Business Insight COVID-19

8 Aplikasi yang Bikin Kerja dari Rumah Lebih Efektif

By Sintia Astarina on March, 20 2020
Sintia Astarina

Sr. Content Editor MOKA

8 Aplikasi yang Bikin Kerja dari Rumah Lebih Efektif - Per Kamis, 19 Maret 2020, tercatat sudah ada 309 kasus positif Covid-19 di Indonesia, yang mana 25 di antaranya meninggal dunia, dan 15 orang dinyatakan sembuh.

Dikutip dari CNBC Indonesia, Presiden Joko Widodo telah memerintahkan masyarakat Indonesia untuk melakukan tes massal virus corona, dibandingkan melakukan lockdown.

"Segera lakukan rapid tes. Tes cepat dengan cakupan yang lebih besar agar deteksi dini, kemungkinan awal seorang terpapar COVID-19 bisa kita lakukan," ujar Jokowi pada Kamis (19/3/2020).

Baca juga: Slack, Tools untuk Komunikasi Bisnis yang Lebih Efisien

Tes massal ini sendiri sukses diterapkan di Korea Selatan. Hingga tulisan ini dipublikasikan, alat-alat tes tersebut masih dalam proses untuk didatangkan ke Indonesia.

Sebelum adanya instruksi untuk melakukan tes massal, Jokowi pun juga meminta agar masyarakat Indonesia belajar, bekerja, dan beribadah di rumah guna meminimalisir risiko terdampak virus corona.

Namun, hal tersebut mengundang pro dan kontra dari masyarakat, terutama untuk urusan kerja dari rumah atau work from home. Seperti diketahui, tidak semua pekerjaan bisa dilakukan dari rumah, misalnya merawat pasien di rumah sakit, mengatur lalu lintas di jalan raya, melayani pelanggan di outlet bisnis, dan sebagainya.

Baca juga: 10 Tips Meningkatkan Produktivitas Saat Work From Home

Untuk itu, bagi Anda yang saat ini mendapatkan privilege untuk kerja online dari rumah, yuk manfaatkan hal ini secara bertanggung jawab.

Nah, supaya tetap produktif saat kerja dari rumah, berikut ini adalah 8 aplikasi yang bisa Anda gunakan. Sudahkah Anda menggunakannya?

 

8 Aplikasi yang Bikin Kerja dari Rumah Lebih Efektif

1. Slack

Bagi perusahaan yang memiliki banyak karyawan, biasanya akan mengelompokkannya ke dalam berbagai departemen, yang mana akan dikelompokkan lagi menjadi tim-tim kecil yang sudah dibagi sesuai dengan ranah pekerjaannya masing-masing.

Baca juga: 12 Keuntungan dan Kerugian Work From Home, Apa Saja?

Slack sendiri adalah salah satu aplikasi untuk menunjang produktivitas saat kerja online dari rumah. Dengan Slack, Anda bisa membuat kanal komunikasi masing-masing tim agar komunikasi menjadi lebih mudah dan efisien. Apa saja sih keuntungan dari aplikasi Slack ini?

  • Dapat berkirim pesan secara real time sehingga setiap anggota bisa berkomunikasi secara instan.
  • Dapat mengelola dan mengkoordinasi pekerjaan dengan lebih mudah, meski masing-masing karyawan sedang kerja dari rumah.
  • Berbagi berkas dengan lebih mudah.
  • Dapat menggunakan shared channels dan guest accounts untuk bekerja secara langsung dengan orang-orang di luar tim Anda.
  • Pekerjaan lebih terpusat karena Slack memungkinkan penggunanya untuk mengintegrasikan berbagai aplikasi di dalamnya, termasuk Google Drive, Giphy, Trello, dan Twitter.
  • Meeting lewat Slack Calls (audio dan video).

2. Microsoft Teams

Akrab dengan segala software Microsoft, termasuk Office dan Power Point? Yuk, berkenalan dengan Microsoft Teams. Ini adalah layanan yang akan membantu tim Anda berkolaborasi dengan cara mengintegrasikan pengguna, karyawan, serta tools yang dibutuhkan dalam satu aplikasi.

Dengan Microsoft Teams, Anda bisa melakukan beberapa hal saat kerja online dari rumah, yakni melakukan konferensi video, menjalani panggilan suara, hingga memanfaatkan dokumen Word, Excel, Power Point, juga produk Microsoft lainnya.

Adakah keunggulan lain yang bisa didapat dengan menggunakan aplikasi ini? Tentu. Simak penjelasannya di bawah ini.

  • Saat kerja dari rumah, produktivitas meningkat dan komunikasi menjadi lebih mudah karena segalanya telah terintegrasi.
  • Dengan 1 aplikasi saja, Anda bisa lebih fokus dalam menyelesaikan pekerjaan. Anda pun juga bisa memprioritaskan waktu lebih baik.
  • Meningkatkan transparansi. Baik perusahaan dan karyawan dapat memantau kinerja satu sama lain dengan lebih mudah.
  • Aplikasi berbasis cloud ini akan memudahkan pengguna untuk bekerja di digital workplace.

3. WhatsApp

Nyatanya, aplikasi messenger yang satu ini juga bisa dimanfaatkan oleh siapa pun yang kerja online dari rumah. Biasanya, WhatsApp sering digunakan untuk berkomunikasi dengan teman, rekan kerja, atau keluarga.

Namun, ketika dikaitkan dengan bisnis, WhatsApp juga bisa menjadi aplikasi alternatif untuk meningkatkan produktivitas Anda.

Berbagai fitur yang bisa Anda gunakan ialah panggilan suara atau video (termasuk video call group) hingga pengiriman dokumen.


4. Zoom

Mungkin, aplikasi Skype sudah lebih dikenal lebih dulu ketika seseorang hendak melakukan video call. Akan tetapi, ada aplikasi lain yang bisa Anda manfaatkan supaya kerja online dari rumah lebih mudah, yakni Zoom.

Aplikasi yang digawangi oleh Eric Yuan ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan video conferencing, online meeting, chat, juga mobile collaboration.

Berikut ini adalah bebera manfaat yang menggunakan Zoom.

  • Engagement lebih tinggi. Anda bahkan bisa menunjukkan slides atau materi kepada pengguna lain secara real time. Kualitas yang ditampilkan pun sekelas full HD broadcasting.
  • Karena Zoom juga dimanfaatkan untuk melangsungkan webinar, Anda pun bisa berinteraksi langsung dengan pengguna lain, yang mana rasanya benar-benar seperti live event.
  • Untuk meeting di bawah 40 menit yang dilakukan via Zoom video conferencing tidak akan dikenakan biaya. Free version memungkinkan Anda untuk mengajak hingga 50 partisipan lainnya.
  • Anda dapat merekam video, untuk ditonton kemudian hari.

Nah, kerja dari rumah jadi terasa menyenangkan, bukan?


5. Google Drive

Pernah mendengar atau menggunakan Dropbox dan WeTransfer? Ya, cara kerja Google Drive tidak jauh berbeda. Layanan penyimpanan berbasis cloud milik Google ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan berbagai file dengan aman. Entah itu dokumen, slides, worksheet, video, audio, foto, dan sebagainya.

Di Google Drive, file atau dokumen yang disimpan tidak akan hilang. Anda pun juga bisa membagikan dokumen tersebut kepada orang lain.

Agar lebih meyakinkan, berikut ini adalah beberapa benefit dari penggunaan Google Drive.

  • Bisa digunakan untuk mem-backup file-fie penting.
  • Mengirim file berukuran besar akan lebih mudah.
  • Memiliki built-in search engine yang memudahkan pengguna untuk mencari berbagai dokumen yang diperlukan.
  • GRATIS!

6. Asana

Asana adalah salah satu project management tools yang akan sangat berguna ketika karyawan sedang kerja online dari rumah. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi ini adalah adanya pembagian informasi terkait perubahan dan pembaruan secara real time. Asana juga memungkinkan semua penggunanya untuk berdiskusi dalam satu dashboard yang sama.

Aplikasi ini pun memungkinkan para penggunanya untuk berkolaborasi satu sama lain, serta memudahkan kolaborasi proyek atau kampanye baru.

Simak kelebihan Asana di bawah ini.

  • Asana memiliki fitur private dan group chat yang memungkinkan sebuah diskusi atau brainstorming menjadi tugas yang dapat dikerjakan dengan lebih sistematis.
  • Di Asana, anggota tim dapat melihat progres pekerjaan dengan detail, mengedit file, atau memantau pekerjaan dengan interface yang mirip dengan media sosial.
  • Ada custom tracking fields yang memungkinkan Anda memilih sendiri apa tugas-tugas apa yang ingin dipantau.
  • Tim Asana menugaskan Customer Success Manager yang berdedikasi untuk membantu para penggunanya dalam menggunakan tools penunjang kerja dari rumah ini.

7. Google Hangouts Meet

Mau meeting sambil kerja dari rumah dengan lebih nyaman? Pakai Google Hangouts Meet saja! Ini adalah aplikasi dengan fitur panggilan video atau virtual meeting yang dapat diikuti hingga 250 orang.

Google Hangouts Meet pun memungkinkan pengguna untuk melakukan live streaming, yang mana bisa diikuti lebih dari 100.000 penonton.

Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah sebagai berikut.

  • Dengan Google Hangouts Meet, pengguna dapat membuat meeting dan membagikan link-nya, tanpa perlu khawatir bahwa partisipan belum memiliki akun.
  • Didesain untuk segala jenis bisnis. Aplikasi ini terintegrasi secara penuh dengan G Suite sehingga Anda bisa melakukan meeting secara langsung lewat Calendar atau undangan email.

8. Moka

Bagi para pebisnis F&B, Ritel, dan Servus yang juga kerja online dari rumah, manfaatkanlah aplikasi kasir Moka untuk memantau bisnis Anda dari mana pun dan kapan pun. Jika Anda tidak sempat untuk mendatangi semua cabang atau outlet bisnis satu per satu, bisa memantaunya lewat aplikasi kasir Moka selagi #DiRumahAja.

Apa saja kelebihan aplikasi kasir Moka?

  • Dengan aplikasi kasir berbasis cloud ini, Anda dapat memantau laporan penjualan secara real time.
  • Anda dapat membuat promo bagi para pelanggan. Anda hanya perlu mengaktifkannya lewat Backoffice saja.
  • Moka menawarkan Loyalty Program bagi para pelanggan setia Anda. Tidak perlu membuat kartu member.
  • Mengelola pesanan akan jauh lebih mudah karena Anda dapat menyimpan dan membuka billing saat ada transaksi baru.
  • Melacak siapa saja karyawan yang sedang melakukan transaksi sehingga lebih aman dan dapat menghindari kecurangan.

Ingin coba Moka gratis selama 14 hari? Klik banner di bawah ini, ya!

Aplikasi Kasir Moka POS untuk Coffee Shop

Nah, itulah dia 8 aplikasi penunjang aktivitas kerja dari rumah yang akan bikin semua pekerjaan jadi terasa lebih efektif dan efisien. Dari 8 aplikasi di atas, mana yang sudah pernah Anda coba?

Semoga semua aktivitas Anda berjalan dengan baik hari ini dan jangan lupa tingkatkan produktivitas meski sedang kerja jarak jauh, ya!

Baca juga:

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia