Business Insight

15 Bisnis Kuliner Paling Menjanjikan di Bulan Ramadan

By Jordhi Farhansyah on April, 8 2021
Jordhi Farhansyah

Musisi yang juga suka nulis.

15 Bisnis Kuliner Paling Menjanjikan di Bulan Ramadan - Bisnis kuliner adalah salah satu bisnis paling menguntungkan di bulan Ramadan. Pada bulan yang mulia ini, pola belanja masyarakat berubah menjadi lebih konsumtif daripada bulan-bulan lainnya. Tingginya permintaan akan kebutuhan konsumsi pun melahirkan peluang bisnis yang sayang jika dilewatkan.

Jadi, bagi Anda yang ingin menangkap peluang tersebut, berikut ini 15 bisnis kuliner paling menjanjikan di bulan Ramadan.

15 Bisnis Kuliner Paling Menjanjikan di Bulan Ramadan

ramadan 5 - kue lebaran - bisnis kuliner paling menjanjikan

1. Frozen food

Tren frozen food mencapai titik tertingginya selama pandemi. Kini semakin banyak orang yang sadar bahwa menyimpan makanan siap olah di kulkas masih jadi cara teraman untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Oleh karena itu, Anda bisa mulai menggali potensi kuliner frozen food yang sedang digemari oleh konsumen saat ini.

Salah satu contohnya adalah dengan memproduksi menu-menu bento ala restoran jepang. Menu ini terbilang cukup mudah dibuat, cukup praktis diolah oleh konsumen, serta cita rasanya yang lezat. Pastikan Anda menggunakan bahan-bahan yang segar agar cita rasanya tetap terjaga meski sudah dibekukan. 

Baca juga: 7 Inspirasi Menu Takjil Hemat & Kekinian untuk Bisnis di Bulan Ramadan

2. Kurma atau olahan kurma

Buah kurma menjadi menu wajib selama bulan Ramadan. Buah yang menjadi sunnah Nabi Muhammad SAW ini ramai diburu oleh konsumen, sehingga keuntungan yang dihasilkan pastinya cukup tinggi. Anda bisa menjual buah kurma secara utuh atau produk olahan dari buah kurma seperti susu kurma, coklat kurma, kurma keju, dan lain-lain.

Adapun buah kurma yang menjadi favorit konsumen Indonesia saat ini antara lain kurma ajwa, kurma sukkari, kurma medjool, kurma khalas, kurma safawi, dan kurma anbara. Kamu bisa mendapatkan kurma-kurma ini dari para supplier bahan baku yang menjual dengan harga grosir, baik di pasar offline maupun pasar online

3. Kue kering

Ini dia bisnis kuliner paling menjanjikan selanjutnya. Sajian kue kering sangat cocok untuk menemai waktu seusai berbuka puasa. Banyak orang yang lebih suka memakan kurma dan kue kering terlebih dahulu saat berbuka puasa karena mereka tidak ingin terlalu kenyang saat salat Tarawih.

Selain itu, kue kering juga semakin diburu konsumen menjelang lebaran. Jadi, permintaannya pasti akan semakin meninggi.

4. Aneka jenis kolak

Hidangan manis seperti kolak seakan menjadi menu yang sangat identik dengan momen berbuka puasa. Kuah santan yang gurih dan legit ini diisi dengan potongan pisang, kolang-kaling, ubi atau singkong yang cukup mengenyangkan, sehingga mampu mengembalikan energi setelah seharian berpuasa. 

Agar kolak buatan Anda lebih menarik minat, mungkin Anda bisa menambahkan beberapa bahan yang memancing rasa penasaran konsumen. Misalnya, mengganti santan dengan dairy atau almond milk, menambahkan biji salak untuk memperkaya tekstur kolak, atau bahkan varian dengan durian.

5. Es buah untuk takjil

Bagi yang kurang suka dengan tekstur kental dari kolak, bisa beralih ke es buah yang menyegarkan. Saat ini banyak sekali varian es buah yang dijual di pasaran. Mulai dari es buah sederhana yang berisi melon, blewah, kelapa, dan bubur mutiara, hingga ke sop buah yang berisi berbagai macam potongan buah.

Jika Anda ingin menjual es buah yang memikat konsumen masa kini, mungkin Anda juga bisa menambahkan beberapa bahan-bahan lainnya seperti mango pudding, boba, grass jelly, atau popping boba. Anda juga bisa mengganti kuah dari es buah ini dengan es jeruk yang menyegarkan. 

6. Lauk lengkap untuk keluarga

Tak semua keluarga memiliki waktu yang cukup untuk menyiapkan menu sahur dan berbuka. Terlebih lagi saat ini aktivitas masyarakat sudah mulai berangsur normal. Oleh karena itu, Anda bisa memenuhi kebutuhan keluarga-keluarga tersebut dengan menawarkan lauk lengkap siap konsumsi.

Menu-menu yang masih menjadi primadona saat ini terdiri dari ayam goreng, tahu dan tempe, ikan goreng, dan menu sayur. Dengan demikian, kebutuhan gizi keluarga bisa tetap terpenuhi. Anda bisa menawarkan secara paket atau a la carte.

Namun, sedikit saran untuk Anda, sebaiknya kurangi takaran garam dalam menu Anda agar konsumen tidak merasa kehausan setelah mengonsumsi makanan Anda. Percayalah, selain lebih sehat, hal ini juga bisa membantu kualitas ibadah puasa dari konsumen Anda.

Tertarik untuk menjalani bisnis kuliner paling menjanjikan ini?

7. Katering sahur dan buka

Berbeda dengan menu lauk jadi yang bisa dibeli a la carte, katering ini dijual secara paket dan diantarkan langsung ke konsumen. Artinya, ongkos produksi dari bisnis kuliner satu ini sedikit lebih tinggi karena Anda juga harus memperhitungkan biaya pengiriman makanan ke konsumen. 

Jasa katering sahur dan buka ini sangat berguna bagi konsumen yang tidak memiliki waktu atau akses untuk mempersiapkan menu sahur dan berbuka. Contohnya seperti pekerja kantoran dan mahasiswa yang tinggal sendiri di kost. Untuk menarik minat mereka, Anda bisa menawarkan diskon khusus. 

Baca juga: 9 Menu Buka Puasa Sederhana dan Praktis untuk Bisnis Ramadan

9. Aneka kue jajanan pasar

Kue basah atau yang juga dikenal sebagai jajanan pasar ini ramai diburu sebagai menu berbuka puasa. Selain karena porsinya yang kecil, aneka kue ini juga terbilang cukup murah sehingga disukai oleh banyak konsumen. Anda bisa membuatnya sendiri atau mengambil dari beberapa pembuat kue.

10. Minuman herbal

Apa tren bisnis kuliner paling menjanjikan selanjutnya? Ya, minuman herbal seperti jamu semakin digemari selama pandemi karena khasiatnya yang baik untuk kesehatan. Terlebih lagi puasa tahun ini kita masih dalam masa pandemi, sehingga menjaga imun tubuh jadi perhatian khusus.

Selain itu, minuman herbal seperti lemon sereh juga sangat menyegarkan sehingga cocok untuk menemani buka puasa. Jangan lupa untuk mengingatkan konsumen Anda bahwa minuman herbal seperti jamu ini sebaiknya diminum setelah makan supaya lambung tetap terasa nyaman. 

11. Gorengan kekinian

Bagi masyarakat Indonesia, khususnya di perkotaan, buka puasa tanpa gorengan rasanya kurang lengkap. Mulai dari tahu isi, bakwan atau bala-bala, tempe krispi, tempe mendoan, pisang goreng, dan lain-lain pasti jadi incaran pertama para konsumen.

Namun, sebagai unsur pembeda, Anda juga bisa menambahkan beberapa bahan kekinian untuk membuat gorengan Anda lebih menggugah selera. 

Misalnya, menambahkan potongan daging udang pada bakwan, mengisi tahu dengan sambal matah, menambahkan madu pada pisang goreng, dan lain sebagainya. 

Anda juga bisa melakukan fusion dengan budaya kuliner lain. Misalnya, dengan memotong-motong gorengan, tambahkan saus, lalu tempatkan di wadah khusus. Dengan demikian, gorengan ini bisa dinikmati layaknya street food di negara-negara Asia lainnya.

12. Pasta bites

Pasta bites adalah aneka pasta yang disajikan sebagai finger food. Dengan demikian, konsumen bisa menikmatinya sebagai camilan alih-alih main course seperti pasta pada umumnya. Pasta bites yang cukup mudah dibuat adalah fried macaroni and cheese ball. Cita rasanya yang kaya akan keju ini dijamin membuat konsumen langsung menyukainya.

Sebagai pelengkap, Anda juga bisa menyediakan aneka dipping sauce untuk semakin memperkaya cita rasa. Contohnya seperti marinara sauce, bolognese sauce, honey mustang, hingga creamy ranch sauce. 

13. Es krim, gelato, atau sorbet

Setelah menjalani puasa selama satu hari penuh, banyak dari kita yang mencari hidangan dingin untuk berbuka. Oleh karena itu, Anda bisa mulai menjual es krim, gelato, atau sorbet. Namun, di mana kah perbedaan antara ketiganya? 

Es krim menggunakan bahan-bahan yang cukup sederhana yaitu susu, gula, krim, dan bahan-bahan perasa tambahan. Sementara itu, gelato membutuhkan tambahan kuning telur dan harus diproses dengan lebih hati-hati untuk menghasilkan tekstur yang lebih padat, sedangkan sorbet terbuat dari buah-buahan yang dibekukan. 

Adakah yang sudah atau tertarik untuk menjalani bisnis kuliner paling menjanjikan di bulan Ramadan ini?

14. Makanan sehat

Saat ini makanan sehat mulai memiliki pelanggan setia. Selain karena gaya hidup, pandemi juga membuat orang-orang semakin sadar tentang pentingnya menjaga kesehatan. Menu-menu makanan sehat yang bisa Anda jual pun beragam, mulai dari salad wrap, shirataki noodle, poke bowl, dan lain-lain.

Baca juga: 8 Manfaat Sedekah di Bulan Ramadan untuk Pebisnis dan Bisnis

15. Dessert box

Dessert box diprediksi menjadi tren lagi di Ramadan 2021 karena kebiasaan masyarakat untuk berbuka dengan yang manis. Terlebih lagi jika Anda bisa mengkreasikan menu-menu yang identik dengan bulan puasa ke dalam dessert box Anda.

Misalnya, dessert box berisi banana pudding dengan brown sugar. Anda juga bisa membuat dessert box berisi salad buah yang kaya serat yang baik untuk pencernaan. 

Itu dia 15 bisnis kuliner paling menjanjikan di bulan Ramadan yang bisa Anda geluti. Bagi Anda yang ingin mulai berbisnis kuliner, aplikasi kasir Moka siap mendukung bisnis Anda lewat beragam fitur, mulai dari mengetahui stok inventaris bahan baku, membuat loyalty program, mencatat laporan penjualan, menganalisis penjualan dari waktu ke waktu, hingga mendapatkan permodalan usaha. 

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana Moka POS bisa membantu bisnis Anda? Klik banner di bawah ini!

New call-to-action

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia