Moka Logo
Bisnis Klinik Kesehatan: Peluang Emas yang Menjanjikan

Tips Bisnis

Bisnis Klinik Kesehatan: Peluang Emas yang Menjanjikan

4 min
HanggaHangga

Sebagian orang memilih untuk membangun bisnis daripada menjadi seorang karyawan. Keinginan ini sah-sah saja, apalagi jika ada passion yang kuat di dunia bisnis. Membangun bisnis bukan hanya untuk mendapatkan keuntungan, melainkan juga sebagai aktualisasi diri atau bahkan untuk membantu orang lain.

Nah, salah satu bisnis yang mencakup ketiga poin tersebut adalah bisnis klinik kesehatan. Dari segi perhitungan keuntungan, bisnis ini cukup menjanjikan. Di sisi lain, membangun sebuah klinik kesehatan juga akan sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

 

Layanan yang Tersedia

Apa saja layanan yang dapat disediakan oleh sebuah klinik kesehatan? Sebagai fasilitas pelayanan kesehatan, klinik dapat menjalankan pelayanan rawat jalan, one day care, dan rawat inap.

Untuk menyelenggarakan klinik kesehatan, diperlukan jasa beberapa tenaga kesehatan, yaitu perawat atau bidan. Klinik ini harus dipimpin oleh seorang tenaga medis, yaitu dokter atau dokter spesialis. Dokter gigi juga dapat memimpin sebuah klinik kesehatan khusus untuk perawatan gigi.

Tenaga medis yang melakukan praktik di klinik ini harus memiliki Surat Izin Praktik (SIP). Sementara itu, tenaga kesehatan yang bekerja juga harus memiliki Surat Izin Kerja (SIK) atau Surat Izin Apoteker (SIPA).

Selain layanan utama, ada pula beberapa layanan ekstra yang bisa disediakan oleh klinik kesehatan, antara lain laboratorium, layanan rontgen, hingga apotek. Semakin lengkap layanan yang diberikan, klinik ini tentu akan semakin menjadi andalan.

 

Prospek Besar Layanan Kesehatan

Membangun sebuah bisnis klinik kesehatan adalah sebuah langkah yang berpeluang menghasilkan keuntungan. Pasalnya, kebutuhan akan perawatan kesehatan merupakan sebuah kebutuhan yang tidak pernah habis. Itulah sebabnya bisnis yang berkaitan dengan kesehatan sangat prospektif.

Sebagai kebutuhan primer manusia, keberadaan klinik kesehatan tentu sangat dinanti-nantikan. Menariknya lagi, peluang bisnis di bidang ini masih terbuka lebar, termasuk bagi para pemain baru.

Ada banyak macam klinik kesehatan yang bisa dijajal. Selain klinik kesehatan umum, Anda juga bisa membuka klinik kesehatan gigi, klinik cuci darah, dan berbagai jenis klinik spesialis lainnya.

Memilih membuka klinik spesialis daripada klinik umum tentu ada untung dan ruginya. Keuntungannya adalah target pasar yang jelas. Anda pun bisa mengembangkan layanan-layanan eksklusif yang sangat dibutuhkan oleh pasien tertentu.

Akan tetapi, bisa juga layanan ini tidak berjalan lancar dan klinik menjadi sepi karena tidak ditujukan untuk pasien umum.

 

Perlunya Pengetahuan

Jika Anda ingin membangun sebuah bisnis klinik kesehatan, sangat penting untuk memiliki pengetahuan yang cukup tentang berbagai isu kesehatan. Ini bukan berarti orang awam tidak bisa terjun ke bisnis kesehatan. Siapa pun dapat membangun sarana kesehatan berupa klinik, asalkan tahu cara mengelolanya.

Hal pertama yang harus dibangun adalah trust atau kepercayaan dari calon pasien. Segala sesuatu yang berkaitan dengan kesehatan memang sangat rentan. Salah penanganan sedikit saja, dampaknya bisa sangat fatal. Oleh karena itu, klinik yang berhasil membangun trust akan mudah maju.

Untuk membangun trust memang tidak mudah. Anda harus melakukan berbagai upaya demi membuat pasien meyakini bahwa sistem pengobatan sudah ideal dan sesuai standar. Untuk itu, tenaga medis dan tenaga kesehatan yang praktik di klinik ini pun harus benar-benar terjamin kualitasnya.

Pengetahuan tentang kesehatan juga bisa didapatkan dari pengalaman. Anda bisa terlebih dahulu terjun di dunia ini, misalnya menjadi karyawan di sebuah klinik, sebelum membangun bisnis sendiri. Tujuannya supaya Anda dapat mengetahui secara langsung seluk-beluk dunia kesehatan dan pelayanan yang disediakan.

 

Cara Memulai Bisnis Klinik Kesehatan

Nah, bagi Anda yang ingin memulai bisnis klinik kesehatan, apa saja hal-hal yang perlu dilakukan? Simaklah beberapa langkah berikut:

  • Buat perencanaan yang matang

Sebelum memulai sebuah bisnis, salah satu hal penting yang perlu Anda lakukan adalah membuat perencanaan. Poin penting yang perlu dipertimbangkan sejak awal adalah menentukan jenis klinik yang akan dibangun. Pastikan klinik tersebut menawarkan keunggulan sehingga menjadi daya tarik bagi calon pasien.

  • Sediakan modal usaha yang cukup

Terjun ke bisnis kesehatan memang tidak murah. Peralatan dan perlengkapan yang disediakan harus lengkap dan berkualitas demi memastikan kebutuhan pasien terakomodasi. Bisa dikatakan, Anda harus menyediakan sejumlah besar modal awal untuk memulainya.

Lalu, bagaimana mendapatkan modal tersebut? Anda bisa menggunakan modal sendiri atau bermitra dengan orang lain. Bahkan, ada pula opsi menarik lain yang bisa dipertimbangkan, yaitu menawarkannya kepada para investor. Dengan ide dan rencana bisnis yang matang, tawaran tersebut tentu akan disambut baik.

  • Cari lokasi yang strategis

Dalam setiap bisnis, lokasi adalah salah satu elemen yang sangat penting. Lokasi yang strategis akan memudahkan mobilitas, khususnya jika ada pasien yang datang untuk berobat.

Lokasi yang strategis tidak selalu harus berada di pusat kota. Namun, pastikan akses jalan untuk mencapai klinik cukup mudah dan terjangkau. Anda juga harus memastikan tersedianya ruang untuk parkir kendaraan yang cukup memadai.

  • Rekrut SDM berkualitas

Hal yang tidak kalah penting perlu diperhatikan ketika akan membangun bisnis kesehatan adalah merekrut SDM (Sumber Daya Manusia) yang tepat. Untuk memimpin klinik kesehatan tersebut, carilah tenaga medis yang benar-benar dapat dipertanggungjawabkan kualitasnya.

SDM bukan hanya terkait tenaga medis dan tenaga kesehatan. Untuk klinik yang lebih besar, Anda pun harus mempersiapkan beberapa tenaga pendukung lain, seperti satpam, bagian administrasi, bagian keuangan, dan sebagainya.

  • Cek kompetisi pasar

Ketika membangun bisnis klinik kesehatan, Anda tidak akan terlepas dari kompetisi pasar. Setiap klinik akan berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan terbaik guna menjaring loyalitas pasien. Ada pula yang memberikan fasilitas ekstra sehingga menambah kenyamanan pasien.

Ada berbagai format yang bisa Anda coba supaya berhasil memimpin kompetisi pasar. Dengan survei yang valid dan tepat, formulasi khusus untuk bisnis Anda akan lebih efektif. Jadi, jangan sampai membangun klinik kesehatan tanpa mempertimbangkan hal ini.

  • Penuhi syarat-syarat pendirian

Secara teknis, Anda perlu memenuhi beberapa syarat khusus untuk mendirikan klinik kesehatan. Ada beberapa dokumen penting yang perlu dipersiapkan, antara lain Surat Permohonan, daftar peralatan medis dan nonmedis, daftar riwayat dokter penanggung jawab, data tenaga paramedis, dan sebagainya.

Syarat-syarat ini harus dipersiapkan terlebih dahulu sebelum Anda membangun sebuah usaha di bidang kesehatan.

  • Lakukan promosi secara tepat

Selain itu, Anda juga harus tahu cara mempromosikan bisnis dengan tepat. Khusus untuk bisnis kesehatan, hal ini sangat penting. Pasalnya, tidak ada seorang pun yang ingin sakit.

Namun, Anda harus bisa menempatkan bisnis Anda sebagai solusi yang tepat atas penyakit yang diderita oleh pasien. Jika promosi yang tepat ditujukan kepada orang yang tepat, hasilnya pun akan lebih optimal.

Jadi, inilah beberapa hal yang perlu dipahami tentang cara membangun bisnis klinik kesehatan. Menarik, bukan? Semoga bermanfaat.

Social Media Share :
Hangga

Hangga

Penulis di Blog Moka