Product Knowledge Productivity

Berikan Akses PIN, Jalankan Toko Kini Lebih Aman

By Himawan Pradipta on April, 30 2019
Himawan Pradipta

Lead Writer di Moka Indonesia

Bulan ini, kami telah berhasil meningkatkan keamanan untuk akses masuk bagi Anda para pengguna aplikasi kasir Moka. Sejumlah fungsi di Backoffice Moka akan diminta Akses PIN terlebih dahulu sebelum dapat diakses atau dikustomisasi.

 

Dengan adanya pembaruan akses PIN ini, tentu saja keamanan data menjadi jauh lebih aman dan risiko kecurangan karyawan yang ingin menyalahgunakan data tersebut menjadi terminimalisir.

Adapun fungsi-fungsi baru yang bisa Anda pasang kode PIN adalah:

  1. Apply discount to Bills and Items
  2. Print Bill
  3. View and Print Current Shift Details
  4. View Activity
  5. View Shift History 

Mari kita simak lebih rinci,


1. Apply discount to Bills and Items

Setiap kali karyawan Anda ingin memberikan potongan harga kepada pelanggan, mereka akan diminta kode PIN terlebih dahulu. Ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan kecurangan yang bisa dimanfaatkan karyawan Anda, misalnya mengambil jumlah uang diskon untuk diri mereka sendiri.

 

2. Print Bill

Bagi beberapa restoran, sebelum membuat struk pembayaran pada pelanggan, karyawan Anda harus melewati proses yang disebut Print Bill terlebih dahulu. Proses ini memungkinkan mereka untuk menggunakan bill tersebut sebagai Receipt, yang akan diberikan ke pelanggan. Dengan adanya akses PIN ini, mereka tidak akan bisa seenaknya menggunakan Print Bill tersebut tanpa sepengetahuan pemilik toko.

3. View and Print Current Shift Details

Jika karyawan Anda menerima jumlah uang tunai lebih banyak dari yang ditampilkan di data, mereka bisa saja menyimpan uang lebih tersebut untuk mereka sendiri. Sekarang, pemilik toko dapat memilih apakah mereka bisa memperlihatkan “Uang Tunai yang Diharapkan” atau tidak di dalam sistem. 

 

4. View Activity

Tak ada rahasia yang lebih penting dibandingkan keuangan toko. Sebelumnya, karyawan Anda dapat melacak riwayat transaksi untuk melihat total penjualan pada periode tertentu. Informasi ini juga berguna bagi mereka untuk menuntut kenaikan gaji jika harga item tertentu ternyata juga naik selama ini. Sekarang, dengan akses PIN, mereka harus meminta izin pemilik toko terlebih dahulu untuk melihat riwayat ini.

5. View Shift History

Cara lain bagi karyawan Anda untuk melihat total penjualan toko adalah dengan melacak riwayat sif. Saat ini, karyawan Anda bisa melihat informasi tersebut dan menyalahgunakan datanya untuk meminta gaji lebih. Sekarang, dengan akses PIN ini, mereka harus meminta izin pemilik toko terlebih dahulu untuk mengakses data shift. 

Nah, dari kelima fungsi di atas, apakah pemberian akses PIN ini cukup membantu bagi Anda?

Jika Anda masih bingung cara menggunakannya, silakan baca lebih rinci di sini.

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia