Moka Logo
Lebih Baik Beli atau Sewa Ruko? Berikut Pertimbangannya

Tips Bisnis

Lebih Baik Beli atau Sewa Ruko? Berikut Pertimbangannya

5 min
SaminaSamina

Lebih Baik Beli atau Sewa Ruko? Berikut Pertimbangannya – Menyewa sebuah ruko untuk bisnis Anda adalah sebuah solusi bagi Anda yang belum memiliki tempat untuk menjalaninya. Dengan menyewa, Anda tidak harus mempunyai komitmen sepanjang hidup yang tidak ada kepastian di awal apakah akan menguntungkan atau tidak.

Namun, di sisi lain, jika Anda memiliki modal lebih dan bisa membeli ruko, Anda tidak perlu terbebani untuk membayarkan sejumlah tiap tahun atau tiap bulan.

Ambisi dan tekad kuat dalam bisnis itu penting. Namun, keputusan-keputusan besar perlu diambil dengan strategi dan perencanaan yang matang. Kecermatan mengambil keputusan membuat Anda terhindar dari  hal-hal yang tidak diinginkan nantinya.

Walaupun menyewa ruko terlihat seperti sesuatu yang menarik dibandingkan membeli ruko, simak tujuh aspek di bawah ini sebagai pertimbangan keputusan Anda. Pelajari sampai selesai untuk menghilangkan rasa galau Anda untuk mengetahui langkah apa yang paling tepat untuk usaha Anda – membeli atau menyewa ruko.

Baca juga: 8 Tips Inovasi Bisnis Agar Usaha Anda Berkembang Pesat


Hal yang Perlu Dipertimbangkan sebelum Beli atau Sewa Ruko 

Sewa atau beli ruko?

1. Status ruko

Nah, tentu Anda tidak ingin kan ada kendala dengan usaha Anda karena status ruko yang tidak jelas? Maka itu, cek kepada pemilik tentang status sertifikat ruko yang Anda akan sewa.

Hal yang perlu Anda cek adalah Sertifikat Hak Milik (SHM) atau Hak Guna Bangunan (HGB). Jika masih HGB, hati-hati dan perhatikan masa berlakunya agar tidak ada kejutan yang tidak diinginkan

Selain itu, pastikan terlebih dahulu bahwa ruko yang ingin Anda sewa sudah memiliki Izin Mendirikan Usaha (IMB) sehingga Anda memiliki izin untuk menjadikan ruko tersebut sebagai ruang usaha.

Jika ruko yang Anda ingin sewa belum memenuhi kriteria di atas, ada baiknya segera cari tempat lain untuk bisnis Anda.

Baca juga: 10 Tugas Kasir untuk Bisnis Anda, Apa Saja?

2. Lokasi, lokasi, dan lokasi

Poin ini masuk akal, bukan? Untuk menghindari usaha Anda berakhir dengan gulung tikar dalam waktu yang cepat, pilih ruko yang memiliki lokasi tepat, ya!

Pertimbangkan sejumlah aspek seperti jenis, tujuan, dan target konsumen usaha Anda untuk mengukur apakah lokasi ruko tersebut cocok dengan usaha Anda. Jika Anda memiliki usaha perlengkapan golf, pilih ruko yang tidak jauh dengan lapangan golf.

Pertimbangan lainnya mengenai lokasi adalah jarak antara ruko dengan rumah Anda. Ketika Anda sudah memutuskan untuk memulai bisnis dan menyewa ruko sebagai tempat berbisnis Anda, ruko tersebut akan menjadi rumah kedua bagi Anda. Tak heran jika waktu Anda setiap hari akan di habiskan di situ.

Nah, untuk menghindari hal-hal merepotkan seperti harus bolak-balik ke ruko dan rumah yang jaraknya sangat jauh, lebih baik memilih ruko yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal Anda.

3. Kebersihan dan keamanan ruko 

Sama seperti rumah tinggal, kebersihan dan keamanan tempat usaha Anda juga sangat penting, lho. Jangan hanya mencari informasi kepada pemilik ruko, tetapi cobalah tanya kepada warga sekitar mengenai lingkungan tersebut agar Anda mendapat jawaban jujur dan akurat.

Apakah lokasi tersebut sering terkena banjir? apakah petugas keamanan rutin patroli? Tanyakan semua yang Anda ingin ketahui kepada penduduk sekitar ruko sebelum menentukan apapun agar Anda mempunyai informasi cukup mengenai lingkungan ruko.

Baca juga: 12 Peluang Usaha Menjanjikan Berdasarkan Zodiak 2021

4. Potensi pasar di lingkungan calon ruko Anda

Buat riset secara matang mengenai potensi pasar di lingkungan calon ruko baru Anda. Ketahuilah tingkat keramaian pengunjung setiap harinya, seberapa banyak usaha di sekitar ruko yang dapat menjadi kompetitor Anda, dan juga nilai tambah apa yang usaha Anda akan punya di lingkungan itu yang akan menarik konsumen.

Sama seperti poin-poin di atas, carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai potensi pasar di lingkungan ruko sebelum membuat keputusan mengenai calon ruko usaha Anda.

5. Kondisi dan fasilitas

Menyewa ruko saja pasti sudah membutuhkan biaya cukup besar. Pasti Anda tidak ingin menghabiskan uang lagi untuk melakukan renovasi besar, kan? Nah, untuk menghindari itu, pahami secara benar-benar kondisi dan fasilitas calon ruko usaha Anda.

Ketahui apa saja yang akan dimiliki saat ruko sudah menjadi hak milik Anda dan apakah cocok dengan usaha Anda? Misalnya, apabila Anda ingin membuka usaha laundry, mungkin Anda tidak perlu memiliki dapur besar yang canggih.

Jadi, jangan lupa sesuaikan fasilitas ruko dengan usaha Anda juga, ya!

Baca juga: Serba-Serbi Pajak UMKM yang Wajib Diketahui Pemilik Usaha

6. Waktu sewa 

Selain Anda, pemilik ruko juga pasti sudah menentukan minimum waktu sewa dan kapan Anda harus melakukan pembayaran. Secara umum, setiap ruko memiliki masa sewa minimal tiga tahun dan memiliki sistem pembayaran di muka terlebih dahulu untuk satu atau dua tahun pertama.

Di sinilah Anda harus bersedia untuk bernegosiasi dengan pemilik ruko untuk mencapai sebuah kesepakatan yang akan menguntungkan untuk kedua belah pihak.

Jika Anda masih kurang yakin atas potensi lokasi ruko tersebut, coba berusaha untuk melakukan pembayaran awal untuk kurang dari satu tahun.

7. Harga 

Banyak faktor yang mempengaruhi harga sewa sebuah ruko. Lokasi, kondisi, fasilitas, semuanya pasti akan dipertimbangkan oleh pemilik ruko. Nah, perhatikan prioritas dalam usaha Anda dengan harga sewa ruko agar Anda juga tidak rugi sebelum usaha mulai. 

Jangan lupa juga untuk membuat riset terhadap harga ruko yang Anda akan sewa sehingga Anda tidak dirugikan oleh pihak siapa pun.

Baca juga: Struk Belanja Usaha, Apakah Pebisnis Masih Membutuhkannya?

Masih butuh pertimbangan lebih lanjut? Tenang, sekarang Anda akan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari menyewa atau membeli ruko yang dapat membantu untuk membuat keputusan yang tepat untuk usaha Anda.


Keuntungan Menyewa Ruko

Lebih Baik Beli atau Sewa Ruko? Berikut Ini Pertimbangannya

1. Fleksibel 

Apabila Anda memiliki usaha baru, tentu fleksibilitas merupakan aspek yang perlu dipertimbangkan. Dengan masa depan yang terlihat cerah tetapi tidak pasti, mungkin pilihan yang tepat untuk Anda adalah untuk menyewa ruko.

2. Bisa mengatur cashflow 

Mau bagaimana pun, modal bisnis adalah sesuatu yang harus Anda pikirkan dalam merintis sebuah usaha. Dengan menyewa ruko, pengeluaran Anda bisa diatur apabila ingin mengeluarkan biaya untuk hal bermanfaat lainnya.

3. Toko menjadi rumah? Kenapa tidak?

Walaupun bukan sesuatu yang wajib, singkatan dari ruko sendiri adalah rumah toko yang berarti bahwa Anda dapat menjalankan usaha di bawah rumah tinggal jika itu keputusan yang telah dipilih oleh keluarga Anda.

Dengan menyewa ruko, Anda dapat tetap dekat dengan keluarga serta dengan gampang mengawasi usaha Anda tanpa harus bolak-balik setiap harinya.

Selain mempunyai waktu lebih banyak, rasa kedekatan dengan keluarga akan selalu ada.

Baca juga:  Interaksi Online, Senjata Ampuh Juragan Helm Tingkatkan Penjualan


Kerugian Sewa Ruko 

Lebih Baik Beli atau Sewa Ruko? Berikut Ini Pertimbangannya

1. Hak terbatas

Dalam membuat keputusan menyewa atau membeli, pikirkan masa depan bisnis Anda terlebih dahulu. Apakah bisnis Anda di masa depan membutuhkan lahan yang lebih besar? Jika iya, mungkin menyewa ruko bukan keputusan yang tepat karena Anda tidak memiliki izin untuk melakukan renovasi. 

2. Biaya sewa yang sewaktu-waktu berubah 

Hal yang perlu diingat saat menyewa ruko adalah biaya sewa yang dapat naik secara drastis seiring waktu membuat dompet Anda tiba-tiba tidak aman seperti sebelumnya. Banyak hal yang memicu kenaikan harga sewa, salah satunya adalah apabila usaha Anda sukses sampai banyak yang mengincar ruko yang Anda sewa.

Baca juga: [Free E-book] Fotografi Produk dan Jasa untuk Binsis Online


 

Keuntungan Membeli Ruko 

Lebih Baik Beli atau Sewa Ruko? Berikut Ini Pertimbangannya

1. Investasi untuk masa depan 

Walaupun membutuhkan biaya lebih banyak di awal, membeli ruko dapat menyebabkan keuntungan di masa depan karena Anda bisa menjual ruko tersebut.

Selain menjadi tempat untuk usaha Anda, ruko yang Anda beli juga bisa menjadi aset untuk masa depan, lho.

2. Renovasi? Bukan masalah!

Dengan membeli ruko, Anda memiliki kebebasan untuk melakukan apa saja yang diperlukan untuk bisnis Anda saat ingin melakukan renovasi.

Memperbesar ruangan, membuat kamar mandi tambahan, Anda mempunyai kebebasan untuk melakukan apa saja.


Kerugian Membeli Ruko

Lebih Baik Beli atau Sewa Ruko? Berikut Ini Pertimbangannya

1. Tak selamanya ruko Menjadi Aset

Walaupun dapat menjadi aset, Anda akan memerlukan usaha banyak untuk menjual ruko di kemudian hari. Maka jika Anda baru merintis sebuah usaha, pilihan untuk menyewa ruko sepertinya adalah keputusan yang lebih baik untuk mencegah kerugian yang tidak diinginkan.

2. Biaya yang lebih mahal 

Sama halnya membeli rumah, membeli ruko juga membutuhkan biaya yang cukup besar. Jika Anda tidak memperhitungkan pengeluaran serta keuntungan Anda dengan terperinci, memutuskan untuk membeli ruko bisa menjadi bumerang untuk Anda karena biaya dan modal yang dikeluarkan harus besar.

Baca juga: 7 Persiapan Menghadapi Tren Bisnis Ritel Pasca COVID-19

Nah, apakah Anda sudah mengetahui keputusan apa yang harus diambil? Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk membuat langkah yang tepat, ya!

Selain itu, untuk membantu kesuksesan bisnis Anda serta mempermudah Anda untuk mengatur segalanya, yuk andalkan aplikasi kasir Moka POS dan gunakan fitur-fitur canggihnya GRATIS selama 14 hari! Coba sekarang!

Social Media Share :
Samina

Samina

Penulis di Blog Moka.