9GO Car Wash & Coffee, Manjakan Pelanggan saat Menunggu Mobil Dicuci

Bagi seseorang yang memiliki kendaraan, tentunya maintenance adalah hal yang perlu diperhatikan. Tidak hanya soal mesin, tetapi juga soal estetika atau penampilan dari kendaraan yang dimiliki. Pastinya, setiap orang ingin melihat kendaraannya bersih kinclong tanpa ada debu atau kotoran yang menempel.

Baca Juga: Ingin Memulai Usaha dari Nol Hingga Sukses? Simak 10 Tipsnya!

Alasan ini lah yang membuat Ali Gunawan Wijoyo membangun bisnis cuci mobil bernama 9GO Car Wash & Coffee. Menjadi seorang lulusan ilmu komputer tidak serta merta membuat Ali menurunkan semangat kewirausahaannya. Boleh dibilang, 9GO Car Wash & Coffee adalah usaha kedua Ali setelah ia mendirikan salon mobil.

9GO Car Wash & CoffeeAli Gunawan Wijoyo, pemilik 9GO Car Wash & Coffee

 

Bagaimana awal mula terbentuknya 9GO Car Wash & Coffee?

Namanya yang cukup unik ini ternyata memiliki arti tersendiri. Ia telah melakukan sedikit riset dan rata-rata saat beroperasi, ia menghabiskan waktu sekitar 9 menit untuk mencuci mobil. Nah, 9 menit inilah yang ia letakkan pada nama usahanya ‘9GO’ yang merupakan kependekan dari ‘9 minutes and go’.

Dilihat dari sejarahnya pula, 9GO Car Wash ini hadir karena banyak konsumen yang menanyakan tempat cuci mobil yang bagus setelah mobil mereka selesai di-coating. Tidak menyia-nyiakan kesempatan, Ali akhirnya membuat konsep cuci mobil yang lebih profesional serta aman untuk mobil agar tidak baret-baret setelah melakukan perawatan.

9GO Car Wash & CoffeePara karyawan 9GO Car Wash & Coffee sedang membersihkan salah satu mobil pelanggan

 

Bagaimana 9GO Car Wash & Coffee bertahan di antara para pesaingnya?

Membangun usaha cuci mobil pun boleh dibilang tidak lah mudah. Terlebih lagi sudah banyak usaha sejenis yang tersedia di pinggir jalan. Karena banyaknya kompetitor ini, Ali memutar otak untuk menawarkan sebuah konsep baru yang menjadi pembeda dibanding tempat cuci mobil yang lain. Ia pun mengusung konsep unik 3 in 1 lifestyle wash. Jadi sembari menunggu mobil selesai dicuci, para pelanggan yang datang bisa sambil ngopi-ngopi hingga potong rambut di barbershop yang juga tersedia di sana.

Baca Juga: Utamakan Pelanggan dan Karyawan, Ini Rahasia Sukses Patriot Barbershop

“Bisnis ini sudah jalan di tahun ketiga. Sebelum memulai, kita sudah biking hitung-hitungan dan melakukan benchmark dengan perusahaan sejenis, berhubung di sepanjang jalan sudah banyak bisnis cuci mobil. Namun kebanyakan, seperti di sebelah kanan kita, masih konvensional,” ujar Ali.

Satu bulan pertama, diakui Ali, merupakan masa-masa yang cukup sulit di mana ia harus melakukan promosi dan membuat pelanggan percaya untuk mencuci kendaraan di 9GO Car Wash. Namun memasuki bulan kedua, pelanggan sudah mulai banyak berdatangan dan rata-rata pelanggan yang datang merupakan pelanggan salon mobil yang menjadi usaha pertamanya sebelum 9GO.

9GO Car Wash & CoffeeSalah satu petugas 9GO Car Wash & Coffee sedang membersihkan mobil pelanggan


Berapa banyak modal yang dikeluarkan 9GO Car Wash & Coffee di awal?

Karena ia menyediakan banyak fasilitas yang bisa digunakan para pelanggan sembari menunggu mobilnya dicuci, modal yang ia keluarkan pun tidak kecil. Dari target awal 600-700 juta rupiah, budget membludak hingga 1,5 miliar. Namun dalam waktu dua bulan, modal operasional sudah dapat tertutup. Sementara itu, target tiga tahun balik modal pun hingga 2,5 tahun berjalan ini masih tetap sesuai perkiraan.

Baca Juga: Dapat Modal dari Moka Capital, Cyclo Coffee & Apparel Berubah Drastis!

 

Bagaimana Moka membantu 9GO Car Wash & Coffee mengembangkan bisnis?

Soal sistem kasirnya sendiri, sejak 9GO didirikan, Ali sudah mempercayakan aplikasi kasir Moka karena fiturnya yang sangat mendukung operasional. Salah satunya adalah fitur Laporan yang bisa dilihat per hari.

“Salah satu alasan kenapa saya memilih Moka adalah karena saya tidak selalu berada di sini. Untuk itu saya butuh sesuatu yang bisa bekerja secara otomatis tanpa saya perlu rutin datang ke tempat usaha. Selain itu, laporan transaksi yang diberikan oleh Moka sangat mudah dibaca, human oriented banget, serta grafiknya juga bagus. Terakhir karena support-nya juga bagus. Kalau ada apa-apa, penanganannya on the spot dan cepat. Saya merasa Moka menjawab kebutuhan,” ujar Ali.

9GO Car Wash & CoffeePetugas kasir 9GO Car Wash & Coffee sedang membuat hidangan

 

Fitur Moka mana yang menjadi favorit 9GO Car Wash & Coffee?

Ia bercerita bahwa setiap hari ia menerima email berupa laporan harian yang mana menurutnya ini merupakan fitur yang sangat berharga. Selain itu, mengingat Ali juga memiliki coffee shop yang beroperasi secara bersamaan dengan cuci mobil dan barbershop, ia juga memanfaatkan fitur Inventory Management untuk melihat sisa inventaris khusus untuk kopi.

“Fitur lainnya yang saya suka tapi belum saya terapkan adalah kemampuan Moka untuk menganalisis peak hours. Ke depannya saya harap bisa bikin promo menarik seperti happy hour di jam-jam selain peak hours tersebut. Harapannya, grafiknya bisa ikut naik seperti saat peak hours,” jelas Ali.

Baca Juga: Alasan Mengapa Anda Membutuhkan POS untuk Restoran Anda

linkedin

Tags: percayamoka Percaya Moka