Moka Logo
Annual Report adalah Laporan Keuangan Tahunan, Ini Penjelasannya

Tips Bisnis

Annual Report adalah Laporan Keuangan Tahunan, Ini Penjelasannya

3 min
JordhiJordhi

Annual Report adalah Laporan Keuangan Tahunan, Ini PenjelasannyaAnnual report adalah laporan keuangan dari seluruh aktivitas perusahaan dalam periode satu tahun. Sementara itu, menurut Bank Indonesia, pengertian annual report adalah gambaran dari kondisi operasional sebuah perusahaan yang terdiri atas neraca dan laporan laba rugi, termasuk pula penjelasan operasi yang dilakukan perusahaan.

Umumnya, tujuan dibuatnya annual report adalah untuk para investor dan kreditur. Karenanya, annual report sering dibuat secara ringkas dan mudah untuk dibaca. Di dalamnya, annual report memuat analisis dari manajemen terkait dengan kondisi keuangan dari perusahaan, baik untuk saat ini maupun rencana untuk masa depan.

Bila Anda adalah seorang pemilik usaha yang ke depannya ingin mengembangkan usaha Anda dan menarik para investor besar, tentunya Anda perlu mengetahui apa itu annual report. Untuk itu, mari simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

Baca juga: 15 Rekomendasi Akun TikTok tentang Bisnis dan Keuangan


Fungsi Annual Report adalah…

Annual Report Adalah Pengertian, Fungsi, dan Isi 001

Fungsi annual report bagi perusahaan adalah sebagai berikut:

1. Menyajikan seluruh informasi tentang apa saja pencapaian perusahaan dalam kurun waktu satu tahun.
2. Memberikan informasi lengkap terkait data neraca dan laporan laba rugi perusahaan selama satu tahun.
3. Menjadi alat pemasaran yang kreatif melalui penulisan, desain, dan penyajian data yang mudah serta menarik untuk dibaca dan dipahami.
4. Menjadi penambah daya tarik perusahaan di mata konsumen, investor, dan calon investor.

Dengan penulisan yang baik dan penyajian data yang mudah dibaca serta dipahami, annual report jelas akan memudahkan investor, kreditur, serta calon investor untuk memahami bagaimana kondisi keuangan terkini perusahaan Anda. Itulah sebabnya, annual report harus dibuat dengan standar yang tinggi dan mampu memenuhi elemen-elemen penting yang wajib dimuat dalam sebuah annual report.

 Baca juga: Pengertian Free Cash Flow dan Fungsinya


Apa Saja Elemen Penting dalam Annual Report?

Annual Report Adalah Pengertian, Fungsi, dan Isi 003

Proses penulisan dan penyusunan annual report bukanlah tugas mudah. Prosesnya membutuhkan waktu yang cukup lama dan ketelitian tingkat tinggi agar tidak terjadi kekeliruan data yang bisa berakibat fatal. Selain itu, sebuah annual report juga harus memuat beberapa elemen penting, antara lain:

1. Ikhtisar data keuangan

Ikhtisar data keuangan perlu disajikan dalam bentuk perbandingan selama perusahaan Anda berdiri. Ikhtisar ini juga perlu memuat informasi terkait saham yang akan diterbitkan perusahaan. Apabila ada aksi korporasi, maka hal tersebut juga wajib dimuat beserta penjelasannya.

2. Laporan dari Dewan Komisaris, Dewan Direksi, dan profil perusahaan

Laporan Dewan Komisaris memuat penilaian kinerja jajaran direksi yang disertai pendapat terhadap prospek perusahaan yang telah disusun oleh Direksi. Jika ada perubahan komposisi dari anggota Dewan Komisaris, maka hal itu juga harus disertakan, lengkap dengan alasan dilakukannya perubahan.

Sementara itu, laporan Dewan Direksi berisi laporan kinerja dari perusahaan dan gambaran prospek perusahaan ke depannya. Penerapan tata kelola perusahaan dan jika ada perubahan komposisi anggota direksi, hal tersebut juga harus dicantumkan.

Profil perusahaan sendiri harus berisikan nama, alamat, nomor telepon, alamat email, dan website  perusahaan. Selain itu, profil perusahaan harus memuat riwayat singkat dan visi misi perusahaan.

3. Analisis dan pembahasan dari pihak manajemen

Annual report adalah penjabaran yang berisikan pembahasan dan analisis laporan keuangan serta informasi penting lainnya. Jadi, isinya jelas harus terperinci.

4. Tata kelola perusahaan

Tata kelola perusahaan atau corporate governance akan memperlihatkan aktivitas yang dilakukan perusahaan dan hubungan dengan para stakeholders.

5. Tanggung jawab sosial pihak perusahaan

Bagian ini meliputi kebijakan perusahaan, jenis program, dan berapa banyak biaya yang sudah dikeluarkan untuk beberapa kegiatan, seperti tanggung jawab produk, pengembangan sosial, lingkungan hidup, dan praktik dari ketenagakerjaan, kesehatan, dan keselamatan kerja para pekerja.

6. Laporan keuangan perusahaan tahunan yang sudah diaudit terlebih dahulu

Laporan keuangan tahunan yang dimasukkan ke dalam annual report harus sudah disusun dengan standar akuntansi di Indonesia dan juga sudah melalui proses audit.

7. Tanda tangan dari dewan komisaris dan direksi

Setiap annual report wajib ditandatangani seluruh anggota Dewan Komisaris dan juga Direksi yang sedang menjabat.

 Baca juga: 9 Cara Mengelola Keuangan di Tengah Pandemi COVID-19


Demikianlah penjelasan lengkap mengenai annual report beserta fungsi dan apa saja elemen penting yang perlu dimuat.

Perlu diingat, data laporan keuangan yang akurat dan aktual dalam annual report adalah data penting yang pastinya akan Anda butuhkan. Namun Anda tak perlu khawatir, karena data laporan keuangan bisa Anda peroleh dengan mudah jika Anda menggunakan aplikasi kasir Moka POS.

Moka POS hadir untuk membantu Anda dengan beragam fitur yang dimiliki. Salah satunya adalah menghadirkan laporan keuangan yang akurat, aktual, dan dapat Anda akses kapan saja serta di mana saja. Tidak hanya lengkap, Moka POS juga menyajikan laporan keuangan dengan penulisan dan grafis yang menarik agar mudah dibaca dan dimengerti. Dengan hal ini, tentu pembuatan annual report pun akan lebih mudah dan efisien.

Nah, ingin tahu lebih lanjut tentang fitur dan layanan Moka POS? Langsung saja klik di sini.

Social Media Share :
Jordhi

Jordhi

Penulis di Blog Moka