Business Insight

Apa Itu Bisnis Jasa? Simak Peluang, Contoh, dan Tipsnya!

By Jordhi Farhansyah on January, 11 2021
Jordhi Farhansyah

Musisi yang juga suka nulis.

Apa Itu Bisnis Jasa? Simak Peluang, Contoh, dan Tipsnya! - Bisnis jasa banyak diminati karena modal yang harus dikeluarkan relatif lebih sedikit daripada bisnis di bidang komoditi. Kenapa bisa demikian? Sebab Anda bisa menghasilkan bermodalkan keahlian di bidang tertentu saja. Bahkan, beberapa usaha jasa tidak membutuhkan ongkos produksi sama sekali. 

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk menekuni usaha jasa? Jika iya, maka Anda perlu tahu dulu seluk beluk dari bisnis jasa. Untuk itu, berikut ini ulasan lengkapnya. 

Pengertian Bisnis Jasa

Ide Usaha Kreatif dengan Modal Minim  - cuci motor - bengkel - bisnsi jasa

Sederhananya, pengertian bisnis jasa adalah suatu bidang bisnis yang menjual dan menawarkan pelayanan jasa sebagai produknya. Pelayanan jasa bisa berupa menjual kemampuan, ilmu, atau keahlian dalam bidang tertentu. Penyedia jasa kemudian akan memperoleh bayaran sesuai dengan jasa yang diterima kepada pelanggan.

Memulai usaha jasa membutuhkan modal yang lebih sedikit. Meskipun demikian, tetap saja bisnis ini memiliki prospek yang cukup menjanjikan, khususnya dari segi pendapatan.

Bisnis jasa pada saat ini adalah sebuah tren yang sedang berkembang karena banyak juga orang yang sudah bekerja memilih untuk mempunyai pekerjaan sampingan, yaitu menawarkan jasa sesuai keahliannya.

Sama halnya dengan bisnis di bidang komoditi, pelayanan dan kepuasan pelanggan masih menjadi faktor terpenting untuk menjalankan usaha jasa yang sukses. Selain itu, kepercayaan juga menjadi kunci dari kesuksesan Anda. Terlebih lagi karena jasa yang ditawarkan ini bukanlah benda yang berwujud, sehingga pelanggan hanya bisa percaya sepenuhnya dengan keahlian penyedia jasa. 

Baca juga: Cuma Modal 1 Juta, Ini 15 Ide Bisnis Kreatif untuk Anak Muda


Karakteristik Bisnis Jasa

fotografi produk dan jasa untuk bisnis online - usaha jasa

Kapan suatu bisnis bisa disebut sebagai usaha jasa? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka Anda perlu tahu empat karakteristik bisnis jasa berikut ini:

  1. Tidak menjual dan menyediakan produk dalam bentuk fisik. Bisnis jasa biasanya menjual produk-produk yang tidak dapat disimpan dan tidak terlihat oleh mata namun manfaat dan nilainya dapat dirasakan.
  2. Kegiatan utama adalah menjual jasa. Sesuai dengan pengertian dari usaha jasa dimana perusahaan ini menjual produk berupa jasa yang bermanfaat dan dibutuhkan oleh pelanggan.
  3. Tidak ada harga baku dari jasa. Pasar jasa tidak memiliki harga baku untuk suatu produk jasa. Hal ini disebabkan karena jenis jasa yang ditawarkan dan kebutuhan yang berbeda-beda. Apalagi masing-masing penyedia jasa juga memiliki tingkat keahlian yang berbeda-beda sehingga memengaruhi harga yang ia tetapkan.
  4. Tidak memiliki harga pokok. Bisnis jasa tidak menjual produk yang berupa fisik sehingga bisnis ini tidak membutuhkan bahan baku produksi yang berwujud. Hal ini membuat tidak adanya patokan margin keuntungan berdasarkan harga pokok untuk usaha jasa bidang tertentu.

Peluang Bisnis Jasa

bisnis laundry kiloan (6)

Peluang bisnis jasa sangatlah bagus dan menjanjikan keuntungan yang tinggi jika dijalankan dengan baik. Terlebih lagi saat ini masyarakat sudah lebih berkembang sehingga kebutuhan akan jasa-jasa baru lahir setiap harinya. 

Bayangkan saja, sebelumnya tidak ada yang menyangka bahwa bisnis ojek online bisa sebesar sekarang. Kini, jasa ojek online telah begitu dibutuhkan sehingga bisnis ini menjadi sangat vital bagi kehidupan masyarakat, khususnya di kota-kota besar.

Baca juga: 6 Tips Memilih Jasa Pengiriman Barang untuk Bisnis Online

Inilah salah satu ilustrasi yang bisa menggambarkan bahwa bisnis jasa akan terus berkembang dan dibutuhkan oleh masyarakat.

Lebih lanjut, ada juga beberapa alasan lain yang bisa menjelaskan mengapa bisnis ini adalah bisnis dengan peluang keuntungan yang menjanjikan, antara lain: 

  1. Bisnis jasa tidak membutuhkan modal yang besar. Seperti yang sudah disebutkan di awal, usaha jasa membutuhkan modal yang relatif lebih kecil, tergantung bisnis jasa apa yang Anda pilih. Hal ini membuat margin keuntungan menjadi lebih besar.
  2. Anda tidak perlu bingung memikirkan distribusi. Ketika Anda memilih berbisnis di bidang jasa Anda tidak perlu bingung memikirkan bagaimana cara untuk mendistribusikan produk Anda hingga sampai ke tangan pelanggan. Hal yang perlu Anda perhatikan hanyalah kualitas kerja Anda agar pelanggan mendapatkan yang terbaik untuk harga yang mereka bayarkan.
  3. Tidak perlu bingung memikirkan stok barang. Usaha jasa lebih mementingkan keterampilan dan pelayanan yang dapat Anda berikan. Sehingga Anda tidak perlu memikirkan perihal stok barang. Anda hanya perlu menyediakan modal pada awal bisnis Anda dan mempersiapkan strategi pengembangan bisnis yang baik. 
  4. Tidak ada pengendapan modal. Pengendapan modal adalah suatu biaya yang cukup besar yang harus disiapkan dalam sebuah bisnis di bidang produk fisik. Modal yang harus diendapkan ini dibutuhkan karena produk yang belum terjual harus selalu tersedia demi kelangsungan bisnis tersebut. Pada bisnis jasa, karena tidak ada produk fisik yang dijual, Anda tidak butuh mengendapkan modal.

Baca juga: 30 Peluang Usaha Sampingan Karyawan untuk Tambah Cuan


Contoh Bisnis Jasa yang Menguntungkan

blogging - laptop

Ada banyak jenis bisnis jasa yang akan mendatangkan untuk kepada Anda sebagai pemilik bisnis. Mari simak beberapa contoh usaha jasa yang menguntungkan dan tidak terlalu sulit bagi Anda yang baru ingin memulai berbisnis.

1. Jasa Penerjemah

Jika Anda memiliki kemampuan dalam berbahasa asing, hal itu bisa Anda manfaatkan untuk membuka jasa penerjemah.

Salah satu cara termudah dan tercepat adalah dengan menawarkan jasa penerjemah di website khusus untuk freelancer yang sudah banyak saat ini. Anda juga bisa menawarkan jasa penerjemah di media sosial. 

2. Jasa penulisan artikel

Untuk Anda yang mempunyai kemampuan untuk menulis, maka itu bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan pemasukan tambahan dengan membuka jasa penulisan artikel atau konten tulisan berbayar lainnya.

Saat ini banyak perusahaan dan pelaku usaha online yang memerlukan artikel untuk diterbitkan baik di website maupun blog. 

3. Jasa titip

Banyak penyedia jasa titip yang menawarkan jasanya melalui Instagram dan hasilnya cukup menggiurkan.

Caranya pun sederhana, Anda hanya perlu datang ke salah satu tempat perbelanjaan dan memfoto produk-produknya kemudian Anda upload di media sosial. Anda tinggal menunggu pelanggan yang tertarik kemudian membelikan dan mengirimkan barang tersebut kepada pelanggan.

4. Laundry kiloan

Untuk beberapa orang mencuci baju sehari-hari adalah hal yang sangat melelahkan dan menyita waktu. Apalagi untuk mahasiswa dan karyawan yang tinggal di kost tanpa fasilitas tempat mencuci yang memadai.

Itulah mengapa orang-orang ini lebih tertarik untuk mencuci pakaiannya di laundry kiloan, dan ini merupakan peluang bisnis yang cukup menjanjikan. 

5. Dokumentasi pernikahan

Bisnis dokumentasi pernikahan merupakan bisnis yang cukup menjanjikan. Namun, modal yang Anda keluarkan memang terbilang cukup besar karena harus memiliki kamera, laptop atau PC untuk editing, dan aksesoris penunjang ketika dokumentasi. Namun modal ini bisa terbayar lunas hanya dengan beberapa kali pekerjaan. 

6. Bisnis jasa penjahit

Meskipun saat ini produksi baju jadi sudah sangat banyak dan menjamur, tetapi bisnis jasa jahitan juga masih tetap menjanjikan bagi Anda untuk coba karena masih banyak pelanggan yang mencari jasa penjahit. Dengan bantuan media sosial pelanggan jasa Anda bisa dari luar kota. 

Baca juga: 15 Peluang Usaha di Bidang Jasa yang Paling Dibutuhkan Tahun Ini


Tips untuk Membuka Usaha Jasa

pencucian motor atau mobil - bisnis rumahan modal kecil - carwash - 15 Peluang Usaha di Bidang Jasa yang Paling Dibutuhkan 2020 Ini

Setelah mengetahui contoh bisnis jasa yang cukup menjanjikan, berikut ini tips membuka bisnis yang bergerak di bidang jasa. 

1. Tentukan bisnis apa yang ingin Anda jalankan

Sebelum Anda benar-benar membuka sebuah bisnis, Anda harus sudah mengetahui bisnis apa yang Anda ingin buka dan bagaimana seluk beluk dari bisnis tersebut. Ingat, menjalankan bisnis jasa tidaklah mudah, maka Anda harus benar-benar siap agar tidak mengecewakan pelanggan.

2. Menentukan harga terbaik untuk jasa Anda

Ketika Anda sudah menentukan bisnis apa yang Anda ingin lakukan, Anda harus bisa menentukan harga yang terbaik bagi jasa Anda. Anda bisa melakukan komparasi harga dari bisnis yang serupa. 

3. Memanfaatkan media sosial dengan baik

Untuk pemasaran di era sekarang ini Anda harus bisa memanfaat media sosial dengan sebaik-baiknya. Dengan media sosial, pelanggan Anda bisa datang dari mana saja.

Selain itu, media sosial adalah hal pertama yang dicari oleh pelanggan sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa Anda. Ketika media sosial Anda tidak menarik tentu saja calon pelanggan Anda akan berpikir dua kali sebelum menggunakan jasa Anda.

Baca juga: 5 Tips Jitu Membuat Iklan di Media Sosial yang Berhasil

4. Memberikan layanan yang terbaik

Tentu saja karena bisnis Anda jasa, Anda harus bisa memastikan pelanggan Anda mendapatkan pelayanan terbaik dari bisnis Anda. Kepuasan pelanggan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan bisnis Anda ke depannya.

5. Tanggapi keluhan pelanggan

Keluhan pelanggan jangan pernah Anda sepelekan karena itu adalah kesempatan terbaik untuk mengembalikan kepercayaannya.

Jika Anda tidak bisa menanggapi keluhan tersebut dengan baik, maka pelanggan tersebut tidak akan pernah mau lagi untuk menggunakan jasa Anda. Belum lagi efek snowball jika pelanggan tersebut memutuskan untuk menyebarkan ulasan negatif terhadap bisnis Anda.

Itu dia pengertian, peluang, contoh, dan tips membuat usaha jasa yang perlu Anda ketahui. Dengan memahami seluk beluk bisnis ini, semoga Anda lebih siap untuk membuka bisnis jasa Anda sendiri.

Nah, untuk meningkatkan pelayanan dan kepuasan pelanggan, Moka POS siap mendukung bisnis Anda. Dengan teknologi aplikasi kasir digital yang canggih dan powerful, Moka POS siap membuat operasional bisnis Anda berjalan dengan lebih efektif dan efisien.

Fitur-fitur Moka POS seperti laporan penjualan dan loyalty program akan sangat membantu usaha jasa secara umum. Pada bidang jasa tertentu, barbershop misalnya, fitur inventaris stok dari Moka POS akan sangat berguna karena bisa membantu Anda mencatat inventaris dengan lebih baik.

Anda sebagai pemilik pun bisa mengakses laporan penjualan kapan saja dan di mana saja karena aplikasi kasir Moka POS terkoneksi internet dan selalu memberikan update performa secara real-time. Belum lagi, Moka POS juga bisa menghubungkan dengan para mitra yang bisa membantu Anda dari sisi permodalan hingga digitalisasi usaha.

Jadi, apa pun usaha jasa yang akan Anda buka, yuk mulai bersama Moka! Nikmati beragam fitur di atas selama 14 hari GRATIS dengan mengklik banner di bawah ini. Kesempatan terbatas!

New call-to-action

 

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia