Business Insight Inspiration SekitarLebihBaik

7 Aplikasi Asli Indonesia yang Harus Anda Coba untuk Sedekah Online

By Jordhi Farhansyah on May, 27 2019
Jordhi Farhansyah

Musisi yang juga suka nulis.

sedekah online

Di bulan suci ini, pastinya banyak para masyarakat muslim yang berlomba-lomba untuk bersedekah. Namun di zaman sekarang, bersedekah sudah bisa dilakukan secara online, atau sering disebut dengan sedekah online. Kemudahan ini menghindari Anda dari kerepotan menentukan masjid atau panti asuhan mana untuk mengalokasikan sedekah Anda. Terlebih lagi di bulan Ramadan, ibadah yang Anda lakukan akan berlipat ganda pahalanya.

Nah, cukup dengan smartphone beserta aplikasinya, Anda sudah bisa bersedekah. Anda bisa menyalurkannya melalui beberapa aplikasi. Contoh sederhananya adalah seperti mobile banking untuk transfer. Atau bahkan, sekarang aplikasi e-commerce juga menerima layanan sedekah online. Misalnya saja Tokopedia yang menerima layanan zakat atau kurban dan telah bekerja sama dengan berbagai lembaga amal seperti Baznas, YACB, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, ACT, dan lain sebagainya.

Selain karena mudah dan nyaman karena sudah bisa dilakukan melalui smartphone, bersedekah di bulan Ramadan juga sangat dianjurkan bagi umat muslim. Bulan Ramadan adalah bulan penuh kebaikan di mana seluruh kegiatan ibadah Anda akan dilipatgandakan pahalanya.

Sehingga, tidak heran apabila banyak orang mulai mengejar pahala sebanyak-banyaknya di bulan suci ini. Salah satunya adalah dengan berbagi terhadap sesama. Dengan bersedekah, Anda pun bersedia berbagi dan menyisihkan keuntungan Anda selama ini untuk orang lain yang juga membutuhkan.

Sebagai pebisnis, memberikan sebagian harta Anda kepada orang yang membutuhkan tentu tidak hanya akan berdampak bagi diri Anda sendiri tetapi juga kepada bisnis Anda. Setiap uang yang Anda sisihkan bisa menjadi keuntungan dan balasan yang tidak pernah Anda harapkan.

Misalnya, ketika Anda bersedekah untuk masjid saat salat Jumat, Anda tidak pernah tau bahwa salah satu pelanggan toko Anda adalah salah satu jamaah di masjid tersebut. Dengan mempercayakan harta Anda sepenuhnya dengan tujuan kemakmuran masjid, Anda bisa meningkatkan kemungkinan bahwa semakin banyak orang yang juga datang berkunjung ke toko Anda.

sedekah online

Ini sedikit berbeda dengan bersedekah secara langsung. Dan bersedekah di sini tidak harus memberikan uang atau harta pribadi, tetapi bisa juga berbagi makanan untuk orang-orang terdekat atau kaum papa. Dalam perspektif bisnis, ini bisa dilakukan dengan memberikan takjil kepada pelanggan Anda sembari menunggu waktu berbuka.

Tidak hanya menambah kedekatan dengan pelanggan, strategi ini juga bisa dihitung sebagai sedekah. Atau misalnya ketika Anda membagikan makanan kotak yang berisi menu makan malam. Ketika Anda memberikan sesuatu kepada orang lain, siapa yang tahu orang tersebut akan tertarik datang ke toko Anda dan menjadi pelanggan setia? Kemungkinannya banyak sekali.

Terlepas dari keuntungan-keuntungan di atas, keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan dari bersedekah adalah sebagai berikut:

 

  • Pahala yang berlipat ganda

Meski Anda juga akan mendapatkan pahala jika bersedekah di hari-hari lain, di bulan Ramadan, semua amal baik yang Anda lakukan akan berlipat ganda, termasuk dengan bersedekah. Hal ini juga menjadi penyempurna puasa yang Anda jalankan. Tentu saja, momen tahunan ini haruslah Anda manfaatkan sebaik-baiknya. Karena Anda tidak hanya akan menambah pahala, tetapi juga meningkatkan kans bahwa orang-orang yang Anda berikan uang atau harta tersebut bisa menjadi pelanggan setia di toko Anda.

 

  • Rezeki yang tidak terduga-duga

Banyak ahli agama yang menjelaskan bahwa harta yang Anda miliki tidak akan berkurang hanya karena Anda bersedekah. Maksudnya, harta yang Anda miliki akan diberkahi dan terhindar dari bahaya. Kemudian, meskipun jumlahnya berkurang, sedekah yang Anda keluarkan juga akan menjadi pintu rezeki di masa yang akan datang. Dalam perspektif bisnis, ini kurang lebih sama dengan berinvestasi.

Ketika Anda “menitipkan” uang yang Anda miliki kepada orang lain untuk mereka makan atau melakukan hal positif, tentu saja dampak yang ditimbulkan dari kiprah orang tersebut juga akan terasa bagi pribadi Anda sendiri. Siapa yang tahu, ternyata orang tersebut jauh lebih sukses dari segi bisnis dan ia berniat untuk menanamkan modalnya untuk bisnis Anda? Sama-sama untung, bukan? Anda tidak hanya mendapatkan suntikan dana, tetapi juga menyambung tali persaudaraan yang jauh lebih erat dengan orang tersebut.

 

  • Menjadikan Anda semakin bersyukur

Saat Anda bersedekah, akan ada perasaan senang ketika Anda bisa berbagi dengan orang lain yang membutuhkan. Melihat orang lain juga bahagia atas bantuan yang diberikan merupakan salah satu hal yang bisa membuat Anda semakin bersyukur karena bisa membantu mereka. Mengapa demikian? Dengan memberikan sebagian harta Anda, Anda menjadi sadar bahwa harta yang Anda miliki tidaklah seberapa.

Ketika Anda menitipkan harta Anda tersebut kepada orang lain, Anda melihat betapa senangnya perasaan dia. Dengan berbagi perasaan senang seperti ini, Anda jadi bisa lebih menghargai hal-hal kecil yang ada di sekitar Anda. Sebagai hasilnya, Anda tidak lagi membanding-bandingkan diri atau harta Anda dengan orang lain karena Anda sudah merasa cukup dengan apa yang Anda miliki sekarang ini.

Dari ketiga keuntungan bersedekah di atas, mungkin sebagian dari Anda sudah tidak sabar untuk langsung ingin bersedekah. Entah itu bentuknya secara tatap muka atau secara online. Nah, jika Anda ingin bersedekah secara online, berikut adalah beberapa aplikasi dan layanan amal online yang bisa Anda manfaatkan.

 

1. Go-Tix dari GO-JEK

Kalau selama ini Anda memanfaatkan Go-Tix untuk membeli tiket bioskop saja, kini lewat menu yang ada di Go-Tix Anda bisa bersedekah. Cukup dengan membuka menu Go-Tix, dan pilih bagian Ramadan Donation. Di sana akan terdapat empat lembaga yang bisa Anda pilih untuk berdonasi. Di antaranya Rumah Zakat, Baznas, WeCare.id, dan Perbaikan Gizi Anak Negeri Bersama UNICEF.

Jadi, sekarang, ketika mau pesan tiket nonton, Anda bisa juga memilih untuk berdonasi sesuai dengan jumlah nominal yang Anda inginkan. Anda tidak pernah tau bahwa harga 1 tiket nonton film yang sudah Anda beli itu, bisa berharga 1 atau 2 piring makanan untuk anak-anak yang membutuhkan.

 

2. Zakat Mobile

Ini adalah aplikasi yang diluncurkan oleh salah satu lembaga sedekah di Indonesia, Rumah Zakat. Di sini, Anda tidak hanya bisa sedekah secara online, tetapi juga menghitung kira-kira berapa banyak nominal zakat yang wajib Anda keluarkan.

Dengan fitur ini, tentu saja Anda tidak perlu lagi repot menghitung secara manual berdasarkan tuntunan syariah. Anda tidak perlu mencoret-coret di kertas atau membeli kalkulator terlebih dahulu untuk bersedekah di Zakat Mobile. Cukup klik fitur penghitung ini, dan langsung tembak angka nominal yang ingin Anda sedekahkan. Lebih cepat, lebih mudah.

 

3. Bazis

Bazis, atau Badan Amil Zakat Infaq dan Shadaqah mengeluarkan aplikasinya di Playstore. Layanan ini dibuat khusus untuk warga Jakarta, karena memang basis dari lembaga ini berada di Jakarta. Mengapa Jakarta? Selain karena ibukota Indonesia, di mana hampir seluruh penduduknya dari berbagai suku tinggal, Jakarta adalah salah satu kota yang memiliki jumlah populasi orang papa tertinggi di nusantara.

Yang menariknya, kota metropolitan ini juga menjadi salah satu kota elit dengan populasi kaum kelas menengah paling tinggi. Ini menjadikan Jakarta sebagai pilihan yang tepat untuk menjadikannya sebagai target kota untuk berzakat. Jadi, jika Anda tinggal di luar kota Jakarta, atau bahkan di luar pulau, Anda belum bisa bersedekah melalui aplikasi Bazis. Namun demikian, Anda tetap memiliki pilihan aplikasi bersedekah lainnya, kok.

 

4. Bukalapak

Seperti GO-JEK, Bukalapak juga menyediakan layanan bersedekah online. Melalui fitur BukaZakat, Anda bisa menyumbangkan penghasilan Anda kepada yang membutuhkan. Beberapa lembaga yang sudah bekerja sama di antaranya adalah Dompet Dhuafa, NuCare Lazisnu, Baznas, ACT, dan Rumah Yatim. Dengan berbagai pilihan perusahaaan mitra Bukalapak, tentu Anda bisa memilih sesuai preferensi Anda.

Jika Anda sudah biasa bersedekah melalui Dompet Dhuafa atau Rumah Yatim, Anda tidak perlu memilih perusahaan penyalur zakat lainnya. Tentu saja, kebebasan semacam ini membuat Bukalapak sebagai salah satu marketplace yang unggul dibandingkan marketplace lainnya di Indonesia. Jadi, jika misalnya Anda sedang online window shopping di Bukalapak, Anda juga bisa menyalurkan harta Anda di BukaZakat. Selamat online window shopping! Eh, maksudnya sedekah online!

 

5. Zakat.or.id

Ini merupakan layanan zakat berbasis online yang dimiliki oleh Dompet Dhuafa. Di sini, Anda bisa bersedekah secara online di mana pun dan kapan pun. Tidak hanya menunaikan zakat, melalui zakat.or.id pun Anda bisa menunaikan wakaf dan juga bantuan kemanusiaan yang lain.

Metode pembayaran yang dihadirkan juga bermacam-macam, bisa melalui internet banking melalui Bank Muamalat, kartu kredit, Mandiri e-cash, dan lain sebagainya. Yang menariknya, platform ini juga menyediakan panduan zakat dalam bentuk buku elektronik. Tentu saja, ini bisa menjadi langkah yang tepat bagi Anda yang belum akrab dengan dunia perzakatan.

Yang menariknya juga, platform zakat.or.id ini juga menyediakan layanan konsultasi gratis dengan pakar zakat, dalam hal ini seorang ustaz. Di sana, Anda bisa bertanya langsung dengan ustaz terkait hal apa saja seputar zakat. Dari kendala yang Anda hadapi, strategi menghitung zakat yang tepat, hingga masalah lain yang berhubungan dengan pengelolaan keuangan dalam islam. Dengan fitur seperti ini, tentu saja zakat.or.id bisa Anda andalkan ketika ingin berzakat atau bersedekah.

 

6. PayTren

Aplikasi ini sebetulnya dibuat untuk berbagai macam pembayaran seperti pembelian pulsa, token listrik, tiket pesawat, kereta api, dan lain sebagainya. Namun di dalamnya juga terdapat fitur pembayaran sedekah dan aqiqah. Mitra dari PayTren sendiri akan disalurkan melalui PPPA Darul Quran Nusantara milik Ustadz Yusuf Mansur.

 

7. Kapiler

Aplikasi ini menghubungkan panti asuhan yang terdaftar dengan orang-orang dermawan yang ingin membantu peningkatan kesejahteraan panti asuhan di Indonesia. Karena mungkin, banyak orang yang masih belum aware terhadap kehadiran panti asuhan yang ada di sekitar kita. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mendapatkan informasi mengenai panti asuhan yang terdaftar dan bisa mulai membantu mereka sehingga penyaluran bantuan kepada panti asuhan ini mulai merata.

Itulah tadi beberapa aplikasi sedekah serta alasan mengapa harus bersedekah di bulan Ramadan. Tentunya, kita tidak akan mau melewatkan kesempatan emas yang hanya datang sekali dalam satu tahun ini. Dengan membantu sesama melalui sedekah online, tidak hanya kita menjalin silaturahmi kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan, kita juga membantu keberlangsungan hidup mereka agar lebih baik. Semoga bermanfaat.

Unduh e-book terbaru kami seputar kebiasaan berbelanja pelanggan di bulan Ramadan.

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia