Business Insight Focus

5 Alasan Aplikasi Kasir Restoran adalah Kunci Sukses Bisnis Anda

By Himawan Pradipta on September, 30 2020
Himawan Pradipta

Lead Writer di Moka Indonesia

5 Alasan Aplikasi Kasir Restoran adalah Kunci Sukses Bisnis Anda - Dalam menjalankan bisnis kuliner, terutama restoran, ada banyak variabel yang menyumbang kesuksesan bisnis. Hal pertama yang bikin usaha Anda laris manis tentu saja dari cita rasa menu yang Anda sajikan. Ketika pelanggan sudah menyukai menu Anda, akan sangat mungkin mereka akan kembali membeli di restoran Anda.

Hal selanjutnya ialah dari kualitas layanan yang diberikan. Tentu, para pemilik restoran harus menyuguhkan layanan terbaik yang membuat restoran Anda selalu diingat oleh pelanggan. Dengan demikian, pelanggan pun tak akan segan untuk mempromosikan usaha Anda ke rekan-rekan mereka.

Hal lain yang tak kalah menarik ialah pentingnya memiliki aplikasi kasir restoran yang dapat memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis sehari-hari. Mulai dari penerimaan pesanan, pencatatan transaksi, hingga pembayaran tunai dannon-tunai.

Bagi Anda bertanya-tanya, setidaknya ada lima alasan kenapa aplikasi kasir restoran mampu jadi kunci kesuksesan usaha F&B Anda. Yuk, simak bersama!

Baca Juga: Alasan Mengapa Anda Membutuhkan POS untuk Restoran Anda

5 Alasan Aplikasi Kasir Restoran adalah Kunci Sukses Bisnis Anda

1. Sangat membantu Anda menjaga inventaris bahan baku

bahan baku segar - sayur-sayuran (2)

Dalam menjalankan bisnis restoran, tentunya Anda perlu mengetahui dengan betul berapa bahan baku yang Anda beli pertama kali, berapa banyak yang telah digunakan, dan berapa banyak yang masih tersisa. Jumlah ini mungkin masih disepelekan oleh beberapa orang.

Namun, hal ini sedikit banyak menentukan seberapa mampu restoran Anda untuk bertahan serta berapa keuntungan yang bisa Anda raih. Dengan aplikasi kasir restoran yang mutakhir, Anda bisa mengetahui seluruh inventori tersebut dengan lebih detail dan up-to-date, sehingga bisa memantau berapa modal yang terpakai.

Baca Juga: Laporan Inventaris Bahan Baku Lebih Akurat dengan Ingredient Inventory


2. Aplikasi kasir restoran mampu meningkatkan kecepatan layanan

menerapkan physical distancing ketika berada di restoran

Perkasiran konvensional yang belum berbasis digital akan membuat pelayanan kepada pelanggan lebih lama. Sebab, ada banyak langkah yang harus ditempuh terlebih dahulu.

Misalnya, kasir harus mengetik kode produk yang dibeli oleh konsumen atau bahkan harus merekap penjualan selama satu hari secara manual.

Dengan keterbatasan manusia, kesalahan dalam memasukkan data bisa saja terjadi. Belum lagi kalau petugas kasir tidak ingat dengan kode produk, sehingga harus mengecek daftarnya kembali.

Oleh karena itu, Anda harus memilih aplikasi kasir restoran yang dilengkapi dengan antarmuka berbasis gambar dan teks, layaknya aplikasi di smartphone. Dengan beberapa sentuhan jari, pesanan konsumen pun sudah bisa langsung diproses oleh bagian kitchen.

Baca Juga: Kembangkan Bisnis Lebih Cepat dengan Memperbanyak Karyawan


3. Membuat pelanggan lebih setia

bekerja di kedai kopi - barista sedang membuat kopi - barista sedang melayani pelanggan

Membangun bisnis restoran sejatinya merupakan membangun sebuah relasi dengan pelanggan. Untuk itu, Anda harus dapat membuat konsumen merasa restoran Anda bukan hanya menawarkan menu lezat saja, tetapi juga rasa penghargaan layaknya kerabat.

Salah satunya adalah dengan memberikan reward atau promo-promo menarik kepada pelanggan setia. Kalau menggunakan aplikasi kasir restoran lama, proses ini akan sulit dilakukan.

Baca Juga: 4 Cara Ampuh Pertahankan Pelanggan Setia Bisnis Anda


4. Menyajikan analisis laporan penjualan

analisis laporan penjualan

Bisnis apapun tentunya membutuhkan analisis laporan penjualan. Baik itu harian, mingguan, atau bulanan.

Dengan adanya analisa laporan penjualan, Anda jadi bisa menilai menu apa saja yang paling laku dan mana yang tidak. Anda juga bisa mengetahui kapan peak hour restoran Anda. Dengan demikian, Anda pun jadi bisa merumuskan strategi penjualan dan promosi-promosi menarik.

Baca juga: Mengenal Mesin Kasir dan Perkembangannya Hingga Sekarang


5. Tidak ada lagi salah antar pesanan

pelanggan menggunakan masker ketika mengambil online delivery dari gofood

Insiden salah antar, baik itu salah menu atau salah meja, cukup memalukan dan mengganggu kenyamanan pengunjung. Kesalahan antar ini bisa jadi karena kesalahan input di kasir.

Dengan aplikasi aplikasi kasir digital seperti Moka, Anda bisa input pesanan dengan lebih akurat berkat antarmuka yang sederhana.

Anda juga bisa mengatur meja yang tersedia di restoran Anda berkat adanya fitur Table Management. Fitur ini menghadirkan tata letak meja restoran Anda, kapasitas meja, dan jumlah pengunjung yang mengisinya.

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh Moka bukan hanya itu saja. Sebab, Moka juga bisa digunakan untuk mencatat inventaris, membuat reward untuk pelanggan setia, dan menyajikan analisis laporan penjualan.

Dengan antarmuka yang sederhana, Anda dan staf pun tidak akan kesulitan dalam menggunakannya. Jadi, sebelum Anda membangun bisnis restoran, sebaiknya mulai saja dulu bersama Moka.

Itu dia lima alasan kenapa aplikasi kasir restoran jadi kunci keberhasilan bisnis restoran Anda. Jika Anda tertarik untuk menggunakan Moka lebih lanjut, Anda bisa mempelajarinya terlebih dahulu di sini.

Ingin mencoba aplikasi kasir Moka secara gratis selama 14 hari? Daftarkan diri Anda untuk mengikuti sesi demo berama Moka dan dapatkan penawaran spesial dari kami. Klik banner di bawah ini, yuk!

New call-to-action

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia