Business Insight

Bagaimana Cara Memulai Usaha Percetakan Rumahan?

By Hangga Nuarta on May, 21 2019
Hangga Nuarta

Usaha percetakan rumah merupakan salah satu bisnis yang cukup banyak digeluti masyarakat. Tak jauh berbeda dengan usaha percetakan skala besar, usaha percetakan yang dijalankan di rumah pun menawarkan keuntungan menggiurkan. Selain itu, usaha ini pun tidak membutuhkan banyak biaya. Hanya berbekal printer, Anda sudah bisa memulai usaha percetakan.

 

Keunggulan Usaha Percetakan Rumah

Serupa dengan bisnis lainnya, usaha percetakan di rumah pun memiliki sejumlah keunggulan. Bisa dibilang keunggulan inilah yang menjadi daya tarik usaha percetakan. Adapun keunggulan tersebut, antara lain sebagai berikut.

  • Mudah Dijalankan

Untuk menjalankan usaha cetak rumahan Anda tidak harus mahir mengoperasikan aplikasi editing. Selama Anda memahami dasarnya, Anda tidak akan kesulitan. Namun, akan lebih baik jika Anda terus meningkatkan skill editing. Dijamin, usaha yang Anda jalankan semakin berkembang pesat.

  • Modal Minim

Hanya dengan modal di bawah sepuluh juta saja, Anda sudah dapat menjalankan usaha percetakan kecil-kecilan di rumah. Modal tersebut dapat digunakan untuk membeli alat yang dibutuhkan, seperti komputer, printer, tinta, kertas HVS atau kertas foto, etalase, dan lainnya. Dengan alat sederhana, Anda bisa meraup potensi keuntungan yang tak terhingga. Sangat menarik, bukan?

  • Tidak Perlu Sewa Tempat

Tak dapat dimungkiri bahwa tempat menjadi salah satu alasan orang mengurungkan niat memulai usaha. Kebanyakan orang hanya terpaku pada daerah strategis tanpa memikirkan alternatif lain. Asalkan rumah Anda mudah diakses dan dapat dijangkau kendaraan, sudah cukup. Anda pun tidak perlu mengeluarkan uang sewa.

  • Banyak Pilihan

Usaha percetakan tidak hanya terbatas pada cetak dokumen saja, melainkan juga dalam bentuk lain, seperti formulir, foto, kaos, banner, spanduk, brosur, poster, kalender, mug, buku, dan undangan. Dengan banyaknya pilihan, Anda semakin mudah untuk menentukan jenis usaha percetakan yang paling tepat.

  • Pangsa Pasar Luas

Pangsa pasar usaha percetakan sangat luas. Banyak orang yang membutuhkan jasa cetak, mulai dari dokumen, foto, undangan, poster, banner, hingga kalender. Bahkan, di waktu tertentu, misalnya kenaikan kelas, jasa cetak foto dan dokumen banyak dibutuhkan. Tak heran di waktu ini omzet meningkat pesat hingga dua kali lipat dari hari biasa.

  • Tidak Dipengaruhi Musim

Sebagaimana Anda ketahui, banyak orang yang kerap memanfaatkan musim untuk meraup keuntungan. Setelah musim berganti, usaha pun selesai. Namun, usaha percetakan bukanlah bisnis yang dipengaruhi musim. Usaha ini dapat dijalankan selama setahun penuh.

Tak hanya itu saja, usaha percetakan pun tergolong bisnis yang tidak mudah basi. Dengan kata lain, bisnis ini selalu dibutuhkan dan tidak dibatasi waktu. Anda pun tidak akan merugi karena bahan baku yang digunakan memiliki masa panjang.

  • Keuntungan Besar

Mengingat usaha ini tidak mudah basi dan selalu dibutuhkan, maka keuntungan yang ditawarkan pun menjadi tidak terbatas. Anda bisa mendapatkan omzet hingga jutaan dalam sebulan. Bahkan, tak sedikit pelaku usaha percetakan di rumah yang sanggup meraih puluhan juta setiap bulan. Dengan catatan, Anda menjalankan usaha ini dengan konsisten dan menjaga kualitas.

 

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Usaha Percetakan di Rumah

Jika Anda tertarik dan ingin terjun dalam dunia bisnis, khususnya usaha percetakan, maka Anda wajib memperhatikan sejumlah hal. Adapun hal tersebut, antara lain sebagai berikut.

  • Jenis Jasa

Hal paling utama sebelum memulai usaha percetakan rumah adalah menentukan jenis jasa yang akan Anda tawarkan. Di awal usaha sebaiknya Anda berfokus pada satu atau dua jenis jasa yang saling berhubungan. Misalnya, jasa cetak dokumen dengan cetak foto. Usaha ini memiliki keterkaitan dan tidak membutuhkan alat pendukung lain. Singkatnya, hanya dengan satu printer saja cukup.

Berbeda jika Anda membuka usaha cetak dokumen dengan cetak kaos. Jika Anda memilih jenis usaha ini, Anda memerlukan printer khusus untuk mencetak kaos. Tidak masalah jika Anda memiliki dana lebih, tetapi bagi Anda yang terganjal dana, memilih jasa cetak yang saling terkait adalah solusi terbaik. Setelah usaha Anda berkembang pesat, Anda dapat merambah usaha cetak jenis lainnya.

  • Pemilihan Alat

Disadari atau tidak, pemilihan alat sangat memengaruhi hasil cetakan. Tentu kualitas cetakan dengan printer ekonomis berbeda dengan hasil cetakan menggunakan printer kelas menengah atau atas. Memang, Anda harus mengeluarkan uang cukup banyak di awal, tetapi hasilnya sebanding dengan keuntungan yang akan Anda dapatkan nantinya.

Ingat, kualitas cetakan yang bagus pun menjadi kunci kesuksesan usaha ini. Orang tidak segan membayar sedikit lebih mahal demi mendapatkan hasil cetakan berkualitas tinggi. Hasil cetakan yang bagus pun akan membuat usaha Anda semakin dikenal luas.

  • Harga Jual

Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah menentukan harga jual. Sebaiknya lakukan penelitian pasar lebih dulu untuk mengetahui harga yang dipatok pesaing Anda. Hindari mematok harga yang terlalu rendah atau terlalu tinggi. Harga yang terlalu rendah tidak hanya merugikan Anda, melainkan juga membuat persaingan tidak sehat. Sementar jika harga terlalu mahal, konsumen akan merasa enggan menggunakan jasa cetak Anda.  

  • Pelayanan

Jika Anda ingin memikat hati konsumen, Anda harus memberikan pelayanan ekstra. Ketika pelanggan datang, pastikan untuk tersenyum. Sikap ramah akan membuat pelanggan merasa dihargai. Jika konsumen mengalami kesulitan, jangan segan untuk memberinya bantuan. Selain itu, pastikan kualitas produk Anda terjaga dan selesai tepat waktu. Meskipun tampak sepele, hal ini akan meningkatkan kepercayaan pelanggan.

  • Promosi

Satu lagi hal yang wajib diperhatikan, yakni promosi. Sebuah usaha tidak akan mendapatkan hasil maksimal tanpa promosi. Ada banyak metode pemasaran yang dapat Anda terapkan. Salah satunya dengan memberikan diskon. Misalnya, gratis potongan Rp20.000,00 dengan minimal pembelian Rp150.000,00. Bisa juga dengan memberikan gratis cetak satu kali dengan kuota tertentu.

Manfaatkan media sosial untuk menjaring calon konsumen. Cara ini terbukti ampuh untuk menjangkau konsumen di seluruh daerah. Asyiknya, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal untuk berpromosi melalui media sosial, kecuali Anda menggunakan pemasaran iklan premium.

Jika Anda memiliki anggaran dana lebih, jangan ragu untuk membuat sebuah website. Selain dapat digunakan sebagai media untuk memasarkan usaha Anda, dengan memiliki website, usaha Anda tampak lebih profesional. Secara tidak langsung hal ini akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap usaha percetakan yang Anda kelola.

  • Lakukan Inovasi

Inovasi diperlukan agar usaha Anda tetap berkembang, meskipun banyak bermunculan saingan baru. Misalnya, jika Anda membuka usaha cetak dokumen, Anda dapat merambah usaha lain yang masih terkait, seperti fotokopi dan usaha alat tulis. Tak perlu khawatir soal biaya, sebab kini terdapat printer yang menyediakan fitur lengkap, mulai dari scan, cetak dokumen, hingga fotokopi.

Demikianlah informasi mengenai cara memulai usaha percetakan rumah. Dengan cara tersebut, Anda tidak perlu ragu lagi untuk terjun dalam dunia bisnis. Yuk, segera mulai bisnis Anda! Jangan lupa bagikan ya!

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia