Business Insight

Ini Kriteria Wajib Aplikasi Penjualan Barang Terbaik

By Yovita on April, 12 2022

Aplikasi penjualan barang terbaik adalah salah satu tren yang berkembang pesat dan banyak digunakan di berbagai level bisnis. Mulai dari bisnis skala kecil, menengah, maupun yang sudah tumbuh besar. Melalui penggunaan aplikasi penjualan barang terbaik, maka Anda bisa mengelola alur kerja lebih efisien. Dengan begitu, produktivitas pun dapat ditingkatkan secara signifikan.

Lebih dari itu, kemajuan teknologi digital yang semakin cepat mau tidak mau berdampak pada tuntutan pelayanan pelanggan yang lebih baik lagi. Jadi, penggunaan aplikasi penjualan barang pada bisnis Anda juga bisa dimanfaatkan untuk menjawab kebutuhan tuntutan zaman tersebut.


Pentingnya Aplikasi Penjualan Barang Terbaik

aplikasi kasir Moka  5 Alasan Aplikasi Kasir Restoran adalah Kunci Sukses Bisnis Anda

Manajemen penjualan memainkan peran penting dalam pertumbuhan bisnis. Inovasi aplikasi penjualan barang terbaik mampu mencegah masalah-masalah operasional yang bisa terjadi selama menjalankan operasional secara manual. Termasuk adanya kesalahan catatan pembayaran, arus barang yang keluar-masuk, hingga proses transaksi yang menghabiskan waktu lebih banyak. Manfaat yang bisa diperoleh dari penggunaan aplikasi penjualan barang terbaik antara lain:

 

1. Mencegah risiko kehilangan informasi

Kehilangan informasi adalah hal buruk yang harus dihindari oleh setiap pelaku bisnis. Pasalnya, kehilangan informasi penting bisa berdampak pada penurunan nilai dan pendapatan. Dengan menggunakan aplikasi penjualan terbaik, kemungkinan terjadinya kesalahan manusia (human error) dan informasi apa pun bisa diminimalisir. Segala aktivitas penjualan bisnis tercatat dengan baik dalam sistem, sehingga bisa mendukung kelancaran penjualan bisnis itu sendiri.

Baca juga: 7 Manfaat Aplikasi Penjualan untuk Operasional Bisnis Anda

2. Penjualan tercatat akurat dan otomatis

Penggunaan aplikasi penjualan terbaik membantu Anda mencatat penjualan lebih akurat karena data terekam secara otomatis. Dibanding dengan menggunakan mesin cash register, aplikasi penjualan tidak membutuhkan banyak kode untuk dihafalkan.

Menariknya, Anda tidak perlu menyediakan buku catatan khusus untuk menuliskan satu per satu aktivitas penjualan. Proses perhitungan total penjualan pun tidak lagi membutuhkan kalkulator karena sudah dilakukan secara otomatis oleh sistem.

3. Pengelolaan stok bahan baku atau produk lebih mudah

Kemajuan teknologi melalui kehadiran aplikasi penjualan barang terbaik memungkinkan proses pengelolaan stok bahan baku atau produk lebih mudah. Kapan saja dan dari mana saja, Anda bisa mengetahui jumlah stok bahan baku atau produk hingga histori pesanan ke supplier. Jadi, sebagai pelaku bisnis Anda bisa menentukan waktu restock bahan baku dan harganya secara efektif dan efisien.

Baca juga: Supplier Adalah: Cara Kerja dan Perbedaannya dengan Distributor

4. Memberikan laporan penjualan secara real time

Analisis penjualan bisnis sering kali membutuhkan waktu dan tenaga ekstra. Namun, hal tersebut tidak berlaku lagi berkat adanya kemajuan teknologi digital. Aplikasi penjualan barang elektronik mampu memberikan keseluruhan laporan bisnis secara real time.

Artinya, proses analisis performa bisnis bisa dilakukan lebih optimal. Dengan begitu, Anda dapat mengambil keputusan dan menyusun rencana bisnis selanjutnya untuk menghasilkan keuntungan yang lebih besar.


Fungsi Aplikasi Penjualan Barang

Aplikasi penjualan barang terbaik tidak hanya memudahkan Anda dalam manajemen penjualan. Lebih dari itu, melalui aplikasi ini, Anda juga bisa mengatur aktivitas dan melihat kinerja karyawan. Hal ini tidak kalah penting, terlebih kepuasan pelanggan bisa tercapai jika karyawan yang bertugas memiliki kinerja yang baik.

Pengelolaan SDM dalam bisnis bukan perkara mudah, tetapi bisa sangat terbantu melalui kehadiran aplikasi penjualan barang terbaik.

Di sisi lain, fungsi aplikasi penjualan juga bisa dirasakan pelanggan dari kecepatan dan ketepatan proses transaksi. Pelanggan bahkan tidak perlu mengantre terlalu lama untuk menyelesaikan transaksi. Kondisi ini pada akhirnya berpengaruh pada loyalitas pelanggan terhadap bisnis Anda.


Tips Memilih Aplikasi Penjualan Barang Terbaik

tugas kasir - aplikasi kasir Moka (3)

Meski sudah menawarkan banyak manfaat dari aplikasi penjualan barang terbaik, ternyata masih ada pelaku bisnis yang enggan beralih. Alasannya, mereka merasa kesulitan mengoperasikan dan memilih aplikasi POS terbaik untuk bisnis yang dijalankan. Untuk membantu Anda, berikut tips memilih aplikasi penjualan barang terbaik yang bisa Anda perhatikan:

  1. Pelajari dan catat apa yang Anda butuhkan dari pemakaian aplikasi penjualan barang terbaik.
  2. Pilih penyedia aplikasi penjualan yang memiliki berbagai fitur canggih demi mendukung kelancaran usaha.
  3. Pastikan aplikasi penjualan barang terbaik sudah terhubung dengan cloud, sehingga data transaksi terjamin keamanannya.
  4. Pilih aplikasi yang user friendly.
  5. Pilih penyedia aplikasi penjualan barang yang menyediakan jaminan keamanan data pelanggan.
  6. Pastikan perusahaan penyedia aplikasi penjualan barang memiliki reputasi yang baik. 

Baca juga: Point of Sales adalah: Pengertian, Manfaat, dan Rekomendasinya


Pilih Moka POS sebagai aplikasi penjualan barang terbaik untuk bisnis Anda. Moka POS memiliki tampilan menarik dan sangat mudah digunakan. Fitur-fitur yang ditawarkan pun sangat lengkap. Mulai dari fitur dashboard dan laporan, fitur inventaris untuk manajemen stok, hingga fitur promosi.

Tunggu apa lagi? Coba dan buktikan sendiri keuntungan menggunakan aplikasi penjualan barang terbaik yang satu ini. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut tentang Moka POS!

aplikasi kasir resto untuk opersional usaha anda

 

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia