Pemilik Bisnis, Pahami Apa Itu COD dan Cara Kerjanya

By Yovita on June, 21 2022

Sebagai pebisnis, Anda tentunya sudah familiar dengan apa itu COD. Sistem pembayaran ini semakin marak setelah tersedia di berbagai marketplace. Pelanggan menyukai sistem pembayaran satu ini karena bisa cek barang terlebih dahulu sebelum membayar. Selain itu, jika dalam satu wilayah yang sama, pelanggan dapat bertemu langsung dengan penjual sehingga merasa lebih puas. Memangnya, apa itu COD?


Apa itu COD?

Kebanyakan orang pasti sudah tidak asing dengan istilah cash on delivery, apalagi jika Anda seorang pebisnis. Namun, beberapa mungkin masih bertanya-tanya, apa itu COD? COD atau cash on delivery merupakan sistem pembayaran yang mewajibkan pelanggan membayar setelah barang sudah diterima atau pengiriman selesai. Sebenarnya, sistem pembayaran ini sama seperti cara konvensional, yakni pembeli dan penjual bertemu. Bedanya, transaksi jual beli dilakukan secara online.

Sistem ini dimaksudkan untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan online dengan bertemu langsung oleh penjual dan bayar di tempat. Saat ini, layanan cash on delivery juga tersedia di marketplace. Sedikit berbeda dengan pengertian cash on delivery yang mempertemukan pembeli dan penjual, COD dalam marketplace dilakukan oleh pembeli dan kurir. Esensinya tetap sama, yaitu pembayaran saat pengiriman. 

Baca juga: 25 Istilah dalam Jual Beli Online, Sudah Tahu Semua?


Menerapkan COD dalam Bisnis Online

apa itu COD 1

Sistem cash on delivery sangat digemari pelanggan, apalagi yang masih satu wilayah. Hal ini berpotensi baik untuk meningkatkan lead dan penjualan bisnis online. Berikan opsi pembayaran COD di bisnis online Anda, baik di media sosial maupun website. Buat website toko online yang terhubung ke media sosial untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan. Perhatikan juga risiko pembatalan pesanan, uang palsu, maupun jarak.

Pastikan bahwa pelanggan tersebut serius untuk membeli. Kemudian, janjianlah di tempat yang ramai dan aman, datang tepat waktu, selalu cek ponsel Anda, sehingga bisa cepat tanggap saat pelanggan menghubungi. Jelaskan kembali terkait produk dengan ramah dan cek kembali uang yang Anda terima. Selalu berjaga-jaga dan persiapkan untuk skenario terburuk, misalnya seperti ban bocor, hujan, dan sebagainya.

Baca juga: Pembayaran Digital adalah Kunci Peningkatan Transaksi, ini Alasannya


Bagaimana Cara Kerja Sistem Cash on Delivery?

Sistem cash on delivery hampir sama dengan transaksi jual beli pada umumnya, yakni penjual dan pembeli bertemu. Lalu, apa itu COD? Bedanya, lapak jualan tidak di toko, melainkan online melalui media sosial, seperti Instagram, Facebook, dan TikTok. Kemudian, pelanggan memesan dan janjian dengan penjual untuk bertemu dan melakukan transaksi jual beli secara langsung. Pelanggan menggemari sistem jual beli online satu ini karena bisa cek barang sebelum benar-benar membeli sehingga mendapatkan kepuasan tersendiri. 

Baca juga: Revolusi Sistem Pembayaran di Era Ekonomi Digital


Tips Menerapkan Cash on Delivery bagi Pelaku Usaha 

Berikan peraturan jelas bagi pelanggan untuk menghindari berbagai hal yang tidak inginkan. Sebagai contoh, pelanggan tidak boleh membuka paket sebelum bayar ke kurir, pelanggan wajib rekam video unboxing, dan lainnya. Hal ini akan lebih mudah jika Anda memiliki website sendiri, jadi bebas menentukan peraturan yang sama-sama menguntungkan Anda maupun pelanggan. Gunakan GoStore untuk membuat website toko online Anda dengan fitur omnichannel-nya yang terhubung ke berbagai media sosial. 

GoStore membuat website toko online langsung terhubung dengan Facebook, Google, dan Instagram agar bisa meningkatkan penjualan. Selain itu, toko online tersebut juga khusus untuk Anda, tidak seperti marketplace yang berisi banyak kompetitor lainnya. Berbagai metode pembayaran dan pengiriman pun lengkap. Anda juga bisa menggunakan pembayaran online seperti transfer bank dan VA (Virtual Account). 


Tentunya, Anda sekarang paham apa itu COD. Sistem pembayaran satu ini bisa meningkatkan jumlah lead dan penjualan bisnis online Anda. Terapkan sistem COD dalam bisnis online segera dan gunakan GoStore untuk membuat website toko online Anda karena sudah lengkap  dengan berbagai fitur pembayaran dan pengiriman, seperti self-pickup, keamanan, dan pre-order.

Buat website ecommerce-1

 

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia