Business Insight

Bisnis Frozen Food: Tren, Produk, Persiapan, Tips Menjalankan Usaha

By Samina Sharanani on November, 24 2021
Samina Sharanani

A word crafter

Bisnis Frozen Food: Tren, Produk, Persiapan, Tips Menjalankan Usaha - Masa pandemi memang membawa dampak besar bagi seluruh dunia. Namun, selain dampak negatif yang dibawa pandemi, ada silver lining yang datang juga. Dengan memanfaatkan situasi, banyak ide-ide bisnis yang bermunculan dan menjanjikan. Salah satunya adalah bisnis frozen food. 

Bisnis frozen food menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan mengingat kebutuhan di masa pandemi yang menuntut kita untuk mencari segala yang serba praktis. Keadaan yang menuntut masyarakat untuk tetap stay at home membuat orang-orang harus menyediakan cadangan makanan yang lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan mereka. Alhasil, frozen food menjadi salah satu pilihannya.

Baca juga: 11 Peluang Bisnis Rumahan Pasca COVID-19 yang Bakal Laris Manis

Keunggulan frozen food adalah dari segi keawetannya dan praktis. Selain itu, bisnis frozen food juga cukup mudah. Anda juga bisa memulainya dengan skala kecil dari rumah. 

Anda juga bisa memasarkan bisnis frozen food Anda melalui media sosial dan platform digital lainnya. Terutama bagi Anda yang masih pemula dan tertarik untuk mencoba untuk memulai bisnis, frozen food bisa menjadi salah satu pilihan Anda. 

4 Jenis Makanan untuk Bisnis Frozen Food 

daging - makanan mentah - Bisnis Frozen Food

Banyak sekali jenis makanan yang bisa dijadikan sebagai bisnis frozen food. Apakah saja itu? Berikut beberapa makanan yang bisa Anda jadikan sebagai frozen food. 

1. Daging ayam dan daging sapi 

Daging menjadi salah satu bahan makanan yang digemari banyak orang. Ternyata, baik daging ayam dan daging sapi bisa dijadikan frozen food. Yang membedakan dengan daging ayam dan daging sapi biasa adalah cara penyimpanannya. Untuk daging ayam dan daging sapi yang sudah dibentuk sebagai frozen food akan lebih tahan lama.

Tidak hanya itu, sekarang para pelaku bisnis frozen food pun semakin pintar berkreasi dengan menambahkan bumbu pada daging beku tersebut. 

2. Sosis dan bakso

Tidak ada yang tidak mengenal kedua makanan ini. Sosis dan bakso adalah beberapa jenis makanan yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Keduanya pun bisa dijadikan sebagai frozen food dan banyak peminatnya.

3. Nugget 

Nugget bisa terbuat dari daging sapi, ayam, ataupun ikan. Nugget juga menjadi salah satu makanan favorit karena cara penyajiannya yang sangatlah mudah dan tentunya sangat tahan lama. 

4. Daging ikan dan seafood 

Siapa sangka kedua jenis makanan ini bisa dijadikan sebagai frozen food juga. Namun jangan khawatir, meskipun dikemas sebagai frozen food, gizi di kedua makanan ini tidak akan hilang kok. 

Selain makanan di atas, sebenarnya masih banyak sekali jenis makanan yang bisa dijadikan sebagai frozen food, tergantung dari minat Anda untuk memulai bisnis ini di makanan apa. Jadi, tentukan dulu jenis frozen food apa yang akan Anda jadikan sebagai bisnis Anda.

Baca juga: 15 Jenis Usaha Online yang Paling Menjanjikan


3 Cara Memulai Bisnis Frozen Food

bisnis frozen food (2)

Setelah menentukan jenis frozen food tersebut, selanjutnya Anda harus mempersiapkan beberapa hal untuk memulai bisnis ini. Apa saja yang harus dipersiapkan? Berikut ini beberapa poin yang bisa Anda siapkan dan cara jualan online frozen food. Simak, ya!  

1. Peralatan 

Jika Anda sudah menentukan jenis makanan apa yang akan Anda jadikan sebagai frozen food, kini saatnya Anda mempersiapkan peralatannya. Salah satu yang paling penting adalah freezer. Ini adalah alat utama bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis frozen food. 

2. Pemasok atau supplier 

Jika Anda tidak ingin membuat frozen food sendiri, Anda bisa mencari supplier atau pemasok untuk produk Anda. Pilih pemasok yang tepercaya dan bisa menjaga kualitas makanan tetap baik. 

3. Modal usaha 

Ini memang tak kalah penting. Tanpa modal usaha, bisnis Anda tidak akan bisa berjalan sama sekali. Anda juga harus memperhitungkan dengan cermat dan tepat supaya keuntungan yang didapatkan bisa maksimal. 

Baca juga: 5 Pelajaran Berharga soal COVID-19 yang Bantu Pebisnis Hadapi Krisis


3 Tips Laris Manis Jualan Frozen Food

bisnis frozen food - makanan beku siap saji - chicken nugget

Setelah Anda mantap untuk menjalankan bisnis frozen food, maka Anda perlu menyusun strategi agar bisnis Anda semakin lancar dan laris manis. Setidaknya ada 3 hal yang perlu Anda ketahui: 

1. Efektif dalam pemasaran dan promosi 

Dengan kemajuan digital seperti sekarang ini, jualan online jadi semakin mudah karena didukung oleh banyak medium sebagai tempat melakukan strategi pemasaran. 

Anda bisa menggunakan media sosial untuk menjual frozen food Anda. Dengan menggunakan hashtag yang relevan, konten yang easy to digest, dan juga mungkin menggunakan ads, Anda akan menjangkau banyak audiens dari media sosial. 

Tidak hanya media sosial, Anda juga bisa memanfaatkan e-commerce untuk menjangkau calon pembeli lebih banyak lagi. Dengan mendaftarkan toko online Anda di situ, calon pembeli akan lebih mudah memesan produk Anda. 

2. Menentukan target market dan juga konsumen 

Dalam hal promosi, sangat penting jika Anda juga harus menentukan target Anda siapa. Anda bisa menyesuaikan dengan harga frozen food yang Anda tawarkan. Dengan begitu, Anda akan tahu siapa saja yang akan jadi target market Anda.

Menentukan target market juga sangat penting untuk kepentingan marketing atau strategi pemasaran. Dengan mengetahui siapa audiensnya, Anda bisa dengan mudah memahami apa yang dibutuhkan oleh mereka. Lalu, produk Anda akan datang sebagai jawaban kebutuhan mereka. 

3. Pilih kemasan berkualitas

Hal satu ini tidak kalah pentingnya untuk Anda perhatikan. Metode pengemasan sangatlah penting untuk produk seperti frozen food mengingat ini adalah makanan yang dibekukan. Pilih kemasan yang mendukung kualitas frozen food tetap terjaga dengan baik, apalagi jika nanti disimpan dalam suhu yang sangat rendah. 

Tidak hanya pengemasannya saja, namun juga cara penyimpannya juga harus Anda perhatikan. Frozen food harus disimpan dalam suhu yang sangat dingin dan konsisten untuk menjaga kualitasnya tetap baik. 

Nah, itu tadi tips-tips tentang cara jualan online dan apa saja yang harus Anda siapkan jika Anda ingin memulai bisnis frozen food. Selain cara-cara di atas, supaya jualan online Anda semakin lancar, Anda juga bisa mengandalkan Moka POS, lho!

Moka POS adalah aplikasi kasir yang akan membantu Anda untuk mencatat transaksi penjualan dengan lebih mudah, mengelola stok jualan dengan lebih praktis, hingga membuat laporan bisnis secara otomatis.

Yang menarik, ketika mendaftar Moka, Anda juga bisa menikmati layanan GoStore, lho! GoStore adalah layanan yang dapat memudahkan Anda untuk membuat website toko online yang bisa Anda hubungkan langsung dengan Instagram Shop, Facebook Shop, dan Google Shopping.

Dengan begitu, toko online Anda jadi lebih dapat dijangkau pelanggan dan berpotensi mengalami kelonjakan pesanan! Ketahui lebih lanjut soal GoStore dengan klik di sini, yuk!

New call-to-action

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia