Moka Logo
5 Alasan Desain Kemasan Produk Penting Beserta Contohnya

Tips Bisnis

5 Alasan Desain Kemasan Produk Penting Beserta Contohnya

5 min
JordhiJordhi

5 Alasan Desain Kemasan Produk Penting Beserta Contohnya – Di zaman serba online sekarang ini, para pelaku bisnis berlomba-lomba menarik hati para calon pembeli. Salah satunya dengan menampilna desain kemasan produk semenarik mungkin. Sebab, estetika kemasan dapat digunakan untuk menjadi perangkap emosional yang sangat ampuh untuk menarik perhatian para pembeli atau konsumen. 

Pertarungan produk zaman sekarang tidak terbatas hanya pada kelebihan dari kualitas atau fitur yang canggih saja, tetapi juga pada usaha untuk mendapatkan nilai lebih di mata konsumen. Menciptakan desain kemasan produk yang unik itu adalah salah cara untuk menghadapinya. 

Sayangnya, tak sedikit pemilik bisnis yang berpikiran bahwa kualitas dan performa produk jauh lebih penting daripada kemasannya, sehingga mengabaikan proses penting dalam pembuatan kemasan.

Padahal, sinergitas antara kualitas, performa, dan kemasan yang menarik merupakan kunci keberhasilan dari sebuah produk. Jangan lupa, kemasan yang punya peran kuat dalam hal branding dan marketing.

Baca juga: Mau Kemasan Produk ini Dijamin Aman Saat Pengiriman? Ini 7 Tipsnya…

Oleh karena itu, pemilik bisnis harus mulai mau menginvestasikan untuk membuat sebuah kemasan yang menarik dan dapat diandalkan agar nilai jual produk meningkat.

Apalagi, produk yang Anda jual sudah banyak pesaingnya, memiliki kemasan yang berbeda dan unik akan menjadi nilai jual lebih produk Anda dibandingkan produk pesaing. Untuk memberikan penjelasan yang lebih dalam, berikut ini pentingnya memiliki desain kemasan produk yang baik untuk sebuah produk. 

5 Alasan Desain Kemasan Produk Penting Beserta Contohnya

1. Membuat pengalaman yang berbeda

cloud kitchen di indonesia - mementingkan packaging makanan - Tren Bisnis Kuliner di Era New Normal - desain kemasan produk penting

Para pemilik bisnis harus lebih kreatif dalam memaksimalkan potensi dari desain kemasan produk, salah satunya adalah dengan cara menciptakan sesuatu yang berbeda dari kebanyakan produk lain di industri sejenis. Jangan ragu untuk selalu mencari ide-ide inovatif untuk mengembangkan bisnis Anda. 

Buatlah sebuah pengalaman yang baru dan unik untuk konsumen Anda. Apabila mereka menyukainya mereka akan langsung otomatis akan mengunggah kemasan dan produk Anda ke sosial media pribadi dan itu adalah sebuah promosi gratis untuk produk Anda.

Promosi cara ini merupakan salah satu yang terbaik karena memberikan Anda pemasaran organik nyaris tanpa biaya.

Anda dapat mencoba memberikan stiker unik di box produk Anda, memberikan kartu ucapan terima kasih, atau menggunakan pantun agar kemasan Anda lebih catchy dan unik.

Hal seperti itu terlihat sepele, tetapi para konsumen akan terasa mereka diberikan perhatian lebih dari Anda.

Gunakan warna-warna yang menarik agar tidak membosankan. Hal-hal itu akan menjadikan para konsumen menjadi loyal dan sudah pasti mereka akan tidak sungkan untuk merekomendasikan produk Anda ke orang lain.

Baca juga: Membuat Kemasan Produk Menarik dan Menjual


2. Brand image

makan sushi - makanan jepang

Pada setiap bisnis pasti membutuhkan identitas sebagai pembeda dari produk lainnya. Namun, seperti apa Anda membuatnya agar dapat menciptakan identitas yang bagus dan berkesan. Pastikan brand image Anda sesuai dengan target pasar yang Anda tuju.

Karena apabila target pasar Anda dan brand image yang Anda ciptakan tidak sesuai, maka akan sia-sia. Anda harus mempersiapkan warna, logo, dan font untuk ditaruh di kemasan produk Anda.

Baca juga: 9 Strategi Pemasaran Bisnis Online untuk Dongkrak Penjualan

Apabila dari tiga elemen itu Anda bisa menciptakan sebuah perpaduan yang menarik dan unik hanya digunakan oleh Anda sendiri, kedepannya ketika konsumen melihat sekilas kemasan produk Anda, mereka pasti langsung sudah tahu kalau itu adalah produk Anda. 

Memiliki kemasan yang menarik akan menaikan nilai jual dari produk Anda. Konsumen akan lebih merasa percaya untuk membeli produk Anda ketika kemasannya bagus dan proper. Hal itu pastinya akan mendongkrang penjualan produk Anda ke depannya.


3. Sarana marketing

memfoto makanan dan minuman - endorsement - food blogger (2)

Desain kemasan produk yang unik dan menarik tentu saja akan menjadi sarana marketing yang baik dan efektif pula. Apalagi di zaman ini semua orang menggunakan sosial media, para pelanggan Anda tidak akan segan dan malu untuk memposting produk Anda ke sosial media pribadi mereka.

Ini adalah sebuah marketing yang efektif dan tentu saja gratis. Jangan pernah meremehkan kemasan produk Anda karena hal itu akan berdampak besar untuk bisnis Anda ke depannya.

Baca juga: Branding Produk: Definisi, Manfaat, dan Cara agar Dikenal Konsumen


4. Menarik perhatian

15 Makanan dan Minuman yang Cocok untuk Bazar - Dekorasi Stand Bazar Kreatif dan Menarik - tips mengembangkan umkm

Desain kemasan produk harus disesuaikan dengan jenis produk dan target pasar yang akan dituju. Setiap kelas konsumen memiliki karakteristik sendiri. Mulai dari warna, grafis, bentuk, ilustrasi akan berbeda dari setiap kelas konsumen. Itulah mengapa desain kemasan harus disesuaikan.

Desain kemasan yang baik harus dapat tersampaikan dan dimengerti dengan konsumen hanya melalui visual desain tersebut.

Kemasan yang menarik dan unik tentu saja akan lebih menarik perhatian calon pelanggan daripada kemasan yang terkesan apa adanya. Hal yang pertama kali dilihat dari produk Anda adalah kemasannya bukan rasa atau fungsi dari produk Anda.

Apabila dari kemasan sudah menarik dan ditambah kualitas produk Anda yang baik itu tentu saja semakin banyak orang yang mau membeli produk Anda. 


5. Keamanan kemasan

15 Makanan dan Minuman yang Cocok untuk Bazar - desain kemasan produk

Terakhir adalah keamanan dari kemasan yang Anda buat. Setelah desain yang menarik tentu saja keamanan itu sangat penting. Apabila Anda membuat kemasan menarik, tapi keamanannya tidak diperhatikan itu akan membuat produk Anda menjadi sia-sia.

Konsumen bisa saja menerima produk Anda dengan kondisi yang tidak baik atau rusak. Itu adalah sebuah masalah besar untuk bisnis Anda.

Baca juga: 6 Tips Memilih Jasa Pengiriman Barang untuk Bisnis Online

Oleh karena itu, keamanan kemasan itu penting. Sebagai contoh, apabila bisnis Anda bergerak di bidang minuman, maka gunakanlah tutup minuman yang aman ketika pengiriman.

Apabila Anda menjual baju, maka gunakan plastik tambahan untuk membungkus produk Anda agar tidak mudah basah atau rusak ketika pengiriman. Kemasan yang menarik dan produk yang baik akan dapat diterima konsumen apabila Anda juga memikirkan keamanan dari kemasannya.


3 Contoh Desain Kemasan Produk yang Dapat Dijadikan Inspirasi

1. Kopi Chuseyo

Strategi Kopi Chuseyo Membangun Komunitas Pelanggan

Kedai kopinya ini memang sangat konsisten untuk memberikan yang terbaik untuk para pecinta K-Pop di Indonesia. Mereka tak ragu untuk selalu menggunakan desain kemasan yang lebih baik dari yang sudah digunakan agar para pecinta K-Pop selalu kembali membeli produk mereka.

Untuk inovasi terbarunya Kopi Chuseyo bekerja sama dengan beberapa artis K-Pop terkenal untuk memasang foto para artis K-Pop itu pada kemasannya.

Tentu saja para pecinta K-Pop akan sangat gemberika dan tidak segan untuk memposting foto produk Kopi Chuseyo ke sosial media mereka. Dengan itu maka tentu saja Kopi Chuseyo mendapatkan promosi organik dari para pecinta K-Pop.


2. Kokumi

Kokumi - rekomendasi boba terenak di Jakarta

Siapa yang tidak tahu dengan Kokumi? Bisnis minuman yang bergerak di bidang minuman ini memang menjadi salah satu produk favorit dari kalangan anak muda.

Kokumi konsisten dengan desainnya yang penuh dengan warna cerah yang menarik bagi anak muda. Kokumi baru saja bekerja sama dengan Hello Kitty untuk menaruh gambar Hello Kitty yang terkenal imut itu di kemasannya. Hal itu jelas akan menambah nilai jual dari Kokumi karena pasarnya akan semakin luas.

Anak kecil pasti sangat menyukai Hello Kitty dan tentu saja mereka akan suka dengan minuman Kokumi. Desain kemasan produk yang menarik tentu akan sangat mendongkrang dari penjualan.


3. Kedai Kopi Kulo

Tips Sukses Bisnis Kopi Susu Kekinian Ala Kopi Kulo (3)

Kedai Kopi Kulo memang sudah terkenal untuk para pecinta kopi. Namun, mereka tidak mau berhenti untuk membuat inovasi untuk kemasan mereka. Mereka mau untuk membuat desain baru pada kemasannya agar tidak monoton.

Tentu saja hal itu akan membuat para pelanggannya penasaran dengan desain baru yang akan dikeluarkan oleh Kedai Kopi Kulo kedepannya. 

Itu adalah beberapa alasan kenapa kemasan yang menarik itu penting bagi sebuah produk. Anda bisa mengambil inspirasi dari bisnis-bisnis yang sudah cukup sukses karena menggunakan desain dan metode pengemasan yang unik.

Walaupun mereka sudah besar dan memiliki pelanggan setia yang banyak tapi mereka tetap melakukan inovasi desain kemasannya karena mereka yakin kemasan yang menarik akan membuat pelanggan tetap setia dan akan membuka peluang untuk mendapatkan pelanggan-pelanggan baru.

Baca juga: Cuma Modal 1 Juta, Ini 15 Ide Bisnis Kreatif untuk Anak Muda

Nah, apabila Anda sudah memiliki desain menarik pada kemasan produk dan pelanggan sudah semakin bertambah, pastikan Anda memiliki tools untuk mencatat semua transaksi dengan cepat dan rapi, ya!

Yuk, andalkan saja Moka yang dapat membantu para pemilik usaha untuk mencatat transaksi penjualan, membuat laporan, hingga mencatat pembayaran secara otomatis. Dengan Moka, semua kegiatan operasional akan menjadi lebih cepat dan praktis sehingga Anda bisa lebih fokus untuk melakukan ekspansi!

Mau coba gratis Moka selama 14 hari?

 

Social Media Share :
Jordhi

Jordhi

Penulis di Blog Moka