Business Insight

5 Tips Mudah Memulai Bisnis Makanan Online untuk Pemula

By Jordhi Farhansyah on September, 24 2021
Jordhi Farhansyah

Musisi yang juga suka nulis.

5 Tips Mudah Memulai Bisnis Makanan Online untuk Pemula - Berdasarkan survei dari Google Trends Indonesia, pencarian kata kunci "ide bisnis makanan online" dalam beberapa bulan terakhir mengalami kenaikan sebanyak 200%. Penemuan ini tentu tidak terlalu mengherankan, karena bisnis makanan adalah kategori bisnis yang tidak akan pernah padam. Bahkan selama pandemi, ia justru kian populer.

Alasannya, karena para konsumen kini sudah semakin terbiasa membeli makanan secara online. Tentu saja ini menjadi peluang besar untuk Anda yang ingin ikut memulai bisnis makanan online. Hanya saja yang perlu diingat, memulai usaha tidak boleh dilakukan asal-asalan tanpa persiapan.

Jadi, bagi Anda yang ingin serius terjun ke bisnis makanan, mari simak 5 tips mudah memulai bisnis makanan online untuk pemula berikut ini. Selamat membaca dan menerapkannya!

 Baca juga: 23 Inspirasi Usaha Rumahan untuk Sampingan Terbaik


Ini Dia, 5 Tips Memulai Bisnis Makanan Online untuk Pemula!

Memulai Bisnis Makanan Online untuk Pemula, Ini 5 Tipsnya 001

1. Menentukan jenis makanan yang akan dijual

Selera konsumen saat ini sudah sangat beragam, sehingga ada cukup banyak ceruk pasar kuliner yang bisa Anda geluti.

Agar tidak salah pilih, maka cara termudahnya adalah memilih makanan yang paling cocok dengan Anda dan Anda sudah cukup memahami makanan itu. Mulai dari bagaimana cara dan proses membuatnya, apa saja bahan bakunya, berapa lama masa penyimpanannya, sampai cara penyimpanan terbaik. 

Jika Anda telah mengetahui hal-hal tersebut, Anda bisa dengan cepat menghitung berapa total biaya modal yang harus Anda siapkan. Modal itu meliputi modal bahan baku makanan, packaging, penyimpanan, hingga prosedur pengantaran produk makanan ke konsumen. Ya, Anda tentu menginginkan produk Anda tiba di tangan konsumen dalam kondisi masih baik, bukan?

2. Tentukan target pasar

Salah satu tahapan dalam memulai bisnis makanan online untuk pemula yang sering terlupa adalah menentukan target pasar. Padahal, hal ini adalah hal penting sebelum memulai bisnis. Anda tentu tidak mau menjual produk yang tidak jelas siapa target pembelinya. 

Maka dari itu, penting untuk melakukan riset pasar. Salah satu caranya, Anda bisa menganalisis tren di media sosial atau bertanya langsung kepada mereka yang sudah terlebih dahulu membangun bisnis makanan secara online.

Menentukan target pasar dapat membantu Anda lebih fokus dalam menghadirkan produk yang sesuai dengan selera target pasar Anda, mengetahui berapa persisnya modal yang Anda butuhkan untuk membuat produk bagi target pasar tertentu, mengetahui bagaimana strategi pemasaran terbaik untuk target pasar tersebut, sampai memetakan kompetitor Anda yang juga memiliki target pasar serupa.

Ke depannya, Anda juga akan lebih mudah berinovasi karena Anda tinggal mengikuti perkembangan tren dan/atau perubahan kebiasaan dari target pasar yang telah Anda tentukan di awal.

3. Perhatikan sumber bahan baku untuk memulai bisnis makanan online untuk pemula

Memulai Bisnis Makanan Online untuk Pemula, Ini 5 Tipsnya 002

Menentukan sumber bahan baku adalah salah satu langkah yang tak kalah penting ketika hendak memulai bisnis makanan online untuk pemula.

Mengetahui tempat untuk membeli bahan baku tentu saja belum cukup. Anda juga perlu memastikan tempat tersebut atau calon supplier Anda memiliki kapasitas untuk terus konsisten menyediakan bahan baku berkualitas bagi bisnis makanan online Anda. 

Untuk lebih amannya lagi, carilah dua sampai tiga pemasok untuk setiap kategori bahan baku yang Anda butuhkan. Dengan demikian, jika supplier utama Anda sedang bermasalah, proses produksi Anda tidak akan terganggu karena masih bisa mendapatkan bahan baku dari penyedia lainnya. 

 Baca juga: Tips dan Resep Rendang untuk Bisnis Rumahan, Dijamin Enak!

4. Memiliki rancangan keuangan

Banyak pebisnis pemula yang tidak memiliki rancangan keuangan yang rapi. Mereka hanya memulai tanpa adanya perencanaan keuangan yang baik. Hal ini adalah contoh yang kurang baik karena dalam dunia bisnis, angka adalah sesuatu yang esensial. Oleh karenanya, tips memulai bisnis makanan online untuk pemula yang tak kalah penting adalah memiliki rancangan keuangan. 

Dalam membuat rancangan keuangan, Anda bisa memulainya dengan menentukan dari mana sumber modal bisnis Anda. Lalu, modal tersebut akan digunakan untuk apa saja dan berapa jumlahnya. Pastikan perhitungan ini tercatat dengan baik karena akan berguna untuk menentukan harga jual. Setelah itu, Anda juga harus mengatur target penjualan, mulai dari target per bulan, per kuartal, hingga per tahun. 

5. Buat konsep brand, packaging, dan strategi pemasaran yang autentik

Memulai Bisnis Makanan Online untuk Pemula, Ini 5 Tipsnya 003

Tips memulai bisnis makanan online untuk pemula yang terakhir adalah membuat konsep brand yang autentik. Caranya, Anda bisa sesuaikan dengan produk makanan yang Anda akan jual. Cari nama unik yang mudah diingat, ditulis, dan diucapkan. 

Ketahuilah bahwa sebagai pebisnis pemula, Anda akan sangat membutuhkan promosi dari mulut ke mulut, atau untuk saat ini, dari chat ke chat. Dengan nama brand yang unik sekaligus kuat, maka itu akan membuat produk Anda mudah diketahui oleh lebih banyak orang. 

Pemilihan packaging juga akan mendongkrak penjualan. Percayalah, hal tersebut adalah nilai tambah di mata konsumen. Apalagi jika Anda menggunakan packaging yang lebih ramah lingkungan.

Setelah itu, riset dan susunlah strategi pemasaran yang sesuai. Tentukan strategi yang cocok dengan produk, budget, dan target pasar Anda. Manfaatkan segala tools yang tersedia di media sosial, entah itu Instagram, Facebook, WhatsApp, LINE, TikTok, atau lainnya. Agar lebih efektif, sebaiknya gunakan saja media sosial yang paling sering digunakan target pasar Anda. 

 Baca juga: 11 Peluang Bisnis Rumahan Pasca COVID-19 yang Bakal Laris Manis


Itu dia 5 tips mudah memulai bisnis makanan online untuk pemula yang bisa Anda aplikasikan. Satu hal lagi, untuk memastikan bisnis makanan online Anda berjalan dengan lebih efektif dan efisien, sebaiknya gunakan pula aplikasi kasir seperti Moka POS yang dapat membantu bisnis Anda untuk berkembang dengan cepat. 

Moka POS hadir dengan fitur-fitur yang dapat membantu Anda untuk mengembangkan bisnis Anda, seperti manajemen pesanan, laporan penjualan yang tersusun rapi, hingga menyediakan opsi pembayaran digital. Nah, untuk Anda yang sudah siap memulai usaha makanan online, segera pelajari dan percayakan Moka POS untuk mengembangkan bisnis. Tunggu apa lagi? Klik gambar di bawah ini, sekarang!

aplikasi kasir resto untuk opersional usaha anda

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia