Business Insight Product Knowledge

[Panduan JAGA] A: Amankan Data Usaha dan Pribadi Anda

By Sintia Astarina on August, 26 2021
Sintia Astarina

Data adalah hal sensitif yang bersifat pribadi dan rahasia. Termasuk halnya data bisnis, seperti data transaksi, laporan penjualan, password, dan masih banyak lagi. Karena bersifat pribadi dan rahasia, tentu data tidak boleh dibagikan ke sembarang orang bukan?

Menjaga keamanan data usaha dan data pribadi Anda adalah hal yang selalu kami prioritaskan. Akan tetapi, Kang Tipu rasanya tak bosan-bosannya memakan korban! Untuk itu, yuk selalu JAGA usaha Anda bersama Moka dan Gojek!

Masih ingat apa itu Panduan JAGA, kan? Ini dia kepanjangannya.

J : Jangan bertransaksi atau memberi otorisasi di luar channel resmi Moka.

A : Amankan data usaha & pribadi, seperti kode OTP, kartu ATM/debit/kredit, CVV, PIN dan lainnya.

G : Gunakan Fitur Employee Management

A : Adukan hal mencurigakan dengan menghubungi call center resmi Moka di nomor 1500970 atau support@mokapos.com.

Kali ini, Anda akan mengenal lebih lanjut mengenai poin A, yakni Amankan Data Usaha dan Pribadi Anda. Ini dia skenario yang mungkin akan Anda temui.

Anda adalah pemilik usaha pakaian yang sehari-harinya melayani pemesanan dari pelanggan secara langsung. Di kala menunggu orderan masuk, Anda notifikasi pesan WhatsApp yang masuk ke handphone Anda. 

“Selamat siang Kak, kami dari pihak customer support Moka, ingin mengabarkan bahwa Back Office akan mengalami pembaruan. Agar akun kakak tidak terblokir, saya butuh mendaftarkan kembali akun usaha kakak di database kami. Untuk memulai, kami ada mengirim SMS ke kakak dengan kode 6 angka. Bisa dibantu salin di sini/screenshot SMS nya kak? Terima kasih.”

Anda pun berpikir, hmm … pesan yang mencurigakan, bukan? Wah, jangan-jangan dari Kang Tipu! Tak lama kemudian, ada SMS yang masuk.

“Kode Verifikasi: ####. JANGAN BERIKAN KODE RAHASIA INI KEPADA SIAPA PUN, TERMASUK PIHAK YANG MENGAKU DARI MOKA.”

Dugaan Anda benar! Ternyata pesan pertama datangnya dari Kang Tipu yang ingin mencoba mengakses akun Anda. Bila bertemu Kang Tipu, apa yang harus dilakukan?

  1. Ingat JAGA! Amankan data usaha dan pribadi, seperti kode OTP, kartu ATM/debit/kredit, CVV, PIN, dan lainnya.
  2. Lindungi data Anda dengan mengganti password secara berkala. Pastikan password Anda kuat, sulit untuk ditebak, hindari menggunakan satu password yang sama untuk seluruh akun yang dimiliki
  3. Adukan hal-hal mencurigakan dengan menghubungi call center resmi Moka di nomor 1500970 atau support@mokapos.com. Kami akan dengan senang hati membantu Anda!

Dengan menerapkan cara-cara di atas, Anda pun telah berupaya untuk membantu menghalangi Kang Tipu beraksi kembali. Jangan lupa untuk JAGA usaha Anda agar tetap #AmanBersamaGojek!

Info Lengkap Panduan JAGA

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia