Event

ACOM x Pegadaian: Tekankan Pentingnya Data Bagi Pebisnis Makassar

By Himawan Pradipta on April, 2 2019
Himawan Pradipta

Copywriter di Moka Indonesia.

Tidak bisa dipungkiri, teknologi sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Termasuk juga dalam menjalani bisnis. Ditambah dengan adanya pemanfaatan data berkat kemajuan teknologi, para pemilik bisnis dapat menentukan strategi-strategi lebih lanjut guna memajukan bisnis mereka.

Dalam acara talkshow A Cup of MOKA yang diselenggarakan di M61 Coffee & Eatery, Makassar, Kamis, 14 Maret 2019, John Cendra dan Kevin Horax yang masing-masing merupakan owner dari industri kuliner berdiskusi mengenai pentingnya pemanfaatan teknologi serta pengolahan data pelanggan.

 

Siapa saja pembicaranya?

acom makassar pegadaian

John merupakan pemilik Kopi Ujung dan Toko Ujung, sebuah coffee shop di Makassar yang juga menjual aneka oleh-oleh khas Makassar untuk para pelanggannya.

Sementara itu, Kevin merupakan pemilik Kopi Ulu yang ingin menyediakan kopi untuk semua jenis kalangan, baik untuk para pencinta kopi maupun masyarakat lain yang sebenarnya tidak terlalu suka rasa kopi yang cenderung pahit.

Baca Juga: Arsitek Ini Memilih untuk Membangun Studio Olahraga dan Kedai Kopi

 

Seberapa penting peran data dalam keberlangsungan bisnis kalian?

 

acom makassar pegadaianDalam acara talkshow tersebut, mereka berdua berpendapat tentang pentingnya sebuah data bagi bisnis yang mereka jalani. Menurut Kevin, data dapat membuatnya memutuskan sesuatu, terutama dalam membuat serta mengeksplorasi produk baru.

Dari data, ia bisa memasukkan varian rasa kopi yang tidak umum, misalnya kopi rasa durian, ovomaltine, hingga matcha yang memang merupakan varian rasa yang cukup populer.

Baca Juga: 4 Cara Ampuh Branding Agar Produk Anda Dikenal Konsumen

“Tipsnya utk memanfaatkan data secara maksimal adalah ketahui dulu kemampuan diri kita, berinvestasi lah di teknologi pengolah data seperti Moka agar diri kita bisa berkonsentrasi di hal yang lainnya seperti strategi marketing dan lainnya,” ujar Kevin.

Sementara itu John juga berpendapat tidak jauh berbeda dengan Kevin, bahwa mau tidak mau, kita harus akrab dengan data agar bisnis dapat bertahan.

“Kita harus tau data tersebut kita pergunakan untuk apa dan apa yang akan kita capai dengan data itu,” ujar John.

Baca Juga: Bangga! Ini Dia Geraldine Chia, Perempuan Inspiratif di Balik Data Moka

 

Apakah data-data tersebut memiliki dampak yang positif terhadap perkembangan bisnis kalian?

Tentunya ketika ingin melihat dampak dari keputusan yang diambil tidak bisa dalam waktu singkat. Ini dirasakan oleh Kevin ketika ditanya mengenai dampak setelah menentukan strategi bisnis berdasarkan data.

Impact yang muncul atau yang bisa dirasakan kebanyakan adalah hasil kombinasi dari beberapa aspek bisnis, sehingga butuh proses juga untuk melihat hasilnya. Intinya adalah percaya kepada proses dan hasil yang diterima tidak akan mengkhianati,” kata Kevin.

Baca Juga: Ide Bisnis Sampingan Karyawan dengan Moda Kecil yang Bisa Dicoba

 

Teknologi seperti apa yang digunakan untuk menarik data?

acom makassar pegadaian

Berbicara mengenai pengolahan data, hal ini tidak bisa lepas dari teknologi di belakangnya. Sebagai pengguna MOKA untuk aplikasi kasir bisnis mereka, Kevin dan John sangat terbantu dengan beberapa fitur MOKA dalam berbagai aspek, termasuk dalam pengolahan data dan pengambilan keputusan.

Kevin, yang memiliki beberapa cabang, sangat terbantu dengan fitur yang membuatnya dapat dengan mudah mengontrol beberapa cabang tersebut tanpa perlu ke lokasi.

“Waktu tersebut dapat saya gunakan untuk hal lainnya, seperti membuat strategi bisnis ke depannya dan juga membangun relasi dengan pebisnis lainnya,” ujar Kevin.

Baca Juga: 5 Keuntungan dalam Membangun Jaringan dan Relasi dalam Bisnis

Sama halnya dengan John. Meski pengelolaan coffee shop miliknya masih cukup tradisional karena warisan keluarga, namun MOKA cukup mudah digunakan bahkan untuk orang yang awam dengan teknologi sekalipun.

“Saya menggunakan MOKA karena saya tahu MOKA bisa melakukan apa yang tidak bisa saya lakukan dan pastinya menghemat waktu saya dan sangat membantu,” kata John.

Baca Juga: 5 Alasan Perkasiran Adalah Kunci Sukses untuk Bisnis Restoran Anda

Dari paparan John dan Kevin di atas, menurut kalian seberapa penting data bagi perkembangan sebuah bisnis? Bagikan pendapat Anda di kolom komentar di bawah.

Ikuti terus informasi terbaru terkait event kami di berbagai kota di Indonesia lewat instagram @mokapos. Sampai berjumpa di sana ya!

Submit a Comment

Get Latest Info!

Moka Footer
Copyright © 2018 Moka Teknologi Indonesia