat konsumen.

Baca juga: Praktekan Strategi Pemasaran Bisnis Online Ini dan Tingkatkan Penjualan

Tidak hanya dengan menawarkan produk terbaik, tetapi juga dengan mempromosikannya dengan cara-cara terbaik. Mulai dari penulisan copy hingga ke segi visualnya. Oleh karena itu, kebutuhan akan desainer grafis pun terus meningkat seiring tahun.


14. Jasa konsultan

jasa konsultan - bisnis rumahan modal kecil

Apabila Anda punya kompetensi dan pengetahuan mumpuni, manfaatkan saja dengan menjadi seorang konsultan.

Baik itu konsultan hukum, bisnis, tata ruang, hingga konsultan, media sosial pun bisa Anda mulai di rumah sendiri. Hal yang terpenting adalah Anda sudah memiliki dasar ilmunya terlebih dahulu.


15. Petani jamur

petani jamur - bisnis rumahan modal kecil

Tahukah Anda, penganut gaya hidup vegetarian dan vegan terus bertumbuh lho di Indonesia. Semakin banyak pula orang yang lebih mawas akan konsumsi hariannya, sehingga lebih memilih makan sayuran ketimbang daging hewani.

Oleh karena itu, jamur menjadi pilihan utama karena memiliki cita rasa spesial dengan implikasi minim terhadap planet.


16. Social media maintenance

handphone - media sosial - instagram - facebook

Belum semua orang paham bagaimana caranya menumbuhkan media sosial. Padahal, media sosial sangatlah penting untuk membangun citra digital dari sebuah brand.

Jadi, daripada Anda hanya mengembangkan konten untuk akun pribadi, kenapa tidak serius menuangkan passion ini untuk menghasilkan uang tambahan?

Namun, jangan tertukar dengan admin media sosial ya karena social media maintenance itu lebih kompleks dari sekadar mengunggah konten pada jam yang sudah ditentukan. Namun, tentu saja bayarannya jauh lebih besar.

Baca juga: 8 Trik Menggunakan Gim untuk Tingkatkan Engagement Media Sosial Bisnis

Contohnya saja, ketika Anda diminta untuk membuatkan ide konsep dari salah satu akun Instagram brand tertentu selama sebulan.

Paling tidak, Anda bisa mengantongi sedikitnya lima hingga Rp6 juta setiap bulannya untuk setiap 30 konten selama satu bulan.

Namun, Anda juga harus tetap memantau akun Instagram tersebut, misalnya dengan membalas DM atau komentar dari followers.


17. Canvasser

canvasser - bisnis rumahan modal kecil

Tugas menjadi seorang canvasser bisa dibilang cukup sederhana. Anda hanya diwajibkan untuk mencarikan peserta sebanyak-banyaknya untuk sebuah online competition.

Profesi ini minim modal karena Anda tidak harus mengeluarkan biaya besar untuk para peserta. Biasanya pihak yang membutuhkan jasa para canvasser adalah agensi periklanan.


18. Jahit dan permak jeans

mesin jahit - bisnis rumahan modal kecil

Jahit dan permak jeans adalah jasa yang paling dicari oleh semua orang. Kalau dipikir kembali, siapa sih yang ingin celana jeans-nya terlalu longgar?

Baca juga: 20 Peluang Bisnis Modal Kecil untuk Mahasiswa

Bukannya tampil keren tapi justru terkesan ketinggalan zaman. Bila Anda tidak bisa menjahit, jangan khawatir karena banyak perusahaan dan yayasan nirlaba yang memberikan pelatihan secara cuma-cuma. Anda hanya perlu niat belajar yang kuat untuk bila membuka jahit dan permak jeans.


19. Laundry kiloan

laudry kiloan - bisnis rumahan modal kecil

Bagi Anda yang tinggal di kawasan pemukiman padat penduduk dan kost, laundry kiloan adalah peluang bisnis rumahan modal kecil yang bisa Anda coba.

Hanya saja, perlu diingat kalau laundry kiloan tetap harus menjunjung kualitas tinggi. Kalau tidak, usaha Anda akan kesulitan mendapatkan pelanggan tetap yang sangat berguna untuk kelangsungan bisnis.


20. Urban farmer

petani - urban farmer - sayuran

Kebutuhan akan bahan baku sehat semakin tinggi. Terlebih lagi banyak orang yang menganggap kalau sayuran organik yang ditumbuhkan dengan hati-hati adalah kunci kesehatannya.

Di lahan yang sempit saat ini, Anda bisa mulai menjadi seorang urban farmers dengan sistem hidroponik lho.


21. Tempat anak

penitipan anak - daycare - bisnis rumahan modal kecil

Orangtua semakin sibuk sehingga membuat mereka merasa takut anaknya tidak ada yang menjaga. Sementara, tidak semua keluarga memiliki anggota keluarga lain yang bisa menggantikan perannya.

Oleh karena itu, layanan penitipan anak juga menjadi sangat penting untuk para orangtua milenial yang super sibuk.


21. Angkringan malam

angkringan malam - bisnis rumahan modal kecil

Angkringan atau juga dikenal sebagai hik adalah bisnis yang cocok dengan Anda. Sebab, angkringan tidak butuh buka seharian penuh. Anda pun tidak harus mengolah sendiri semua makanannya karena bisa mencari supplier. Dengan demikian, waktu persiapannya jadi lebih singkat lagi.


22. Pencucian motor atau mobil

pencucian motor atau mobil - bisnis rumahan modal kecil

Pencucian motor atau mobil akan sangat menguntungkan apabila Anda mampu membuat promo-promo yang catchy dan viral.

Misalnya, gratis cuci ketiga apabila konsumen menyumbangkan buku-buku bekas dalam jumlah tertentu. Dengan demikian, bisnis rumahan modal kecil milik Anda bukan hanya untuk mengejar keuntungan tapi juga kebaikan sosial.


23. SEO Optimizer

seo optimizer - bisnis rumahan modal kecil

Tanpa Anda sadari, Search Engine Optimization (SEO) adalah salah satu kunci kesuksesan dalam pemasaran online.

Dengan SEO yang teroptimasi dengan baik, suatu produk jasa atau barang dapat langsung muncul di halaman pertama pencarian Google. Oleh karena itu, jasa ini dibayar cukup tinggi baik di dalam maupun di luar negeri.


25. Penjual bakso

penjual bakso - bisnis rumahan modal kecil

Bakso adalah makanan sejuta umat. Cita rasanya yang familiar membuat bakso menjadi comfort food bagi orang dari segala kalangan. Mulai dari anak sekolah hingga keluarga pun bisa menyukai bakso.

Lalu, bagaimana cara membuat bakso Anda beda dengan yang lain? Salah satunya adalah dengan membuat kuah kaldu dengan bahan dasar tulang sapi yang kaya rasa. Akan lebih lezat lagi apabila Anda menambahkan daging iga dalam sajian bakso Anda.

Itulah dia 25 bisnis rumahan modal kecil dengan keuntungan berlipat. Semua ide bisnis di atas tidak membutuhkan modal yang terlampau besar sehingga bisa Anda mulai sekarang juga.

Jangan lupa, bila bisnis Anda semakin lama semakin berkembang nantinya, Andalkanlah aplikasi kasir Moka POS untuk membantu Anda mempercepat proses penjualan. Moka POS pun akan membantu Anda mencatat pembayaran, mengetahui stok inventaris, hingga menerima masukan dari pelanggan.

Bagaimana? Tertarik untuk mengembangkan bisnis rumahan modal kecil di atas bersama Moka POS? Selamat berbisnis, ya!

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia