Business Insight

Apa itu Cloud Storage, Cara Kerja dan Manfaatnya?

By Jordhi Farhansyah on April, 15 2022
Jordhi Farhansyah

Musisi yang juga suka nulis.

 

Apa itu cloud storage, cara kerja, dan manfaatnya? Istilah cloud storage mungkin sudah tidak asing di telinga Anda saat ini. Google Drive, Dropbox, dan OneDrive adalah sekian dari banyaknya contoh dari cloud storage.

Semakin berubah dan berkembangnya teknologi, banyak pihak baik personal maupun bisnis menggunakan cloud storage sebagai pilihan utama sebagai media penyimpanan data.

Ada satu alasan utama yang mendasari kenapa cloud storage menjadi pilihan utama bagi hampir semua orang sebagai media penyimpanan data. ya, ketersediaan internet yang semakin mumpuni.

Tapi, sebenarnya apa itu cloud storage, cara kerja, dan manfaatnya? Simak artikel berikut ini!


Apa itu Cloud Storage, Cara Kerja, dan Manfaatnya

apa itu cloud storage, cara kerja dan manfaatnya 2jpg

Pengertian cloud storage

Bahasan pertama dari apa itu cloud storage, cara kerja, dan manfaatnya adalah pengertian. Cloud storage berasal dari dua kata, cloud yang berarti awan atau istilah lain dari internet. Sedangkan storage adalah penyimpanan. Jadi secara sederhana, cloud storage adalah metode penyimpanan data berbasis jaringan internet.

Data-data yang terhubung dalam jaringan internet tersebut dikelola dalam sebuah sistem bernama cloud computing yang dikelola oleh penyedia layanan.

Cloud computing sendiri adalah layanan pengiriman sumber daya teknologi informasi yang meliputi server, database, penyimpanan, jaringan, AI secara on-demand melalui jaringan internet.

Berbeda dengan local storage yang membutuhkan koneksi fisik sebagai media transfer data, cloud storage hanya membutuhkan jaringan internet untuk mengakses data.


Cara kerja cloud storage

Bahasan berikutnya dari tema apa itu cloud storage, cara kerja, dan manfaatnya adalah cara kerja cloud storage. Hal yang membedakan antara local storage dengan cloud storage adalah metode penyimpanannya. Jika local storage membutuhkan instalasi atau penyimpanan fisik sebagai lokasi penyimpanan, cloud storage tidak demikian.

Dalam metode cloud storage, ada istilah client dan server. Client adalah pengguna dalam hal ini Anda sebagai pemilik data yang ingin disimpan.

Sedangkan server adalah seperangkat atau sekumpulan sistem komputer yang memberikan sumber daya untuk layanan komputasi jaringan salah satunya penyimpanan data. Server ini nantinya terhubung ke client melalui koneksi internet dan akses tertentu misalnya, website atau aplikasi.

Itu berarti ketika Anda mengirimkan data melalui aplikasi atau website, secara otomatis server yang tersambung dengan client Anda tadi akan meneruskan data-data tersebut ke kumpulan server lainnya.

Ketika sudah terkirim dan disimpan dalam server atau penyedia layanan cloud, data tersebut bisa Anda kelola secara leluasa selagi anda memiliki akses atas data tersebut.

Misal, merubah data, menambahkan data, mengambil data, membagikan data, bahkan Anda bisa menambah pihak yang memiliki akses. Akses tersebut diberikan apabila Anda membeli atau hanya sekedar mendaftar pada layanan tersebut.

Contohnya, ketika menggunakan Google Drive, Anda cukup mendaftar pada layanan Google. Namun apabila Anda ingin menambah ukuran penyimpanan dan jumlah akses, Google akan menerapkan pembayaran.


Manfaat dan kelebihan cloud storage

Bahasan terakhir dari tema apa itu cloud storage, cara kerja, dan manfaatnya adalah manfaat cloud storage

1. Mudah diakses di mana pun dan kapan pun

Berbeda dengan local storage dimana Anda harus memasang dan membawa-bawa perangkat penyimpanan, cloud storage hanya membutuhkan koneksi internet.

Jadi di mana pun Anda berada, selagi memiliki koneksi internet, Anda tetap bisa mengakses data pada cloud storage. Entah itu melalui handphone maupun laptop.

2.Keamanan dan keberlangsungan bisnis

Data yang tersimpan pada cloud storage tidak hanya tersambung pada satu server komputer saja namun puluhan hingga jutaan mesin komputer.

Sehingga apabila terjadi bencana atau kerusakan pada satu mesin, maka data tetap tersimpan secara aman di dalam cloud storage. Selain itu, cloud storage memiliki tiga prinsip penting yang mampu menjamin keamanan data yaitu enkripsi yang mampu merubah informasi menjadi pecahan sandi.

Kemudian ada otentikasi berupa akun, password, dan kode keamanan lain. Terakhir otoritas yaitu data hanya bisa digunakan oleh pihak yang memiliki kewenangan akses.

3. Efisiensi pekerjaan

Tidak hanya berfungsi sebagai media penyimpanan data, cloud storage juga mampu menggantikan tugas pekerjaan konvensional seperti administratif, analisis, dan perawatan.

Sehingga hal tersebut, mampu mempermudah pekerjaan karyawan dan bisa berfokus pada hal-hal yang lebih penting.

4. Efisiensi biaya

Cloud storage tidak membutuhkan ruangan atau perlengkapan lain yang mungkin bakal menguras keuangan bisnis Anda.

Selain itu risiko kehilangan dan kerusakan data akibat bencana bisa jadi menambah beban biaya lain.

Penggunaan cloud storage juga bisa disesuaikan dengan kemampuan usaha Anda. Misal dari segi ukuran penyimpanan, keamanan, lama penggunaan, dan fitur tambahan lain.


Kenapa Cloud Storage Penting bagi Bisnis?

apa itu cloud storage, cara kerja dan manfaatnya 3

Setelah mengatahui apa itu cloud storage, cara kerja, dan manfaatnya sekarang kita pahami pentingnya cloud storage bagi bisnis. Di era industri digital saat ini, koneksi internet memiliki peran besar di dalamnya. Perubahan yang semakin cepat juga  menuntut para pelaku usaha juga beradaptasi dengan cepat.

Contoh, mungkin 10 atau 20 tahun lalu, membangun brand kue membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk bisa dikenal masyarakat luas.

Namun sekarang, saat pandemi misalnya orang-orang yang baru memulai menjual kue, dalam kurun waktu 2-3 bulan sudah bisa mengembangkan brand-nya.

Saat ini, siapa pun bisa memasarkan produknya dengan cepat melalui media sosial, bahkan tidak sedikit yang memanfaatkan teknologi yang mampu mempermudah operasional bisnis. Salah satunya menggunakan cloud storage.

Dengan cloud storage misalnya, pelaku usaha dengan mudah mengelola produknya mulai dari membuat katalog, menerima pesanan, hingga menerima laporan penjualan melalui website toko online.


Cara buat website toko online saat ini pun mudah salah satunya menggunakan GoStore. Melalui GoStore, Anda bisa membuat website toko online Anda sendiri tanpa ribet.

Dengan hitungan menit, Anda sudah bisa membuat website toko online yang sudah bisa disambungkan ke beberapa platform seperti Facebook, Instagram, dan Google.

Permudah bisnis Anda sekarang juga dengan cloud storage salah satunya melalui website toko online GoStore.

New call-to-action

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia