Business Insight Inspiration

11 Akun YouTube untuk Belajar Bisnis Online Gratis

By Jordhi Farhansyah on February, 1 2020
Jordhi Farhansyah

Musisi yang juga suka nulis.

11 Akun YouTube untuk Belajar Bisnis Online Gratis - Berkat adanya perkembangan teknologi, saat ini Anda tidak harus datang ke sekolah atau tempat pendidikan informal untuk mendapatkan ilmu-ilmu tertentu. Hal tersebut dapat dilakukan bahkan di tempat di mana Anda berdiri sekarang.

Apalagi dengan inovasi yang seakan tidak ada hentinya, saat ini sebuah materi dapat disampaikan hanya dengan bermodal, kamera perangkat komputer serta internet saja untuk menyebarluaskannya.

Misalnya saja untuk urusan bisnis, beberapa dekade yang lalu mungkin masih banyak orang yang berpikir bahwa memulai bisnis harus didahului dengan menempuh pendidikan di jurusan ekonomi, bisnis, atau manajemen untuk mengetahui seluk beluk dunia bisnis.

Baca juga: 15 Peluang Usaha di Bidang Jasa yang Paling Dibutuhkan 2020 Ini

Namun, saat ini, Anda juga bisa mulai mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan bisnis baik dari segi teori hingga praktiknya lewat layar smartphone Anda.

Salah satu platform yang banyak digunakan untuk berbagi konten materi bisnis adalah YouTube. Platform yang mengutamakan konten video ini banyak dimanfaatkan berbagai kalangan sebagai media untuk berbagi bermacam-macam tutorial, sharing pengalaman, dan video keseharian yang saat ini dikenal dengan vlog.

Vlog sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk mendefinisikan video-blog, karena sebelumnya tren menulis di blog adalah yang pertama kali muncul dengan menggunakan media blog sebagai sarana untuk berbagi pengalaman.

Baca juga: 15 Tren Bisnis Kuliner yang Masih akan Booming pada 2020

Jika Anda ingin mulai berbisnis, Anda bisa memulainya dengan menonton beberapa vlog hasil unggahan beberapa entrepreneur sukses yang ikut membagikan pengalamannya di YouTube.

Untuk membuka wawasan Anda soal bisnis, berikut ini 10 akun YouTube untuk belajar bisnis online gratis yang bisa menjadi sumber rujukan Anda. 

11 Akun YouTube untuk Belajar Bisnis Online Gratis

1. Ria SW

Ada yang mengatakan bahwa untuk membangun sebuah bisnis, kita bisa melihat seberapa suka terhadap hal yang ingin digeluti?

Hal ini cukup relevan mengingat memulai bisnis tidak hanya soal usaha untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Untuk memulai bisnis tentu harus tahu secara mendalam terkait bidang yang ingin diambil sebagai akar bisnis. 

Salah satu orang yang memulai bisnis dari hal yang disukainya adalah Ria SW. Perempuan yang mengawali karirnya sebagai food vlogger ini memang punya passion di bidang kuliner.

Baca juga: Cek Keberuntungan Bisnis Anda dengan Ramalan Shio 2020 Ini

Dari kecintaannya ini, Ria SW akhirnya bekerja sama dengan salah satu restoran Korea terkenal di Indonesia dan membuat Omija.

Restoran buatannya ini menyediakan Korean street food, seperti Tteokbokki yang ramah di kantong. Ria ini salah satu bukti nyata bahwa Anda bisa membangun bisnis dengan mengikuti passion. Siap mengikuti passion Anda dalam membangun bisnis?


2. Rico Huang

Ini dia akun YouTube untuk belajar bisnis online gratis selanjutnya. Ya, nama Rico Huang sudah tak asing lagi di mata para pebisnis apalagi di kalangan anak muda yang selama ini familiar dengan YouTube. Rico Huang adalah laki-laki kelahiran 14 November 1995.

Di umurnya yang akan menginjak 25 tahun, ia sudah menjadi co-founder dari PT. Alona Indonesia Raya yang menaungi tiga lini bisnis yaitu Amelia.id sebuah Instagram Marketing Tools, DropshipAja.com sebagai platform supplier produk custom dan Alona.co.id yang bergerak di bidang edukasi bisnis online.

Baca juga: 9 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil

Di awal kemunculannya di platform ini, Rico Huang memang sudah fokus untuk memberikan banyak inspirasi seputar dunia entrepreneurship.

Perjuangan yang sudah dilakukan Rico Huang memang patut dijadikan inspirasi untuk banyak orang yang ingin berbisnis. Bagaimana tidak, perjuangannya dalam berwirausaha bahkan sudah dimulai sejak ia masih duduk di bangku sekolah dengan menjual nasi uduk. Salut!


3. Chandra Putra Negara dari SuccessBefore30 

Jika Anda mencari konten yang berisikan tips dan trik dalam berbisnis, cobalah datang ke channel Youtube “SuccessBefore30”.

Adalah Chandra Putra Negara yang menjadi orang di balik konten-konten kreatif dan inspiratif yang ada di SuccessBefore30. Jika Anda datang ke channel ini, tidak perlu heran jika Anda menemukan topik-topik lain seperti pola pikir, hubungan, keluarga bahkan hingga rekomendasi buku.

Baca juga: Mau Ekspansi Bisnis? Ini 5 Tips Membuka Cabang Usaha Baru

Semangat di balik pendirian channel ini adalah untuk membagikan hal-hal yang menurutnya inspiratif dan edukatif.

Mengingat bisnis juga sebenarnya terhubung dengan banyak segi dalam kehidupan, sehingga tidak heran jika ia pun membahas tentang hal-hal lainnya yang dapat mendukung bisnis Anda. Sudah pernah berkunjung ke akun YouTube milik Chandra Putera Negara? Kalau belum, inilah saatnya untuk belajar bisnis online gratis!


4. Prita Kemal Gani

Jika Anda butuh inspirasi dari para pelaku bisnis dan ingin belajar bisnis online gratis, kunjungilah akun YouTube milik Prita Kemal Gani. Lewat “The Entrepreneur Diaries”, Prita mengemas vlog-nya dengan konsep talk show dengan mengundang berbagai entrepreneur sukses dari berbagai lini bisnis.

Baca juga: 3 Tren Mobile Payment di Indonesia, Sekarang di Fase Mana?

Beberapa entrepreneur yang pernah diundang kek dalam program vlog-nya seperti Rachel Vennya, Niko Al-Hakim, Angkie Yudistia, hingga Nadiem Makarim. Jadi, channel besutan Prita ini memang memiliki kredibilitas yang kuat.


5. Moka

Sudah subscribe channel Moka? Ya, Moka menjadi salah satu akun YouTube untuk belajar bisnis online gratis yang bisa Anda manfaatkan.

Secara reguler, Moka mengunggah video berbagai pebisnis yang bisa Anda curi ilmunya. Misalnya, bagaimana menjalankan bisnis franchise Kedai Kopi Kulo, tips sukses membangun hubungan yang baik dengan pelanggan ala Buffalo Camp, cara membuat promosi yang kreatif ala Ayam Geprek Madagaskar, dan seterusnya.

Apa yang disampaikan akan lebih mudah dimengerti sebab para pemilik bisnis menceritakan langsung jatuh bangun mereka dalam memajukan usaha dengan lebih pasti. 

Baca juga: Panduan Lengkap Memulai Bisnis Online Hingga Sukses bagi Pemula

Apabila Anda juga ingin memajukan usaha sama seperti para pebisnis di Indonesia yang sudah lebih dulu berhasil, pastikan Anda menonton video-video tersebut dan semoga Anda mendapatkan banyak ilmu dari para merchant!



6. CapCapung

Jika Anda mempunyai ketertarikan dalam bidang pertanian dan berniat berbisnis di bidang agrobisnis, langsung saja mampir ke channel CapCapung di YouTube.

Pada dasarnya, CapCapung memiliki dua program yang bisa Anda nikmati, yaitu Cerita Tani dan Cerita Bisnis.

Di program Cerita Tani, Anda bisa mendapatkan informasi tentang agrobisnis dan prosesnya dari hulu ke hilir. Sementara dalam Cerita Bisnis, Anda bisa mendapat banyak cerita sukses pengusaha yang bergelut di berbagai sektor bisnis. 

Baca juga:  Tetap Idealis, Klinik Kopi Jogja Malah Makin Laris! Ini Rahasianya...

Jika Anda baru berencana untuk memulai bisnis, Anda memang harus memperbanyak riset mengenai bidang yang akan Anda selami.

Tidak hanya seluk beluk bidang yang Anda sukai, tetapi juga bagaimana atmosfer bisnis di bidang tersebut. Sebab, dari sini Anda bisa mengetahui kondisi dan tren yang sedang berjalan. Hal ini berkaitan langsung dengan strategi bisnis yang bisa Anda terapkan saat Anda akan menjalankan bisnis. Semoga berhasil!


7. Denny Santoso

Saat ini siapa yang tidak tertarik dengan bisnis online? Dengan semakin mudahnya akses dan jangkauan internet, bisnis di ranah ini tentu menjadi semakin menjanjikan. Sebelum memulai, ada baiknya jika Anda menggunakan channel YouTube DennySantoso sebagai referensi bisnis online Anda.

Tidak hanya sebagai entrepreneur, Denny Santoso juga merupakan seorang digital marketer yang sering berbagi inspirasi tentang bisnis online. Mulai dari mindset yang harus dimiliki hingga pengalaman pribadinya dalam berbisnis. Ternyata berbisnis online juga ada ilmunya ya!


8. Lizzie Parra

Ini dia akun YouTube untuk belajar bisnis online gratis yang tak boleh Anda lewatkan. Tahukah Anda, salah satu lini bisnis yang saat ini berkembang pesat adalah bisnis di bidang kosmetik. Bisnis ini begitu diminati sehingga membuat industri makeup lokal tumbuh subur. Kini, semakin banyak brand kosmetik lokal yang bermunculan akhir-akhir ini.

Salah satu brand lokal yang juga digandrungi oleh banyak kaum hawa adalah brand yang dibangun oleh Lizzie Parra. Seperti Ria SW, Lizzie Parra juga mengawali bisnisnya lewat vlog dengan menjadi beauty vlogger

Baca juga: 6 Tantangan Bisnis Fashion Pria dan Wanita dan Cara Mengatasinya

Lizzie Parra membangun brand kosmetik miliknya yang diberi nama BLP Beauty pada tahun 2016. Dengan bermodal ilmu marketing yang ia dapat dari Prasetya Mulya Business School, Lizzie menjalankan BLP Beauty, dan mendapatkan keuntungan dari penjualan lip coat di minggu-minggu pertama peluncuran BLP Beauty.

Satu hal yang menarik dari brand yang diangkat oleh Lizzie ini adalah bagaimana ia bisa membuat brand-nya memiliki kesan eksklusif dengan hanya menyediakan produknya secara online. Di zaman sekarang tentu banyak konsumen yang ingin merasakan dihargai bukan?


9. Christina Lie

Anda berniat berbisnis di bidang fashion? Ini saatnya Anda menengok konten-konten dari Christina Lie. Perempuan yang menjadi pemiliki bisnis 101Red.com ini sudah banyak mengunggah banyak tips dan trik bisnis sukses ala dirinya ke YouTube.

101Red sendiri merupakan salah satu distributor fashion online besar di Indonesia sekaligus menjadi fashion accessories e-commerce enabler yang pertama di Indonesia.

Download Free E-book: Strategi Jitu Memenangkan Pasar Fashion di Indonesia

Sebagai seorang entrepreneur, Christina Lie juga tidak pernah pelit dalam membagikan ilmunya kepada para follower di media sosialnya. Berawal dari kegemarannya dalam membagikan tips dan trik seputar bisnis di Facebook dalam bentuk video maupun live stream, saat ini Christina Lie juga membagikan konten inspiratif seputar bisnis di YouTube. 


10. Dewa Eka Prayoga

Dewa Eka Prayoga juga dikenal sebagai “Dewa Selling”, bagaimana tidak? Laki-laki yang sudah menelurkan 14 buku best seller ini sudah tidak diragukan lagi keahliannya dalam bidang internet marketing.

Bagi Anda yang sedang mencari inspirasi berbisnis di bidang internet marketing, channel Dewa Eka Prayoga adalah tontonan wajib yang harus masuk ke dalam playlist Anda.

Ia sering membagikan pengalaman pribadinya saat sedang menjalankan bisnis, ilmu seputar berjualan online, digital marketing, internet marketing, copywriting, bahkan hingga tips-tips jualan lainnya.

Baca juga: Apa Itu Stock Opname dan Mengapa Penting untuk Bisnis?

Selain itu, Anda juga bisa menemukan banyak inspirasi lainnya tentang strategi bisnis, inspirasi usaha, peluang bisnis dan sebagainya. Salah satu videonya yang terkenal adalah Cara Menaklukan Rasa Malas A La Dewa Eka Prayoga.

Dewa Eka Prayoga nyatanya juga sering mengadakan kompetisi untuk para subscriber-nya, salah satu hadiahnya bahkan ada yang diberangkatkan umroh. Apakah Anda adalah salah satu subscriber channel Dewa Eka Prayoga? Anda pasti bisa belajar bisnis online gratis darinya!


11. Jaya Setiabudi dari YukBisnisCom

Kalau Anda sedang membuka YouTube, Anda harus menonton channel YukBisnisCom. Seperti namanya, channel yang dibentuk oleh Jaya Setiabudi ini merupakan channel yang membahas seputar dunia bisnis dan entrepreneurship.

Setidaknya ada lebih dari 8 bisnis yang dikelola oleh Jaya Setiabudi. Dari sini saja, Anda sudah bisa lihat kepiawaian Jaya Setiabudi dalam hal berbisnis.

Selain mengelola bisnis, Jaya juga kerap membuat kelas-kelas bisnis di mana ia memberikan materi bisnis secara gratis, tidak sedikit alumni-alumni yang belajar langsung dengannya akhirnya mengikuti prestasinya dalam hal berbisnis.

Baca juga: Tingkatkan Performa Bisnis dengan Konten Kreatif & Tren Data

Beberapa video yang ada di channel YukBisnisCom memang terbilang berdurasi panjang. Untuk itu, lebih baik Anda menontonnya sendiri dan tidak mempercepat videonya supaya Anda tidak melewatkan poin-poin penting dari Jaya Setiabudi.

Tidak perlu khawatir, materi yang disampaikan Jaya Setiabudi juga terbilang padat dan mudah dipahami. Tertarik untuk marathon vlog Jaya Setiabudi dalam satu hari? 

Itu dia 11 akun YouTube untuk belajar bisnis online gratis yang bisa menjadi sumber rujukan Anda. Kesepuluh channel di atas sebaiknya dimasukan ke dalam playlist untuk mendapatkan banyak inspirasi tentang dunia bisnis.

Selain kisah yang inspiratif, Anda juga bisa mendapatkan materi bisnis yang relevan dengan tren kekinian serta adaptif dengan zaman yang serba digital seperti sekarang ini.

Baca juga: Panduan Lengkap Memilih Aplikasi Kasir Terbaik

Untuk menyesuaikan zaman yang sudah serba digital, tidak cukup jika Anda hanya mengandalkan strategi marketing saja.

Dari segi finansial juga sudah sebaiknya Anda menyiapkan sistem yang sudah terdigitalisasi dengan baik dan tersistem rapi. Namun, tidak perlu khawatir, karena ada Moka sebagai aplikasi kasir yang dapat menjadi solusi bisnis Anda. 

Dengan Moka, Anda dapat menikmati berbagai fitur seperti mengatur penjualan, shift management, menelusuri cash flow, mengetahui efektivitas pekerjaan karyawan Anda, inventarisasi bahan-bahan, mendapatkan laporan keuangan dan investasi bisnis Anda secara komprehensif, dan masih banyak lagi fitur lainnya. Jadi, jangan tunda-tunda, ayo mulai bisnis Anda sekarang juga!

Moka POS, Aplikasi Kasir Andalan Pebisnis di Seluruh Indonesia

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Blog Grayscale
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia