Business Insight Focus

6 Strategi Membuat Bisnis Restoran Berkonsep Cloud Kitchen

By Samina Sharanani on December, 9 2019
Samina Sharanani

A word crafter

6 Strategi Membuat Bisnis Restoran Berkonsep Cloud Kitchen - Apakah Anda pernah mendengar istilah bisnis cloud kitchen atau usaha dapur online?

Pasti Anda sudah pernah membeli makanan via aplikasi online. Nah, aktivitas tersebutlah yang terjadi dalam jenis bisnis yang satu ini.

Sekarang, usaha dapur online sudah sangat terkenal dan tidak sedikit dari masyarakat Indonesia bahkan seluruh dunia yang sering menggunakan jasa dari bisnis makanan dan minuman online ini.

Baca juga: Apa Itu Cloud Kitchen dan Bagaimana Trennya Pada 2020 Nanti?

Jenis usaha yang satu ini pun memiliki prospek yang sangat menjanjikan di masa depan. Cloud kitchen diperkirakan akan menjadi suatu usaha yang akan bernilai ratusan milyar rupiah pada tahun 2023.

Banyaknya keuntungan ini disebabkan oleh meningkatnya permintaan dari masyarakat terhadap jasa antar/jemput. Dengan ini, permintaan terhadap jasa food delivery pun ikut meningkat. 

Supaya bisa dikenal oleh kalangan umum, sebuah bisnis perlu mengadakan promosi atau marketing agar bisa dikenal oleh masyarakat dan juga mendapatkan perhatian para calon pembeli.

Baca juga: 7 Perlengkapan Bisnis Food Truck yang Wajib Anda Siapkan

Beberapa usaha pun sering dilakukan oleh para pebisnis. Di antaranya adalah menyebarkan selebaran atau memasang iklan di beberapa billboard.

Untuk usaha dapur online, beberapa strategi khusus harus dikerahkan. Penasaran dengan strategi-strategi ini? Makanya baca terus artikel ini!

6 Strategi Membuat Bisnis Restoran Berkonsep Cloud Kitchen

 

1. Maksimalkan Media Sosial dari Bisnis Anda

handphone - media sosial - instagram - facebook

Di era modern ini, sudah banyak perusahaan yang menggunakan media sosial untuk dijadikan sebagai ladang promosi atau marketing untuk bisnis mereka.

Tak sedikit akun bisnis di beberapa media sosial yang dibuka, termasuk usaha yang menyediakan jasa dapur online.

Dalam era dimana semua orang bisa terhubung melalui internet, tidak heran jika melihat banyak bisnis yang sukses melalui strategi marketing yang menggunakan media sosial.

Baca juga: Bagaimana Memaksimalkan Bisnis Anda Menggunakan Media Online

Jika Anda tertarik untuk mengeksekusi strategi marketing ini, Anda harus berusaha untuk membuat kehadiran akun media sosial bisnis Anda stand out.

Ini bisa dilakukan dengan beberapa inisiatif seperti memberikan hadiah kepada mereka yang mengikuti akun bisnis Anda di seluruh media sosial yang dimiliki atau yang sering disebut dengan giveaway, atau mengadakan diskon bagi mereka yang membagikan informasi media sosial usaha Anda di akun pribadi mereka.

Atau, Anda bisa melakukan promosi melalui para figur yang terkenal dalam dunia media sosial. Dengan bantuan mereka dalam promosi beserta dengan media sosial dari bisnis Anda sendiri yang aktif, pelanggan akan tertarik untuk mencoba produk Anda.



2. Program “Loyalty

memfoto makanan dan minuman - endorsement - food blogger (2)

Setelah seorang pelanggan melakukan transaksi pertama mereka, tentu Anda ingin mereka menjadi pelanggan tetap agar bisnis Anda pun memiliki penghasilan yang lebih banyak lagi.

Untuk membuat para pembeli tertarik untuk melakukan pembelian lagi, Anda juga harus memberikan sesuatu yang menarik.

Baca Juga: Moka Stand 180, Buat Aktivitas Kasir Makin Lincah dan Bergaya

Di sinilah taktik marketing dengan menggunakan program loyalty ini akan sangat berguna. Program loyalty dalam dunia bisnis adalah sebuah hadiah bagi para kustomer untuk membuat mereka tertarik dalam melakukan pembelian kedepannya nanti.

Layaknya sebuah umpan saat memancing. Dengan menerapkan strategi marketing ini, bisnis Anda dijamin akan memiliki banyak pelanggan yang selalu setia untuk membeli dan menggunakan jasa Anda.

New call-to-action


3. Buatlah Website yang Menarik dan Informatif

laptop - menulis - penghasilan pasif

Karena bisnis cloud kitchen adalah sebuah usaha yang dijalankan secara online, maka semua platform online Anda harus juga dimaksimalkan.

Dalam membuat situs web, Anda harus memastikan bahwa situs yang didirikan memiliki dua elemen: menarik dan informatif.

Baca juga: 7 Tips Modern Meningkatkan Jumlah Pengunjung Bisnis Retail Anda

Dua hal ini sangatlah penting dan saling melengkapi satu sama lainnya. Website Anda harus memiliki informasi yang lengkap dan dirangkum dengan Bahasa yang dapat dimengerti oleh para pengunjung.

Ini karena orang yang mengunjungi situs bisnis Anda ingin mengetahui lebih dalam lagi tentang usaha dapur online yang Anda jalani, mulai dari cara pemesanan, menu yang disajikan, promo yang ada, dan informasi lainnya.

Ini juga sangat penting karena jika pengunjung situs web yang tertarik untuk melakukan transaksi tidak mendapatkan informasi yang mereka inginkan, bisa saja mereka membatalkan keinginan mereka.

Juga, membuat situs web bisnis yang menarik bisa membuat para pengunjung tidak bosan sembari membaca informasi mengenai bisnis Anda.

Menginvestasikan dana Anda untuk membangun website bisnis akan sangat menguntungkan usaha cloud kitchen yang dijalani.


4. Menu Spesial nan Menggiurkan

cloud kitchen di indonesia - mementingkan packaging makanan (3)

Ini adalah hal yang sangat dasar bagi bisnis dapur online, namun mengorganisir menu makanan/minuman yang siap diantar kepada para pembeli adalah hal yang tak kalah pentingnya.

Mempunyai pilihan produk yang unik bisa menjadi salah satu alternatif bagi Anda untuk menjalankan strategi marketing bisnis.

Untuk membuat strategi ini berhasil, Anda harus selalu mencoba untuk berpikir di luar zona nyaman dan coba untuk memikirkan menu yang jarang bahkan belum pernah disajikan restoran atau rumah makan lainnya.

Baca juga: 7 Tips Dapat Untung Besar dari Berjualan Makanan di Bazar

Setelah itu, berikan nama yang unik agar supaya pada saat dipajang dalam menu via website bisnis, media sosial, atau media lainnya, nama tersebut akan selalu diingat oleh orang lain.

Dengan kombinasi menu dan nama yang unik, orang-orang yang melihatnya tentu akan tertarik untuk mencoba produk bisnis Anda.

Bisa saja makanan/minuman spesial tersebut menjadi sensasi internet yang viral. Namun ingat: kreatif boleh, tapi jangan sampai memiliki unsur yang negatif.


5. Great Review is Important!

15 Makanan dan Minuman yang Cocok untuk Bazar - es krim (2)

Sebelum Anda memesan kamar di sebuah hotel atau makan di sebuah restoran, tentunya Anda mencari reviews atau ulasan dari internet mengenai tempat yang akan Anda kunjungi.

Bisa dibilang, ulasan tersebut mempengaruhi keputusan Anda dalam memesan hotel atau makanan di restoran tersebut.

Didukung dengan adanya media ulasan online dimana semua orang bisa me-review bisnis Anda, ini bisa menjadi sebuah kesempatan bagi Anda untuk menjalankan strategi marketing bisnis.

Dengan memiliki ulasan yang positif, orang yang membacanya bisa saja tertarik untuk mencoba produk dari bisnis Anda.

Baca juga: Arti dan Manfaat CRM (Customer Relationship Management) Bagi Bisnis

Namun, ini bukan sesuatu yang bisa Anda beli secara gampang. Ulasan adalah sesuatu yang akan terjadi secara organik. Jadi untuk mendapatkan reviews yang bagus, Anda juga perlu berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi kustomer bisnis Anda.

Jangan khawatir jika Anda mendapatkan ulasan yang tidak baik. Anda bisa langsung menanyakan alasan mereka memberikan ulasan yang buruk.

Jangan lupa, cobalah untuk memperbaiki kesalahan yang disampaikan oleh pembeli tersebut. Ini menunjukkan bahwa bisnis Anda selalu berusaha untuk memberikan pengalaman yang terbaik bagi para pelanggannya.

6. Analisis Aktivitas Online Secara Konstan

memfoto makanan dan minuman - endorsement - food blogger (1)

Poin terakhir ini tidak kalah pentingnya dengan strategi-strategi sebelumnya. Malah, ini adalah hal yang sangat penting untuk mengembangkan strategi yang baru bagi bisnis cloud kitchen Anda.

Dengan menganalisis aktivitas online, Anda bisa mengetahui beberapa insight yang penting. Informasi tersebut berupa engagement rate dari semua media sosial bisnis Anda, jumlah pengunjung dalam website, rasio ulasan dari para pelanggan, dan informasi lainnya.

Dengan mengumpulkan data-data ini, Anda bisa mengetahui tentang hal-hal yang perlu diubah dan yang perlu ditingkatkan.

Dari sisi marketing, Anda bisa lihat jika engagement telah meningkat dari sebelumnya, bisa dibilang bahwa aktivitas di media sosial sudah dijalankan dengan benar.

Kalau sudah menurun, itu artinya Anda harus membuat terobosan yang baru yang bisa meningkatkannya lagi. Intinya, analisa aktifitas online bisa memberikan Anda informasi mengenai hasil dari strategi marketing yang telah dieksekusi.

Baca juga: Table Management Dashboard & Report, Analisa Bisnis F&B Tanpa Repot

Itulah rahasia-rahasia kesuksesan dalam menjalankan strategi marketing bagi Anda yang sedang atau ingin menempuh bisnis cloud kitchen. Semoga setelah membaca artikel ini Anda mendapatkan informasi yang bisa digunakan dalam usaha Anda.

Bisnis apapun yang Anda jalani, Moka POS akan menjadi sahabat baik bagi Anda. dengan fitur-fitur yang sederhana namun lengkap, Anda bisa memantau bisnis Anda dengan gampang.

Karena Moka POS adalah Point of Sales yang bisa disimpan dalam cloud, maka Anda dapat mengaksesnya dimanapun dan kapanpun.

Juga, dengan adanya fitur promo dan loyalty program, maka Anda bisa dengan gampangnya mengaplikasikan strategi marketing yang disebutkan sebelumnya dalam bisnis cloud kitchen Anda. Apapun bisnisnya, jangan lupa untuk selalu menggunakan Moka!

Coba Gratis Sekarang

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia