Business Insight

10 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Foto Produk Anda

By Rani Mutiara Hati on March, 30 2020
Rani Mutiara Hati

Percaya "kata" dan "tulis" adalah dua hal kecil yang dapat mengubah dunia.

10 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Foto Produk Anda - Di era digital seperti sekarang ini, melakukan pemasaran melalui internet dan sosial media merupakan strategi paling ampuh yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan.

Tampilan yang menarik dan konten pemasaran yang berkualitas akan menjadi daya tarik yang kuat untuk orang melihatnya. 

Bagi Anda pebisnis terutama pemilik bisnis online shop, kebutuhan akan gambar atau foto produk yang bagus dan menarik tentu sangatlah penting.

Baca juga: Slack, Tools untuk Komunikasi Bisnis yang Lebih Efisien

Itu sebabnya proses editing foto atau gambar bisa menjadi hal yang wajib untuk dilakukan. Dengan begitu konten pemasaran yang akan Anda tampilkan di internet atau akun sosial media akan menjadi terlihat berkualitas dan lebih menarik perhatian orang untuk berkunjung dan membeli produk Anda. 

Baca Juga : 9 Cara Meyakinkan Konsumen Agar Mau Membeli Produk Anda

Untuk melakukan editing foto dibutuhkan kreativitas yang tinggi dan aplikasi edit foto yang mumpuni. Sekarang ini sudah banyak tersedia aplikasi edit foto terbaik yang tidak hanya bisa membuat foto produk Anda menjadi lebih bagus dan menarik, tetapi juga mudah untuk Anda gunakan. 

Berikut ini 10 aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mengedit foto atau gambar produk Anda agar jadi lebih menarik dan menjual. 

10 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Foto Produk Anda

1. Snapseed

Aplikasi Edit Foto Terbaik - snapseed

Jika Anda menginginkan sebuah aplikasi edit foto terbaik yang tidak memakan space berlebih, maka Snapseed adalah jawabannya. Aplikasi buatan Google ini merupakan salah satu aplikasi editing terbaik untuk mobile yang sudah diunduh oleh lebih dari 50 juta pengguna Android maupun iOS. 

Baca Juga : 4 Cara Branding Produk Sehingga Dikenal Konsumen

Snapseed memiliki banyak fitur untuk edit foto. Mulai dari crop, tune images, curves, tonal contrast, dan berbagai tools lainnya.

Terdapat tiga fitur utama dari Snapseed, yang pertama adalah fitur filter canggih, seperti Healing yang merupakan fitur untuk menghapus objek yang tidak diinginkan pada gambar. 

Yang kedua adalah fitur Kuas yang digunakan untuk memoles eksposur, saturasi, pencahayaan, atau warmth.

Yang ketiga adalah fitur HDR Scape yang dapat membuat tampilan foto produk menjadi lebih memukau dengan menciptakan beberapa eksposur. Penggunaan aplikasi Snapseed untuk mengedit foto, akan membuat foto produk Anda terlihat lebih profesional. 


2. Pic Collage

pic colage - aplikasi edit foto

Anda pasti memiliki banyak foto produk yang ingin Anda bagikan di sosial media agar konsumen tertarik untuk membeli. Daripada hanya mempostingnya satu per satu, Anda bisa mencoba membuat kolase foto dari beberapa foto produk yang Anda miliki. 

Baca Juga : Membuat Kemasan Produk Menarik dan Menjual

Pic Collage, aplikasi edit foto terbaik ini dapat membuat kolase dengan fitur lengkap. Terdapat tiga jenis kolase yang bisa Anda buat dengan aplikasi ini, yaitu grid, template, dan freestyle.

Selain untuk kolase, Pic Collage juga memiliki fitur untuk mengedit foto seperti menambahkan teks, stiker, dan coretan, kemampuan mengambil video dari YouTube, serta mengunduh gambar dari beragam situs web untuk dijadikan latar belakang kolase.

Aplikasi Pic Collage tersedia untuk mobile dengan sistem operasi Android maupun iOS, serta desktop yang menggunakan sistem operasi Windows. 


3. VSCO

Aplikasi Edit Foto Terbaik - vsco

Bagi Anda para pemilik online shop yang memanfaatkan instagram sebagai media promosi dan jualan, pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi edit foto terbaik bernama VSCO.

Aplikasi ini sangat populer digunakan karena memiliki keunggulan yang memungkinkan Anda untuk menjepret foto dan menggunakan filter dengan warna yang menarik, sebelum mengunggahnya ke sosial media.

Baca Juga : 11 Tren Media Sosial 2020 yang Wajib Anda Catat!

Aplikasi VSCO memiliki fitur untuk penyesuaian warna, kontras, kejelasan, saturasi, bayangan, temperatur, dan warna kulit.

Namun di dalam aplikasi ini terdapat berbagai macam preset yang bisa digunakan untuk memudahkan Anda dalam menghasilkan foto produk yang sederhana, tapi memiliki daya tarik lebih bagi konsumen yang melihatnya.

Sementara itu, aplikasi VSCO dapat Anda gunakan pada mobile atau smartphone dengan sistem operasi Android maupun iOS. Jadi, aplikasi ini memang sangat pas untuk digunakan oleh Anda para pemilik bisnis, terutama bagi Anda yang menjalankan bisnisnya secara online.


4. Fotor

Aplikasi Edit Foto Terbaik - fotor

Jika Anda menginginkan aplikasi edit foto terbaik dengan kualitas profesional dan memakan space tidak di smartphone Anda, maka Fotor merupakan jawabannya. Oleh karena itu Fotor dianggap sebagai Photoshop lite yang memiliki kualitas edit foto yang profesional dan mudah digunakan.  

Baca Juga : 6 Strategi Meningkatkan Penjualan Bisnis Layanan Profesional Anda

Fotor menyediakan fitur mengedit foto, membuat kolase dan desain grafis. Jadi, selain memaksimalkan kualitas foto produk, Anda juga dapat membuat desain untuk promosi produk Anda.

Di sisi lain, Fotor juga menyediakan fasilitas edit foto secara online yang terdiri dari Photo Editing (Adjust color, size, light, dan lain-lain), Photo Effects dan Potrait Retouching.

Aplikasi ini terdiri dari 2 macam yaitu berbayar dan gratis. Untuk yang berbayar Anda akan diberi fasilitas konten premium, tanpa iklan, dan fasilitas penyimpanan yang besar di Fotor Cloud. Untuk mendapatkan aplikasi ini, Anda bisa mengunduh melalui Play Store, App Store dan website, sehingga Anda dapat menggunakan Fotor di perangkat apapun.


5. Lightroom

adobe light room - aplikasi edit foto

Sesuai dengan namanya, Lightroom lebih dimaksudkan untuk mengedit cahaya dan warna pada foto. Aplikasi ini sebenarnya merupakan versi mobile dari Adobe Photoshop dan dapat dioperasikan pada sistem operasi Android maupun iOS.

Terlebih lagi, Lightroom juga dianggap sebagai salah satu aplikasi edit foto terbaik karena mampu mengubah foto standar hasil telepon genggam terlihat seperti karya fotografi.

Baca Juga : Pentingnya Konten Kreatif untuk Meningkatkan Brand Awareness Bisnis

Selain memiliki banyak tools yang dapat memberikan kemampuan untuk mengubah setiap detail pada gambar, di dalam Lightroom juga terhadap built in camera dengan mode profesional yang memberikan penggunanya kontrol seperti shutter speed, white balance, dan ISO.

Salah satu fitur unik dari aplikasi ini adalah Creative Cloud Photography Plan, yang bermanfaat seperti mensinkronkan hasil edit foto ke device manapun, sehingga hasil edit dapat diakses kapan saja dan di mana saja.

Meskipun fiturnya tidak selengkap Photoshop, tetapi penggunaannya bisa dikatakan jauh lebih mudah. Hal ini sangat menguntungkan bagi Anda yang baru mempelajari editing dalam upaya menciptakan foto produk yang lebih menjual.


6. Pixlr

pixlr - aplikasi edit foto

Meskipun cenderung baru, aplikasi edit foto terbaik ini memiliki keunggulan dengan menawarkan fitur-fitur seperti sammrter tools, faster editing time, dan easier content creation. Yang mana fitur tersebut bisa memudahkan Anda mengedit foto produk dalam waktu singkat dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga : Bagaimana Meningkatkan Brand Value Bisnis agar Penjualan Melesat?

Pixlr juga menyediakan edit foto secara online dengan 2 pilihan, yaitu advanced E atau playful X. Selain itu aplikasi ini memiliki 3 produk editing, yaitu Pixlr mobile untuk Android dan iOS, serta Pixlr X dan Pixlr E untuk desktop.

Perbedaan keduanya, Pixlr X dibuat untuk pemula dan memiliki tools yang mudah digunakan, sedangkan Pixlr E dibuat untuk profesional serta memiliki tools yang lebih lengkap dan detail.


7. Photofy

Aplikasi Edit Foto Terbaik - photofy

Apakah Anda mencari aplikasi edit foto terbaik yang tidak hanya sekadar untuk mengedit foto saja, tapi juga bisa membantu dalam pembuatan konten bisnis?

Jika iya, maka Photofy adalah jawaban yang tepat. Aplikasi ini memiliki semua yang Anda butuhkan untuk membuat foto yang indah dan profesional langsung dari perangkat seluler Anda. Sayangnya Photofy hanya tersedia untuk perangkat seluler berbasis Android saja. 

Di sisi lain, dengan Photofy Anda bisa melakukan pengeditan foto yang dapat mengubah foto Anda menjadi komposisi yang mendetail, serta membuat kolase dari beberapa gambar.

Ada banyak fitur pengeditan yang bisa Anda gunakan dalam aplikasi ini, mulai dari fitur untuk memangkas dan memindahkan gambar, menerapkan filter seperti Instagram, hingga menambahkan teks, bingkai, atau stiker dari ribuan koleksi yang ada. 

Baca Juga : Tips Membuat dan Contoh Daftar Menu untuk Bisnis Kuliner

Selain itu untuk membuat kolase dengan Photofy, Anda hanya memerlukan beberapa detik saja. Yang harus Anda lakukan adalah memilih pola dan jumlah gambar yang ingin Anda gunakan, kemudian menyusunnya sesuai keinginan.

Setelah selesai Anda bisa menyimpannya ke dalam ponsel atau membaginya langsung di jejaring sosial mana pun yang terpasang di ponsel Anda.


8. Canva

canva - 10 Aplikasi Edit Foto Terbaik untuk Foto Produk Anda

Aplikasi edit foto terbaik yang satu ini tidak hanya bisa digunakan di web, tetapi juga di smartphone berbasis sistem operasi Android maupun iOS. Canva sengaja dirancang untuk menjadi situs dan aplikasi yang mudah digunakan oleh setiap orang, bahkan mereka yang sama sekali belum dan tidak mengenal dunia desain dan edit foto.

Dengan Canva Anda bisa membuat berbagai macam desain, mulai dari selebaran, pamflet, poster, spanduk, logo, banner, undangan kartu nama, logo, hingga desain untuk keperluan sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram, Blog, dan Website.

Baca Juga : 8 Trik Menggunakan Gim untuk Tingkatkan Engagement Media Sosial Bisnis

Selain itu, Canva menyediakan lebih dari 60 ribu template yang didesain secara profesional yang bisa Anda gunakan secara gratis.

Sebagai tambahan, template yang disediakan tidak hanya dapat digunakan untuk feed Instagram saja, tapi juga bisa untuk membuat Instagram story. Jadi, Anda tidak perlu mendesain dari awal, cukup pilih template kemudian edit sesuai keinginan.


9. PicsArt

Aplikasi Edit Foto Terbaik - pixart

Dapat dikatakan bahwa PicsArt merupakan aplikasi edit foto terbaik nomor satu di smartphone. Aplikasi yang dapat digunakan pada sistem operasi Android maupun iOS ini telah diunduh oleh lebih dari 500 juta pengguna.

Alasan utama aplikasi ini banyak dipakai adalah karena PicsArt mudah digunakan dan memiliki fitur yang sangat lengkap. Mulai dari bolders, clipart, collages, crop, frame, rotate, hingga text effect.

Baca Juga : Cara Desain Menu Makanan untuk Tingkatkan Profit Bisnis Kuliner

Untuk pengeditan foto dengan menggunakan PicsArt, Anda bisa membuat cutout, pemotongan, peregangan, cloning, penambahan teks dengan ratusan font pilihan dan penyelarasan kurva.

Selain itu, PicsArt juga memiliki koleksi lengkap filter foto artistik, seperti HDR, framw, latar belakang, border dan masih banyak lagi. Semua fitur untuk edit foto ini memiliki mode kuas untuk memperlembut dan menerapkan bagian tertentu pada foto produk Anda. 


10. Photoshop

Aplikasi Edit Foto Terbaik - adobe photoshop

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi Photoshop? Hampir semua orang mengenal salah satu produk keluaran dari Adobe ini. Photoshop dianggap sebagai market leader untuk aplikasi editing, karena mulai dari fotografer baik pemula maupun profesional, hingga perusahaan di bidang iklan menggunakan aplikasi ini.

Baca Juga : Cekrak, Cekrik: Belajar Fotografi untuk Mendapatkan Pelanggan Lebih Banyak

Photoshop memiliki banyak fitur seperti koreksi perspektif, efek warna atau pencahayaan, pengaturan noise, efek buram, kolase, filter, efek foto dan lainnya.

Selain itu Photoshop juga menyediakan produk editing lainnya seperti Lightroom, Photoshop Express dan Photoshop Camera. Tidak diragukan lagi, dengan menggunakan Photoshop, foto produk Anda akan terlihat menarik dan profesional.

Untuk pengguna Android dan iOS Anda bisa unduh aplikasi edit foto terbaik ini di Play Store atau App Store, sedangkan untuk Windows dan Mac OS bisa Anda mengunduhnya di website resmi Adobe atau Photoshop. Khusus melalui website Anda dapat mencoba Photoshop secara gratis selama 7 hari.

Baca Juga : Efektifkah Melakukan Promosi Produk Bisnis Lewat Foto dan Video?

Nah, itulah beberapa aplikasi edit foto terbaik yang populer dan memiliki banyak fitur bermanfaat yang bisa Anda gunakan dengan cukup mudah agar tampilan foto produk Anda dapat terlihat lebih profesional dan menjual.

Pastikan juga sebelum melakukan pengeditan, foto yang Anda ambil sebelumnya memiliki kualitas yang cukup baik sehingga hasil akhir produk Anda menjadi maksimal. 

Selain pentingnya mengetahui aplikasi foto produk yang baik agar tampilan foto lebih menjual, sebagai pebisnis penting juga bagi Anda untuk memiliki aplikasi penjualan yang dapat membantu Anda meningkatkan performa di segala aktivitas bisnis, seperti membantu dalam hal marketing, laporan penjualan harian, atau manajemen stok.

Baca Juga : 7 Manfaat Aplikasi Penjualan untuk Operasional Bisnis Anda

Dengan Moka POS yang memiliki tampilan menarik dan fitur yang lengkap, mulai dari fitur promo, dashboard dan laporan, hingga inventaris untuk manajemen stok, Anda akan terbantu dalam meningkatkan performa di segala aktivitas bisnis Anda. 

Ingin tahu fitur lainnya yang bisa Anda gunakan? Yuk cari tahu secara langsung dengan mencoba free trial selama 14 hari dari Moka sekarang juga! 

Coba Gratis 14 Hari

*Foto diambil dari berbagai sumber

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia