Business Insight COVID-19

Pekerjaan Lebih Lancar Berkat 15 Aplikasi Project Management Terbaik

By Jordhi Farhansyah on April, 16 2020
Jordhi Farhansyah

Musisi yang juga suka nulis.

Pekerjaan Lebih Lancar Berkat 15 Aplikasi Project Management Terbaik - Salah satu cara untuk melihat perkembangan bisnis Anda dapat dilakukan dengan melihat performa tim. Di zaman dulu, untuk melakukan proses tracking maupun memantau langsung hasil pekerjaan dari rekan Anda harus dilakukan dengan bekerja langsung di tempat yang sama atau bertemu langsung dengan rekan Anda untuk membahas perkembangannya.

Baca juga: 5 Tips Mengelola Operasional Bisnis Anda secara Efisien

Namun, kini Anda tidak harus melakukan hal tersebut. Selain tidak efisien karena boros waktu dan tenaga, hal tadi dapat mempengaruhi efisiensi anggaran usaha yang Anda miliki, terlebih jika Anda punya bisnis yang tersebar di banyak lokasi. Saat ini, Anda bisa menggunakan berbagai layanan manajemen proyek atau project management.

Untuk membantu Anda meningkatkan performa tim, kali ini kami akan memberikan beberapa rekomendasi layanan project management yang dapat Anda gunakan. Ini dia 15 aplikasi project management yang bisa mempermudah pekerjaan Anda.

15 Aplikasi Project Management Terbaik untuk Anda

1. Asana

Asana jadi salah satu project management app yang populer dan sangat direkomendasikan untuk Anda. Lewat Asana, Anda bahkan dapat membuka ruang obrolan secara personal atau terbuka.

Fitur ini tentu sangat berguna untuk Anda yang sangat memerlukan komunikasi real-time dan praktis sehingga perlu menghubungi rekan Anda lewat aplikasi lainnya. Selain itu, Anda juga bisa memvisualisasikan target, memantau waktu hingga menetapkan prioritas yang harus dicapai oleh tim. Lengkap bukan?


2. Trello

Trello merupakan salah satu aplikasi project management terbaik yang dapat menunjang kinerja bisnis Anda. Aplikasi gagasan Glitch Inc. ini merupakan aplikasi populer yang banyak direkomendasikan.

Bagaimana tidak, Trello menyajikan fitur board dan card yang dapat membantu Anda dalam merancang rencana kerja, menetapkan target, melakukan pengawasan terhadap suatu pekerjaan, dan koordinasi dengan karyawan. Anda ingin melihat efektivitas dari sistem atau kinerja karyawan? Aplikasi ini bisa jadi jawabannya.


3. Taiga.io

Aplikasi Taiga.io merupakan aplikasi project management yang dapat digunakan secara gratis untuk satu personal project dengan empat kolaborator serta proyek publik tak terbatas.

Baca juga: 7 Manfaat Aplikasi Kasir Excel untuk Segala Jenis Bisnis

Untuk Anda yang ingin menggunakan metode scrum, Taiga.io ini sudah terkenal sebagai aplikasi yang memiliki banyak mode seperti, scrum, kanban, backlog, user stories, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya dari sisi fungsinya saja, jika Anda ingin menggunakan aplikasi dengan user interface yang bagus, Taigo.io wajib jadi pilihan.


4. 2-Plan Project Management Software

Aplikasi project management yang satu ini juga gratis. 2-Plan Project Management Software ini memiliki tiga rangkaian aplikasi yaitu, 2-Plan Desktop, 2-Plan Team, dan Work 2-gether yang ketiganya memiliki fungsi masing-masing.

Dengan 2-Plan Team ini, Anda bisa dengan mudah berkoordinasi dengan tim walau tim Anda sedang tidak berada di kantor. Selain itu, Anda juga bisa memantau berapa lama waktu yang dibutuhkan tim Anda menyelesaikan sebuah pekerjaan. Lengkap dan detail bukan?


5. Zoho Projects

Anda memiliki banyak tim? Jika iya, Zoho Projects akan menjadi aplikasi project management yang tepat untuk Anda. Dengan Zoho Projects, Anda dapat memiliki sebanyak mungkin pengguna serta tidak ada batasan fungsi walau Anda menggunakan versi gratis.

Selain dapat mengatur tugas atau capaian-capaian yang rumit, Zoho Projects juga mempermudah Anda untuk membuat laporan yang rinci bahkan lengkap dengan 50 template yang dapat Anda gunakan.


6. MeisterTask

Dengan MeisterTask Anda bisa memaksimalkan kinerja karena aplikasi project management ini dapat digunakan di iPhone maupun iPad serta dapat diintegrasikan ke penyimpanan online seperti Dropbox hingga Google Drive.

Lewat aplikasi ini, Anda dapat memantau durasi waktu, issue tracking, dan kolaborasi dengan sesama pengguna baik internal maupun eksternal perusahaan.

Tidak hanya dari segi pekerjaan saja, dengan aplikasi ini Anda juga bisa menggunakan fitur kolaborasi yang memudahkan Anda memberikan komentar dan menyukai tugas karyawan Anda, sehingga memberikan apresiasi kepada tim jadi lebih mudah.


7. Wrike

Soal aplikasi project management yang paling mudah untuk dipelajari, pemenangnya jatuh kepada Wrike. Tidak hanya dari segi kemudahan dalam menggunakan, aplikasi yang satu ini juga unggul dari segi penyimpangan yang mencapai 2GB. 

Baca juga: 8 Aplikasi yang Bikin Kerja dari Rumah Lebih Efektif

Wrike dianggap semakin bersahabat karena dapat dengan bebas digunakan lima orang dan dapat diintegrasikan ke penyimpanan berbasis cloud seperti Dropbox, Google Drive, dan sebagainya. Untuk berkomunikasi juga Anda tidak perlu khawatir, karena Wrike menyediakan fitur yang dapat memudahkan Anda untuk menghubungi rekan kerja saat itu juga.

8. Orangescrum

Selanjutnya ada Orangescrum yang dapat memberikan dasar manajemen proyek bagi agile software development dan pengelola sumber daya.

Anda akan merasa nyaman menggunakan aplikasi yang satu ini karena fitur-fiturnya yang dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Misalnya, Anda bisa menggunakan tampilan Kanban, gantt chart, dan kelompok status tugas. Tidak perlu khawatir terkait penyimpanan, Orangescrum juga memudahkan Anda untuk mengintegrasikan penyimpangan cloud melalui Google Drive maupun Dropbox di mode gratis.

9. Freedcamp

Anda sedang dalam rencana untuk memperbesar bisnis? Freedcamp bisa jadi aplikasi yang tepat untuk membantu Anda mengatur proyek yang sedang berjalan.

Punya cakupan yang besar, Freedcamp punya versi gratis yang durasinya cukup lama dan biaya upgrade-nya pun cukup murah.

Dengan Freedcamp Anda dapat melakukan pelacakan waktu, dan pembuatan template serta faktur. Untuk Anda pengguna iOS juga tidak perlu khawatir, karena Freedcamp sudah mengembangkan situs webnya untuk penggunaan seluler melalui sistem operasi iOS. Pebisnis yang menggunakan iPhone pasti senang dengan aplikasi ini.


10. Quip

Anda ingin membuat rencana kerja, laporan kebutuhan lainnya hingga rencana keuangan sekaligus dalam satu aplikasi project management? Semua bisa Anda lakukan jika Anda menggunakan Quip sebagai aplikasi manajemen proyek Tim Anda.

Selain untuk mengatur rencana dan laporan kinerja tim, Quip juga bisa digunakan untuk berkoordinasi langsung dengan tim lewat fitur chat untuk mengetahui progress dari tim secara real-time. Aplikasi yang satu ini dapat Anda akses tidak hanya lewat aplikasi di desktop namun juga melalui web.

11. Timelinr

Aplikasi project management yang satu ini bisa dibilang punya desain user interface yang sangat memanjakan mata.

Tampilannya hadir dengan warna yang gelap mengingatkan kita dengan versi dark mode yang saat ini banyak dikembangkan berbagai aplikasi. Sesuai dengan namanya, dengan Timelinr, Anda dapat mengatur timeline sekaligus tugas setiap anggota.

Untuk Anda yang ingin mencobanya, Anda bisa menyesuaikan aplikasi ini dengan jumlah anggota tim Anda. Tidak perlu khawatir, Anda juga bisa mencoba trial version-nya selama dua minggu. Menarik bukan?

12. Milanote

Bisa dibilang Milanote adalah salah satu project management yang banyak digunakan oleh anak-anak muda yang terjun ke dunia bisnis maupun para pebisnis yang terjun di dunia startup.

Tampilannya yang terlihat seperti board kosong membuat Anda maupun tim Anda dapat dengan bebas mengisinya dengan tag, gambar, notes, dan masih banyak lagi. Dengan sistem artboard ini, Anda dapat membagikan artboard Anda dengan tim lainnya maupun sebaliknya.


13. Bitrix24

Bitrix bisa jadi aplikasi project management yang lengkap dan punya predikat mudah digunakan. Dengan tampilannya yang menyerupai media sosial, membuat aplikasi yang satu ini menjadi mudah digunakan.

Salah satu fungsi utama dari Bitrix24 adalah melakukan manajemen waktu sekaligus perencanaan. Namun, tidak hanya berhenti di situ, Bitrix24 memiliki fitur lainnya seperti tampilan Gantt chart, pilihan tugas berlapis, bahkan hingga perencanaan beban kerja setiap karyawan.

Baca juga: 10 Aplikasi Video Conference Terbaik yang Bikin Work From Home Jadi Lebih Lancar

Dengan Bitrix24, Anda juga bisa dengan mudah melakukan koordinasi dengan tim Anda lewat ruang obrolan real-time. Ingin berbagi dokumen? Tidak perlu khawatir, Bitrix24 menyiapkan 5GB yang bisa Anda gunakan setiap bulannya.


14. Slack

slack - Slack, Tools untuk Komunikasi Bisnis yang Lebih Efisien

Fitur utama Slack yang paling banyak digunakan adalah ruang obrolan yang mempermudah koordinasi antar Tim sekaligus melakukan monitoring.

Baca juga: Slack, Tools untuk Komunikasi Bisnis yang Lebih Efisien

Dengan Slack Anda dapat dengan mudah berbagai dokumen ke sesama pegawai. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fitur tag, pada setiap project untuk memudahkan Anda dalam mencari project di masa depan. Seperti aplikasi lainnya, Slack tidak hanya bisa digunakan lewat aplikasi baik desktop maupun smartphone saja, tetapi juga melalui situs web.

15. Google: Google Drive, Google Keep, maupun Google Tasks

Sebelum 14 aplikasi di atas, Google telah lebih dahulu hadir dengan berbagai produk yang dapat membantu Anda mempermudah mengatur proyek yang sedang dikembangkan dalam bisnis Anda.

Anda bisa menggunakan Google Drive sebagai penyimpanan laporan penting yang dapat dibagikan dengan anggota Tim, atau Google Keep sebagai sticky notes yang terintegrasi dengan akun Google Anda.

Lalu Anda juga bisa menggunakan Google Task untuk mengatur tugas yang dapat diintegrasikan dengan Google Calendar dan memastikannya agar tidak terlewat. Praktis kan?

Nah, itu dia 15 aplikasi project management yang bisa mempermudah pekerjaan sekaligus untuk memantau performa tim Anda. Bagaimana, sudah pernah mencoba yang mana?

Jangan lupa, apabila 15 aplikasi di atas bisa mempermudah project management Anda, untuk urusan mencatat penjualan hingga menganalisis performa bisnis, serahkan saja semuanya pada aplikasi kasir Moka.

Tidak hanya dapat memberikan Anda kemudahan dari segi pelaporan, dengan Moka, Anda juga bisa mengukur efisiensi pelayanan bisnis Anda. Pastikan Anda selalu memilih fitur yang memenuhi kebutuhan bisnis Anda ya!

Aplikasi Kasir Moka POS untuk Coffee Shop

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia