Moka Logo
Cara Membuat Katalog Online yang Mudah untuk Pemula

Tips Bisnis

Cara Membuat Katalog Online yang Mudah untuk Pemula

3 min
YovitaYovita

Sudah tahu cara membuat katalog online? Sebagai penjual, Anda harus bisa mempromosikan produk sebaik mungkin agar menarik pelanggan. Tak hanya memberikan foto yang menarik, deskripsi produk hingga harga atau promo yang ditawarkan juga harus ditampilkan sebaik mungkin.

Di sinilah peran katalog bekerja. Penjual di era sekarang perlu mempersiapkan katalog online yang menarik agar pelanggan langsung jatuh hati dalam sekali lihat. Lalu, bagaimana cara membuat katalog online yang menarik? Sebelum membahas lebih jauh, yuk pahami dulu apa itu katalog online!


Apa Itu Katalog Online?

Kerja sampingan online 6 - cara membuat katalog online

Katalog sendiri adalah daftar dokumentari yang disusun secara sedemikian rupa untuk memudahkan konsumen melihat produk yang sedang dijual. Dengan katalog, konsumen akan lebih mudah mendapatkan informasi mengenai produk yang diperlukan. Katalog sendiri bisa berupa buku kecil, foto, atau pamflet. 

Namun, di era sekarang ini, para pebisnis mulai sering menggunakan katalog online agar lebih mudah untuk dijangkau pasar yang lebih luas melalui internet. Katalog biasanya akan di-posting di website atau akun media sosial perusahaan. 

Umumnya, katalog berisi informasi tentang produk seperti harga, kandungan, bahan, promo, hingga fungsi. Aspek ini sangat penting untuk mempromosikan produk yang Anda jual ke khalayak luas agar mereka punya informasi cukup sebelum melakukan pembelian.

Baca juga: Cara Membuat TikTok Shop Agar Jualan Viral dan Laris


Cara Membuat Katalog Online

membuat toko online - laptop - microblog - cara membuat katalog online

Anda tidak bisa sembarangan membuat katalog online. Perhatikan seluruh aspek agar katalog yang dibuat bisa menyampaikan informasi produk dengan sempurna. Berikut cara membuat katalog yang bisa menarik hati para pembeli.

1. Pilih desain yang sesuai konsep bisnis

Desain yang menarik tentu sangat diperlukan saat membuat katalog. Namun, Anda harus memperhatikan desain katalog tersebut, apakah sesuai atau selaras dengan ciri khas bisnis yang dijalankan. Jangan sampai menggunakan desain asal-asalan yang tak selaras dengan konsep bisnis yang ditawarkan. Jika desain katalog selaras dengan konsep bisnis, maka pembeli juga akan lebih tertarik dan percaya terhadap apa yang ditawarkan.

2. Cara membuat katalog online dengan ikuti selera target market Anda

Cara membuat katalog yang selanjutnya adalah mengikuti selera target market yang Anda incar. Pastikan Anda memiliki target market sebelum membuat katalog. Perhatikan minat dan hal-hal yang terasa relevan dengan mereka. Semakin relevan katalog dengan selera pasar, makin mudah pula bagi Anda untuk menarik para calon pembeli tersebut.

3. Gunakan visual yang jernih

Pastikan visual yang ditampilkan katalog memiliki kualitas jernih. Coba posisikan diri sebagai konsumen, kemungkinan besar Anda akan merasa jika produk yang dipromosikan menggunakan foto berkualitas buram. Karenanya, gunakan visual yang jelas agar konsumen semakin percaya dengan bisnis Anda.

Baca juga: Cara Membuat Instagram Shopping untuk Tingkatkan Penjualan

4. Tidak perlu bertele-tele

Cantumkan informasi seperlunya dalam katalog yang Anda buat. Tidak perlu bertele-tele menjelaskan informasi secara terlalu panjang tentang produk yang ditawarkan. Fokus tonjolkan kelebihan, fungsi, dan beragam informasi utama lainnya dalam katalog tersebut agar pembeli langsung tertarik.

5. Perhatikan pemilihan warna

Cara membuat katalog online yang berikutnya adalah memperhatikan warna yang digunakan. Pilihlah warna yang selaras dengan foto produk. Penggunaan warna yang sembarangan akan membuat pembeli enggan melihat katalog yang Anda sebarkan. Utamakan estetika dalam membuat katalog online tersebut.

6. Cantumkan informasi brand Anda

Hal satu ini sangat penting, yaitu cantumkan informasi brand dalam katalog online. Meski foto dan informasi produk jadi yang utama, Anda juga tetap harus menyertakan informasi tentang brand bisnis yang Anda kelola. Tambahkan logo, informasi kontak, website, hingga alamat toko atau kantor. Dengan ini, pelanggan akan mudah mengingat brand dan produk Anda.

7. Sertakan akses untuk pembelian produk

Jangan lupa untuk menyisipkan cara membeli produk yang ditawarkan melalui katalog. Misalnya, sisipkan link ke marketplace atau alamat toko yang diperlukan agar konsumen bisa membeli produk yang ada di katalog tersebut. Sertakan pula syarat pemesanan dan opsi pengiriman agar pembeli tak bingung untuk membeli produk tersebut.

Baca juga: Contoh Katalog Online yang Bagus untuk Menu Digital Bisnis F&B


Demikian cara membuat katalog online yang menarik. Katalog sangat penting untuk keberlangsungan bisnis Anda di era modern ini. Nantinya, katalog yang sudah jadi bisa langsung Anda unggah ke website toko online agar konsumen bisa lebih mudah mengaksesnya.

Nah, kalau Anda belum memiliki website bisnis sendiri, jangan khawatir karena Anda bisa buat website toko online melalui GoStore yang dapat diakses dari back office Moka POS. GoStore adalah platform terbaru dari Gojek yang menyediakan layanan pembuatan website toko online dalam waktu relatif singkat tanpa biaya mahal.

Anda hanya perlu mengakses GoStore melalui back office Moka POS, lalu selesaikan pengaturan dan lengkapi data yang dibutuhkan. Dalam hitungan menit, website toko online bisnis Anda pun sudah siap dipakai! Mari kembangkan bisnis dengan membuat website toko online menggunakan GoStore!

Aplikasi kasir-1

Social Media Share :
Yovita

Yovita

Penulis di Blog Moka.