Business Insight Focus

6 Tips Memilih Aplikasi Penjualan Terbaik untuk Bantu Bisnis Anda

By Rani Mutiara Hati on October, 11 2019
Rani Mutiara Hati

Percaya "kata" dan "tulis" adalah dua hal kecil yang dapat mengubah dunia.

6 Tips Memilih Aplikasi Penjualan Terbaik untuk Bantu Bisnis Anda - Sebagai seorang pelaku bisnis, tujuan utama mendirikan sebuah usaha adalah untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya dan memperkecil peluang terjadi risiko yang dapat menimbulkan kerugian.

Terlebih lagi sekarang ini, teknologi telah menjadi bagian penting dari bidang usaha apapun. Contohnya saja aplikasi penjualan yang semakin banyak digunakan untuk membantu proses transaksi jual beli.

Baca Juga: Teknologi untuk Mengembangkan Usaha Kecil Menengah

Namun, pernahkah terlintas di pikiran Anda untuk berinvestasi pada sebuah aplikasi penjualan? Jika iya, maka Anda sebagai pemilik bisnis mulai menyadari akan kebutuhan untuk mempercepat proses dan meningkatkan akurasi penjualan.

Untuk itu, Anda harus mengetahui bagaimana cara memilih aplikasi penjualan terbaik, yang sesuai dengan bisnis Anda. Namun sebelumnya, perlu dipahami terlebih dahulu mengenai apa itu aplikasi penjualan.

Baca Juga: Apa Itu Aplikasi Pembukuan Toko dan Bagaimana Memilihnya?

6 Tips Memilih Aplikasi Penjualan Terbaik untuk Bantu Bisnis Anda

Apa itu aplikasi penjualan?

mengetahui laporan penjualan lewat aplikasi kasir

Aplikasi penjualan atau disebut juga sebagai Point of Sale (POS) adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk membantu proses transaksi jual beli secara langsung.

Baca Juga: Definisi dan Fungsi dari Point of Sale (POS)

Bila sebelumnya transaksi di kasir diproses secara manual, yang mana memakan waktu cukup lama dan rentan kesalahan, maka dengan adanya POS ini, seluruh transaksi tersebut dapat diproses secara instan dengan cepat.

Karena POS ini merupakan aplikasi yang sudah bisa dioperasikan di tablet atau smartphone, jadi Anda tidak lagi memerlukan perangkat seperti komputer atau mesin kasir.


Lalu, tipe bisnis apa saja yang membutuhkan aplikasi ini?

menjadi pebisnis di usia muda (1)

Saat ini sistem POS semakin mudah ditemui di berbagai toko retail, kedai kopi, restoran, apotek, minimarket, salon, dan jenis bisnis lainnya.

Memang pada dasarnya di zaman modern seperti sekarang ini, semua jenis bisnis membutuhkan aplikasi penjualan.

Baca Juga: 6 Strategi Meningkatkan Penjualan Bisnis Layanan Profesional Anda

Bukan karena sekadar untuk ikut-ikutan modernisasi atau agar tidak dikatakan ketinggalan zaman, melainkan untuk efektivitas dan efisiensi bisnis itu sendiri.

Coba bayangkan, Anda hanya perlu melakukan investasi pada sebuah aplikasi penjualan, dan Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan, mulai dari segi waktu, tenaga, hingga finansial.


Bagaimana memilih aplikasi penjualan terbaik untuk bisnis Anda?

Tips Sukses Bisnis Kopi Susu Kekinian Ala Kopi Kulo (2)

Dengan semakin maju dan berkembangnya teknologi seperti sekarang ini, sudah tentu banyak aplikasi penjualan yang menawarkan berbagai macam fitur dan kemudahan, sehingga Anda pun memiliki banyak opsi untuk memilih.

Download E-book: Revolusi Aplikasi Kasir untuk Keberlanjutan Usaha di Indonesia

Namun perlu diketahui, bahwa dalam memilih sebuah aplikasi penjualan, Anda memikirkannya secara matang terlebih dahulu.

Karena bisa saja, aplikasi penjualan yang ditawarkan kepada Anda, nyatanya tidak cocok digunakan untuk operasi bisnis milik Anda.

Maka dari itu, untuk memilih aplikasi penjualan mana yang terbaik untuk bisnis Anda, beberapa tips berikut sebaiknya perlu Anda perhatikan.

1. Lakukan riset terlebih dahulu

riset dan membuat perencanaan yang matang untuk bisnis

Hal pertama yang perlu Anda lakukan dalam menentukan aplikasi penjualan mana yang akan digunakan adalah dengan melakukan riset terlebih dahulu. Riset yang dimaksud adalah riset terhadap pengembang software

Ketika ada yang menawarkan kepada Anda untuk menggunakan sebuah aplikasi penjualan tertentu, maka Anda harus mencari tahu terlebih dahulu perusahaan mana yang mengembangkan aplikasi tersebut.

Cari tahu juga sudah berapa lama perusahaan tersebut berdiri, jumlah klien yang sudah dilayani dan hal lain yang berkaitan.

Baca Juga: 7 Strategi Jitu Memulai Bisnis dengan Modal Kecil

Semakin tinggi kredibilitas yang dimiliki perusahaan tersebut, maka Anda bisa semakin percaya untuk menjadikan perusahaan tersebut sebagai partner.

Banyaknya klien juga bisa Anda jadikan sebagai acuan untuk mengetahui seberapa berpengalamannya perusahaan tersebut dalam menangani perusahaan-perusahaan lain yang merupakan klien mereka.


2. Pilih fitur yang sesuai dengan kebutuhan

mengecek laporan penjualan dari aplikasi kasir gratis

Setiap aplikasi penjualan, tentunya memiliki fitur yang beragam. Fitur-fitur inilah yang nantinya akan membantu Anda dalam melakukan proses transaksi. Untuk itu, mengetahui fitur-fitur yang ada pada aplikasi penjualan tersebut sangatlah penting. 

Baca Juga: 3 Fitur Unggulan Moka yang Menunjang Performa Bisnis Mini Market Anda

Dengan tahu fitur-fitur yang ada pada aplikasi penjualan, Anda dapat memastikan apakah aplikasi penjualan tersebut memang memiliki fitur-fitur yang dibutuhkan untuk menjalankan proses transaksi jual beli yang cepat dan akurat.

Jangan hanya memilih aplikasi penjualan dengan banyak fitur namun fitur tersebut nyatanya tidak sesuai dan akhirnya malah menghambat proses transaksi yang ada. 


3. Temukan aplikasi yang mudah digunakan

memanfaatkan aplikasi kasir untuk memudahkan operasional bisnis (1)

Tak ada gunanya aplikasi penjualan dengan fitur yang lengkap, tapi sulit untuk digunakan oleh karyawan Anda.

Karena tujuan dibuatnya aplikasi penjualan adalah untuk membantu proses transaksi jual beli agar menjadi lebih cepat, maka Anda sebagai pelaku bisnis harus mencari aplikasi penjualan yang mudah untuk digunakan dan memiliki tampilan serta desain grafis yang user-friendly.

Baca Juga: Transaksi Lebih Mudah, Ini Cara Terima Pembayaran lewat OVO di Backoffice

Dengan begitu, karyawan Anda bisa memahami penggunaan aplikasi penjualan tersebut dengan sangat cepat, hanya dalam waktu beberapa menit saja. 


4. Sesuaikan harga

modal kerja - uang

Sebuah aplikasi penjualan, sama halnya seperti produk lain yang diperjualbelikan, yang mana memiliki varian harga antara satu aplikasi dengan aplikasi lainnya.

Untuk itu, pertimbangkanlah keseimbangan harga yang akan Anda bayarkan dengan kualitas atau kelebihan aplikasi penjualan yang akan Anda dapat.

Tidak sedikit aplikasi penjualan yang sebenarnya biasa-biasa saja, namun dipatok dengan harga yang sangat mahal.

Baca juga: 5 Pelajaran Bisnis dari Film Joker yang Bisa Anda Terapkan

Coba carilah program yang memiliki spesifikasi atau kualitas yang baik dengan harga yang terjangkau. Memang untuk mencari kedua hal tersebut sangatlah sulit.

Namun, cobalah untuk mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya mengenai aplikasi penjualan lainnya, mulai dari fitur yang tersedia di dalamnya hingga harga yang ditawarkan.

Siapa tahu Anda akan menemukan aplikasi penjualan yang memiliki fitur yang sesuai dan juga harga yang terjangkau.


5. Penyedia aplikasi yang mudah dihubungi

menjalani bisnis bersama teman

Yang namanya perangkat lunak sudah pasti akan ada kalanya mengalami kerusakan. Seperti aplikasi yang mendadak tak bisa berjalan, ada fitur tertentu yang tiba-tiba tidak bisa diakses, atau sejumlah keluhan lainnya yang pastinya membutuhkan penanganan segera.

Maka dari itu, salah satu hal penting yang perlu Anda perhatikan adalah pastikan bahwa pihak penyedia aplikasi bisa dihubungi kapan saja.

Baca juga: Kisah 10 Pengusaha Sukses yang Memulai Bisnis Mereka dari Nol

Tidak lupa juga perhatikan kecepatan respon dari penyedia aplikasi penjualan tersebut ketika Anda menghubungi mereka saat ada masalah.

Jika respon yang diberikan baik dan cepat, itu artinya Anda sudah memilih penyedia aplikasi penjualan yang tepat. 

Jangan sampai Anda memilih penyedia aplikasi yang sulit dihubungi, yang ada, ketika aplikasi penjualan yang sedang Anda gunakan mengalami gangguan, Anda kebingungan untuk mengatasinya, akhirnya bisnis Anda pun terhambat dan pelanggan menjadi tidak puas.


6. Carilah review dari sesama pebisnis

menggunakan pembayaran digital dan mendukung cashless society - karyawan bisnis

Untuk semakin meyakinkan diri Anda bahwa aplikasi kasir yang Anda pilih adalah yang terbaik, cobalah cari review dari sesama pebisnis mengenai aplikasi penjualan tersebut.

Selain untuk lebih meyakinkan diri terhadap pilihan Anda, hal ini juga memberikan informasi yang lebih detail dan berharga menyangkut aplikasi penjualan tersebut, yang mungkin saja tidak bisa Anda dapatkan di tempat lain.

Pada dasarnya, banyak hal yang harus Anda perhatikan dan pertimbangkan dalam memilih aplikasi penjualan yang tepat.

Namun, selain 6 tips di atas yang bisa Anda coba terapkan untuk memilih aplikasi penjualan terbaik, ada satu langkah mudah yang bisa lakukan, yaitu dengan menggunakan Moka sebagai aplikasi penjualan terbaik untuk bisnis Anda.

Baca juga: Panduan Lengkap Memilih Aplikasi Kasir Terbaik untuk Bisnis Anda

Karena Moka merupakan aplikasi penjualan yang cocok digunakan untuk semua tipe bisnis. Jadi Anda tidak perlu lagi kesulitan mencari aplikasi penjualan yang sesuai dengan tipe bisnis yang Anda jalani. Selain itu, Moka juga memiliki fitur yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. 

Sebagai contoh, ketika bisnis Anda sedang mengalami penurunan penjualan, Anda bisa menggunakan fitur promo yang ada pada aplikasi penjualan Moka untuk membantu Anda meningkatkan penjualan. Ditambah lagi, Moka memiliki tampilan yang menarik dan intuitif, sehingga sangat mudah untuk digunakan.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, coba dan buktikan dengan coba gratis selama 14 hari! Sudah saatnya mengubah semua jadi lebih mudah sehingga Anda bisa fokus mengembangkan bisnis Anda!

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia