A Cup of Moka x Telkomsel ADS Semarang: Membahas Dampak Teknologi terhadap Bisnis

in event

 

1OMG

Kembali menggandeng Telkomsel ADS sebagai mitra penyelenggara, A Cup of Moka hadir di kota Semarang pada hari Jumat tanggal 19 Oktober 2018 di Impala Space, Kota Lama Semarang. Mengusung judul “Teknologi x Bisnis: Bawa Profit atau Pailit,” acara ini mendatangkan empat pembicara, yang membahas lebih jauh tentang seberapa besar pengaruh teknologi terhadap keberlangsungan bisnis di Semarang.

Keempat pembicara tersebut adalah Wisnu Adityo (Product Manager Moka), Ananda Budi (Head of Digital Advertising Ecosystem Development Telkomsel ADS), Stefano Ramadhan (Pemilik Moment Coffee), dan drg. Embun Munggarani (Pemilik Dental Photography and Aesthetic Dentist).

Acara ini dibagi menjadi tiga sesi, yang pertama adalah kuliah singkat tentang Moka, yang kedua diskusi panel tentang dampak teknologi terhadap bisnis, dan yang ketiga kuliah singkat tentang digital marketing untuk promosi bisnis.

2OMG

 

Mari kita simak rangkuman acaranya!

SESI PERTAMA diisi oleh Wisnu. Ia menceritakan perkembangan sistem aplikasi kasir dari yang konvensional hingga modern dan bagaimana masing-masing di jaman yang berbeda memainkan peranan penting untuk kelangsungan sebuah bisnis. Ia menutup ceritanya dengan produk-produk Moka dan bagaimana produk tersebut dapat membantu mempermudah aktivitas operasional para pebisnis di Semarang.

SESI KEDUA diambil alih oleh Stefano dan Embun. Keduanya memulai sesi dengan menjelaskan awal mula bisnisnya dirintis sampai akhirnya bisa lebih dikenal seperti sekarang. Stefano memulai bisnisnya di 2017, tahun di mana ia masih buta tentang dunia perkopian. Namun, semangatnya untuk belajar membawanya pada tekad kuat untuk membuka bisnis kedai kopi pada Oktober 2017.

4OMG

Agak berbeda, di tahun yang sama, Embun justru sudah lebih paham dengan pasar yang digelutinya, melihat latar belakang pendidikannya juga dari bidang yang sama, yaitu kedokteran gigi. Namun, karena Embun merasa sudah banyak rumah praktik dokter gigi konvensional di daerahnya, ia pun melihat peluang bisnis yang baru, yaitu dental photography.

5OMG

 

Apa yang menjadi keunikan masing-masing bisnis tersebut?

Di Moment Coffee, program promosi bisa dibilang menjadi sesuatu yang unik. Program promosi yang paling sering dipasang di kedai kopi lain, misalnya, adalah Beli 1 Gratis 1, namun itu biasa bagi Stefano.

Ia pun mencari cara baru agar pelanggan bisa tertarik dengan program promo yang ia pasang. Itulah mengapa di setiap Hari Kesaktian Pancasila Stefano meminta pelanggan melakukan sesuatu untuk mendapatkan promo tersebut. Pelanggan harus mengujarkan dengan lantang isi Pancasila sambil direkam oleh barista atau karyawan Moment Coffee untuk kemudian diunggah ke sosial media.

Sementara itu, Dental Photography dan Aesthetic Dentist mengusung nilai brand yang agak berbeda. Keberadaannya di tengah-tengah rumah praktik dokter gigi konvensional juga dapat dilihat sebagai sebuah keunikan tersendiri. Yang membuatnya unik adalah bahwa pasien yang datang untuk mengecek kondisi giginya akan difoto terlebih dahulu kemudian diedit untuk berbagai tujuan medis.

Lalu, seberapa besar teknologi berpengaruh terhadap bisnis mereka?

3OMG

Stefano berpendapat bahwa teknologi sangat membantu bisnisnya untuk berkembang. Ia menggunakan Instagram untuk mempromosikan bisnisnya. Alasannya adalah karena Instagram memiliki cakupan pengguna yang cukup luas di Semarang, dan ini mujur untuk menyadarkan orang-orang terhadap brand Moment Coffee sendiri. Tanpa teknologi, Stefano melanjutkan, bisnisnya mungkin tidak akan terkenal sekarang.

Instagram punya peran yang besar untuk merangkul berbagai jenis pengguna di Semarang.

Begitu pula dengan Dental Photography, Instagram memainkan peranan penting untuk membuat kliniknya semakin maju. Konten yang dipostingnya tidak hanya bersifat promosi tetapi juga edukasi.

6OMG

SESI KETIGA diisi oleh Ananda. Ia menjelaskan peran digital marketing untuk promosi bisnis. Salah satu promosi yang banyak digunakan adalah melalui sms ads. Secara singkat, ia juga menjelaskan produk My Ads Telkomsel yang bisa membantu sms blast untuk promosi bisnis melalui pemilik bisnis.



Melihat ringkasan acara A Cup of Moka kali ini, bagaimana menurut Anda? Menarik, bukan? Simak informasi lebih banyak tentang acara-acara Moka selanjutnya di instagram kami @mokapos dan sampai bertemu di acara kami selanjutnya!

7OMG

 

linkedin

Tags: event