Moka Logo
Tambah Pemasukan Lewat 8 Bisnis Dropship Paling Menguntungkan

Tips Bisnis

Tambah Pemasukan Lewat 8 Bisnis Dropship Paling Menguntungkan

4 min
JordhiJordhi

Tambah Pemasukan Lewat 8 Bisnis Dropship Paling MenguntungkanDropship tentu saja bukan hal yang asing bagi Anda yang berkecimpung di dunia jual beli. Saat ini sistem dropship adalah sistem bisnis yang sedang berkembang pesat dan banyak diminati oleh orang-orang. Hal ini disebabkan modal untuk memulai usaha dropship yang sangat kecil. 


Apa Itu Dropship?

Dropship adalah salah satu model bisnis online di mana Anda berperan sebagai perantara antara supplier dan pembeli. Lalu, Anda dapat mengambil keuntungan dari selisih harga antara supplier dan penjualan.

Dengan sistem seperti itu tentu saja Anda tidak keluar modal apa-apa, Anda tidak perlu menyimpan stok barang, dan Anda juga tidak perlu repot-repot memikirkan packaging serta pengiriman. Anda hanya perlu mempromosikan dan menjualkan produknya saja. 

Adapun keuntungan dari bisnis dropship antara lain:

  • Mudah untuk memulai
  • Modal kecil
  • Pilihan produk sangat banyak
  • Fleksibel
  • Resiko sangat rendah

Dengan keuntungan-keuntungan di atas, apakah Anda sudah mulai tertarik untuk memulai bisnis dropship? Tak perlu bingung dalam menentukan produk apa yang ingin Anda jual. Berikut ini 8 ide bisnis dropship paling menguntungkan yang bisa Anda mulai.


8 Bisnis Dropship Paling Menguntungkan

1. Produk bayi

menjual pakaian bayi

Ini dia rekomendasi pertama bisnis dropship paling menguntungkan. Mungkin banyak yang belum sadar, produk bayi merupakan salah satu komoditi yang tak akan pernah sepi peminat. Apalagi angka kelahiran tercatat meningkat sejak pandemi dimulai, sehingga potensi bisnis di bidang produk bayi semakin cemerlang.

Produk bayi berupa popok bayi, baju newborn, perlengkapan pumping ASI, dan susu bayi akan semakin diminati.

Jika Anda dapat menekuni menjual produk ini, Anda berpotensi mendapatkan keuntungan yang besar. Namun, bukan berarti bisnis ini tanpa tantangan.

Pastikan produk yang Anda jual memang sudah jelas aman untuk digunakan oleh bayi, mengingat bayi-bayi terbilang sangat sensitif. Untuk itu, Anda juga harus melakukan riset kecil-kecilan untuk memastikan produk tersebut memiliki rekam jejak yang baik di mata konsumen. 

Baca juga: Cuma Modal 1 Juta, Ini 15 Ide Bisnis Kreatif untuk Anak Muda


2. Makanan sehat

cloud kitchen di indonesia - mementingkan packaging makanan - Tren Bisnis Kuliner di Era New Normal

Akhir-akhir ini masyarakat sudah mulai sadar dengan kesehatannya. Banyak orang yang mulai rajin untuk berolahraga dan mulai memakan makanan yang sehat juga. Tingginya kesadaran untuk beralih mengkonsumsi makanan sehat itu adalah peluang bisnis yang menarik.

Anda bisa menarik minat pembeli dengan memberikan edukasi tentang manfaat makanan sehat bagi tubuh, sehingga para calon pembeli bisa tergerak untuk membeli produk Anda.

Memang harga dari makanan sehat akan lebih mahal daripada makanan biasa. Oleh karena itu, Anda harus pintar-pintar dalam memilih target pasar. Jika produk yang akan Anda jual cukup mahal namun manfaatnya dapat langsung terasa, maka Anda bisa langsung menargetkan konsumen dengan SES B dan A.

Baca juga: 5 Cara Menjadi Dropshipper yang Sukses


3. Kosmetik atau produk kecantikan

kosmetik - makeup - 8 Bisnis Dropship Paling Menguntungkan

Rekomendasi bisnis dropship paling menguntungkan selanjutnya ialah bisnis kosmetik. Memang, menjual produk kecantikan tidak ada matinya. Para pengguna setia produk kecantikan rela merogoh koceknya dalam-dalam untuk membeli produk-produk kecantikan terbaru.

Hal itu adalah investasi yang dilakukan agar terlihat lebih cantik. Saat ini sedang tren kosmetik yang menawarkan kecantikan ala perempuan Korea. 

Apabila Anda tidak asing dengan dunia kecantikan tentu saja bisnis ini dapat Anda pilih. Ditambah ketika Anda dapat membaca tren produk kecantikan kedepannya hal itu sangat berguna bagi bisnis ini. Namun Anda perlu untuk memperhatikan supplier yang Anda pilih, Anda harus pastikan barang yang dijualnya adalah barang yang asli dan aman.

Jika Anda tanpa sengaja menjualkan produk yang palsu, maka itu bisa membahayakan pembeli. Anda pun sebagai penjual juga bisa turut dipersalahkan oleh pembeli, meskipun produk itu bukan Anda yang memproduksi.

Baca juga: 9 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil


4. Pakaian

mencoba bisnis dropship - cara menjadi dropshipper - melipat pakaian

Pakaian adalah satu kebutuhan yang paling mendasar dalam hidup. Dengan terus berubahnya tren tentang pakaian, orang-orang akan lebih cepat bosan dengan isi lemarinya, sehingga tergerak untuk membeli koleksi baru. Oleh karena itu, menjual pakaian bisa jadi bisnis dropship paling menguntungkan yang mampu mendatangkan keuntungan bagi Anda.

Meskipun potensinya menggiurkan, Anda juga harus tahu tantangan dari bisnis pakaian. Mengingat tren fashion bergerak cukup cepat, maka Anda harus selalu update dengan tren terkini agar konsumen tetap tertarik dengan produk Anda. 


5. Sepatu

sepatu - 8 Bisnis Dropship Paling Menguntungkan

Sepatu merupakan komoditi yang cukup unik. Harganya bisa secara tiba-tiba menjulang tinggi, namun bisa juga terjun bebas. Perbedaan harga retail dan aftermarket-nya pun bisa cukup signifikan.

Banyak produk sepatu yang menarik minat dari pembeli bahkan orang-orang rela membayar lebih untuk mendapatkan produk sepatu yang dia inginkan. Seperti pakaian, kebanyakan orang akan selalu membeli sepatu baru sesuai apa yang sedang tren.

Untuk itu, Anda juga perlu untuk selalu update tentang tren sepatu, apa yang akan tren Anda sudah harus bisa diprediksi sebelumnya.

Dengan demikian, ketika momennya tepat Anda sudah siap untuk menjual sepatu tersebut. Untuk target pasar sepatu bisa menjangkau wanita dan pria. Tidak hanya perempuan, pria juga terbukti sering untuk membeli sepatu. 

Tertarik kah Anda untuk menjalani bisnis dropship paling menguntungkan ini?


6. Aksesori smartphone

penggunaan ponsel - waktu - meeting

Seiring berkembangnya teknologi, produsen smartphone dunia berlomba-lomba meluncurkan seri terbaru. Hal ini menciptakan pasar sekunder yang cukup diminati konsumen sehingga menjual aksesori smartphone adalah peluang bisnis yang menarik untuk Anda coba. 

Kini, masyarakat semakin suka untuk membeli aksesori smartphone agar bisa mengekspresikan dirinya. Bahkan, aksesori ini juga bisa memberikan keamanan ekstra bagi smartphone kesayangan. Aksesori yang Anda jual bisa berupa casing, screen protection, charger, kabel charger, dan sebagainya.


7. Perlengkapan rumah tangga

peralatan rumah tangga - pel - sapu

Belum ada rekomendasi bisnis dropship paling menguntungkan yang cocok dengan Anda? Tenang, masih ada dua rekomendasi lainnya.

Nah, tahukah Anda, menjual perlengkapan rumah tangga juga cukup menjanjikan. Dengan target market ke keluarga muda, Anda bisa menjual perlengkapan rumah tangga seperti perkakas rumah, peralatan masak, peralatan makan, dekorasi rumah dan lain-lain.

Jangan hanya menjual satu merek saja, Anda bisa menjual beberapa merek yang menurut Anda menjual produk yang menarik. 


8. Produk Herbal

Peluang Bisnis Rumahan Pasca COVID-19 - jamu - kunyit

Masyarakat sekarang sudah banyak yang sadar dengan kesehatan. Banyak dari mereka ingin beralih ke produk-produk herbal untuk suplemennya. Apalagi dengan banyaknya penyakit baru yang timbul akhir-akhir ini masyarakat tentunya akan semakin peduli terhadap kesehatannya. 

Banyak orang akan mulai rajin mengkonsumsi vitamin, namun untuk mengurangi mengkonsumsi bahan-bahan kimia orang-orang banyak yang mulai mengkonsumsi vitamin herbal. Anda sebagai pebisnis dapat memanfaatkan itu untuk menjual produk-produk herbal yang aman bagi tubuh.

Namun, Anda juga tetap harus meneliti dahulu apakah produk tersebut sudah aman dan sudah melalui uji klinis atau belum. Apabila sudah dinyatakan aman, barulah Anda tawaran dan jual ke konsumen Anda.

Itulah 8 bisnis dropship paling menguntungkan yang bisa Anda coba. Anda bisa mulai mencoba salah satu terlebih dahulu, apabila sudah berjalan dengan baik, baru Anda bisa mencoba bisnis lainnya. Anda bisa mendapatkan keuntungan yang banyak dari sistem dropship ini. 

Untuk terus mengembangkan bisnis Anda dan memudahkan operasional usaha, Anda bisa menggunakan berbagai layanan Moka, mulai dari mencatat penjualan hingga manajemen pelanggan.

Misalnya, Anda membuat loyalty program yang mana para pelanggan Anda bisa mendapatkan harga spesial ketika sudah mengumpulkan poin dari berbelanja produk di toko Anda.

Di sisi lain, Moka juga bisa memberikan laporan seberapa efektif promo yang Anda adakan sehingga ke depannya Anda bisa membuat promo yang lebih menarik lagi. 

Ingin tahu lebih lanjut bagaimana Moka POS bisa membantu bisnis Anda? Klik banner di bawah ini!

Social Media Share :
Jordhi

Jordhi

Penulis di Blog Moka